Pengertian SIPILIS Sifilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum.

sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf, jantung, atau otak. Sifilis yang tak terawat dapat berakibat fatal. SIPILIS (Raja Singa) Penyebab: karena infeksi Kuman Treponema pallidum. Bakteri yang berasal dari famili spirochaetaceae ini, memiliki ukuran yang sangat kecil dan dapat hidup hampir di seluruh bagian tubuh. Spirochaeta penyebab sifilis dapat ditularkan. Cara penularan:ditularkan dari satu orang ke orang yang lain melalui hubungan genito-genital (kelamin-kelamin) maupun oro-genital (seks oral). Infeksi ini juga dapat ditularkan oleh seorang ibu kepada bayinya selama masa kehamilan. Anda tidak dapat tertular oleh sifilis dari handuk, pegangan pintu atau tempat duduk WC. Gejalanya: Timbul benjolan di sekitar alat kelamin. Kadang-kadang disertai pusing-pusing dan nyeri tulang seperti flu, yang akan menghilang dengan sendirinya tanpa diobati. Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah hubungan seks. Selama 2-3 tahun pertama penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa-apa, setelah 5-10 tahun penyakit ini akan menyerang susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung. Pada perempuan hamil, penyakit ini dapat menular kepada bayi yang dikandungnya yang mengakibatkan kerusakan kulit, hati, limpa dan keterbelakangan mental. Jika tidak diobati gejala sipilis akan muncul dalam empat tahap. Tahap I (Sipilis Primer) Terjadi 9-10 hari setelah terinfeksi Timbul luka yang tidak nyeri di penis, bibir kemaluan atau leher rahim Tahap II (Sipilis Sekunder) Terjadi beberapa bulan setelah tahap pertama Gejala berupa kelainan kulit bercak kemerahan tidak gatal, terutama pada telapak tangan dan kaki. Ada pembesaran kelenjar getah bening di seluruh tubuh. Bisa juga berupa kutil di sekitar alat kelamin dan anus.

tidak sama dengan gonore dan klamidia. biasa ditemukan pada orang dewasa. Terdapat kerusakan pada alat tubuh penting yang menetap pada otak. Sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum dan disebarkan melalui kontak seksual langsung (termasuk oral) dengan individu yang terinfeksi lesi (luka) sipilis menular tersebut. Kondisi ini hanya dapat dilihat melalui pemeriksaan darah khusus sipilis. hampir 3 % remaja aktif secara seksual punya penyakit sipilis yang aktif. Tetapi tetap saja sipilis juga masalah penting bagi remaja di negara berkembang.Kelainan kulit . **Sipilis kongenital** Pada bayi dan anak-anak akan menimbulkan: .Kelainan bentuk gigi yang khas . . ketulian .Kebutaan. Tahap IV (Sipilis Tersier) Timbul 5-30 tahun setelah tahap sipilis II.Kelainan tulang . Di desa Nigeria misalnya.Kelainan bentuk wajah . berikut ini adalah gejala singkat penderita sipilis untuk deteksi dini: Penderita sipilis dapat dideteksi dari luka terbuka yang lebar di bibir dan mulutnya. serabut saraf dan sumsum tulang belakang.Bayi yang dilahirkan meninggal Hasil laporan kesehatan menunjukkan bahwa sipilis.Tahap III (Sipilis Laten) Tidak ada keluhan ataupun gejala. pembuluh darah dan jantung. namun infeksi berlanjut menyerang alat-alat atau bagian tubuh lainnya.

atau gugurnya rambut yang tidak normal (alopecia). karena pasien biasanya tidak menyelesaikan pengobatannya. sipilis sekunder dapat memiliki berbagai gejala. Perawat kesehatan profesional mengusulkan seks aman dilakukan dengan menggunakan kondom bila melakukan aktivitas seks. Cara lain adalah memberikan kapsul azithromycin lewat mulut (memiliki durasi yang lama) dan harus diamati. Sipilis primer dan sipilis sekunder dapat muncul di wajah. dosis harus diberikan setengah di setiap pantat karena bila dijadikan satu dosis akan menyebabkan rasa sakit. Benjolan yang terlihat di dan sekitar mulut. Pengobatan penyakit ini dapat dilakukan menggunakan antibiotik. biasanya karena melakukan hubungan seks oral dengan seseorang yang terinfeksi lesi genital. Luka juga mungkin timbul di lidah atau bagian dalam mulut. Sementara itu. . merupakan sejumlah gejalanya. Menurut statistik. bukan hanya oral. tapi tidak dapat menjamin sebagai penjaga yang pasti. jika infeksi dibiarkan tanpa diobati. di area terjadinya kontak seksual tersebut–biasanya alat kelamin–setelah fase yang disebut dengan sipilis primer.Luka biasanya muncul sekitar tiga sampai enam minggu setelah hubungan seks. Perawatan lain kurang efektif karena pasien diharuskan memakan pil beberapa kali per hari. Cara ini mungkin gagal karena ada beberapa jenis sifilis kebal terhadap azithromycin dan sekitar 10% kasus terjadi pada tahun 2004. Sipilis primer di wajah biasanya muncul di bibir sebagai luka besar yang terbuka. Pengobatan: Sifilis dapat dirawat dengan penisilin atau antibiotik lainnya. Usul terbaik adalah pencegahan aktivitas seksual dengan orang yang memiliki penyakit kelamin menular dan dengan orang berstatus penyakit negatif. Cara terlama dan masih efektif adalah dengan penyuntikan procaine penisilin di setiap pantat (procaine diikutkan untuk mengurangi rasa sakit). Gejala sipilis sekunder muncul sekitar empat sampai 10 minggu setelah munculnya lesi primer. perawatan dengan pil kurang efektif dibanding perawatan lainnya. ruam kemerahan yang muncul di sekujur tubuh. Gejala sekunder ini dapat ditimbulkan akibat infeksi hubungan seks genital.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful