1.

Sejarah Letusan Vesuvius Gunung Vesuvius (bahasa Italia: Monte Vesuvio) adalah satu-satunya gunung berapi aktif di daratan eropa yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Letusan Gunung vesuvius termasuk dalam stratovulkano. Strato volcano merupakan tipe yang paling banyak dijumpai di dunia (about 60% of earth”s individual volcanoes). Dicirikan oleh lava yang bersifat andesitik dan dasitik, yang mempunyai karakter lebih dingin, viscous, dan kandungan gas yang lebih tinggi.=> sering menghasilkan letusan yang bersifat eksplosiv. Produk letusannya berimbang antara lava dan piroklastik (50:50). Lava umumnya bertipe a’a’ dan biasanya tidak mengalir semua pada saat erupsi, tetapi tetap di lubang kepundan membentuk kubah lava. Strato volcano umumnya dijumpai di sepanjang jalur subduksi. Rates of magma supply-nya rendah, disebabkan proses pendinginan dan differensiasi magma menyebabkan periode antar letusan yang lebih lama. Letusan tipe ini paling banyak menyebabkan kerusakan, dibanding tipe yang lain. Karena tipe ini paling banyak dijumpai di dunia, sehingga lebih banyak orang yang tinggal di sekitar gunungapi ini dapat dilihat dari Vesuvius telah meletus beberapa kali sampai saat ini dianggap sebagai
salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia karena penduduk 3.000.000 orang yang tinggal di dekatnya dan kecenderungan ke arah Letusan (Plinian). Kawasan gunung ini adalah kawasan gunung berapi yang paling padat penduduknya di dunia.

Mempunyai kelerengan yang curam, sehingga material hasil letusan (abu, lava, piroklastik) bisa mengalir lebih cepat. Sering menghasilkan gempa vulkanik dan lahar seperti yang terjadi pada gunung vesuvius ini. Gempa yang terjadi di Gunung Vesuvius ini adalah jenis gempa bumi vulkanik terdahsyat yang pernah terjadi. Kejadiannya berlangsung pada 78 Masehi. Merupakan letusan Gunung Vesuvius terdahsyat dari 30 kali letusan yang pernah terjadi pada gunung berapi ini. Oleh sebab itu, gempa bumi vulkanik yang terjadi pun cukup dahsyat. Letusan terbesar Vesuvius ini terjadi pada tanggal 24 agustus 79 M. Sebanyak 3360 jiwa tewas dalam bencana tersebut. Letusannya diperkirakan berlangsung selama 19 jam dengan volume debu vulkanik yang mencapai 1 kubik mil. Letusan ini juga mengubur dua kota di Italia,

Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania. ini mungkin merupakan sebuah gempa tektonik daripada gempa yang disebabkan oleh meningkatnya magma yang terdapat di dalam gunung berapi. Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali dengan tidak sengaja. .000. Ini telah meletus beberapa kali sejak dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia karena terdapat penduduk sebesar 3. seperti mereka yang hidup di daerah itu sekarang.Herculaneum dan Pompeii. Gunung Vesuvius meletus tahun 79 AD yang menyebabkan kehancuran Roma kota Pompeii dan Herculaneum dan kematian 10. telah lama terbiasa dengan getaran kecil.000 orang. Namun. Sejumlah 1150 tengkorak korban letusan gunung itu ditemukan lewat proses ekskavasi baru-baru ini. Para penduduk Pompeii. Sebagian dari kerusakan itu masih belum diperbaiki ketika gunung berapi itu meletus. Italia. namun pada 5 februari 62 terjadi gempa bumi yang hebat yang menimbulkan kerusakan yang cukup besar di sekitar teluk itu dan khususnya terhadap Pompeii.000 orang yang tinggal di dekatnya dan kecenderungan mereka tinggal ke arah ledakan (Plinian) letusan. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M.000 hingga 25.

2. dan selama hampir 12 jam kemudian. Seperti digambarkan Pliny The Younger.1. Pompeii seperti dilapisi abu dan kerikil vulkanis setebal beberapa sentimeter. terutama abu dan bebatuan. Vesuvius meledak. dari Pompeii di Discovery Channel. lalu melebar dan akhirnya berhamburan ke bumi. dalam suratnya kepada Tacitus. di mana Vesuvius melepaskan 4 kilometer kubik kandungannya. Lokasi Gunung Vesuvius Menjelang tengah hari tanggal 24 Agustus. Tinggi semburan ini diduga mencapai 30 kilometer. Gambar rekayasa komputer tentang letusan Vesuvius. letusan berlangsung selama hampir 24 jam. abu terlempar jauh tinggi ke atas seperti batang. menghamburkan gumpalan abu tebal yang bisa digambarkan menyerupai jamur atau pohon cemara. Kawasan yang menderita . filsuf yang sedang berada di Teluk Napoli pada saat letusan terjadi.

Orang Latin juga bersaing untuk pendudukan Campania." "melemparkan . Tetapi Vesuvius kini masih berdiri tegak. satu-satunya gunung berapi benua Eropa yang masih aktif ini akan selalu mengingatkan akan ganasnya alam yang dapat memusnahkan sebuah kota. hingga secara kebetulan ditemukan kembali pada abad ke-18. Sebagai masyarakat dari berbagai etnis dan bahasa menduduki Campania di Zaman Besi Romawi. dalam arti "tak terpadamkan. orang Italic asli. Pompeii dan Herculaneum ternyata tak pernah dibangun kembali oleh para -bekas. Vesuvius sendiri mengalami perubahan besar . Walaupun tinggi puncaknya saat ini hanya 1281 meter dari permukaan laut. Letusan ini juga mengubah jalan Sungai Sarno dan mengangkat pantai laut. Naples dibuat oleh orang Yunani. Pada asumsi bahwa bahasa adalah Yunani.penduduknya yang selamat. Asal nama Vesuvius adalah nama gunung yang sering digunakan oleh para penulis akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi. mungkin Vesuvius Latinisasi dari ου negatif (ve) diawali ke root dari atau terkait dengan sbennumi kata Yunani." bersaksi.lereng perusahaan telah gundul vegetasi dan puncaknya berubah karena kekuatan letusan. Etruscan pemukiman berada di sekitarnya. "untuk memuaskan". Masyarakat lain dari asal yang tidak diketahui ini dikatakan telah ada di beberapa waktu oleh berbagai penulis kuno. sebagai nama Nea-polis. Jumlah keseluruhan korban yang meninggal dunia mencapai 10 ribu orang. sehingga Pompeii sekarang tidak lagi terletak di sungai atau berdekatan dengan pantai." Dalam derivasi lain mungkin dari ἕω "melemparkan" dan βίη "kekerasan. Vesevus. Awalnya adalah Vesaevus. Ia masih sempat meletus puluhan kali hingga terakhir kalinya pada tahun 1944. etimologi tergantung sampai pada asumsi dari apa yang diucapkan bahasa ada pada waktu itu. The Oscans. tinggal di pedesaan.kerusakan paling parah adalah kawasan di selatan dan tenggara gunung itu. Banyak sarjana sejak saat itu telah menawarkan sebuah etimologi. Vesbius dan Vesvius Penulis dalam Yunani kuno digunakan Οὐεσούιον atau Οὐεσούιος. "New City.

300 tahun yang lalu dan kemudian meluas dengan letusan paroksismal. Kenampakan Fisik Gunung Vesuvius Vesuvius memiliki bentuk khas berpunggung bungkuk gunung.kekerasan. Dari Indo-Eropa * Wes = "perapian" (bdk." melalui Latin atau Oscan. meskipun aktivitas saat ini memproduksi lebih dari uap dari ventilasi di bagian bawah kawah. Cono Gran diproduksi selama letusan AD 79. Beberapa teori lain tentang asal-usulnya adalah: • • Dari Indo-Eropa. Lapisan lava. Vesuvius adalah sebuah stratovolcano di mana batas konvergen Lempeng Afrika sedang subduksi di bawah lempeng Eurasia. Tinggi kerucut utama telah terus-menerus berubah oleh letusan namun namun untuk sekarang ini kira kira 1. yang menggambarkan setiap gunung berapi dengan puncak kaldera yang mengelilingi s kerucut yang lebih baru. * Eus-<* domba-<* (a) Wes-. yang terdiri dari sebuah kerucut besar (Gran Cono) sebagian dikelilingi oleh tepian yang curam dari puncak kaldera yang disebabkan oleh runtuhnya struktur awal dan awalnya lebih tinggi disebut Monte Somma. dipisahkan dari kerucut utama oleh lembah Atrio Di Cavallo. yang adalah beberapa 3 mil (5 km) panjang. Struktur ini telah diberi nama kepada gunung "Somma istilah".149 m (3. lava terdiri dari andesit kental. abu vulkanik. Scoria.281 m (4.202 kaki). gunung berapi juga disebut SommaVesuvius atau Somma-Vesuvio. Vesuvius masih dianggap sebagai gunung berapi yang aktif. misalnya Vesta) 2. Kaldera mulai terbentuk selama letusan sekitar 17. Monte Somma adalah 1. dan batu apung membentuk gunung. "bersinar" pengertian "orang yang mencerahkan. . Untuk alasan ini.770 kaki) tinggi.000 (atau 18." * vesbia. mengambil keuntungan dari bentuk jaminan.

Pandangan dari dinding kawah Vesuvius. menghasilkan gunung berapi. Lain-lain termasuk Campi Flegrei. Gunung Epomeo. Afrika dan Eurasia. sebuah kaldera besar beberapa kilometer di sebelah barat utara. dan beberapa gunung berapi bawah laut selatan. Karena magma kurang padat dari batuan padat di sekitarnya. itu didorong ke atas. jenis batuan cair. yang membentang sepanjang barat laut Italia sejauh Monte Amiata di Southern Tuscany. . bertumbukan dalam waktu yang cukup lama bergerak lebih kedalam bumi. Gunung berapi ini adalah salah satu dari beberapa yang membentuk busur vulkanik Campanian. Yang pertama mendorong di bawah yang terakhir. Vesuvius adalah satu-satunya yang telah meletus dalam sejarah. Bentuk busur ujung selatan dari rantai yang lebih besar dari gunung berapi yang dihasilkan oleh proses subduksi dijelaskan di atas. membentuk magma. meskipun ada beberapa yang lain telah meletus dalam beberapa ratus tahun terakhir. Bahan kulit menjadi dipanaskan sampai meleleh. 20 kilometer (12 mil) ke barat di Pulau Ischia.Proses Pembentukan Gunung Vesuvius Vesuvius dibentuk sebagai akibat dari tumbukan dua lempeng tektonik. Mencari tempat yang lemah pada permukaan bumi itu menerobos. dengan kota Napoli di latar belakang 3.

787. 968 991. dan 1500. dan 1944. 1347. Gunung berapi meletus lagi pada 1631. mungkin 303. 222. di 172. 536. termasuk kematian pamannya.4. Pada kesempatan.Aktivitas gunung vesuvius antara 79 M dan tahun 1631 Letusan besar dari 1631 adalah letusan terbesar ledakan Gunung Vesuvius dari dari 472 dan 512 Masehi. dan pada tahun 1906. orang di dekat gunung berapi merasa beberapa gempa bumi (Braccini. Letusan sangat bervariasi berdasarkan karakter Erupsinya yang ditandai oleh letusan letusan maka gunung vesuvius termasuk dalam Plinian /Vesuvian. 203. 1037. tetapi erupsi sangat eksplosiv.. sekitar 900. jangkauan letusan lebih tinggi membentuk struktur cauliflower yang lebih jelas. 472. Letusan paling berasal di 79 AD di zaman prasejarah. enam kali dalam abad ke-18. gunung berapi juga telah berulang kali meletus. 1929. Letusan pada tahun 79 ini diawali oleh sebuah gempa besar pada tahun 62.200 kilometer (750 mil) jauhnya. Sejak 79 AD. 1632). delapan kali dalam abad ke-19 (terutama pada tahun 1872) . Pada letusan tahun 1944. 1049 . 512. Terjadi setelah 131 tahun tidak aktif. di 472 dan 1631. sekitar 1073. dan mungkin ada letusan di 1270. Hampir sama dengan tipe vulkanian. letusan dari Vesuvius sangat besar sehingga seluruh Eropa selatan telah diselimuti oleh abu.. tanah longsor di kawah telah menaikkan awan debu abu akibat letusan. Magma andesitik-rhyolitic. 1006. 999. 685.79 merupakan letusan besar dan sifatnya sangat merusak. Beberapa bulan sebelum memulai letusan. dan pasca. 1139 1150.Letusan Gunung Vesuvius telah meletus beberapa kali. Tetapi bangsa Romawi pada masa itu tidak menghubungkan gempa dengan aktivitas . Setelah Pliny Muda. semakin lama durasi erupsi biasanya magmanya lebih felsic seperti yang terjadi pada gunung vesuvius ini. lebih dari 1. 5. seorang penulis Romawi yang menerbitkan penjelasan rinci tentang letusan 79 AD. sekitar 860. Beberapa kali sejak tahun 1944. Durasi erupsi bervariasi (hours to days). abu Vesuvian jatuh di Konstantinopel (Istanbul). 379.

Letusan tersebut berlangsung dua hari. kecil dan besar. Di tengah hari ledakan muntah kolom ketinggian tinggi dari yang abu mulai turun. debu. "Awan" yang digambarkan oleh Plinius Muda itu kini dikenal sebagai aliran piroklastik.Sifat Letusan Rekonstruksi letusan dan dampaknya sangat bervariasi tetapi memiliki fitur yang sama secara keseluruhan. yaitu awan gas yang sangat panas. Gambarannya lalu beralih kepada fakta bahwa matahari tertutup oleh letusan itu dan siang hari menjadi gelap gulita 6. Mungkin ini karena mereka. Plinius mengatakan bahwa beberapa gempa bumi terasa pada saat letusan itu dan diikuti oleh getaran bumi yang dahsyat. pertama pagi hari dianggap normal oleh saksi mata hanya untuk meninggalkan sebuah dokumen yang masih hidup. Pliny Muda.gunung berapi. sudah terbiasa dengan banyaknya getaran dan goncangan bumi. Ia juga mencatat bahwa debu juga jatuh dalam bentuk lapisanlapisan yang sangat tebal dan desa tempat ia berada harus dievakuasi. dan batu-batu yang meletus dari sebuah vulkano. terutama di Campagnia. Laut pun tersedot dan didorong mundur oleh suatu "gempa bumi". sebuah gejala yang disebut oleh para geologiwan modern sebagai tsunami. menyelimuti daerah tersebut. Menyelamatkan dan lolos terjadi selama .

Vesuvius meletus. Lampu terlihat di atas gunung ditafsirkan sebagai kebakaran. Cashdollar dan Sparks.". Kedua pada malam hari letusan itu berakhir.waktu ini. dan sekarang menjadi referensi standar.Studi Stratigrafi Menurut sebuah studi stratigrafi (studi tentang lapisan abu) oleh Sigurdsson. hanya menyisakan kabut di atmosfer di mana matahari bersinar lemah. padat dan sangat panas. diterbitkan pada tahun 1982. Ini disertai dengan tremor cahaya tambahan dan tsunami ringan di Teluk Napoli. 1826 7. sebagian besar berpendapat berdasarkan "pada bukti baru. diikuti oleh . Lukisan oleh pelukis Norwegia JC Dahl . termasuk garis pantai. Pada malam hari atau dini hari berikutnya aliran piroklastik di sekitar dekat gunung berapi dimulai. membakar seluruh populasi tinggal di sana dan mengubah lanskap. Aliran itu bergerak cepat. Orang Misenum melarikan diri ke tempat yang jaraknya jauh dari kawasan gunung untuk menyelamatkan hidup mereka.8 meter (9 ft 2 in) di Pompeii. Banyak penelitian ilmiah dan spekulatif telah berusaha untuk menjelaskan secara detail. merobohkan seluruh atau sebagian semua struktur di jalan kota tersebut. Fakta-fakta sejarah sejauh ini dapat ditemukan. letusan Vesuvius dari 79 AD dilihat dalam dua fase: letusan Plinian yang berlangsung selama 18-20 jam dan menghasilkan hujan batu apung di sebelah selatan dari kerucut yang dibangun sampai kedalaman 2.

000 kaki) diakibatkan oleh angin barat laut. Dua aliran piroklastik menelan Pompeii. namun peringatanperingatan itu tidak disadari orang. Dari rumah pamannya di Misenum. Letusan Plinian yang berganti-ganti antara erupsi Peléan sebanyak enam kali. Laporan saksi mata satu-satunya yang bertahan dan dapat diandalkan tentang peristiwa ini dicatat oleh Plinius Muda dalam dua pucuk sura kepada sejarahwan Tacitus. Getaran-getaran gempa ringan mulai terjadi pada 20 Agustus 79. 8.Dampak Letusan Pada awal Agustus tahun 79. Kota Oplontis dan Herculaneum ditimbun oleh abu halus dan deposito piroklastik. sebuah letusan gunung berapi yang mematikan terjadi. sekitar 35 km dari gunung berapi itu. Vesuvius: sebuah awan gelap yang besar berbentuk seperti pohon pinus muncul dari mulut gunung itu. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2002 Sigurdsson dan Casey menguraikan stratigrafi berdasarkan bukti penggalian dan survei saat itu. dan menjadi semakin sering pada empat hari berikutnya. dan pada sore hari tanggal 24 Agustus. Kebetulan tanggal itu bertepatan dengan Vulcanalia. Setelah . ledakan kuasi-awal (tidak cukup awal) menghasilkan kolom abu dan batu apung berkisar antara 15 kilometer (49.000 kaki) dan tinggi 30 kilometer (98. membakar dan merusak kota pompei. hujan di Pompeii ke arah tenggara tapi tidak melawan angin Herculaneum. mengubur Pompeii dan daerah-daerah pemukimanlainnya. mata air dan sumur-sumur mengering. Plinius melihat sebuah gejala luar biasa yang terjadi di atas Gn. Dalam interpretasi ini. Selanjutnya hujan abu dan gas beracun semakin meluas. kedua Peléan yang mencapai sejauh sebagai Misenum tetapi terkonsentrasi di sebelah barat dan barat laut. bergerak dengan cepat mencapai herculaneum.aliran piroklastik atau ardente nuée pada tahap. Lontaran ke.3 dan 4 yang diyakini oleh peneliti telah menghancurkan Pompeii. Ledakan itu merusakkan wilayah tersebut. perayaan dewa api Romawi.

debu. Dalam suratnya yang pertama kepada Tacitus. yaitu awan gas yang sangat panas. Plinius mengatakan bahwa beberapa gempa bumi terasa pada saat letusan itu dan diikuti oleh getaran bumi yang dahsyat. Ia meninggal di sana keesokan harinya. Pamannya.beberapa lama. termasuk laut yang di dekatnya. "Awan" yang digambarkan oleh Plinius Muda itu kini dikenal sebagai aliran piroklastik. Dampak erupsi vesuvius . awan itu dengan segera menuruni lereng-lereng gunung dan menutupi segala sesuatu di sekitarnya. dan karena itu kemungkinan sekali kematiannya disebabkan karena Plinius yang gemuk itu meninggal karena stroke atau serangan jantung. Namun Stabiae 16 km jauhnya dari tempat kejadian dan rekan-rekannya tampaknya tidak terpengaruh oleh hirupan udara itu. dan batu-batu yang meletus dari sebuah vulkano.5 km dari Pompei. sebuah gejala yang disebut oleh para geologiwan modern sebagai tsunami. Gambarannya lalu beralih kepada fakta bahwa matahari tertutup oleh letusan itu dan siang hari menjadi gelap gulita. Karena tidak dapat mendarat dekat vulkano itu karena angin yang tidak menguntungkan dan debu yang dihasilkan letusan itu. Ia juga mencatat bahwa debu juga jatuh dalam bentuk lapisan-lapisan yang sangat tebal dan desa tempat ia berada harus dievakuasi. Plinius Tua melanjutkan perjalanan ke Stabiae sekitar 4. kemenakannya menduga bahwa ini disebabkan karena pamannya menghirup gas beracun. Laut pun tersedot dan didorong mundur oleh suatu "gempa bumi". Plinius Tua mengambil beberapa kapal untuk meneliti gejala ini dan menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di kaki gunung itu.

sekitar masa pendirian kota itu. sesekali ditemukan lubang di dalam lapisan abu yang berisi sisa-sisa tulang manusia. karena ada tiga lapisan sedimen yang terletak di bawah kota itu yang ditemukan di atas lapisan lava. yang mungkin didorong oleh hujan yang turun berkepanjangan. et al. Alasan tentang mengapa struktur-struktur ini masih diperbaiki 10 tahun setelah letusan itu adalah kenyataan bahwa frekuensi ledakan menjelang ledakan yang hebat itu semakin kecil. yang kini sedang diperbaiki.9. longsor dan kerusakan akibat letusan gunung Vesuvius Sebuah bidang penelitian penting saat ini berkaitan dengan strukturstruktur. Dengan menggunakan penanggalan karbon. pada masa letusan (kemungkinan rusak pada waktu gempa di tahun 62). 2004) Pada penggalian-penggalian awal situs ini.Gempa bumi. Dua lapisan lainnya dipisahkan dari lapisan-lapisan lainnya dengan lapisan tanah yang dikembangkan dengan baik atau merupakan jalan yang dibuat orang Romawi pada sekitar abad ke-4 SM dan abad ke-2 SM. Giuseppe Fiorelli mengusulkan untuk mengisi ruang-ruang kosong itu dengan semen. Bercampur dengan sedimen ini ditemukan pula oleh para arkeolog potonganpotongan kecil dari tulang-tulang binatang. dan alat-alat modern digunakan untuk menemukan kembali gambaran dari fresko-fresko yang telah lama tersembunyi.. lapisan yang tertua diperkirakan berasal dari abad ke-8 SM. Kebanyakan penggalian arkeologis di situs itu hanya sampai tingkat jalanan pada peristiwa vulkanik tahun 79. (Senatore. Teori di balik lapisan-lapisan dari beraneka sedimen ini adalah tanah longsor yang hebat. dalam saat-saat terakhir hidup mereka . potongan-potongan keramik dan potongan-potongan tumbuhan. Sebagian dari lukisan-lukisan tua yang rusak agaknya tertutup dengan lukisan-lukisan yang lebih baru. Apa yang dihasilkan adalah bentuk-bentuk yang sangat akurat dan mengerikan dari Pompeiani (warga Pompeii) yang gagal melarikan diri. Penggalian-penggalian yang lebih dalam di bagian Pompeii yang lebih tua dan contoh-contoh utama dari pengeboranpengeboran di dekatnya telah menunjukkan lapisan-lapisan dari berbagai sedimen yang menunjukkan bahwa peristiwa-peristiwa lain telah melanda kota itu sebelum terjadinya ledakan yang terkenal itu.

Para geologiwan telah menggunakan sifat-sifat magnetik dari batu-batu dan serpihan-serpihan yang ditemukan di Pompeii untuk memperkirakan temperatur aliran piroklaktik yang mengubur kota itu. hanya 180 °C. Bila bahan itu dipanaskan melampaui temperatur tertentu. menunjukkan bahwa awan debu itu panasnya hingga 850 °C ketika muncul dari mulut Vesuvius. mineral magnetik dalam batu itu mencatat arah bidang magnet Bumi. Banyak dari bahanbahan yang dianalisis mengalami temperatur antara 240 °C hingga 340 °C. Awan itu mendingin hingga kurang dari 350 °C pada saat tiba di kota itu. Ketika batu yang meleleh itu membeku kembali.Principal eruptions list Dalam erupsi tipe Vesuvian. seperti atap genting. . yang dikenal sebagai temperatur Curie. Beberapa daerah memperlihatkan temperatur yang lebih rendah. seperti yang terjadi pada Gunung Vesuvius di Italia pada tahun 79 Masehi. 10. Ada teori yang mengatakan bahwa guncangan mungkin telah menyebabkan tercampurnya udara dingin ke dalam awan debu itu.Untuk sebagian dari mereka. ungkapan ketakutan itu cukup jelas kelihatan. gas dan abu kasar dengan volume yang sangat besar dilepaskan membentuk awan berbentuk kembang kol tinggi di atas puncak gunung. Analisis terhadap lebih dari 200 buah batu vulkanik dan serpihanserpihan. bidang magnetnya mungkin akan dimodivikasi atau sama sekali diatur kembali.

Annunziata and S. del Greco and Boscotrecase A lava flow toward Poggiomarino A lava flow invades Massa and . Ash and bombs over Ottaviano Opening of lateral vents on SO flank (470 m asl) Two lava flows toward T. del Greco. lava flow to sea Ash-fall to north-east flank Lava toward Torre del Greco Damage by ash-fall to south-east flank ----A lava flow invades T.Date 79 472 512 26 February 685 787 968 27 January 1037 29 May 1139 1500 16 December 1631 3 July 1660 13 April 1694 25 May 1698 28 July 1707 20 May 1737 23 December 1760 19 October 1767 8 August 1779 15 June 1794 22 October 1822 23 August 1834 6 February 1850 1 May 1855 Eruption type explosive effusive-explosive ??? effusive effusive-explosive ??? ??? explosive explosive effusive-explosive explosive effusive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive explosive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive effusive ----- Notes Ash-fall. ash-fall and lahars Opening of lateral vents on southern flank (150 m asl) Two lava flows toward T. Giorgio a C. pomices and lahars Lava flow and lahars to north-western flank ----Imposing lava flow Lahars and imposing lava flow Lava flow to sea Lava flow to sea Ash-fall Ash-fall Cone collapse.

Sebastiano . strong explosive activity A lava flow toward Terzigno A lava flow invades Massa and S.Sebastiano A lava flow toward T.S.Annunziata.Sebastiano 8 December 1861 15 November 1868 24 April 1872 4 April 1906 3 June 1929 18 March 1944 effusive-explosive effusive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive effusive-explosive Opening of lateral vents on SO flank (290 m asl) ----A lava flow invades Massa and S.

com/2010/10/02/hello-world www.com/..co./40-keajaiban-dunia-yang-menajubkan.id/BBrahmantyo/?p=676 id.wordpress./letusan-vesuvius-vesuvius-eruption.itb.org/wiki/Pompeii koupet..DAFTAR PUSTAKA achtungpanzer..html .bhara..html blog.ac.blogspot.cc/.wikipedia.fitb.

PAPER TUGAS VULKANOLOGI Disusun Oleh : PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful