PENGEMBANGAN PUSAT SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH

Oleh
Suhariyanto/0823011085

MTP/FKIP/UNILA/2009

1. Tantangan Pendidikan Masa Depan

Proses belajar dalam pendidikan merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Melalui proses belajar dapat memberi pengaruh terhadap perkembangan kemampuan akademis dan psikologis setiap manusia dalam hidupnya. Belajar merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Belajar juga merupakan kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan berbagai sumber untuk belajar.

Pembelajaran dapat melibatkan dua pihak yaitu siswa sebagai pembelajar dan guru sebagai fasilitator. Konsep teknologi pendidikan menekankan kepada individu yang belajar melalui pemanfaatan dan penggunaan berbagai jenis sumber belajar. Dengan semakin cepatnya arus globalisasi, dunia pendidikan sekarang ini menghadapi berbagai tantangan. Dunia pendidikan dituntut agar dapat mendorong dan mengupayakan peningkatan kemampuan dasar untuk menjadi individu yang unggul dan memiliki daya saing kuat secara cepat. Sementara pandangan masyarakat pada umumnya mengenai pendidikan bersifat konvensional yaitu mengkaitkan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang terjadi hanya berlangsung di

Sehubungan hal tersebut para pendidik atau guru di sekolah diharapkan untuk dapat menggunakan sumber belajar secara tepat. Kegiatan mengajar dikatakan berhasil jika dapat menghasilkan Ulasan Artikel/Sumber Belajar/Suhariyanto/0823011085/MTP -FKIP-UNILA/2009 1 . kegiatan mengajar tidak selalu dapat menghasilkan kegiatan belajar. Tanpa guru. Timbulnya berbagai tuntutan tersebut membawa konsekwensi pada perubahan paradigma dalam belajar mengajar menjadi pembelajaran. meskipun ketiganya merupakan kegiatan yang berbeda. Proses Pembelajaran dan Sumber Belajar Istilah kegiatan ³belajar´. dan ³pembelajaran´ merupakan istilah kegiatan yang tidak terpisahkan. pembelajaran tetap dapat dilaksanakan karena adanya sumber belajar yang lain. Strategi dan pendekatan pembelajaran tidak lagi bertumpu pada guru tetapi berorientasi pada siswa sebagai subyek (student centered). Guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar bagi siswa. yang sangat memperhatikan keragaman kebutuhan daerah dan pemelajar itu sendiri. Di tambah lagi adanya otonomi daerah juga membawa perubahan-perubahan serta penyesuaian pendidikan demokratis. Kegiatan belajar bisa saja terjadi walaupun tidak ada kegiatan mengajar.dalam kelas. di mana sejumlah murid atau peserta belajar secara bersama-sama memperoleh pelajaran dari seorang guru atau instruktur. 2. Begitu pula sebaliknya. Ketika seorang guru menjelaskan pelajaran di depan kelas maka terjadi kegiatan mengajar. ³mengajar´. Adanya isu sentral rendahnya mutu atau kualitas dan relevansi pendidikan membuat lembaga pendidikan seperti sekolah dituntut untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang kompeten. tetapi dalam kegiatan tersebut belum tentu terjadi kegiatan belajar pada setiap siswa.

Peran penting yang harus dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah mengusahakan agar setiap siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan berbagai sumber belajar yang ada. Meskipun menyajikan materi pelajaran memang merupakan bagian dari kegiatan mengajar. Macam Macam Sumber Belajar Sumber belajar adalah semua sumber (baik berupa data. Jadi. Jadi syarat mutlak yang harus dipenuhi agar terjadi kegiatan belajar yaitu terjadinya interaksi antara pebelajar (learner) dengan sumber belajar. Pekerjaan mengajar tidak selalu harus diartikan sebagai kegiatan menyajikan materi pelajaran. orang atau benda) yang dapat digunakan untuk memberi fasilitas (kemudahan) belajar bagi siswa. tetapi bukanlah satu-satunya. Sumber Ulasan Artikel/Sumber Belajar/Suhariyanto/0823011085/MTP -FKIP-UNILA/2009 2 . Meskipun guru juga merupakan salah satu sumber belajar bagi siswa. Dengan kata lain. Kegiatan belajar hanya bisa berhasil jika si belajar secara aktif mengalami sendiri proses belajar. sebenarnya hakekat guru mengajar adalah usaha guru untuk membuat siswa belajar.kegiatan belajar pada diri siswa. Kegiatan pembelajaran tidak akan berarti jika tidak menghasilkan kegiatan belajar pada para siswanya. Masih banyak cara lain yang dapat dilakukan guru untuk membuat siswa belajar. 3. Istilah pembelajaran lebih menggambarkan usaha guru untuk membuat belajar para siswanya. tetapi masih banyak lagi sumber-sumber belajar yang lain yang dapat dimanfaatkan untuk terjadinya proses pembelajaran. Kegiatan inilah yang disebut dengan peoses pembelajaran. mengajar merupakan upaya menciptakan kondisi agar terjadi kegiatan belajar.

artinya dalam setiap kegiatan pembelajaran selalu terdapat keenam komponen tersebut. Oleh sebab itu sumber belajar harus dikembangkan dan dirancang secara sistematis berdasarkan kebutuhan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan dan juga berdasarkan pada karakteristik para peserta didik yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. bahan. Ulasan Artikel/Sumber Belajar/Suhariyanto/0823011085/MTP -FKIP-UNILA/2009 3 . Sumber belajar dapat berfungsi sebagai saluran komunikasi dan mampu berinteraksi dengan peserta belajar dalam suatu kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Bahan-bahan yang merupakan sumber belajar tersebut perlu dikembangkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya oleh sebuah badan/wadah yang disebut Pusat Sumber Belajar agar dapat memberikan kemudahan dan berfungsi secara optimal untuk proses pembelajaran. alat. Terdapat enam macam sumber belajar yaitu pesan. Berdasarkan cara pengelolaannya sumber belajar dapat dibedakan dalam dua macam yaitu sumber belajar yang dirancang (Learning Resource by design) dan sumber belajar yang dimanfaatkan (Learning Resource by utilization). terutama kemampuannya dalam melakukan interaksi dan komunikasi dengan para peserta didik. teknik dan latar / lingkungan . Keenam sumber belajar tersebut juga merupakan komponen system dalam pembelajaran. orang. Dilihat dari segi fungsi dan perannya.belajara ini bermanfaat dalam memberikan sumbangan yang positif untuk peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran. sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu: alat peraga (teaching aids) atau alat audio visual (audiovisual aids) dan media pembelajaran.

Hal ini disebabkan karena guru ataupun peserta didik kurang memiliki kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan bahan-bahan atau benda-benda yang ada sekitar dilingkungannya. sekolah dan masyarakat ataupun bahan-bahan bekas. seperti kertas. kotak pembungkus. Misalkan. bahan-bahan bekas yang biasanya dibuang secara percuma dapat dimodifikasi dan didaur-ulang menjadi sumber belajar yang sangat berharga. Peserta didik tidak perlu harus pergi jauh dengan biaya yang mahal. Selain dari itu lingkungan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar.4. mainan. yaitu mengajar dengan hanya bersumberkan pada buku pelajaran yang ada. Pemanfaatan sumber belajar di sekolah baik yang dirancang maupun yang tinggal dimanfaatkan belum berjalan secara baik dan optimal. yang banyak berserakan di sekolah dan rumah. Guru pun kurang kreatif dalam membuat sendiri media pembelajaran maupun bahan ajar yang dibutuhkannya. Dengan sentuhan kreativitas. Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Belajar Sumber belajar selama ini dianggap sebagai suatu barang yang sulit dan membutuhkan biaya yang tinggi untuk mendapatkannya. Dengan berbekal kreativitas. guru seharusnya dapat membuat dan menyediakan sumber belajar yang sederhana dan murah. lingkungan yang berdekatan dengan sekolah dan rumah pun dapat dioptimalkan menjadi sumber Ulasan Artikel/Sumber Belajar/Suhariyanto/0823011085/MTP -FKIP-UNILA/2009 4 . dan tidak memiliki motifasi dan inovasi untuk menciptakan sumber belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajarannya. bagaimana guru dan siswa dapat memanfaatkan benda-benda yang ada lingkungan kelas. bekas kemasan sering luput dari perhatian kita. Banyak guru yang masih menggunakan paradigma lama. Bahan bekas.

cd -rom. Sumber belajar lainnya yang seharusnya dikelola dengan baik adalah perpustakaan. para peneliti dan bagi siapapun yang memerlukan informasi dan pengetahuan. para profesional. maka distribusi informasi sebagai koleksi perpustakaan perlu diarahkan pada kebutuhan belajar peserta belajar. sehingga perpustakaan dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi semua peserta belajar. Siswa tidak termotifasi memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. video disc. perpustakaan juga berfungsi untuk kegiatan pendidikan. elektronik dan audio visual ataupun dalam bentuk yang lain.belajar yang sangat bernilai bagi kepentingan belajar siswa. namun keberadaannya seringkali ditelantarkan dan tidak terurus. Selain berfungsi sebagai tempat untuk mendapatkan informasi. Ulasan Artikel/Sumber Belajar/Suhariyanto/0823011085/MTP -FKIP-UNILA/2009 5 . Tidak sedikit perpustakaan yang ada di sekolah-sekolah belum dikelola dengan baik sebagai pusat sumber belajar. bahkan juga komputer terhubung dengan jaringan internet. Tidak sedikit sekolahsekolah yang memiliki halaman atau pekarangan yang cukup luas. pembelajaran dan penelitian. perpustakaan hanya menjadi sarana atau tempat penyimpanan buku saja. Jika saja lahan-lahan tersebut dioptimalkan tidak mustahil akan menjadi sumber belajar yang sangat berharga. Perpustakaan mestinya dapat menjadi pusat sumber dan penyimpanan informasi dan pengetahuan baik berupa bahan cetak (buku/tulisan). Konsep Pusat Sumber Belajar mengubah organisasi informasi dan pengelolalaan perpustakaan dari lingkungan hanya bahan cetak menjadi lingkungan bahan cetak dengan bahan non cetak termasuk diantaranya semua teknologi yang lebih baru seperti bahan rekaman yang dibaca dengan mesin.

2) Sumber belajar merupakan salah satu aspek terpenting dalam kegiatan pembelajaran 3) Sumber belajar dapat dirancang. diciptakan dan dikembangkan sendiri oleh guru dan peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan yang ada.Kesimpulan 1) Pendidikan dimasa depan menuntut adanya perubahan pada proses pembelajaran yang bertumpu pada kemampuan individu dan berorientasi pada siswa sebagai subyek (student centered). Ulasan Artikel/Sumber Belajar/Suhariyanto/0823011085/MTP -FKIP-UNILA/2009 6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful