LEMAK & MINYAK

Kimia SMA - Kelas 12 KD 4.4

Gilang Muhammad Asadullah

Struktur umum molekul lemak seperti ter-lihat pada ilustrasi di bawah. sedangkan pada tumbuhan cenderung berupa minyak. satu molekul gliserol mengikat tigamolekul asam lemak. Ketiga molekul asam lemak itu boleh sama (disebut asam lemak sederhana) dan boleh berbeda (disebut lemak campuran).Pada lemak. A. oleh karena itu lemak adalah suatutrigliserida. Lemak dan Minyak Lemak merupakan salah satu senyawa organik yang banyak terdapat dalam tumbunhan. Sebagian besar gliserida pada hewan berupa lemak. sedangkan istilah lemak biasanyadigunakan untuk yang berwujud padat.LEMAK & MINYAK I. hewan. Lemak dan minyak adalah trigliserida. atau manusia. molekul lemak terbentuk dari dua atau lebih macam asam lemak. R1±COOH. . R2±COOH. Pada rumus struktur lemak di atas. kedua istilah ini berarti ³triester dari gliserol´. atau triasil gliserol. Asam penyusun lemak disebut asam lemak.Lemak yangpada suhu kamar berbentuk cair disebut minyak. Tetapi pada umumnya. dan R3±COOH adalah molekul asam lemak yang terikat pada gliserol. Rumus Struktur&Tata Nama Lemak Lemakadalah ester dari gliserol dengan asam -asam karboksilat suku tinggi.

8. salah satu komponenminyak kapas mempunyai struktur sebagai berikut.LEMAK & MINYAK Sebagai contoh. . Penamaan lemak dimulai dengan kata gliseril yang diikuti oleh nama asam lemak. Berikut beberapa contoh struktur beserta nama dari lemak.14-eikosateCH3(CH2)4-CH = CHtranoat CH2-CH = CH-CH2-CH = CH-CH2-CH =CH(CH2)7-COOH Nama lazim dari lemak adalah trigliserida.12-oktadekadie-noat CH3(CH2)4CH = CHCH2-CH = CH-(CH2)7COOH 9.12. Berikut merupakan asam-asam lemak yang sering dijumpai Asam lemak jenuh Nama trivial Nama IUPAC Rumus Struktur asam butanoat CH3(CH2)2COOH asam butirat asam kaproat asam miristat asam palmitat asam stearat asam kaproat asam tetradekanoat asam heksadekanoat asam oktadekanoat CH3(CH2)4COOH CH3(CH2)12COOH CH3(CH2)14COOH CH3(CH2)16COOH Asam lemak tak jenuh Nama trivial Nama IUPAC asam oleat 9-oktadekanoat asam linoleat asam linolenat asam arakidenat Rumus Struktur CH3(CH2)7CH = CH(CH2)7-COOH 9.15-oktadeka-trienoat CH3-CH2-CH = CH-CH2CH = CH-CH2-CH = CH(CH2)7-COOH 5.11.

asam lemak dikelompokkan menjadi dua. dan lemak nabati atau lemak yang berasal dari tumbahan. b.sedangkan lemak dari tumbuhan berupa zat cair. Sifat-sifat Lemak 1. Asam lemak tak jenuh Asam lemak tak jenuh. Adapun beberapa asam lemak berdasarkan dua penggolongan diatas dapat dilihal pada tabel dibawah ini. asam palmitat. Asam lemak jenuh CH3(CH2)2COOH CH3(CH2)14COOH CH3(CH2)16COOH b.yaitu asam lemak yang mengandung ikatan rang kap pada rantai karbonnya. Asam lemak jenuh Asam lemak jenuh. Nama Asam Rumus Struktur Sumber Lemak a. Asam lemak tak jenuh CH3(CH2)7CH=CH-(CH2)7-COOH CH3(CH2)4CH=CH-CH2-CH=CH-(CH2)7COOH CH3-CH2-CH=CH-CH2-CH=CH-CH2CH=CH-(CH2)7-COOH Asam oleat Asam linoleat Asam linolenat Asam butirat Asam palmmitat Asam stearat Lemak hewani (susu) Lemak hewani dan nabati Lemak hewani dan nabati Lemak hewani dan nabati Minyak nabati Minyak nabati (biji rami) Minyak nabati C. sedangkan lemak yang mempunyai titik lebur rendah me -ngandung asam .LEMAK & MINYAK B. Berdasarkan sumbernya lemak juga dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu lemak hewani atau lemak yang berasal dari hewan. dan asam linolenat. Pada suhu kamar. Oleh karena itu. yaitu asam lemak yang semua ikatan atom karbon pada rantai karbonnya berupa ikatan tunggal (jenuh). Contoh: asam oleat. Contoh: asam laurat. Berdasarkan jenisikatannya. b. Klasifikasi Lemak Sebagaimana pembahasan sebelumnya bahwa molekul lemak terbentukdari gliserol dan tiga asam lemak. asam linoleat. Sifat Fisis Lemak a. lemak hewan pada umumnya berupa zat padat. dan asam stearat. penggolongan lemaklebihdidasarkan pada jenis asam lemak penyusunnya. Lemak yang mempunyai titik lebur tinggi mengandung asam lemakjenuh. yaitu: a.

LEMAK & MINYAK lemak tak jenuh. 2. mempunyai titik lebur 71 °C. Sifat Kimia Lemak 1. Hidrolisis yang paling umum adalah denganbasa atau enzim lipase. Semua lemak larut dalam kloroform dan benzena. 3. lemak atau minyak dapat mengalami hidrolisis oleh air pada suhu kamar. Lemak yatidak larut dalamair. Hidrogenasi Minyak Ikatan rangkap pada minyak dapat dijenuhkan dengan cara hidrogenasisehingga menjadi lemak padat. d. Hidrolisis dengan basa disebut penyabunan karena salah satu hasilnya adalah garam asam lemak yang disebut sabun Reaksi umum: . sedangkan triolein (ester gliserol dengantiga molekul asam oleat) mempunyai titik lebur ±17 °C. 2. Reaksi Hidrolisis Dengan adanya enzim lipase. e.Contoh: Tristearin (ester gliserol dengan tiga molekul asam stearat). Reaksi Penyabunan atau Saponifikasi Pada pembahasan sebelumnya telah diketahui bahwa lemak dapat mengalami hidrolisis. c. Alkohol panasmerupakan pelarut lemak yang baik.

Kegunaan Lemak dalam Kehidupan Sehari-hari Lemak atau minyak dapat dimanfaatkan untuk beberapa tujuan. Sedangkan sabun yang mengandung logam K disebut sabun lunak dan di kehidupan sehari-hari dikenal dengan sebutan sabun mandi. di antaranyasebagai berikut. maka makin besar pula bilangan yodium. Halogenasi Lemak Asam lemak tak jenuh. baik bebas maupun terikat sebagai esterdalam lemak atau minyak mengadisi halogen (I2atau Br2) pada ikatanrangkapnya. . maka jumlah halogenyang dapat bereaksi dengan lemak dipergunakan untuk menentukanderajat ketidakjenuhan. D. 1. Bahan pembuatan mentega atau margarin Lemak atau minyak dapat diubah menjadi mentega atau mar garin dengan cara hidrogenasi.LEMAK & MINYAK 4. Tiap molekul yodiummengadakan reaksi adisi pada suatu ikatan rangkap. Sumber energi bagi tubuh Lemak dalam tubuh berfungsi sebagai cadangan makanan atausumber energi. Lemak adalah bahan makanan yang kaya energi. Sabun yang mengandung logam Na disebut sabun keras (bereaksi dengan keras terhadap kulit) dan sering disebut sabun cuci. 2.Pembakaran 1 gram lemak menghasilkan sekitar 9 kilokalori.Bilangan l yodium adalah bilangan yang menyatakan banyaknya gramyodium yang dapat bereaksi dengan 100 gram lemak. Oleh karena itumakin banyak ikatan rangkap. Untuk menentukan derajat ketidakjenuhan asamlemak yang terkandung dalam lemak. diukur dengan biangan yodium. Bahan pembuatan sabun Sabun dapat dibuat dari reaksi antara lemak atau minyak dengan KOH atau NaOH. Karena derajat absorpsi lemak atau minyak sebanding denganbanyaknya ikatan rangkap pada asam lemaknya. 3. Yodium dapatbereaksi dengan ikatan rangkap dalam asam lemak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful