Membuat Halaman Berbeda pada Microsoft Word 2007

Posted January 12, 2011 Comments(1)

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Disini saya akan sedikit menerangkan tentang membuat Halalman yang berbeda pada Ms-Word, awalnya pada waktu saya menggarap Skripsi, saya belum memperhatikan format penomeran halaman yang terdapat pada “buku panduan menulis skripsi” kampus saya, ternyata setelah saya baca baru saya sadar kalau penulisan halaman pada penulisan skripsi saya agak “aneh”. Jadi formatnya seperti ini:
1. Pada lembar pertama terdapat Cover atau sampul yang tidak memiliki nomor halaman, 2. kemudian pada lembar kedua ternyata terdapat halaman dengan format menggunakan

angka romawi (i, ii, iii, dst…) yang terdapat pada bagian tengah bawah.
3. ternyata di lembar yang ke 15 yaitu pada bagian “BAB I” dan seterusnya format

halamannya berbeda, menggunakan angka arab (1, 2, 3, dst…) dan posisinya pada bagian bawah tengah. Sedangkan peletakkan halaman untuk bagian BAB (BAB I, BAB II, BAB III, dst…) nomer halaman terletak pada bagian pojok kanan atas. Ok, kasusnya seperti diatas, bagaimana cara kita membuatnya? mudah-mudahan tutorial dibawah ini membantu :
1. Buka

Software

Microsoft

Office

Word

2007,

2. Halaman pertama adalah halaman cover, yaitu tidak menggunakan nomer halaman.

Caranya adalah Pada toolbar “Page Layout” terdapat toolbar “breaks” pilih section

break “next page” 3. Buatlah halaman nya yaitu dengan format i dengan letaknya pada bagian tengah bawah. dengan cara klik “Insert –> Page number –> Bottom of page –> Plain number 2″ maka akan muncul halaman pada lembar pertama dan lembar kedua dengan format defaultnya (format angka arab 1 dan 2). .

9. iii. Pada toolbar “Page Layout” pilih “Breaks –> Next Page”. Setelah itu pada toolbar “Insert” pilih lagi “Page number –> Top of Page –> Plan Number 3″ maka akan muncul halaman pada pojok kanan atas. kemudian masih pada toolbar “design” pilih “Page Number –> Format Page Numbers. 2. 3. Ok. Pada toolbar “design” matikan “link to previous” nya. tetapi yang muncul masih dengan format “i”.4. maka akan muncul halaman baru. Pada halaman cover ternyata nomor halamannya juga muncul. Sekarang Kita akan membuat halaman untuk bagian BAB (halaman terletak di pojok kanan atas dan menggunkan angka arab). pada halaman pertama (cover) seleksi nomor halamannya. kita ubah lagi dengan pilih “Page Number –> Format Page Numbers…” kemudian pilih “Number Formatnya” dengan “1. …” dan “Page Numbering” nya pilih . 8. ii..” pada “number of formatnya” pilih “i. lalu pilih “Page Number –> Remove Page numbers”. …” kemudian “Page numberingnya” pilih “Start at :” kemudian isikan “i”. untuk menghapusnya. 6. 5. 7.

pilih “Page Number –> Bottom of page –> Plain number 2″ pada toolbar “Insert”. ubah saja “Start at :” nya menjadi “2″ pada toolbar “Design” “Page number –> Format page numbers…” Jangan lupa untuk mematika “Link to previous” nya. Kemudian buat lagi halamannya. Terima kasih . tinggal kita hapus saja dengan “Page Number –> Remove Page Number” pada toolbar “Design”. 14. Ternyata format nomor halaman pada BAB I masih ada pada halaman baru ini. jadi… Demikianlah tutorial singkat yang saya buat. jika ada pertanyaan silakan tinggal pesan di bawah ini. sebelumnya “Link to previous” nya dimatikan dulu. Terakhir. Croot…. kita akan membuat halaman isi BAB (Halaman terletak pada bagian bawah – tengah). 10. hampir sama seperti langkah no.7. 13. Ternyata halamannya yang keluar adalah halaman “1″. Pilih “Insert –> Breaks –> Next Pages” kemudian akan keluar halaman baru.“Start at :” dan isikan angka “1″. 12. 11.

• Pilih format romawi lalu klik OK.Bagaimana membuat halaman berbeda di Ms. • Klik Insert > Page Number > Format Page Numbers. • Klik Page Layout > Breaks > Next Page. . Word 2007 • Tempatkan kursor di awal bab.

bawah tengah).• Klik Page Number > pilih posisi yang diinginkan (misalnya. . • Klik Page Number > Format Page Numbers. • Simpan kursor di halaman awal bab.

• Pilih angka lalu pilih Start at 1. • Jika ingin di awal bab posisi nomor halaman berbeda. lalu klik Different First Page. • Hasilnya seperti gambar berikut. . Klik OK. simpan kursor di awal bab.

Jika terdiri dari beberapa bab. buat dulu page layout break seperti langkah kedua.sudarma. koneksi–>www. Jika bab pertama berakhir di halaman 30. Namun. Bisa juga menggunakan format halaman sesuai kebutuhan. di kanan atas). atur kembali format page number supaya nomor halamannya berlanjut.info . Begitu seterusnya.• Pilih posisi nomor halamannya (misalnya. di halaman berikutnya atur Start at dengan nomor 31.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful