HORMON

HORMON : ialah zat aktif yang dihaslkan oleh kelenjar endokrin, yang masuk ke dalam peredaran darah untuk mempengaruhi jaringan secara spesifik ( mengatur fungsi sel ). Jadi hormone merupakan system pengatur yang melengkapi pengaturan system saraf. Hormon dapat berasal dari : - Alam - Semi sintetik - Sintetik Terdapat 3 macam jenis hormone :
1. Protein

dan polipeptida, mencakup hormone-hormon yang

disekresikan oleh kelenjar hipofisis anterior dan posterior, pancreas ( insulin dan glukagon ), kelenjar paratiroid ( hormone paratiroid ), dan banyak hormone lainnya.
2. Steroid, yang disekresikan oleh korteks adrenal ( kortisol dan

aldosteron ), ovarium ( estrogen dan progesterone ), testis ( testosterone ), dan plasenta ( estrogen dan progesterone ).
3. Turunan asam amino tirosin, yang disekresikan oleh kelenjar

tiroid ( tiroksin dan triiodotironin ) dan medulla adrenal ( epinefrin dan norepinefrin).

MACAM-MACAM HORMON dan fungsinya :
( Lihat juga tabel ) !!! 1. HORMON PERTUMBUHAN ( somatotropin )

Obat ini dapat memacu pelepasan somatomedin dari hati yang merupakan suatu factor tumbuh serupa insulin -1(IGF-!) yang berfungsi selanjutnya sebagai hormone pertumbuhan.Hormon pertumbuhan mempengaruhi metabolisme karbohidrat dan lemak. Contoh sediaan hormone pertumbuhan : 1. kaki dan wajah ). dengan mekanisme kerja yang belum jelas.Merupakan hasi dari proses pasca translasi precursor polipeptida yang ebih besar. SOMATREM 2. Fungsi fisiologi hormone pertumbuhan adalah terhadap pertumbuhan. . pro-opiomelanokortin. .pada orang dewasa . HORMON ADRENOKORTIKOTROPIK (ACTH ATAU KORTIKOTROPIN) .Defisiensi atau kekurangan menyebabkan kekerdilan ( dwarfisme ) .Merupakan polipeptida besar yang diepaskan oeh hipofisis anterior sebagai respon terhadap peepasan hormone pertumbuhan (GHRH) yang dihasilkan oleh hipotalamus. . Hormone ini mengalihkan sumber energi dari karbohidrat ke lemak.Kelebihan akan menyebabkan gigantisme ( pertumbuhan yang berlebihan ) pada anak dan akromegali ( pembesaran tulang-tulang dan jaringan lunak tangan. Hormon pertumbuhan yang mula-mula ditemukan adalah : SOMATROPIN 2.. .Pada keadaan lapar hormone pertumbuhan menyebabkan mobilisasi lemak dan depot lemak untuk masuk keperedaran darah.

. 3.Antibodi untuk ACTH dapat terbentuk dari sumber-sumber hewani. HORMON PENGHAMBAT PERTUMBUHAN ( SOMATOSTATIN ) . dan pancreas.Jadi hipofisis anterior dipacu untuk menghasilkan kortikotropin oleh hormone pelepas kortikotropin. yang selanjutnya terjadi sintesa dan pelepasan aderenokortikosteroid dan androgen adrenal. kembung . intestinal vasoaktif (VIP).Organ target adalah korteks adrenal tempat kortikotropin terikat pada reseptor spesifik pada permukaan sel. yang seanjutnya memacu sinteswaa adrenokortikosteroid ( koesterol -----.pregnemnolon ).. .Aslinya diperoleh dari hipotaamus . Reseptor pada tempat ini mengaktifkan proses ikatan G-protein untuk meningkatkan cAMP. intestine.Somatostatin adaah polipeptida kecil yang juga ditemukan dalam neuron disel utuh tubuh. .berguna untuk pengobatan akromegali akibat tumor penghasil tumor dan diare sekretorik yang berkaitan dengan tumor penghasil peptide. .Efek samping : mual. -Preparat untuk terapi berasal dari ekstraks hipofisis anterior binatang domestic atau ACTH manusia sintetik.

Alkaloid ergot dan derivatnya dapat menghambat sekresi prolaktin . . HALOPERIDOL 3. memulai. ANTAGONIS DOPAMIN . AMITRIPTILIN 6.Prolaktin diduga merupakan salah satu factor yang berperan dalam terjadinya tumor mama ( factor yang membantu memudahkan terjadinya kanker payudara ) 5.Obat yang dapat mempengaruhi kadar prolaktin dalam darah : 1. yaitu mempengaruhi fungsi kelenjar susu dalam mempersiapkan. KLORPROMAZIN 5.Pada manusia prolaktin menghambat sekresi gonadotropin dan kerjanya. GONADOTROPIN .4. RESERPIN 2. dan mempertahankan laktasi.Hisapan bayi pada menyusu merangsang sekresi prolaktin selama masa menyusui. PROLAKTIN .Gonadotropin berguna untuk menginduksi ovulasi pada wanita yang kekurangan gonadotropin .Prolaktin pada manusia berperan dalam fungsi laktasi. ( inilah alas an infertilitas ibu yang menyusui ) . IMIPRAMIN 4. Meningginya kadar prolaktin mengakibatkan hambatan terhadap gonadotropin yang selanjutnya mempengaruhi fungsi ovarium. .

. dan kolesterol.Tiroksin meninggikan konsumsi oksigen hamper pada semua jaringan yang aktif dalam proses metabolisme. MENOTROPIN 6. seperti 1.Contoh sediaan hormone gonadotropin .Hampir semua gangguan fungsi tiroid terjadi karena gangguan sintesa hormone tiroid . Follicle stimulating ) 2. dan LUTEINIZING HORMONE ( LH ) Selain itu juga ada . TIROKSIN ( T4) 2. LH Releasing Hormone ( LHRH ) yang mengaturnya sekresinya.Untuk berlangsungnya fungsi tiroid yang normal. .Mekanisme kerja tiroksin belum diketahui. protein.. bila kurang maka sintesa hormone tiroid akan berkurang juga. dan pada proses pertumbuhan badan. . yaitu . GONADOTROPIN KORION ( CGH = Chorionic Gonadotropin Hormone ) yang berasal dari plasenta 4. TRIYODOTIRONIN ( T3 ) . . HORMON PEMACU FOLIKEL ( FSH = . HORMON TIROID DAN ANTITIROID . 3. sehingga kadar tiroksin bebas 1. diperlukan jumlah yodium yang cukup dalam makanan.Tiroksin berperan penting pada pembentukan kalori. kecuali pada otak. pada metabolisme karbohidrat.Kelenjar tiroid menghasilkan hormone tiroid.Hipofisis menghasilkan 2 jenis gonadotropin yang mengatur alat reproduksi.

karene antitiroid pada umumnya tidak berpengaruh buruk terhadap kehamilan. Karbimazol tablet 4.Contoh sediaan hormone tirioid . Tiroglobulin ( Proloid ) tablet 4. Natrium levotiroksin tablet dan injeksi ANTITIROID - Antitiroid menghambat sintesa hormone tiroid dengan jalan menghambat ikatan yodium pada residu tirosil dari tiroglobulin . Metiltiourasil tablet . Propiltiourasil tablet 2. . yang menyebabkan kelenjar tiroid membesar. antitiroid merupakan obat terpilih.menurun.Antitiroid digunakan untuk pengobatan hipertiroidisme . 1. Metimazol tablet 3. Hal ini berakibat peninggian sekresi TSH. . Tiroksin tablet 5. namun dianjurkan untuk mengurangi dosis pada kehamilan trisemester III untuk menghindari goiter ( gondok ) pada bayi. mengandung tiroksin dan triyodotironin 2.Pada ibu hamil yang menderita hipertiroidisme. Bubuk Tiroid ( Tiroid USP ). Tablet ektraks tiroid 3.Contoh sediaan hormone antitiroid : 1.

Estrogen endogen terdiri dari . PROGESTIN - Hormon estrogen dan Progestin termasuk hormone steroid kelamin yang diproduksi oleh kelenjar endokrin system reproduksi. 8. berfungsi untuk mempertahankan kadar ion Ca dalam cairan ekstrasel agar tetap stabil. - .Pada wanita.Hormon paratiroid dengan bantuan vitamin D dapat menambah absorbsi ion kalsium dan fosfat melalui usus. yaitu . Estrogen secara langsung mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan alat kelamin primer. - Fungsi utama. seperti . testis. ANTIESTROGEN. uterus. . yang dipengaruhi oleh hormone pemacu folikel ( FSH ). 1. korteks adrenal. HORMON PARATIROID DAN KALSITONIN - Hormon Paratiroid ( HPT ). vagina. HORMON ESTROGEN. dan plasenta. dan tuba falopii . karena pada pemberian oral akan dirusak oleh enzim proteolitik saluran cerna. - Kalsitonin. . erat hubungannya dengan fungsi alat kelamin wanita ( untuk persiapan kehamilan/kesuburan ) Estrogen disintesa dari kolesterol terutama di ovarium. serviks.7. dan kelenjar lain. ESTRADIOL .HPT dapat diberikan secara injeksi. merupakan hormone yang berefek hipokalsemik dan hipofosfatemik.

2. Estradiol Benzoat 3. Klomifen : pada wanita infertilitas dapat merangsang ovulasi . 1. yaitu EKUILIN dan EKUILENIN INDIKASI : . estron .Estrogen sintetik banyak digunakan untuk kontrasepsi oral yang dikombinasi dengan progestin . . Estriol 3.Sumber lain.Karsinoma prostate Contoh sediaan estrogen .Contoh sediaan antiestrogen .Menopause . atau menghambat sintesa estrogen . 1.Osteoporosis . Klorotrianisen ANTIESTROGEN . Dietilstilbestrol 6. dari hewan kuda. Sipionat 5.Vaginitis Senilis atau Atropikans . Valerat 4. Estradiol 2.Antiestrogen : ialah senyawa yang dapat menghambat atau memodifikasi kerja estrogen. Etinilestradiol 7.

Jadi berguna untuk ancaman . juga berefek androgenic atau estrogenic yang disebut dengan : PROGESTIN. yang berguna abortus untuk mempertahankan kehamilan dengan cara menghambat kontraktilitas uterus. Diberikan progestin oral dosis besar. - Kadar progesterone sangat meningkat selama kehamilan.Selama masa kehamilan progesterone dan estrogen mernagsang proliferasi payudara. 2. 4 . dan wanita yang mendekati mati haid ). progestin dikombinasi dengan derivate estrogen untuk kontrasepsi oral. Tamoksifen : pada wanita pasca menopause digunakan sebagai terapi kanker payudara PROGESTIN - Progesteron merupakan hormone alami utama dalam tubuh dengan efek progestogenik. Atau mula-mula diberikan NORETINDRON 5-10 mg.2. Disfungsi Perdarahan Rahim Perdarahan rahim akibat gangguan keseimbangan estrogen dan progesterone tanpa ada kelainan organic ( keadaan ini dijumpai pada wanita muda yang siklus haidnya belum teratur. misalnya MEDROKSI PROGESTERON ASETAT ( MPA ) 10 mg/hari selama 10 hari. Kontrasepsi . Terdapat pula senyawa sintetik yang berefek progestogenik. Indikasi : 1. Medroksiprogesteron asetat dan noretindron untuk kontrasepasi suntik jangka panjang.

03 mg dan Levonorgestrel ( LN ) 0. Hidroksi progesterone 6.Contoh sediaan progestin : 1. Klormadinon asetat 7. 10 tablet EE 0.075 untuk 5 hari berikutnya 3. Karsinoma . Noretindron 4. Norgestrel 6. Denazol ( derivate etinil testosterone ) 5. 3. Medroksiprogesteron asetat 9. Megastrol 8. MPA ( Medroksi Progesteron Asetat ) ). Etisteron 2. Siproteron asetat KONTRASEPSI HORMONAL . 5 tablet EE 0. Noretandrolon 3. 6 tablet Etinil estradiol ( EE ) 0.– 6 KALI HARI PERTAMA ( UNTUK MENGHENTIKAN PERDARAHAN MINGGU.Contoh sediaan : Kontrasepsi oral 1. KEMUDIAN SELANJUTNYA DIBERIKAN 2 X SEHARI 5 MG SELAMA 1 ATAU 2 .04 mg dan LN 0. Ancaman abortus .03 mg dan LN 0. kombinasi estrogen dengan progestin 4.05 mg untuk 6 hari pertama. 2. Endometriosis . Nyeri Haid . Etinodiol 5.125 mg untuk 10 hari terakhir .

Implant terdiri dari 6 tube silastik yang berisi 36 mg levonorgestrel ( Norplant ). . digunakan untuk 3 tahun . di daerah gluteus ). gangguan siklus haid ( perdarahan. keruh. dan noretindron enantat 200 mg. Untuk jenis pertama disuntikkan setiap setiap 12 minggu. jumlahnya berkurang ).Kontrasepsi suntikan Yang banyak digunakan ialah medroksiprogesteron asetat 150 mg. . pembesaran kelenjar payudara. yang digunakan untuk 5 tahun.Efek lain penggunaan kontrasepsi hormonal yaitu pada tuba.Penggunaan hormone kelamin eksogen terus menerus dapat menyebabkan fungsi ovarium menurun. 2. yang ditanam di lengan atas kiri. serviks ( cairan menjadi kental.Penggunaan dosis besar atau jangka panjang dapat menyebabkan perubahan histology endometrium dan miometrium. Kedua jenis suntikan ini diberikan pada hari kelima perdarahan haid ( secara IM dan harus cukup dalam.Penggunaan kontrasepsi hormonal pada waktu lama dapat menyebabkan perubahan pada organ kelamin. menghambat laktasi. Implant yang terdiri dari 1 tube silastik yang berisi 3-keto- desogestrel 60 mg. jenis kedua setiap 8 minggu. Kontrasepsi implantasi 1. . - Efek samping : . dengan penggunaan yang sama dengan levonorgestrel.

trombofelitis. perdarahan genital yang belum diketahui penyebabnya 5.Kontra indikasi : 1. . sakit kepala ringan. Kanker payudara atau genital 6. migren 8.Didalam otak testosterone dibiotransformasi menjadi estradiol . ovarium dan korteks adrenal mensekresi testoteron dalam jumlah relative kecil. Varises. tergantung umur. Depresi mental yang hebat 7. hiperigmentasi ( terutama daerah sekitar muka ) 3. Payah jantung HORMON ANDROGEN - Androgen merupakan hormone steroid yang dihasilkan oleh testis. Amenore. ovarium ( dalam jumlah kecil ) dan korteks adrenal lakilaki dan perempuan. 2. lemak . 4. mastalgia. apopleksiserebri 2. Hipertensi berat 3. perdarahan haid.1. Fungsi androgen. Gangguan system kardiovaskular . mual. hiperlipidemia. Anemia hemolitik kronik. dan lipoprotein. Gangguan fungsi hati 4. perubahan berat badan dan udem.Bahan dasar pembuat ( biosintesa ) testosterone adalah kolesterol .Pada - perempuan normal. Kontrasepsi hormonal tidak boleh diberikan pada pasien yang pernah mengalami tromboemboli. . Gangguan metabolisme karbohidrat. migren.

dan tulang disertai pertambahan berat badan yang pesat. Pada laki-laki androgen diperlukan untuk mempertahankan fungsi testis. 3. 6.Pada laki-laki datas umur 50 tahun kadar androgen turun secara bertahap dan lambat. Bersamaan dengan itu fungsi anabolic androgen merangsang pertumbuhan badan sehingga pada anak laki-laki pada masa pubertas terlihat penambahan tinggi badan. 5. dan mempertahankan cirri kelamin sekunder serta kemampuan seksual. perkembangan otot rangka. 2. . Pertumbuhan laring dan pita suara menimbulkan suara bernada rendah. baik dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang rangka dan otot maupun karakter seksnya. Pada masa prapubertas. Pada usia pubertas fungsinya mengubah anak laki-laki menjadi dewasa. . penis dan skrotum tumbuh.1. 8. Mulai tumbuh rambut diketiak. Androgen juga dibutuhkan untuk spermatogenesis ( pembuahan sperma ) serta pematangan sperma. 7. Pada masa embrional ( 12 – 18 minggu ) fungsinya ialah pembentukan fenotip laki-laki. Pada individu tertentu menimbulkan akne. prostate. begitu juga rambut pubis sebagai cirri sekunder laki-laki. 4. epididimis. Pada masa neonatus ( 2 bulan ) diduga fungsinya ialahy organisasi dan penandaan susunan saraf pusat pusat dalam hal tingkah laku ( behaviour ) dan fungsi seksual laki-laki. vesikula seminalis.

Pertumbuhan 4.Diberikan secara intramuscular. UNTUK MENIMBULKAN EFEK ANDROGENIK 2.Pada perempuan androgen berfungsi merangsang pertumbuhan rambut pubis dan menimbukan ibido.. Terhadap testis berefek langsung. pertumbuhan rambut pada muka.Pada masa menopause androgen merupakan sumber estrogen terbesar.EFEK FARMAKODINAMIK ANDROGEN MIRIP EFEK FISIOLOGISNYA. mempercepat penyembuhan operasi. . untuk menghambat efek katabolic pemberian hormone korteks adrenal 3. dan suara dalam.Pada perempuan dapat menyebabkan maskulinisasi dengan akne. . PENGGUNAAN TERAPI : 1. . ENDOMETRIOSIS ENDOMETRIUM ). . ( PERTUMMBUHAN EKTOPIK . Mengobati osteoporosis senilis dan luka baker berat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful