LAPORAN MASA PUBERTAS REMAJA

Disusun oleh

KELOMPOK 5 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7) RATNA FADILAH RETNO DEA GITAWATI SARI OCHTAVIANI SUGESTI TAKWATI SYAH PUTRI TIARA NINGRUM ULFA WULANDARI YETI ANGGREYANI

Jl.Bina karya no.2,Pondok Kopi,Duren Sawit Kota Jakarta Timur Email : Smkbpsk1.jkt@gmail.com Website: www.Smkbpsk1.jkt.sch.i

i

Jakarta.LEMBAR PENGESAHAN Untuk melengkapi pengetahuan pelajaran tentang BAHASA INDONESIA yang bertema MASA PUBERTAS REMAJA yang seharusnya sudah menjadi kewajiban putra putri bangsa Indonesia ini.16 Maret 2011 DIRGI YANTI ii . Kami membuat makalah ini untuk menjadi pengetahuan tentang MASA PUBERTAS pada remaja. Demikian makalah ini kami buat sebagai pengetahuan dan pembelajaran bagi siswa-siswi BPS&K dan makalah ini dinyatakan telah memenuhi syarat.

kami dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.bapak kepala sekolah.KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpah rahmat dan karunia-Nya.16 Maret 2011 ii . Dan kami menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya.kami telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya. Jakarta.bapak atau ibu guru.serta teman-teman yang sudah mendukung menyelesaikan pembuatan makalah ini. Kami menyadari bahwa di dalam pembuatan makalah ini berka bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini kami menghanturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak membantu dalam pembuatan makalah ini. Akhirnya kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.Namun demikian.kepada kedua orang tua.

1 1. 2) Hal-hal yang terjadi pada masa pubertas««««««.A 3 4 5 iii .1 B. 6. 6. Tujuan ««««««««««««««««««««« 1. 4) Penyebab munculnya pubertas ««««««««« « Bab III Penutup A.. iii Bab I Pendahuluan «««««««««««««««««««« 1 A.. Latar Belakang «««««««««««««««««.DAFTAR ISI Lembar Pengesahan«««««««««««««««««. B... Kesimpulan «««««««««««««««««. 3) Perubahan fisik««««««««««««««««. «.2 Bab II Isi «««««««««««««««««««««««« 2 A. i Kata Pengantar ««««««««««««««««««« ii Daftar Isi «««««««««««««««««««««««. permasalahan 1) Pengertian Pubertas««««««««««««««. Saran «««««««««««««««««««««.2 Daftar Pustaka «««««««««««««««««««««« 7 2.

Latar Belakang Dalam kehidupan pasti mengalami perubahan fisik emosional yang mungkin tidak kita sadari secara langsung yaitu. dari segi jasmani maupun rohani banyak perubahan yang mungkin tidak kita sadari betapa banyak masa. Untuk mengetahui cirri-ciri perubahan fisik masa pubertas 5. Untuk mengetahui perkembangan pada masa remaja 2. Untuk mengetahui hal-hal yang terjadi pada masa pubertas 3. mungkin bisa dibilang masa yang paling panjang dalam perjalanannya dan dimasa dewasa ini pun masa yang paling sulit karena dimasa dewasa mungkin kita harus berinteraksi dengan masyarakat umum atau usia dewasa lainnya. dari masa kanak-kanak. Masa Dewasa biasanya dimulai dari usia 18 atau 19 tahun hingga kurang lebih 40 tahun. masa remaja. yang biasanya dimulai dari timbul dari perubahan fisik yang cepat dan luas yang terjadi sewaktu pubertas. TUJUAN 1.masa yang harus kita lalui.BAB I PENDAHULUAN 1. dengan banyak tahapan yang mungkin pasti dilalui. masa usia lanjut. beberapa masa tersulit yang harus kita jalankan yaitu masa remaja. 2. Untuk mengetahui masa pubertas 4. Untuk mengetahui penyebab munculnya pubertas 1 . masa dewasa.

Pada wanita pubertas ditandai dengan menstruasi pertama (menarche). yaitu masa peralihan dari kanak-kanak ke remaja dan pada masa ini. Pubertas adalah perubahan cepat pada kematangan fisik yang meliputi perubahan tubuh dan hormonal yang terutama terjadi selama masa remaja awal. biasanyaakanmengalamipubertas yang lebih dahulu dibandingkan dengan anak laki-laki. hormone seksualitas. dan pematangan fungsi seksual. psikis. yakni pada saat anak berusia 8 sampai 18 tahun. Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik. dan perkembangan organ ± organ seksual serta organ ± organ reproduksi remaja.BAB II ISI A. Pada masa ini memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Masa puber adalah merupakan suatu peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 8 tahunsampai 21 tahun. Pengertian Pubertas Masa ini disebut juga masa pueral. yaitu meningkatnya hormon seksualitas dan mulai berkembangnya organ. Pubertas berasal dari kata bubescere artinya mendapatkan pubes atau rambut kemaluan yaitu suatu tanda kelamin sekunder yang menampakkan perkembangan seksual. sedangkan pada laki-laki ditandai dengan mimpi basah. masa pubertas adalah masa dimana anak mengalami perkembangan yang sangat cepat pada kematangan fisik. terjadi perubahan yang besar pada remaja. Proses pubertas pada anak gadis ini timbul karena keluarnya hormon estrogen yang diproduksi tubuh yang akan mengubah bentuk luar dari tubuh anak perempuan dan membuat organ-organ genitalnya berkembang Dari beberapa pengertian yang telah dijelaskan di atas dapat kita simpulkan bahwa.organ seksual serta organ-organ reproduksi remaja.Padaanakperempuan. 2 .

Hormon tersebut adalah hormon estrogen yang dominan pada remaja perempuan dan hormone testosterone pada remaja laki-laki. Pada vagina.B. meningkatkan produksi zat lemak di kulit dan meningkatkan suhu badan. Hal-hal terjadi pada masa pubertas Perubahan Pada masa pubertas yang terjadi dari masa anak memasuki masa remaja. Hal tersebut untuk melindungi sel telur dibuahi dan memperkuat kedudukannya di dindingrahim. Apa pengaruh dan manfaat hormone testosterone padar emaja laki-laki? Hormon testosterone ini dihasilkan oleh testis. Manfaat estrogen lainnya yaitu mengakibatkan tertimbunnya lemak di daerah panggul wanita Hormon selain estrogen yang dominan pada anak perempuan adalah Hormon progesteron. estrogen membuat dinding kian tebal dan cairan vagina bertambah banyak. Hormon ini bersama anakg injal (androgen) menimbulkan ciri-ciri pertumbuhan seks sekunder. akan membuat remaja sangat mudah terangsang secaraseksual. Efek dari hormone seksual berkembang dengan pesat. Hormon ini mempertebal dinding di dalam rahim dan merangsang kelenjar-kelenjar agar mengeluarkan cairan pemupuk bagi sel telur yang dibuahi. Efek dari hormon progesterone adalah Efek progesteron yang terpenting ialah pada rahim. 3 . adapaun khasiatnya adalahm elemaskan otot-otot halus. Selain itu merangsang pertumbuhan saluran telur. Pada laki-laki. Pengaruh hormon estrogen pada anak perempuan . rongga rahim dan vagina sehingga membesar. akan menyebabkan dorongan seksual yaitu dengan mengerasnya penis (ereksi). Hormone tersebut bekerja sama dengan kelenjar bawah otakm engendalikan urut-urutan rangkaian perubahan dengan mengeluarkan hormon-hormon tertentu. diatur oleh hormon seks. Manfaat hormon estrogen pada anak perempuan adalah Adapun khasiat hormon estrogen adalah hormone ini dapat merangsang pertumbuhan saluran susu di payudara sehingga payudara membesar. Hormon estrogen membawa sifat kewanitaan pada seorang anak perempuan setelah remaja. Hormon ini mempengaruhi alat-alat dalam tubuh dan menyebab kan terjadinya beberapa pertumbuhan seks primer.

Nah itu salah satu tanda dari masa pubertas selain tumbuhnya bulu-bulu halus di sekitar ketiak. panggul mulai melebar dan membesar dan akan mengalami menstruasi atau haid. Di samping itu akan mulai tumbuh bulubulu halus di sekitar ketiak dan vagina. Perubahan lainnya seperti: y y y y y y y y Lengan dan tungkai kaki bertambah panjang Tangan dan kaki bertambah besar Tulang-tulang wajah mulai memanjang dan membesar Vagina mulai mengeluarkan cairan Pantat berkembang lebih besar Kulit dan rambut mulai berminyak Keringat bertambah banyak Indung telur mulai membesar  4 .C. Perubahan Fisik Perubahan fisik pada laki-laki adalah mimpi basah . terjadiperubahan suara serta tumbuhnya jerawat. janggut dan kumis. Dan ada yang disertai tumbuhnya jerawat. Perubahan lainnya adalah: y y y y y y y y y y Tubuh bertambah berat dan tinggi Pundak dan dada bertambah besar dan bidang Penis dan buah zakar membesar Keringat bertambah banyak Kulit dan rambut mulai berminyak Lengan dan tungkai kaki bertambah panjang Tangan dan kaki bertambah besar Tulang wajah mulai memanjang dan membesar Tumbuh jakun Suara berubah menjadi berat  Perubahan fisik pada perempuan Pada remaja putrid biasanya ditandai oleh pertumbuhan payudara. kemaluan laki-laki.

Hormon-hormon tersebut ada di dalam darah dan memengaruhi alat-alat dalam tubuh sehingga terjadilah beberapa pertumbuhan . PENYEBAB MUNCULNYA PUBERTAS Penyebab munculnya pubertas ini adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh system kelenjar penghasil hormon tubuh). pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reproduksi telah berfungsi dan tubuh mengalami perubahan. remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki. Berkat kerja hormon ini. Hormon seks yang memengaruhi perempuan adalah estrogen dan progesteron yang diproduksi di indung telur. 5 . sedangkan pada laki-laki diproduksi oleh testis dan dinamakan testosteron. Dengan kata lain.D.

dari masa kanak-kanak. SARAN-SARAN Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan sebagaimana yang kita harapkan. masa usia lanjut.BAB III PENUTUP 1. maka dari pada itu penulis butuh kritikan dan saran dari ibu guru pembimbing kita dan bagi teman-teman yang membacanya. KESIMPULAN Dalam kehidupan pasti mengalami perubahan fisik yang mungkin tidak kita sadari secara langsung yaitu. yang sifatnya membanggun. masa dewasa. Pertumbuhan fisik adalah perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. dengan banyak tahapan yang mungkin pasti dilalui.Baik laki-laki maupun perempuan perubahan fisik mengikuti urutan-urutan tertentu. 6 . 2. dari segi jasmani maupun rohani banyak perubahan yang mungkin tidak kita sadari betapa banyak masa. masa remaja.masa yang harus kita lalui. melainkan juga meliputi perubahan ciri-ciri yang terdapat pada kelamin utama dan kedua. demi kesempurnaannya kedepan.Perubahan fisik remaja tersebut bukan saja menyangkut bertambahnya ukuran tubuh dan berubahnya proporsi tubuh.

Bandung. Alex ( 2003 ) Psykologi Umum.jakarta: grahacendikia Wikipedia bahasa Indonesia.pendidikan umum.DAFTAR PUSTAKA Akhmadi. Pustaka Setia 7 . Bandung.2008. ensiklopediabebas Desmita ( 2006 ) Psykologi Perkembangan. Rosdakarya Sobur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful