Permutasi dan Kombinasi (PELUANG-MATEMATIKA

)
10/14/2010 04:08:00 PM

| matematika , materi sekolah , peluang

PERMUTASI

Coba perhatikan contoh-contoh di bawah untuk memahami Permutasi dalam konsep Peluang pada pelajaran Matematika. Contoh I: {a,b,c} Jika dipilih 2 dari 3 unsur tersebut, maka banyaknya permutasi dari 3 unsur setiap pengambilan 2 unsur adalah 6, yaitu ab, ba, ac, ca, bc, cb. Ditulis 3P2 = 6.

Contoh II: {a,b,c} maka, banyaknya permutasi dari 3 unusr setiap pengambilan 3 unsur adalah 6, yaitu abc, acb, bac, bca, cab, cba. Ditulis 3P3 = 6

RUMUS

Catatan: Notasi Faktorial

bc.c}.b. hasil dari pengambilan 3 unsur dari 3 unsur dapat digambarkan seperti gambar di samping. jika menggunakan permutasi siklis. ca.3! = 3x2x1 5! = 5x4x3x2x1 1! = 1 Def 0! = 1 Permutasi Siklis {a. Ditulis 3C2.b. RUMUS: banyaknya permutasi = (n-1)! KOMBINASI Contoh III: {a.c} Maka. pengambilan 2 unsur dari 3 unsur. RUMUS . menggunakan kombinasi maka akan diperoleh hasil kombinasinya ab.

maka terlihat perbedaan maknanya. B. bc. tetapi apabila dibalik maka menjadi BA (Padang). sementara di Kombinasi perbedaan urutan tidak akan menjadikan perbedaan makna.PERBEDAAN KOMBINASI DAN PERMUTASI Salah satu perbedaan antara Permutasi dan Kombinasi adalah jika Permutasi maka perbedaan urutan menjadikan perbedaan makna. materi sekolah . ac. peluang Untuk mengerti tentang Kaidah Pencacahan dalam peluang. yang berarti tidak menyebabkan perbedaan makna. pertama-tama. Dengan berapa cara seseorang dapat pergi dari kota A ke kota C melalui kota B? Skema Kota A. Contoh: {a. Maka garis AB = BA. ca.c} pengambilan 2 unsur dari 3 unsur jika menggunakan permutasi maka akan diperoleh hasil ab. Tetapi jika menggunakan kombinasi hasil yang diperoleh adalah ab. Kaidah Pencacahan (PELUANG-MATEMATIKA) 9/23/2010 05:43:00 PM | matematika . Dan kota B ke kota C dapat ditempuh dengan 2 jalan.b. perhatikanlah contohcontoh di bawah ini: Contoh 1: Untuk pergi dari kota A ke kota B dapat ditempuh dengan 3 jalan. C . ca. cb. dihubungkan oleh satu garis. Contoh lain kombinasi: Ada dua titik A dan B. bc. Contoh lain permutasi: ada nomor kendaraan di Indonesia yaitu AB (Jogjakarta dan sekitarnya). ba.

maka dapat kita ambil sebuah kesimpulan dari penyelesaian di samping. kita tinggal mengkalikannya saja. dengan melihat bahwa ada 3 jalan dari kota A ke kota B. dari gambar tersebut. Cara tempuh kota A-kota C Lalu. Maka. Maka. kita dapat menemukan jawabannya. bagaimana bila terdapat lebih dari 5 cara dari kota A ke kota B dan dari 7 cara dari kota B ke kota C? Nah. Namun. yaitu dengan mengkalikan keduanya. dari gambar di samping dapat diketahui bahwa terdapat 6 cara yang dapat ditempuh dari kota A ke kota C melalui kota B.(Jawaban) Kita buat skema kota dengan jalan yang bisa ditempuh. maka kita akan mendapatkan hasil yang sama dengan cara yang singkat. . dan 2 jalan dari kota B ke kota C. Lihat gambar di samping. perhatikan gambar di samping. bila terdapat soal sejenis dengan jalan yang banyak. bila diperhatikan. 3 x 2 = 6.

Contoh 2: Terdapat bilangan 1. kita dapat simpulkan: Puluhan: 4 cara Satuan: 3 cara. maka. 4 x 3 = 12. kita perhatikan. berapa banyak bilangan yang terdiri atas 2 angka dapat dibentuk. ada 12 bilangan yang dapat dibentuk.3. (Jawaban) Penyelesaian Lihat gambar di samping. dalam kasus di soal ini. Bila.2. di mana tidak boleh ada angka pengulang. Maka. Perhatikan: Bilangan terdiri dari 2 angka. maka kita dapat menggunakan cara yang lebih singkat untuk menyelesaikan soal di atas (dan soal sejenis). dan tidak boleh ada angka pengulang. dan 4. Maka. dan satuan. maka 2 angka itu adalah. angka puluhan. .

. kita dapat menyelesaikan soal yang sejenis. berapa pun banyaknya.Dengan begitu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful