INFLASI

Salah satu peristiwa ekonomi yang sangat penting dan menjadi masalah besar, hampir semua negara pernah mengalami inflasi.Adapun pengertian dari inflasi adalah proses kenaikan harga umum barang-barang secara terus menerus.Jenis inflasi menurut sifatnya atau inflasi yang didasasrkan atas parah tidaknya inflasi ,dapat dibedakan menjadi: 1. Inflasi ringan yaitu laju inflasi kurang dari 10% setahun ditandai dengan kenaikan harga yang berjalan lambat dengan persentase yang kecil serta dalam jangka waktu relative panjang atau lama. 2. Inflasi sedang yaitu laju inflasi antara 10%-30% setahun 3. Inflasi berat yaitu laju inflasi antara 30%-100% setahun Kenaikan harga yang cukup besar,kadang berjalan dalam waktu yang relative pendek. 4. Hiper inflasi yaitu laju inflasi diatas 100% setahun Inflasi ini merupakan jenis inflasi yang paling parah. Sebab-sebab timbulnya inflasi Inflasi timbul karena adanya kelebihan permintaan yang terjadi akibat pertambahan jumlah uang yang beredar. 1. Demand full inflation(inflasi karena tarikan permintaan) Inflasi ini timbul karena adanya kenaikan permintaan total,sedangkan produksi telah berada dalam keadaan hampir mendekati kesempatan kerja penuh. 2. Yang Cost push inflation (inflasi karena naiknya biaya-biaya produksi) mengalami perubahan dalam kasus ini adalah dari sisi

penawarannya.Keadaan ini timbul karena adanya penurunan dalam penawaran total,akibat dari kenaikan biaya produksi.

Dampak terhadap pendapatan (equity effect) Inflasi dapat menyebabkan adanya perubahan dalam pola pembagian pendapatan dan kekayaan masyarakat. Dampak terhadap output (output effect) Inflasi yang akan mengakibatkan kenaikan atau penurunan output. 2. 3. Kebijaksanaan moneter 2.Inflasi berdasarkan asalnya dapat dibedakan debagai berikut. Kebijaksanaan yang berkaitan dengan output 4. 2. Kebijaksanaan fiscal 3.Intensitas efek inflasi ini berbeda-beda tergantung apakah inflasi ini dibarengi dengan kenaikan produksi dan employment atau tidak. Cara mengatasi inflasi Untuk mengatasi inflasi cara yang ditempuh oleh pemerintah adalah sebagai berikut: 1. Inflasi dari dalam negeri Inflasi ini timbul karena defisit anggaran belanja yang dibiayai dengan pencetakan uang baru. Kebijaksanaan penentuan harga dan indexing . Dampak inflasi terhadap kegiatan ekonomi masyarakat Dampak inflasi terhadap kegiatan ekonomi masyarakat diantaranya adalah: 1.permintaan barang tertentu mengalami kenaikan lebih besar daripada barang yang lain yang kemudian mendorong peningkatan produksi barang tersebut. Dampak terhadap efisiensi (efosiency effect) Inflasi dapat mengubah pola alokasi factor-faktor produksi. 1. Inflasi dari luar negeri Inflasi ini timbul karena adanya inflasi diluar negeri yang mengakibatkan naiknya harga barang-barang impor.

V=P. Inflasi permintaan Inflasi yang timbul karena permintaan masyarakat akan barang terlalu kuat.berapa tingkat harga di negara tersebut? Jawab: M.Inflasi ini disebut dengan demand pull inflation 2.V=P. 3.dan jumlah barang dan jasa yang diperdagangkan sekitar 20. Inflasi biaya Inflasi yang timbul karena kenaikan ongkos produksi.50 = P.Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: M. 1.T M = Jumlah uang yang beredar V = Kecepatan peredaran uang T = Jumlah barang dan jasa yang diperdagangkan P = Dipengaruhi oleh M. Penggolongan Inflasi didasarkan pada asal inflasi 1. Inflasi yang berasal dari luar negeri.T Penggolongan berdasarkan sumber penyebabnya.Inflasi ini disebut dengan cost push inflation atau supply inflation. Inflasi yang berasal dari dalam negeri. Inflasi Campuran Inflasi yang terjadi karena adanya campuran antara inflasi permintaan (demand pull inflation) dan inflasi biaya (cost push inflation). 2.20 1500 = 20P P = 1500:20 P = 750 Jadi tingkat harga dinegara tersebut adalah 750 . Contoh soal: Diketahui disuatu negara jumlah uang yang beredear adalah 30 kecepatan peredaran uang sekitar 50.V.T 30.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful