GEOPOLITIK

DAN PERMASALAHANNYA
Disusun Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Kewarganegaraan

Disusun Oleh:

JUNDAN RAIS FATHONI 09/285549/TK/35838

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN JURUSAN TEKNIK MESIN DAN INDUSTRI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA 2010

serta sumber daya alam wilayah tersebut.A. Geopolitik adalah suatu ilmu penyelenggaraan Negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. Dalam bahasa Indonesia. sosial. luas. Politik berasal dari bahasa Yunani politeia. faktor lainnya ideologi. politics adalah suatu rangkaian asas (prinsip). Prinsip-prinsip dalam geopolitik dikembangkan kedalam bentuk suatu wawasan nasional. keadaan. politik. Geopolitik mengkaji makna strategis dan politis suatu wilayah geografi. baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal yang paling utama yang mempengaruhi keadaan dari suatu negara adalah kawasan yang berada di sekitar negara itu sendiri. cara. yang mencakup lokasi. dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu. Golongan Negara Determinis Semua hal yang bersifat politis secara mutlak bergantung dari keadaan geografisnya. budaya dan militer. sehingga terpengaruh oleh kebijakan politik luar negeri dari dua negara raksasa tersebut. Sementara dalam bahasa Inggris. Geo berarti bumi yang menjadi wilayah hidup. Geopolitik juga biasa disebut sebagai Wawasan Nusantara. PENGERTIAN GEOPOLITIK Geopolitik berasal dari kata geo dan politik. Negara yang berada diantara dua negara raksasa/adikuasa. yang berasal dari kata polis yang berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri (yaitu negara) dan teia yang berarti urusan (politik). Keadaan suatu negara akan selalu sejalan dengan kondisi dari kawasan geografis yang bangsa tersebut tempati. GEOPOLITIK Geopolitik memaparkan dasar pertimbangan dalam menentukan alternatif kebijakan nasional untuk mewujudkan tujuan tertentu. politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. .

Berusaha menghubungkan kekuasaan negara dengan potensi alam yang tersedia 2.tidak mendapatkan dampak yang terlalu besar dari keberadaan negara raksasa. Menggariskan pokok-pokok haluan negara. budaya dan militer. misalnya pembangunan 5. dan teori-teori geopolitik lainnya 6. Konsepsi politik kekuatan yag terkait dengan kepentingan nasional 4. Menghubungkan kebijaksanaan suatu pemerintahan dengan situasi dan kondisi alam 3. politik. Berusaha untuk meningkatkan posisi dan kedudukan suatu negara berdasarkan teori negara sebagai organisme. sosial. Konsepsi frontier (batas imajiner dari dua negara) 3. Peranan Geopolitik 1. Menentukan bentuk dan cora k politik luar dan dalam negeri 4. Membenarkan tindakan-tindakan ekspansi yang dijalankan oleh suatu Negara Unsur Utama Geopolitik 1. Keberadaan negara tetangga (raksasa) juga berpengaruh terhadap keadaan negara ini. Konsepsi ruang diperkenalkan Karl Haushofer menyimpulkan bahwa ruang merupakan wadah dinamika politik dan militer. tetapi pengaruhnya tidak sebesar yang terjadi pada negara determinis.Golongan Negara Posibilitis Kebalikan dengan negara determinis. Faktor yang cukup dominan dalam mempengaruhi keadaan negara ini adalah faktor ideologi. karena letak geografisnya tidak berdekatan dengan negara raksasa. Konsepsi keamanan negars dan bangsa sama dengan konsep ketahanan nasional Teori Geopolitik . teori ini disebut pula teori kombinasi ruang dan kekuatan 2.

Iklim . air (laut) termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan. Teori Geopolitik Jerman GEOPOLITIK INDONESIA Geopolitik indonesia adalah wawasan nusantara Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia: Nusantara (archipelagic) dipahami sebagai konsep kewilayahan nasional dengan penekanan bahwa wilayah negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh laut. Teori Geopolitik Jerman 3. Wawasan Nusantara sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia telah ditegaskan dalam GBHN dengan Tap. dan hankam. Teori Pan-Regionalisme negara merupakan suatu organisme.IV tahun 1973. Sedangkan Wawasan Nusantara adalah konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah. MPR No. sosial budaya.1. yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek politik. yang memiliki kecerdasan intelektual serta memerlukan ruang hidup. ekonomi. Posisi Silang c. Kondisi geografis bangsa Indonesia : 1. meliputi tanah (darat). Penetapan ini merupakan tahapan akhir perkembangan konsepsi negara kepulauan yang telah diperjuangkan sejak Dekrarasi Juanda tanggal 13 Desember 1957. 2. Kondisi fisis a. Laut yang menghubungkan dan mempersatukan pulau-pulau yang tersebar di seantero khatulistiwa. Teori Geopolitik Jerman 4. Letak geografis b.

atau daerah penyangga.d. Indonesia pun berada diantara dua samudera. Faktor-Faktor Sosial Politik 2. tujuan. sarana utk mencapai tuj-nas (pemanfaatan kondisi lingkungan dalam mewujudkan tujuan politik). Keuntungan 1. Indonesia berada pada dua benua. Masalah-masalah teritorial y Pembinaan wilayah untuk menciptakan ketahanan nasional yang maksimal dan efektif y Faktor kesejahteraan dan keamanan . Sumber-Sumber Alam e. Lebih aman dan terlindung dari serangan-serangan negara continental Geostrategi Suatu strategi memanfaatkan kondisi geografi Negara dalam menentukan kebijakan. Lokasi Fisikal. B. Berpotensi menjadi jalur perdagangan Internasional 2. yaitu Samudera Pasifik dan Hindia. yaitu Asia dan Australia. Keberadaan pada lokasi ini adalah faktor utama yang mempengaruhi politik di Indonesia. Geostrategi Indonesia diartikan pula sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan dan UUD 1945. demografi kondisi sosial masyarakat. Dapat lebih memainkan peranan politisnya dalam p ercaturan politik Internasional 3. PERMASALAHAN GEOPOLITIK Permasalahan Teritorial Faktor yang mempengaruhi y y y dasar geografi. Indonesia menjadi suatu daerah Bufferzone.

hal ini sangat merugikan Indonesia karena Pulau Singapura semakin luas sehingga penarikan batas laut semakin keluar. dimenangkan oleh Malaysia Blok Ambalat Klaim Malaysia atas Reog Klaim Malaysia atas lagu Rasa Sayange Klaim Malaysia atas Batik Pencurian Kayu Penggeseran patok batas Indonesia Versus Singapura y Ekspor Pasir Ilegal dari Indonesia ke Singapura untuk reklamasi pantai di Singapura. y Penangkapan nelayan-nelayan Indonesia yang masuk wilayah laut Australia Indonesia Versus Papua Nugini y Pelintas Batas ilegal terutama pelanggar hokum dari Indonesia ke Papua Nugini Indonesia Versus Timur Leste y Penyelundupan BBM bersubsidi dari Indonesia ke Timor Leste . Indonesia Versus Australia y Indonesia sebagai negara transit Imigran yang akan mencari Suaka Politik di Australia. Sebaliknya Indonesia rugi karena pulau yang diambil pasirnya semakin lama semakin habis dan mengancam luas wilayah Indonesia.y Pembinaan teritorial yang dititikberatkan pada penyusunan potensi Hankam Indonesia Versus Malaysia y y y y y y y Pulau Sipadan-Ligitan .

Dewi Ratna. serta aset-aset bangsa lainnya y y y Hubungan diplomatik Menguatkan Peran di ASEAN Penguatan Militer REFERENSI : Kelompok Kerja Kewarganegaraam.com/doc/27862381/GEOPOLITIK-amp-GEOSTRATEGI http://mediaindonesia. H. Etika Berwarganegara: Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.org/ http://id.cc/search/label/permasalahan+geopolitik+dan+otonomi +daerah . rumah adat.scribd.answers.Langkah-langkah Yang Seharusnya Diambil y y y y y Delimitasi batas maritime Pengamanan dan Pengelolaan daerah perbatasan Pendataan daftar pulau kecil dan pulau terluar Pendaftaran Hak Paten Pendataan daftar lagu daerah.Universitas Muhammaddiyah Prof Dr Hamka Srijanti.Pendidikan Kewarganegaraan. Purwanto.Jakarta.I.com/topik/permasalahan+geopolitik+indonesia. tari daerah. Rahman dan S.org/wiki/Geopolitik_di_Indonesia http://www.com/question/index?qid=20080413040708AAupllV http://www.2008. Salemba Empat Online accessed tanggal 30 November 2010 http://id. Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Ningsih.yahoo.wikipedia.html http://geopolitik.K.co.Jakarta. Geopolitik Indonesia dan Geostrategi Indonesia.2001..elvinmiradi.2009.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful