cara mencangkok tanaman

latar belakang masalah  Memahami pengertian dari mencangkok  Memahami cara perkembangbiakan vegetataif buatan khususnya mencangkok  Mengetahui cara mencangkok yang benar  Mengetahui manfaat/kelebihan dan kekurangan dari cara perkembangbiakan vegetatif buatan yaitu mencangkok rumusan masalah 1. Apakah pengertian dari perkembangbiakkan vegetatif buatan mencangkok itu ? 2. Apa sajakah alat dan bahan yang diperlukan untuk keperluan mencangkok tanaman hias tersebut ? 3. Apakah semua tanaman dapat dikembangbiakkan dengan cara mengcangkok? Jika tidak tanaman apakah sajakah itu ? 4. Bagaimanakah proses perkembangbiakkan vegetatif buatan cangkok ini ? 5. Apakah kelebihan dan kekurangan dari perkembangbiakkan vegetatif buatan mencangkok ini ? hipotesis 1. Pengertian dari perkembangbiakan vegetatif buatan mencangkok adalah membungkus bagian batang tanaman yang telah dikuliti dengan tanah dan bahan pembungkus. Tujuan dari proses mencangkok ini adalah untuk memperoleh tanaman yang memiliki sifat sama dengan tanaman induknya. 2. Alat dan Bahan yang diperlukan untuk proses mencangkok ini adalah :
Alat : alat pemotong { pisau tajam } sabut/ plastik untuk membungkus tali rafia pot tanaman Bahan : tanaman yang akan dicangkok tanah yang subur

Misalnya mangga. jambu. 4. Apabila telah dirasa tumbuh akar lalu kita dapat membuka ikatan ijukatau sabut kelapa atau plastik beserta tanahnya. Dari hasil kegiatan tersebut diperoleh hasil kegiatan yaitu : no Minggu keHasil Kegiatan 1 Minggu ke-1 Belum tumbuh akar 2 Minggu ke-2 Belum tumbuh akar 3 Minggu ke-3 Belum tumbuh akar 4 Minggu ke-4 Sudah tumbuh akar sedikit 5 Minggu ke-5 Akar sudah bertambah panjang 6 Minggu ke-6 Akar sudah siap untuk ditanam di media tanam 3. tanaman baru yang diperoleh hanyalah sedikit. Pada prinsipnya mencangkok adalah proses menimbun zat makanan sebagai hasil fotosintesis pada bagian yang dicangkok dan pertumbuhan akar dirangsang dengan menggunakan tanah atau media lainnya. dan memiliki garis tengah sekitar 2. atau tanaman buah lainnya. dan apabila sering dicangkok maka tanaman induk akan cepat rusak. Bagian yang biasa dicangkok yaitu pada dahan atau rantingnya. Dahan yang telah tumbuh akar dapat dipotong lalu ditanam pada media tanah. asam.Pada umumnya mencangkok dilakukan pada tanaman dikotil. Setelah itu membungkus bagian yang telah terbuka dengan tanah yang subur. Mencangkok biasanya dilakukan pada tanaman berkayu yang berupa pohon. Adapun kerugiannya dari mencangkok yaitu akar tanaman cangkok kurang kokoh karena akar menjadi akar serabut. 5. jeruk. menutupnya dengan ijuk atau sabut kelapa atau plastik dan mengikatnya.5 cm lalu langkah selanjutnya adalah menguliti dahan kira-kira 10 sampai dengan 15 cm dari pangkal dahan sehingga kambium atau lendir terbuang sampai bersih. Proses perkembangbiakkan vegetatif buatan mencangkok ini adalah apabila kita telah menemukan dan memilih tanaman yang akan dicangkok yaitu tanaman yang memiliki dahan yang subur. tidak berpenyakit. Beberapa keuntungan dari mencangkok adalah memperoleh hasil yang sama dengan sifat induknyadan memperoleh hasil yang lebih cepat. tujuan penelitian .

Insan Mandiri  .2009.Solo.• Mendapatkan informasi tentang pengertian dari mencangkok. lalu dari pencarian kami di salah satu situs internet dan untuk memperakuratnya kami juga melakukan praktek pencangkokan sendiri.Malang.google. • Mengetahui hasil kegiatan dari kegiatan mencangkok • Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari proses mencangkok ini metode penelitian Metode penelitian yang kami gunakan yaitu secara teori dari hasil pencarian kami di buku ilmu pengetahuan alam.Hamka MJ  MGMP IPA. • Mendapatkan informasi tentang cara-cara dan syaratsyarat melakukan pencangkokan.com  Redaksi.CV. daftar pustaka Website www.IPA Biologi.2008.Ilmu Pengetahuan Alam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful