Konsep Informasi Akuntansi Differensial.

Informasi akuntansi diferensial merupakan taksiran perbedaan aktiva, pendapatan, dan/atau biaya dalam alternatif tindakan yang lain. Informasi akuntansi diferensial mempunyai dua unsur pokok, yaitu merupakan informasi masa yang akan datang dan berbeda di antara alternatif yang dihadapi oleh pengambil keputusan. Informasi akuntansi diferensial yang hanya bersangkutan dengan biaya disebut biaya diferensial (differential costs), yang hanya bersangkutan dengan pendapatan disebut pendapatan diferensial (differential revenue), dan yang bersangkutan dengan aktiva disebut aktiva diferensial (differential assets).

Manfaat Informasi Akuntansi Diferensial.
1. Pengambilan Keputusan untuk Membeli atau Membuat Sendiri. Jika manfaat lebih besar dari pengorbanan, alternatif membeli dari luar lebih menguntungkan jika dipilih. Jika manfaat lebih kecil dari pengorbanan, alternatif membeli dari luar sebaiknya tidak dipilih. 2. Menjual atau Memproses Lebih Lanjut Suatu Produk. Manajemen puncak dihadapkan pada pilihan menjual produk tertentu pada kondisinya sekarang atau memprosesnya lebih lanjut menjadi produk lain yang lebih tinggi harga jualnya. Dalam pengambilan keputusan macam ini, informasi akuntansi diferensial yang diperlukan oleh manajemen adalah pendapatan diferensial dengan biaya diferensial jika alternatif memproses lebih lanjut dipilih. Pengorbanan dari pemilihan alternatif membuat sendiri adalah sebesar biaya diferensial yang berupa biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sendiri produk tersebut. Jika manfaat lebih besar dari pengorbanan, alternatif membuat sendiri lebih menguntungkan jika dipilih. Sebaliknya jika manfaat lebih kecil dari pengorbanan alternatif membuat sendiri sebaiknya tidak dipilih. Keputusan membuat sendiri akan mengakibatkan manajemen memerlukan tambahan investasi dalam mesin dan ekuipmen . Jika perusahaan sebelumnya membeli dari luar dan kemudiaan mempertimbangkan akan membuat sendiri, serta memerlukan mesin dan ekuipmen untuk memproduksi sendiri,manfaat dari pemilihan alternatif membuat sendiri adalah besarnya biaya diferensial yang berupa biaya yang terhindarkan (avidable cost) sebagai akibat membeli produk dari pemasok luar. Pengorbanan dari pemilihan alternatif membuat sendiri adalah sebesar biaya diferensial yang berupa biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sendiri produk tersebut. Manfaat bersih yang diperoleh dibandingkan dengan besarnya

. informasi akuntansi adalah pendapatan diferensial dan biaya diferensial.investasi dalam mesin dan ekuipmen (aktiva penuh) untuk memutuskan apakah manfaat bersih yang diperoleh sebanding dengan investasi yang akan dilakukan.html http://dspace.id/bitstream/handle/10364/427/0101100. Menerima atau Menolak Pesanan Khusus. jika pendapatan diferensial lebih rendah dibandingkan dengan biaya difernsial.Akuntansi Manajemen : Konsep. Jika pendapatan diferensial (yaitu tambahan pendapatan dengan diterimanya pesanan khusus tersebut) lebih tinggi dibandingkan dengan biaya diferensial (yaitu tambahan biaya karena memenuhi pesanan khusus tersebut) maka pesanan khusus tersebut sebaiknya diterima. Pendapatan hilang ini merupakan informasi pendapatan diferensial dan merupakan pengorbanan yang ditanggung karena pemilihan alternatif menghentikan produksi produk atau departemen tertentu.edisi 3 2001 .com/2010/03/makalah-akuntansi-differensial. Dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak (pesanan khusus). Daftar Pustaka http://laeners. Menghentikan atau Melanjutkan Produksi Produk tertentu Dengan dihentikannya produksi produk tertentu atau kegiatan departemen tertentu perusahaan akan kehilangan kesempatan memperoleh pendapatan dari produk /departemen tertentu( foregone revenues ). Dilain pihak .widyatama.blogspot. Manfaat dan Rekayasa. Penerbit Salemba Empat . 4. 3. maka pesanan khusus sebaiknya ditolak.ac.pdf?sequence=1 Mulyadi.

Dalam pelaksanaannya tidak diperlukan investasi dlm mesin dan equipmen.620 per satuan. apakah pertimbangan untuk memproses lebih lanjut merupakan keputusan yang paling tepat dalam pemilihan ini ? Penyelesaian : . 5.290 Diketahui volume penjualan diperkirakan sebanyak : 60. 50. 8. Berdasarkan informasi yang diperoleh.720 Rp. bahwa pihak manajemen mempertimbangkan untuk memproses lebih lanjut menjadi barang XA-2.000 satuan. namun hanya memerlukan biaya pengolahan lebih lanjut yakni sebesar Rp.000. 56. 5.260 Rp. 40.Contoh Kasus : PT Sinsie adalah sebuah perusahaan yang memproduksi suatu barang yakni XA-1 yang dijual dengan harga Rp.Diminta : Berdasarkan informasi di atas.430 Rp. 6. Sedang di pasaran barang XA-2 cukup banyak permintaan dengan harga jual Rp.000 per satuan. 6.200 Rp.280 Rp.400 Rp. 7. Sedangkan biaya penuh yang diperlukan untuk membuat barang tersebut adalah sebagai berikut : Biaya Bahan Baku Biaya Tenaga kerja lgs Biaya Overhead Pabrik (V) Biaya Overhead Pabrik (T) Biaya Administrasi (T) Biaya pemasaran (T) Biaya per satuan Rp. 6.

= Rp.670 x 60.Jika alternatif Menjual yang dipilih. 70. 2.000 unit Rp.Biaya diferensial ( Rp.000 Rp.000 – Rp. 1.000 unit) = Rp.000 x 60.000 unit) – ( Rp. 679. maka keputusan memproses lebih lanjut adalah keputusan yang paling tepat.000 unit = Rp.290 x 60. .600.200.000 = Rp. 40.000. 3.200.800. 8. 520. krn memberikan keuntungan yang lebih besar.000.000.000 ) x 60.000 . maka keuntungan yang diperoleh adalah : Laba = Pendapatan diferensial . 582. 50.Rp.400.417.000 Jika alternatif Memproses lebih lanjut.000.000 Keputusan : Berdasarkan informasi. 50. maka keuntungan yang diperoleh adalah : Laba = ( Rp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful