PEMBENTUKAN JANTUNG DAN PEMBULUH PADA MASA EMBRIO RUANG JANTUNG DAN ARTERI BESAR Selama kehamilan bulan

pertama, terbentuk pipa jantung primitive. Pipa jantung primitive ini tersusun dari 4 segmen berangkai: tiga ruangan (sianoatrium, ventrikel primitive, dan bulbus kordis) dan arteri utama tunggal (trunkus arteriosus). Darah memasuki sinoatrium dan keluar melalui trunkus. Selama bulan kedua kehamilan, susunan tubulus sederhana ini berubah menjadi jantung dengan dua system pompa sejajar, tiap sistem memiliki dua ruangan dan satu arteri besar. Penambahan 4 menjadi 6 komponen dicapai melalui pembagian segmen proksimal dan distal menjadi struktur yang berpasangan: sinoatrium menjadi atrium kanan dan kiri, dan trunkus menjadi aorta dan arteri pulmonalis. Sebaliknya, ventrikel kiri dan kanan terbentuk dari ventrikel primitive dan bulbus kordis yang pada mulanya berangkaian, tetapi dengan terbentuknya lengkungan, menjadi terletak bersisian. Sementara dua atum terbentuk, kanal atrioventrikular(AV) dibagi oleh bantalan endokardium menjadi lubang masuk tricuspid dan lubang masuk mitral, yang keduanya berhubungan dengan ventrikel primitive. Transisi menjadi system pemompaan ganda melibatkan penyegarisan setiap ventrikel dengan setiap katup AV-nya disebelah proksimal dan arteri besar di sebelah distal. Penyegarisan proksimal dicapai dengan migrasi kanal AV kearah kanan dan migrasi sekat ventrikel kea rah kiri, sehingga ventrikel kanan berhubungan dengan atrium kanan. Pada ujung distal pipa jantung, transisi lebih kompleks. Ujung distal bulbus kordis membagi menjadi dua bagian muscular: konus subaorta dank onus subpulmonal. Konus

bagian teratas sekat ventrikel. Jaringan sekat I berperan sebagai katup satu arah. SEKAT ATRIUM Atrium komunis primitive dibagi menjadi dua ruangan oleh sekat yang terbentuk dari 3 struktur: sekat I. tetapi tepi cekung-bebasnya tetap terbuka pada bagian sentral sebagai fossa ovalis. dan sebagian kecil jaringan bantalan endokardium. da bagian daun sekat katup tricuspid dan katup mitral. lubang ini bersatu membentuk ostium sekundum dan memungkinkan berlanjutnya aliran dari kanan ke kiri saat ostium primum mengalami obliterasi. Sekat I muncul sebagai struktur berbentuk bulan sabit dari atap atrium. dan memungkinkan mengalirnya darah dari kanan ke kiri. konus subaorta mengecil ketika aorta bermigrasi ke posterior untuk berhubungan dengan ventrikel kiri. segmen ini tumbuh disepanjang dinding atrium.pulmonal memanjang. terbentuk banyak lubang pada bagian sefalad sekat I. . tetapi selanjutnya terletak diatas kedua ventrikel akibat pergeseran kanal AV kearah kanan dan pergeseran sekat ventrikel bawah kearah kiri. Penonjolan dan difusi bantalan endokardium dorsal dan ventralmembagi kanal menjadi saluran tricuspid dan mitral. sekat II. dan tumbuh kearah kanal AV meninggalkan lubang interatrium (ostium primum) dengan ukuran yang makin lama makin kecil. Sekat II mulaiterbentuk pada atap atrium. Bantalan endokardium juga membentuk bagian terbawah sekat atrium. Sebalum ostium primum menutup. katup foramen ovale. tepat disebelah kanan sekat I. STRUKTUR YANG BERASAL DARI BANTALAN ENDOKARDIUM Kanal AV pada mulanya berhubungan dengan ventrikel primitive. namun.

dan tiga dari pasangan-pasangan arkus ini (arkus I.VENA PULMONALIS Kuncup paru keluar dari usus depan primitive. akar aorta ventral dan dorsal. Vena pulmonalis komunis bergabung ke dalam dinding atrium kiri posterior dan vena pulmonalis komunis kemudian langsung bersambungan dengan atrium kiri. dengan demikian. juga perluasan servikalnya. anastomosis ke system vena kardial dan umbilikovitelina menghilang. dan arkus ke-6 distal kiri menjadi duktus arteriosus. saling dihubungkan melalui enam pasang arkus aorta. Vena pulmonalis komunis berasal dari atrium kiri posterior sebagai kantong menonjol yang kecil.II. dan bulbotruncus. yang membesar dan berhubungan dengan pleksus splanknikus. Arkus aorta mucul berurutan. beberapa . Bagian proksimal arkus ke-6 menjadi arteri pulmonalis kanan dan kiri. SISTEM KONDUKSI Cincin yang terdiri dari sel-sel khusus terbentuk pada sambungan simoatrium. ventrikulobulbus. drainase vena dilakukan oleh pleksus splanknikus menuju vena kardial dan umbilikovitelina. Dengan melengkungnya pipa jantung. dan pada awal kehidupan janin . SISTEM ARKUS AORTA Aorta ventral dan dorsal. cicin AV terinvaginasi sehingga jadi terletak pada dasar sekat atrium. kadang-kadang bagian distal arkus ke-6 menetap sebagai duktus arteriosus kanan. Seiring meningkatnya drainase vena pulmonalis melalui vena pulmonalis komunis. Normalnya. sementara pasangan yang lain (arkus III) membentuk sambungan antara arteri karotis interna dan eksterna. dan V) menghilang tanpa meninggalkan sisa permanen. arkus ke-4 kiri membentuk arkus aorta kiri dan bagian proksimal arkus ke-4 kanan menjadi bagian proksimal arteri subkalvia kanan.

.sel khususnya berkonrak dengan bagian atas atas cincin ventrikulobulbar sehingga terjadi kesinambungan antara nodus AV primitive dengan berkas His yang menembus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful