MARKETING MIX

Marketing mix harus selalu dapat bersifat dinamis, selalu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan eksternal maupun internal. Faktor eksternal yaitu faktor diluar jangkauan perusahaan yang antara lain terdiri dari pesaing, teknologi, peraturan pemerintah, keadaan perekonomian, dan lingkungan sosial budaya. Sedangkan faktor internal adalah variabel-variabel yang terdapat dalam marketing mix yakni : Product (produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion. Slide powerpoint presentasi yang sangat bagus mengenai marketing strategy dapat dilihat DISINI. Pengertian marketing mix menurut Philip Kotler dalam bukunya yang berjudul Principles of Marketing, adalah : “Marketing mix is the set of marketing foola that the firm uses to pursite its marketing objectives in the target market”. Sedangkan, pengertian marketing mix menurut William J. Stanston, dalam bukunya yang bertajuk Fundamentals of Marketing, adalah : “Marketing mix is the term that is used to described the combination of the four inputs that constitute the core of an organization’s marketing system. These four elements are the product offering, the price structure, the promotion activities, and the distribution system”. Dari definisi-definisi diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa marketing mix merupakan kombinasi dan empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan dan dapat dikendalikan oleh perusahaan seefektif mungkin. Variabel-variabel tersebut dapat dikelompokkan menajdi empat kelompok utama yang dikenal dengan 4 p’s yaitu : a. Product (Produk) b. Price (Harga) c. Promotion (Promosi) d. Place (Tempat) Secara garis besar keempat variabel tersebut dapat dijelaskan melalui penjelasan masingmasing sebagai berikut :

atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. b. (b) Break Even Analysis and Target Profit Pricing (Analisis peluang pokok dan penetapan harga laba sasaran). Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Price (Harga) Definisi harga menurut Philip Kotler adalah : “price is the amount of money charged for a product or service. Secara lebih luas. Produk adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian. Cost-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan biaya) (a) Cost-Plus-Pricing (Penetapan harga biaya plus) Metode ini merupakan metode penelitian harga yang paling sederhana. Product (Produk) Definisi produk menurut Philip Kotler adalah : “A product is a thing that can be offered to a market to satisfy a want or need” . dimana suatu saat harga akan stabil dalam waktu tertentu tetapi dalam seketika harga dapat juga meningkat atau menurun dan juga merupakan satu-satunya elemen yang menghasilkan pendapatan dari penjualan. Pengertian di atas mengandung arti bahwa harga adalah sejumlah uang dan atau barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan kombinasi dari barang yang lain yang disertai dengan pemberian jasa. Harga merupakan elemen dari bauran pemasaran yang bersifat fleksibel. Perusahaan menetapkan suatu harga dengan melakukan pendekatan penetapan harga secara umum yang meliputi satu atau lebih diantara tiga perangkat perimbangan berikut ini yakni: 1.a. dimana metode ini menambah standar mark-up terhadap biaya produk. pemakaian. . More broadly. pembelian. harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. Sedangkan Stanton mendefinisikan harga: “Price is the amount of money and or goods needed to acquire some combination of another goods and its companying services”. price is the sum of all the value that consumers exchange for the benefits of having or using the product or service”.

Promotion (Promosi) Definisi menurut Stanton adalah :“Promotion mix is the combination of operasional selling. 3. . Personal selling (Penjualan perorangan) Penjualan perorangan yang dilakukan oleh para wiraniaga yang mencoba dan membujuk untuk melakukan penjualan sekaligus. Menurut Philip Kotler promotion tools didefinisikan sebagai berikut : 1. 2. 2. lebih tinggi atau lebih rendah dan pesaing utamanya. Advertising (Periklanan) Suatu promosi barang atau jasa yang sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang diketahui. (b) Scaled-Bid Pricing (Penetapan harga penawaran tertutup) Perusahaan menetapkan pesaing dan bukan berdasarkan hubungan yang kaku atas biaya atau permintaan perusahaan. These are the promotional tools that help an organization to achieve its marketing objective”. Sales promotion (Promosi penjualan) Suatu kegiatan yang dimaksud untuk membantu mendapatkan konsumen yang bersedia membeli produk atau jasa suatu perusahaan. 3. c.Suatu metode yang digunakan perusahaan untuk menetapkan harga apakah akan break even atau membuat target laba yang akan dicari. public relation. Perusahaan dapat mengenakan harga yang sama. Competition-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan persaingan) (a) Going-rate Pricing (Penetapan harga berdasarkan harga yang berlaku) Perusahaan mendasarkan harganya pada harga pesaing dan kurang memperhatikan biaya dan permintaannya. Sedangkan menurut Kotler yang dimaksud dengan promosi adalah : “Promotion includes all the activities the company undertakes to communicate and promote its product the target market”. Value-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan nilai) Metode ini menggunakan satu persepsi nilai dari pembeli (bukan dari biaya penjualan) untuk menetapkan suatu harga. sales person.

4. Sebagai salah satu variabel marketing mix. Keputusan penentuan lokasi dan saluran yang digunakan untuk memberikan jasa kepada pelanggan melibatkan pemikiran tentang bagaimana cara mengirimkan atau menyampaikan jasa kepada pelanggan dan dimana hal tersebut akan dilakukan. Saluran distribusi dapat dilihat sebagai kumpulan organisasi yang saling bergantungan satu sama lainnya yang terlibat dalam proses penyediaan sebuah produk/pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi. -------------------------------------------------------------------------------------------------------- . karena tujuan dari distribusi adalah menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen pada waktu dan tempat yang tepat. Ini harus dipertimbangkan karena dalam bidang jasa sering kali tidak dapat ditentukan tempat dimana akan diproduksi dan dikonsumsi pada saat bersamaan. Public relation (Publisitas) Suatu kegiatan pengiklanan secara tidak langsung dimana produk atau jasa suatu perusahaan disebarluaskan oleh media komunikasi. Berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya mudah diperoleh dan tersedia untuk konsumen sasaran. Penyampaian dalam perusahaan jasa harus dapat mencari agen dan lokasi untuk menjangkau populasi yang tersebar luas. d. place / distribusi mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu perusahaan memastikan produknya. Place (Tempat atau distribusi) Definisi menurut Philip Kotler mengenai distribusi adalah : “The various the company undertakes to make the product accessible and available to target customer”.

harga. jasa. orang. maka keempat unsur tadi perlu dirancang sebaik mungkin terutama dengan memperhatikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sesuai dengan konsep pemasaran. Price.BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) Posted on 5 April 2009 by Danfar Sebagaimana yang dikatakan oleh William J. .memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Kotler (2000) mendefinisikan bahwa “bauran pemasaran adalah kelompok kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran“. Product (Produk). menentukan harga. diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik. mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial”. Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan. organisasi dan ide. Promotion dan Place). Sehingga untuk menciptakan pemasaran yang baik dan berhasil dalam mencapai tujuan perusahaan serta memberikan kepuasan terhadap konsumen. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk. Sedangkan Jerome Mc-Carthy dalam Fandy Tjiptono (2004) merumuskan bauran pemasaran menjadi 4 P (Product. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa dalam pemasaran terdapat empat unsur pokok kegiatan pemasaran yakni produk. promosi dan distribusi yang dimana satu sama lain saling berkaitan. Stanton (1993:7) bahwa pemasaran adalah ” suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan.

William J. Promosi Penjualan. yaitu Iklan. Stanton (1993) ------------------------------------------------------------------------------------------------------ . Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen. struktur diskon. Jakarta. Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Daftar Pustaka : Kotler dan Armstrong. Dasar-dasar Pemasaran. 2004. Saluran Distribusi (Place) Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. (terjemahan Alexander Sindoro). Prenhallindo. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk. syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan. Bayu Media Malang.Price (Harga) Bauran harga berkenaan dcngan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga. 2000. Fandy Tjiptono. Pemasaran Jasa. Promotion (Promosi) Bauran promosi meliputi berbagai metode. Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.

Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat. credit terms. 1992:92). yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide. Tempat meliputi antara lain channels. discount. atau . advertising. 3. Harga meliputi last price. Menurut Kotler (1997:92). yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju. and direct marketing. Promotion (promosi). dipegang. inventory. warranties.1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran. price. 1997:604): a. yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion. harga. quality. yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. assortments. 4. McCarthy mempopulerkan pembagian kiat pemasaran ke dalam 4 (empat) faktor yang disebut the four Ps: product. place. and promotion” (cited in Kotler.”(Marketing Management. barang. services. sizes. variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter. brand name. Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut: 1. Price (harga). payment period. and returns. Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk. Ada banyak alat pemasaran. locations. Produk dapat terdiri dari product variety. allowance. design. public relation. 2. Place (tempat). coverage. and transport. and retail price. kegiafan promosi dan sistem distribusi. dibeli atau dikonsumsi.Pengertian Bauran Pemasaran [Marketing Mix] : “Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the market. sales force. feature. yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Advertising. packaging.

yaitu: product elements. yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa. Public relations and publicity. Sales promotion. place. process. price. productivity and quality. d. telepon. c. yaitu berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang dihasilkan. 1. yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu. and time adalah keputusan manajemen mengenai kapan. cyberspace. and physical evidence. cyberspace. yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan. people. dan usaha yang pelanggan korbankan dalam membeli dan mengkonsumi produk dan layanan yang perusahaan tawarkan atau sajikan. dimana. and time. promotion and education.jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran. waktu. Promotion and education adalah semua aktivitas komunikasi dan perancangan insentif untuk membangun persepsi pelanggan yang dikehendaki perusahaan atas layanan spesifik yang perusahaan berikan. . 2. Lovelock dan Wright (2002:13-15) mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) menjadi integrated service management dengan menggunakan pendekatan 8Ps. place. yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat. dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi dan terus berkembang searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran. 3. Direct marketing. Place. dan bagaimana menyajikan layanan yang baik kepada pelanggan. price and other user outlays. Evolusi Faktor Bauran Pemasaran [ Marketing Mix] Bauran pemasaran yang terdiri dari product. Product elements adalah semua komponen dari kinerja layanan yang menciptakan nilai bagi pelanggan. e. b. Personal selling. Price and other user outlays adalah pengeluaran uang. dan alat penghubung nonpersonal lain. 4.

Price yang akan dibahas disini gue kaitkan dengan marketing. elo kudu ngerti dulu price objective elo apa…??? Misalnya kalau mau maximize short-run profit… yah elo bisa banderol harga motor tinggi pas permintaan banyak…!!! Tapi kalau pricing objectivenya ‘increase market share’ yah elo kudu netapin harga dimana pada harga tersebut demand terhadap product tersebut bakalan meningkat dengan kalap…!!! Atau price objective nya ‘match competitor price’… kalo harga kompetitor turun… product yang elo bikin kudu bisa turun juga harganya misalnya. Physical evidence adalah perangkat-perangkat yang diperlukan dalam menyajikan secara nyata kualitas produk dan layanan. elo kudu mempertimbangkan hal berikut : 1. 7. Price elasticity.. sedangkan kualitas adalah derajat suatu layanan yang dapat memuaskan pelanggan karena dapat memenuhi kebutuhan. marketing. dan harapan. Process adalah suatu metode pengoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik kepada pelanggan 6. misalnya motor loe pengen banderol sebesar x jeti. resource yang dimiliki. ternyata nggak meningkat permintaan karena inelastis. produktivitas adalah sejauhmana efisiensi masukan-masukan layanan ditransformasikan ke dalam hasil-hasil layanan yang dapat menambah nilai bagi pelanggan. baik itu financing. (nanti nganalisanya bisa pake game theory)…!!! Dan masih banyak lagi pricing objective lainnya… But apapun pricing objective yang elo pilih. People adalah pelanggan dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk dan layanan (service production). Sebelum menetapkan price pada suatu product. stock nggak ada… kecewaaa deeeh pembeli…!!! .. jangan sampai pas sudah diturunin harga. jangan sampai pas booming karena diberikan discount tinggi. atau strategic objective…!! 2..5. Overall objective. ------------------------------------------------------------------------------------------------ P’s kedua yang akan kita bahas adalah price. 8. Objective dari product itu sendiri 3. 4. keinginan. Productivity and quality.

... batu nyeleneh.. barang antik. bahwa hal ini nggak akan berlangsung lama (not sustainable). Terdapat 4 quadrant sebagaimana dapat dilihat pada matrix berikut yaitu : Premium Pricing. yaitu suatu product yang mempunyai kualitas tinggi diberi harga yang rendah. !!! Beberapa product barang… bahkan kalau nggak ngerti bisa pusing tujuh keliling… untuk memahaminya..ya.. Hal ini bertujuan untuk penetrasi pasar.!!! Hal ini bertujuan.. kenapa harganya kok tinggi sekali… seperti lukisan dari pelukis ternama..ya... kalau nggak market sharenya …akan tergerogoti... !!! Diberbagai sumber juga disebutkan. milyaran… bagi konsumen awam.. karena akan muncul pemain-pemain baru… yang melihat celah ini. yaitu suatu product yang mempunyai kualitas rendah dijual dengan harga tinggi…!!! Yah ini bisa terjadi..Pricing Strategy Matrix merupakan quadrant yang menggambarkan hubungan antara quality product dan price. yah harga segitu wajar… jadi sangat subjectiv masalah kualitas tersebut…!!!  Penetration Pricing. pasti nggak mudeng… tapi bagi konsumen yang paham. setelah hancur product barat tersebut… pasar dikuasai… karena takut maka muncullah anti-dumping policy…!!!  Skimming Pricing. pedang / keris …etc bisa harga ratusan juta. ya.!!! .. dalam artian konsumen yang sebelumnya setia dengan suatu product yang katakanlah biasa-biasa saja mutunya. konsumen nggak mengerti betul akan product tersebut… spec teknisnya kagak mudeng… jadi dibanderol lebih tinggi yah… akan bilang. product jepang yang lumayan kualitasnya …dijual dengan sangat murah… dan ini bertujuan untuk menghancurkan product dari negara barat. yaitu suatu product yang mempunyai kualitas tinggi dicharge pricenya juga tinggi…!!! Apa ada product motor yang begini… yah ada aza… terutama motor yang custom… yang limited edition… atapun collectibles bikez…!!! Dan ini biasanya mempunyai segmentasi sendiri…. karena kurangnya kompetitor… jadi konsumen didikte oleh produsen… dan konsumen tidak berdaya…!!! Penyebab lain. dengan menjual product yang lebih murah dengan kualitas yang sama…!!! Dan mulailah harga yang tinggi tersebut terkoreksi… yaitu mau tidak mau ikut turun. namun dibanderol dengan harga tinggi… akan berpikir kembali dan mempertimbangkan product lain yang baru masuk… yang mempunyai kualitas cukup baik namun dengan harga yang lebih murah…!!! Konon zaman dahulu kala… (kayak dongeng aza).

. Wholesale (Grosir atau Pedagang besar etc. dan murah baik harga belinya maupun maintenancenya…!!! P’s yang ketiga adalah Place. atau dikenal pula sebagai channel atau beberapa menyebutnya channel distribution atau intermediary… yang intinya adalah suatu mekanisme dimana end product dipindahkan dari pabrikan ke commercial user ataupun end user…!!! Dan peranannya sangat lah penting…. misalnya pabrikan nggakperlu menyediakan gudang banyak-banyak.). mbooh… pokoke.. drum… mau cc nya rendah banget… kompression rationya kecil…. pencetakan brochure dilakukan oleh wholesale sehingga menghemat cost pabrikan . nggak peduli mau rem nya disc brake.. tanpa channel distribution yang kuat susahlah…. tapi pengen motor… yah kemudian beli motor yang asal glinding.!!! Terdapat berbagai bentuk channel distribution (gue lebih suka menyebutnya channel distribution) sbb : A channel of distribution comprises a set of institutions which perform all of the activities utilised to move a product and its title from production to consumption. nah ini banyak terjadi yaitu product yang dijual memang mutunya rendah… dan harganya pun rendah…!!! Biasanya jurus ini digunakan untuk menjual kepada konsumen dengan segmentasi tertentu…!!! Misalnya konsumen yang sangat berpenghasilan rendah…. penjualan product tersebut sukses di lapangan. Economy Pricing. salah satu channel distributor ini berfungsi sebagai pembeli partai besar dari pabrikan…!!! Setelah itu menyalurkannya kepada retailer untuk dijual kepada end user.. glinding.Untuk beberapa product keberadaannya cukup membantu pabrikan.. Bucklin – Theory of Distribution Channel Structure (1966) 1.

lha kalau motor A...!!! Gimana dengan motor…!!! Motor masih banyak yang menggunakan konvensional channel distribution. tapi ada juga yang mengkhususkan menjual product tertentu…!!! Dalam kasus sepeda motor kebanyakan sih retailer hanya menjual satu product saja…!!! Dan peran retailer ini cukup penting... Multi-Level Marketing. Ada juga agent untuk penjualan luar negeri.. last but not least… sebenernya yang penting adalah gimana bikin channel distribution yang pas. gue nggak perlu contact ke retailer di Indonesia. yah kalau dari kaca mata ATPM...!!! Gampangnya… channel distributin bangkrut. kalo produsen seolah-olah tutup mata . berrez. atau beli product tersebut…!!! So yang rugi adalah produsen juga… !!! Inget kasus Amazon..!!! So. tinggal bikin lagi. bayar.. barang datang… !!! Bahkan beberapa buku udah ada yang e-book tinggal download aza.. tinggal ngakses web nya.. yang ini biasanya hubungannya dengan produser langsung… !!! 4. pesan.. pake nama yang beda. nah yang satu ini memang fungsinya menjual product eceran kepada konsumen..... serahkan kartu kredit… isi alamat pengiriman. emang channel distribution nggak ngambil margin…!!! Belum lagi jika ada… pelayanannya yang kurang ramah… produser nggak tahu… tapi si konsumen udah sumpah serapah nggak bakalan balik lagi. dan barang nggak berapa lama ada…!!! So. udah hancur… mau ganti jadi merk B… yah nggak mungkin lah…. Beberapa retailer ada juga yang menjual product lain. Sering kali ini disebut juga calo atau makelar dsb…!!! Fungsinya sih sebagai jembatan juga antara konsumen dan produser...!!! Yang repot tuh. tinggal pesen.. yah konsumen ogah lagi… atau suka mainin indent… misalnya barang ada tapi biar konsumen nambah… dibikin indent… yah akan mengurangi kepuasana konsumen…!!! 3.. atas kelakuan channel distribution yang merugikan customer… karena akhirnya yang jelek adalah productnya… bukan channel distribution…... dalam artian kalau memang bisa diperpendek. Chanel distribution lainnya seperti..!!! Yang terpenting seberapa efisien channel distribution… Jika terlalu banyak / panjang channel distribution pasti akan menyebabkan product yg dijual akan mahal… lha iyalah. door-to-door… (bukan connecting door yeee…!!!!) Persoalannya adalah bukan banyaknya channel distribution …atau seberapa besar distribution suatu product. dulunya nggak terpikir channel distributio dengan hal ini. click sana click sini.. di bikin setengah sulit setengah gampang… saaak karep mu…!!!! ..2...!!! Tapi sekarang sudah hampir lumrah menjual product dengan bantuan internet…!!! Misalnya saja.. namun si agent ini akan menghubungi ntah retailer atau wholesale dan menjual productnya dan mendapat komisi atas jasanya tersebut. Internet. gue butuh spare-parts. kenapa nggak…??? Mungkin aza suatu waktu misalnya gue pengen beli motor… tinggal click-sana click sini… langsung barang dikirim… nggak perlu pake indent… !!! Mungkin perlu juga kombinasi channel distribution… yang kredit ke dealer misalnya… yang cash bisa langsung pabrikan… Toh menurut gue.. karena kalau bagian penjualannya judes-judes. dsb…!!! 5.. Retailer. gimana product gue laku sebanyak-banyaknya… gue suka dengan pikiran temen gue … ‘kalau duit masuk jangan dipersulit… kalau duit keluar nah dipersulit boleh deh…!!!’ … Jadi terserah elo yeee… apa tuh customer mau dipersulit atau dipergampang.com … jualan buku nggak repot-repot punya toko buku.. Agent.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful