1. Pembuatan Aluminium Aluminium merupakan unsur yang tergolong melimpah di kulit bumi.

Mineral yang menjadi sumber komersial aluminium adalah bauksit. Bauksit mengandung aluminium dalam bentuk aluminium oksida (Al2O3). Pengolahan aluminium menjadi aluminium murni dapat dilakukan melalui dua tahap yaitu: 1. Tahap pemurnian bauksit sehingga diperoleh aluminium oksida murni (alumina) 2. Tahap peleburan alumina Tahap pemurnian bauksit dilakukan untuk menghilangkan pengotor utama dalam bauksit. Pengotor utama bauksit biasanya terdiri dari SiO2, Fe2O3, dan TiO2. Caranya adalah dengan melarutkan bauksit dalam larutan natrium hidroksida (NaOH), Al2O3 (s) + 2NaOH (aq) + 3H2O(l) ---> 2NaAl(OH)4(aq) Aluminium oksida larut dalam NaOH sedangkan pengotornya tidak larut. Pengotor-pengotor dapat dipisahkan melalui proses penyaringan. Selanjutnya aluminium diendapkan dari filtratnya dengan cara mengalirkan gas CO2 dan pengenceran. 2NaAl(OH)4(aq) + CO2(g) ---> 2Al(OH)3(s) + Na2CO3(aq) + H2O(l) Endapan aluminium hidroksida disaring,dikeringkan lalu dipanaskan sehingga diperoleh aluminium oksida murni (Al2O3) 2Al(OH)3(s) ---> Al2O3(s) + 3H2O(g) Selanjutnya adalah tahap peleburan alumina dengan cara reduksi melalui proses elektrolisis menurut proses Hall-Heroult. Dalam proses Hall-Heroult, aluminum oksida dilarutkan dalam lelehan kriolit (Na3AlF6) dalam bejana baja berlapis grafit yang sekaligus berfungsi sebagai katode. Selanjutnya elektrolisis dilakukan pada suhu 950 oC. Sebagai anode digunakan batang grafit.

Dalam proses elektrolisis dihasilkan aluminium di katode dan di anode terbentuk gas O2 dan CO2 Al2O3(l) ---> 2Al3+(l) + 3O2-(l) Katode : Al3+(l) + 3e ---> Al(l) Anode : 2O2-(l) ---> O2(g) + 4 e C(s) + 2O2-(l) ---> CO2(g) + 4e

Paduan Al dengan logam lainnya menghasilkan logam yang kuat seperti Duralium (campuran Al. A. 3. misalnya untukmenyambung rel kereta api. Al sebagai zat reduktor untuk oksida MnO2 dan Cr2O3. D.2. mg) untuk pembuatan badan peswat Membuat termit. C. digunakan untuk mengelas baja ditempat. Karena memiliki daya hantar listrik 2 kali lebih baik dari Cu. yaitu campuran serbuk aluminium dengan serbuk besi (III)oksida. dan rokok. dalam bentuk aluminium foil digunakan sebagai pembungkus makanan. B. Reflektif. aluminium digunakan pada kabel listrik menggantikan tembaga yang harganya lebih mahal. Ringan. tahan korosi dan tidak beracun maka banyak digunakan untuk alat rumah tangga seperti panci. E. Karena Aluminium mudah bereaksi dengan hidrogen . obat. Cu. wajan dan lain-lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful