Phenylketonuria (PKU

)

Phenylketonuria (PKU) adalah gangguan genetik yang ditandai oleh kekurangan atau masalah dengan aktivitas spesifik dari enzim fenilalanin hidroksilase (PAH), yang diperlukan untuk memetabolisme phenylalanin asam amino pada asam amino tirosin. Jika tidak diobati, phenylalanine menumpuk dan dapat mengakibatkan masalah -masalah neurologis, ter masuk keterbelakangan mental dan kejang. PKU kadang -kadang disebut penyakit Folling's. PKU adalah salah satu penyakit genetik beberapa yang dapat dikontrol dengan diet, melibatkan konsumsi rendah phenylalanin dan diet tinggi tirosin. Wanita yang terkena PKU harus memberikan perhatian khusus untuk diet mereka jika mereka ingin menjadi hamil, kar ena tingkat tinggi phenylalanin dalam lingkungan rahim dapat menyebabkan kecacatan parah dan keterbelakangan mental pada anak -anak. Namun, wanita yang mempertahankan diet yang baik dapat memiliki, anak nor mal yang sehat. Koordinasi sistem yang kompleks dalam tubuh manusia ter lihat dalam proses, dikatalisis oleh enzim, di mana phenylalanin dimana phenylalanin terdegradasi menjadi tirosin, yang pada gilir annya dikonversi menjadi neurotransmiter penting dan hormon dopamin, norepinefrin (noradrenalin) dan epinefrin (adrenalin). Namun, mutasi gen tertentu, yang bertanggung jawab untuk produksi dari PAH enzim, dapat menyebabkan gangguan harmoni, karena tubuh kehilangan kemampuan untuk phenylalanin. Pada manusia, L-isomer dari phenylalanin, yang terlibat dalam sintesis protein, merupakan salah satu dari 20 asam amino standar umum dalam protein hewan dan memetabolisme

Hal ini diikuti oleh dekarboksilasi dalam dopamin neur otransmitter. salah satu asam amino DNA. Ini adalah peran yang hanya dikenal dari PAH dalam tubuh manusia (Krapp dan Wilson 2005). diubah menjadi L-dopa.langkah enzimatik berikut: y Tirosin. phenylalanin juga diklasifikasikan sebagai "asam amino esensi l" ena mer eka ti ak dapat disintesis oleh t h manusia dari senyawa lain melalui reaksi kimia dan dengan demikian harus diambil dengan diet Jalur Metabolik L-phenylalanin dapat dikonversi menjadi L-tyrosine. Enzim phenylalanin hidroksilase (PAH) adalah bahan yang mendasar untuk proses melalui konversi fenilalanin asam amino ke asam amino tirosin. Jalur sintetik dasar yang dianut oleh semua katekolamin melibatkan serangkaian langkah. pada gilirannya. prekursor kunci katekolamin. diciptakan dari phenylalanin oleh hidroksilasi melalui enzim phenylalanin hidroksilase. norepinefrin. y y y y Tirosin teroksidasi untuk dihydroxyphenylalanine (L-dopa). Epinefrin kemudian disintesis dari norepinef rin melalui metilasi amina distal utama norepinefrin oleh phenylethanolamine-methyltransferase N (PNMT). yang kemudian diubah menjadi dopamin. (noradrenalin) dan nor epinefrin (adrenalin) epinefrin. Dopamin. .disandikan. Ber ikutnya adalah -oksidasi pada norepinefrin oleh hidroksilase dopamin beta. (Tirosin juga tertelan langsung dari pr otein diet). L-tyrosine.diperlukan untuk fungsi normal pada manusia. dan epinefrin dikenal sebagai katekolamin. Katekolamin penting sebagai neurotransmitter dan hor mon.

Phenylalanin yang berlebihan dapat dimetabolisme menjadi phenylketones. akumulasi phenylalanin untuk dan tirosin kekurangan. Phenylketonuria adalah kelainan genetik r esesif autosom. Abnormal tingkat tinggi phenylalanin adalah racun bagi sel-sel sistem syaraf. karena kurangnya PAH atau cacat dalam adalah enzim. LNAAs bersaing untuk transportasi melintasi penghalang darah-otak (BBB) melalui transporter asam . juga dapat mempengaruhi ekspresi PAH dan menyebabkan tingginya kadar phenylalanin. tetapi dapat menularkannya kepada anak-anak mereka. Phenylalanin adalah asam amino netral yang besar (LNAA). yang dapat menyebabkan kesalahan dalam enzim. phenylpyruvate dan phenylethylamine (Michals dan Matalon 1985).Jalur sederhana untuk metabolisme phenylalanin Enzim pheniylalananine hidroksilase (PAH) diperlukan untuk memecah phenylalanin. Faktor-faktor lain. Phenylketonuria ketidakmampuan memetabolisme phenylalanin. Ini ter masuk phenylacetate. Jika reaksi untuk mengkonversi phenylalanin menjadi tirosin tidak terjadi. Ada banyak situs mutasi yang berbeda. Orang dengan satu gen adalah pembawa karena mereka tidak memiliki penyakit. Namun. seperti kurangnya koenzim tertentu. Phenylketones dideteksi dalam urin diagnostik. termasuk kurangnya enzim (Longe 2006). Ini berarti bahwa seorang anak harus mewarisi gen abnormal dari kedua orang tua untuk mengembangkan PKU (Longe 2006). yang terdeteksi dalam urin. mutasi genetik dalam gen yang dibutuhkan untuk memproduksi PAH dapat mengakibatkan sebuah enzim yang dibuat berkualitas buruk. Gen untuk hidroksilase phenylalanin ditemukan pada kromosom 12 (Longe 2006).

Karena phenylalanin menggunakan saluran transportasi sam aktif sebagai a triptofan untuk menyeberangi penghalang darah. yang merupakan produk metabolisme tr yptophan. yaitu setelah penemunya (Centerwall dan Centerwall 2000).otak. menyebabkan keterbelakangan mental (Pietz 1999 et al. dalam jumlah besar juga mengganggu produksi serotonin. ketika ia melihat bahwa hyperphenylalaninemia (HPA) dikaitkan dengan keterbelakangan mental. Di Norwegia.). akumulasi Phenylalanin mengganggu perkembangan otak pada anak-anak.amino netral besar (LNAAT). Sejarah Phenylketonuria ditemukan oleh dokter Norwegia Ivar Følling pada tahun 1934 (Folling 1934). akan mengembangkan keterbelakangan mental ireversibel (Longe 2006). Dengan demikian. Biosintesis dari neurotransmitter serotonin (Folling 1934) Anak-anak tampak normal saat lahir. Phenylalanin yang berlebihan dalam darah jenuh transporter. Dr Følling adalah salah satu dokter pertama yang menerapkan analisis kimia rinci untuk mempelajar i penyakit. gangguan ini dikenal sebagai penyakit Følling's. Ada juga kurangnya dopamin dan neurotransmiter lain yang menyintesis tirosin. tetapi jika tidak diobati dini. Analisis cermatnya dari urin dua saudara kandung . Namun karena asam amino diperlukan untuk sintesis protein dan neurotransmiter. tingkat berlebihan Phenylalanin secara signifikan mengurangi tingkat LNAAs lain dalam otak.

salah satu keton diproduksi). Hiperaktif. Insiden PKU adalah sekitar 1 dar i 15. bagian dar i program skrining biokimia nasional. Hal ini menyebabkan penemuan substansi sama yang ditemukan dalam delapan pasien lainnya. namun gagal mencapai tahap awal pengembangan. penyakit ini mungkin hadir klinis dengan kejang.000. yang merupakan insiden tertinggi di dunia. pengujian lebih lanjut menunjukkan titik lebur yang sama sebagai asam phenylpyruvic. Pasien dengan PKU cenderung memiliki pigmentasi lebih ringan dari rambut. yang menunjukkan bahwa zat itu dalam urin. kelainan EEG dan kejang.000 kelahiran di antara penduduk Finlandia (Guldberg et al 1995). tetapi kejadian ber variasi pada populasi manusia yang berbeda dari 1 dalam 4. Kecuali diobati dini. kulit dan mata dari anggota keluarga lainnya dan cender ung memiliki eksim (Longe. albinisme (rambut berlebihan adil dan kulit). dan keterbelakangan mental yang berat adalah masalah klinis utama di masa depan. ada keterbelakangan mental ir eversibel. 2006). dan "bau" keringat bayi dan urin (karena phenylacetate akumulasi. Negara dengan imigrasi sedikit dari Irlandia dan Skotlandia barat cender ung memiliki tingkat rendah PKU (Longe 2006).000. Kaukasia di Amerika Serikat memiliki insiden PKU 1 dari 8. Jika seorang anak tidak dipantau pada saat lahir (misalnya lahir di rumah). Hal ini penting untuk mendeteksi PKU segera setelah lahir. mendukung teori bahwa defectis genetik tua dan Celtic asal (Longe 2006).terbelakang membawanya untuk meminta banyak dokter dekat Oslo untuk menguji pasien urin terbelakang lainnya. mengembangkan microcephaly. 1986) selama kurang dari satu dalam 100. anak-anak . Insiden dan sejarah Alam PKU adalah gangguan metabolisme langka.000 kelahiran. dan menunjukkan penur unan progresif fungsi otak. yang membuatnya menyimpulkan senyawa yang mengandung cincin benzen. Zat itu dianalisis kimia jauh lebih mendasar dan belum sempurna. PKU biasanya dideteksi menggunakan tes Guthrie. anak-anak yang tidak diobati adalah normal saat lahir. Kejadian di Irlandia. sedangkan Black memiliki tingkat 1 di 50. Ia melakukan tes dan menemukan reaksi yang menyebabkan asam benzaldehida dan benzoat. 500 kelahiran di kalangan penduduk Irlandia (DiLella et al. Skrining adalah metode hanya untuk mendeteksi PKU sebelum munculnya gejala (Longe 2006). Pengetahuannya mengilhami banyak orang untuk mengejar penelitian sangat berhati-hati dan telaten mirip dengan gangguan lain. Sebaliknya.

yang semuanya melibatkan peningkatan kadar phenylalanin dalam darah (Krapp dan Wilson 2005). yang banyak digunakan dalam percobaan dalam pengobatan efektif untuk PKU (Oh et 2004 al. dimungkinkan untuk orang tua dengan fenotipe PKU memiliki anak tanpa PKU jika orang tua lainnya setidaknya memiliki satu gen alel PAH fungsional. Lebih dari empat ratus penyebab penyakit telah ditemukan mutasi pada gen PAH (Ar ora 2007). atau cacat enzim berkualitas buruk. Krapp dan Wilson (2005) menyatakan bahwa PKU klasik adalah gangguan dari kelas paling serius dari penyakit yang dikenal sebagai hyperphenylalaninemia. dan ditemukan bahwa pengkodean gen hidroksilase phenylalanin yang memiliki urutan sama yang pada manusia akan dianggap sebagai mutasi PKU. Sebagai kelainan genetik resesif autosom yang melibatkan alel resesif terletak pada kromosom # 12. Gangguan terkait PKU klasik melibatkan kelainan genetik di mana tidak dipr oduksinya enzim PAH. Gen PAH ter letak pada band 12q23. Fenilketonuria bisa eksis pada tikus.yang ter deteksi dan diobati pada saat lahir kurang mungkin mengembangkan masalahmasalah neurologis dan kejang-kejang dan keterbelakangan mental. ada kasus lain yang menyangkut kadar phenylalanin yang tinggi. dan anak harus mewarisi dua alel cacat. satu dari setiap orangtua. Kofaktor yang . (Autosomal berarti bahwa gen terletak di kromosom selain kromosom X atau Y) Sebagai hasilnya. Namun. Hasil mutasi genetik tidak diproduksi enzim. Patofisiologi Biasanya PKU disebabkan oleh gen yang rusak untuk enzim phenylalanin hidroksilase (PAH). dan itulah penyakit ini. 2 pada kromosom 12. tetapi ada cacat pada biosintesis atau daur ulang dari tetrahydr obiopterin kofaktor (BH4) oleh pasien (Surtees dan Blau 2000). Genome monyet monyet baru baru ini diurutkan. meskipun gangguan klinis masih mungkin. Gangguan PKU klasik menimbulkan kadar phenylalanin tinggi yang terjadi ketika PAH normal. tetapi anak dua orang tua dengan PKU selalu akan mewarisi dua alel cacat. orang tua masing-masing harus memiliki minimal satu alel gen cacat untuk PAH. yang mengubah asam amino phenylalanin dalam tubuh senyawa penting lainnya.).

dan jagung harus dipantau. roti. Gangguan jarang daripada PKU klasik yang melibatkan phenylalanin tinggi terjadi ketika PAH adalah normal. Hyperphenylalaninemia ringan yang melibatkan pasien dengan kadar phenylalanin darah kurang dari 10 mg / dl. tidak seperti PKU klasik. Mungkin ada beberapa efek dari kondisi ini. non-PAH mutasi juga dapat menyebabkan phenylalanin ditinggikan (Arora 2007). enzim itu sangat berkurang dibandingkan dengan orang nor mal (Longe 2006). Pengobatan Perawatan PKU dengan cara penghapusan phenylalanin dari diet. . Tyrosinemia dicirikan oleh tingginya tingkat kedua fenilalanin dan tirosin (Longe 2006). tepung makanan seperti kentang. Orang-orang ini membutuhkan diet yang sama sebagai pasien PKU klasik (Longe 2006). Bayi yang didiagnosis dengan PKU segera harus menggunakan susu khusus / susu formula pengganti. dilakukan diet dengan pengecualian makanan yang mengandung phenylalanin. Hal ini dikenal sebagai penyakit tetrahydrobiopterin defisiensi. membutuhkan keseriusan membatasi atau menghilangkan makanan tinggi phenylalanin. Pasien harus makan diet rendah phenylalanine dan tryr osine kedua. ikan. Jika PKU didiagnosis cukup dini. Lainnya. seperti susu. ayam. keju dan produk susu lainnya. daging. sebagai aspartam terdiri dari dua asam amino: Phenylalanin dan asam aspartat.5 mg / dl (Longe 2006). tapi ada cacat dalam biosintesis atau daur ulang dari tetrahydrobiopterin kofaktor (BH4) oleh pasien (Surtees dan Blau 2000). tetapi hanya Ini dengan makan diet r endah dalam khusus untuk sisa hidupnya.dibutuhkan untuk kegiatan yang tepat dar i enzim tersebut. Dalam hal ini. Kemudian dalam kehidupan.6 dan 1. meskipun kehadiran hidroksilase phenylalanin dalam hati. bahkan ketika diet normal antara 0. dan suplemen makanan dengan tirosin. Banyak makanan diet dan minuman diet lunak yang mengandung pemanis aspartam juga harus dihindar i. kacang. Banyak gejala yang sama seperti PKU klasik dapat hasil. Kofaktor ini diperlukan untuk aktivitas yang tepat dari enzim tersebut. Hal ini dikenal sebagai penyakit tetrahydrobiopterin defisiensi. Sebuah hyperphenylalaninemia lebih parah melibatkan kadar phenylalanin darah yang lebih tinggi (di atas 10 mg / dl) terjadi. pasta. bayi yang terkena dapat tumbuh dengan perkembangan otak phenylalanine yang normal.

Selain itu. pengobatan terdiri dari pemberian BH4 sebagai suplemen. tirosin. orang -orang dipengaruhi oleh diet PKU diizinkan untuk stop setelah sekitar 12 tahun. Ada beberapa terapi lainnya yang sedang diselidiki. ada kemungkinan bahwa hal itu akan bertahuntahun sebelum ini tersedia untuk digunakan manusia. termasuk terapi gen. penting bagi kesehatan anak -anak mer eka untuk mempertahankan tingkat kerendahan phenylalanin sebelum dan selama kehamilan (Lee et al 2005. dibutuhkan tetapi kadarnya harus dikontrol secara ketat. Namun. Namun. Sebelumnya. yang biasanya berasal dari phenylalanin. Karena n phenylalanine diperlukan untuk sintesis protein banyak. harus ditambahkan. lingkungan intrauterine dapat memiliki tingkat yang sangat tinggi dari phenylalanin. Pada pasien dengan defisit BH4 pr oduksi (kofaktor yang diperlukan untuk akti itas yang tepat dari enzim). Maternal enyl etonuria Bagi wanita penderita PKU.).Tambahan for mula harus diber i an kepada pasien untuk memberikan asam amino dan nutrisi penting lainnya yang kurang didapat dalam diet protei bebas. dikenal sebagai PKU BH4 responsif. dokter sekarang menyarankan diet khusus harus diikuti sepanjang hidup. atau dengan mutasi PAH yang mengakibatkan afinitas PAH rendah untuk BH4. dan injeksi bentuk PAH. yang dapat . Meskipun janin mungkin hanya menjadi pembawa gen PKU.

dan keterbelakangan mental (Rouse 1997 et al. Ketika tingkat rendah phenylalanin diselenggarakan selama kehamilan. (www. retardasi pertumbuhan.melewati plasenta. (www.newworldencyclopedia. diakses 13 Maret 2011) . umumnya dimonitor setiap hari oleh seorang ahli diet spesialis metabolik. Daftar Pustaka Anonim. tidak ada tingkat peningkatan risiko cacat lahir dibandingkan bayi yang lahir dari ibu non-PKU (Pridjian 2007).scrib. Hasilnya adalah bahwa anak dapat mengembangkan penyakit jantung bawaan. microcephaly. (Online). Di kebanyakan negara. Wanita PKU yang terkena sendiri tidak berisiko komplikasi tambahan selama kehamilan. diakses 13 Maret 2011) Anonim. perempuan penderita PKU yang ingin memiliki anak disarankan untuk menurunkan kadar phenylalanin dalam dar ah mereka sebelum mereka menjadi hamil dan mengontrol kadar phenylalanin mereka selama kehamilan.com/Akibat-gangguan-genetik.). Phenylketonuria . (Online). Hal ini dicapai dengan melakukan tes darah dan diikuti dengan diet yang ketat. fenilketonuria .org/entry/Phenylketonuria.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful