SIKLUS PEMECAHAN MASALAH

MASALAH

IDENTIFIKASI, PILIH, DAN DEFINISIKAN MASALAH

PELAJARI PROSES YANG TERJADI

TENTUKAN PENYEBAB MASALAH

IDENTIFIKASI CARA PEMECAHAN

PILIH SOLUSI YANG DAPAT DILAKSANAKAN

UJI COBA SOLUSI

EVALUASI EFEKTIVITASNYA

. Contohnya saja seperti di kota Bandung. tidak adanya penanganan masalah sampah yang baik akan menimbulkan masalah-masalah lainnya. Mulai dari kurangnya lahan yang tersedia untuk tempat penampungan sampah seperti yang terjadi di kota Bandung. Proses yang terjadi : Pengelolaan sampah yang tidak sesuai dengan standar akan mengakibatkan dan menimbulkan berbagai macam masalah lainnya.Masalah : Masalah kesehatan lingkungan Identifikasi masalah : Keberadaan jentik Aedes Aegypti nyamuk di rumah Ada tidaknya jamban keluarga Pengelolaan sampah rumah tangga Tempat pembuangan limbah cair keluarga Masalah yang dipilih : Pengelolaan sampah tangga Definisi masalah : Proses dan metode yang dipakai dalam pengelolaan sampah rumah tangga yang dilakukan oleh masyarakat.

Segera berakhirnya izin pakai lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat. Sistem TPA dianggap tidak lagi sesuai untuk menangani masalah sampah. akan menjadi kendala utama dalam penanganan masalah sampah di Kota Band ung. banyak pihak memperkirakan bakal muncul masalah dalam pengelolaan sampah di Kota Bandung. Adapun rencana penggunaan kawasan Legoknangka di Desa Ciherang. Kota Bandung tidak memiliki lahan lagi untuk dijadikan TPA. Sejak lama. Oleh karena itu. Kecamatan Nagreg. reduce. Kabupaten Bandung Barat (KBB). . Sebab masalah yang pokok : Kurangnya lahan Penerapan metode yang tidak sesuai Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah Kurangnya kesadaran masyarakat Identifikasi cara pencegahan : Penerapan 3R (reuse. dan recycle) Penerapan metode pengelolaan sampah yang benar Minimalisasi timbulan sampah Penggunaan sampah sebagai pembangkit listrik Pemilihan cara penyelesaian permasalahan . Mengingat keterbatasan lahan yang dimiliki kota ini. tahun 2018. juga masih memiliki kendala. Kabupaten Bandung yang akan dijadikan TPA bersama. Pada intinya penanganan masalah sampah haruslah dimulai dari penghasil sampah. Terlebih lagi untuk masalah sampah rumah tangga. Salah satunya adalah soal biaya pengangkutan sampah. Namun apa daya.

Contoh Reduce / Mengurangi Produk Sampah 1. mudah dilakukan. Kurangi Bahan yang sekali pakai. Dari keterangan di atas. dan daur ulang sampah. Contoh Reuse / Menggunakan Kembali Sampah 1. 2. Solusi haruslah yang tidak menyulitkan masyarakat. guna ulang sampah. solusi yang paling mungkin dilakukan adalah penerapan program 3 R. 3. 3R adalah kependekan dari reduce. murah bahkan jika mungkin memberikan penghasilan kepada masyarakat sehingga masyarakat memberikan respon yang positif. Contoh Recycle / Daur Ulang Sampah . Gunakan Produk yang dapat diisi ulang (refill). Gunakan kembali wadah/kemasan untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya. 3R merupakan prinsip utama dalam pengelolaan sampah berwawasan lingkungan (environmental friendly). 4. Jual atau berikan sampah yang sudah terpilah kepada orang yang memerlukan. Hindari pemakaian dan pembelian produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar. Gunakan wadah/kantong yang dapat digunakan berulang-ulang. dan recycle.penyelesaian masalah pun harus sesuai dan senyaman mungkin dengan masyarakat sebagai penghasil sampah. Gunakan beterai yang dapat di charge kembali. reuse. 2. 3. Idiom tersebut kemudian dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi kurangi sampah.

Lakukan penangan untuk sampah anorganik menjadi barang yang bermanfaat. Sampah anorganik diolah menjadi barang yang bermanfaat. Sampah organik diolah menjadi kompos dengan berbagai cara yang telah ada (sesuai ketentuan) atau manfaatkan sesuai dengan kreativitas masing masing. Evaluasi : Evaluasi dilakukan dengan melihat respon masyarakat dan seberapa besar berkurangnya jumlah timbunan sampah yang dihasilkan masyarakat setelah adanya program 3 R. 3. 2. .1.

RR.SIKLUS PEMECAHAN MASALAH PENGELOLAAN SAMPAH Tugas Individu disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah rencana dan evaluasi program kesehatan dosen pengampu: dr. M. Disusun oleh : Zuhrotun Hamida 6450408127 ROMBEL: 03 JURUSAN ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KOTA SEMARANG 2010 . Ratna Rahayu.Kes.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful