³PERANAN INTERNET BAGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BENTENG´

DISUSUN IJLAL ARKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA PELAJARAN BHS. INDONESIA

IX B SMP NEGERI 1 BENTENG TAHUN AJARAN 2011/2012

Laporan Ilmiah yang berjudul PERANAN INTERNET BAGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 BENTENG .

walaupun masih banyak kekurangannya. penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang positif agar laporan ilmiah ini menjadi lebih baik dan bermanfaat di masa yang akan datang. Semoga laporan ilmiah ini pun bermanfaat bagi kita semua. penulis banyak mengalami kesulitan. terutama pada saat mengumpulkan materi serta penyelesaian angketnya. akhirnya. karya ilmiah ini dapat diselesaikan. Amin Selayar. Oleh karena itu. tujuan penulis laporan ini adalah untuk memaparkan bagaimana peranan internet bagi peningkatan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Benteng. Penulis menyadari bahwa sebagai seorang penulis pelajar masih banyak memiliki kekurangan. Penulis berharap semoga laporan ilmiah ini benar-benar membuktikan bahwa Internet mampu memberikan sumbangsih terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Maret 2011 Penulis . berkat kerjasama dalam kelompok dan bantuan dari berbagai pihak.KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas kehendakNyalah laporan ilmiah yang berjudul ³Peranan Internet bagi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Benteng´. Namun. Dalam penyelesaian laporan ilmiah ini.

2 1....8 DAFTAR PUSTAKA ««««««««««««««««««««««««««.8 3.2 Perumusan Masalah ««««««««««««««««««««.......... «...1 Latar Belakang Masalah «««««««««««««««««««««.......4 Manfaat Penelitian ««««««««««««««««««««««««2 1.......3 Dampak Negatif Penggunaan Internet«««««««««««««««««.1 1.6 BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3.. «.3 Tujuan Penelitian «««««««««««««««««««««.4 2..1 Kesimpulan ««««««««««««««««««««««««««........2 Saran ««««««««««««««««««««««««««««.........iv BAB I PENDAHULUAN 1..«....6 Waktu dan Tempat Penelitian «««««««««««««««««««.....4 2...5 Metode Penelitian «««««««««««««««««««««...9 BIODATA «««««««««««««««««««««««««««««««10 .2 1.1 Internet «««««««««««««««««««««««««««««.4 2........ i HALAMAN PENGESAHAN «««««««««««««««««««««.....2 Dampak Positif Penggunaan Internet «««««««««««««««..4 Penanggulangan Dampak Negatif Internet ««««««««««««««.ii KATA PENGANTAR ««««««««««««««««««««««««....3 BAB II PEMBAHASAN 2.........DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ««««««««««««««««««««««««««.2 1....iii DAFTAR ISI ««««««««««««««««««««««««««««««..

namun pengaruhnya mulai dirasakan dalam dunia pendidikan. Jika motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran telah menurun. Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih.1 Latar Belakang Masalah Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang luas dan besar yang mendunia.BAB I PENDAHULUAN 1. Tidak hanya kehidupan umum saja yang terkena dampak dari situs jejaring sosial. bagaimana prestasi belajar yang baik dapat dicapai? Hal inilah yang melatarbelakangi kami sebagai penulis untuk memberikan sebuah gagasan mengenai ³Peranan Internet bagi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa´. dan penggunaan situs jejaring sosial (facebook) sebagai ajang prostitusi di kalangan remaja. Tidak dapat dipungkiri hal tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai dampak bagi masyarakat. Dampaknya pun tidak terbatas terhadap kalangan tertentu saja. Akhir-akhir ini banyak dijumpai pemberitaan di media cetak dan elektronik yang memberitakan tentang penyalahgunaan situs jejaring sosial. Keadaan ini sungguh sangat ironis dengan tujuan utama situs jejaring sosial itu dibuat. yakni untuk memperluas hubungan sosial. Beberapa berita yang paling hangat adalah kasus seorang anak remaja laki-laki yang membawa kabur seorang anak remaja perempuan yang dikenal lewat situs jejaring sosial (facebook). yaitu menghubungkan pemakai komputer dari satu negara kenegara lain di seluruh dunia di mana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya imformasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. penyebaran informasi serta akses telekomunikasi dan transportasi semakin lebih cepat dan mudah. Motivasi adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh siswa demi mencapai prestasi belajar yang diinginkan. . baik itu berdampak positif ataupun negatif. Dampak terburuk dalam dunia pendidikan yang mungkin dihasilkan dari situs jejaring sosial adalah mulai menurunnya motivasi dan prestasi belajar siswa. namun telah meluas ke semua kalangan baik kalangan terpelajar maupun bukan kalangan terpelajar.

Menjelaskan dampak negatif dan dampak positif dari penggunaan internet. sehingga prestasi siswa dapat meningkat. Menjelaskan upaya menanggulangi dampak negatif dari internet. 1.3 Tujuan Penelitian Penelitian tentang peranan internet bagi peningkatan prestasi belajar siswa ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa SMP Negeri 1 Benteng. Bagaimana upaya yang dilakukan agar siswa dapat mengambil sisi positif dari internet? 1. Agar nantinya dampak tersebut dapat diminimalisir adanya. Bagaimana peranan internet bagi peningkatan prestasi belajar siswa? 2.5 Metode Penelitian Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat. Tujuan penelitian ini adalah 1. Apa dampak negatif dari internet? 3.1. Metode Angket . Teknik-teknik yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. penulis menggunakan metode angket dan kepustakaan. 2. 1. 1.4 Manfaat penelitian Adapun manfaat dari penulisan karya tulis ini adalah memberikan solusi mengenai dampak negatif dari situs jejaring sosial terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa. penulis dapat merumuskan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini. Masalah tersebut adalah sebagai berikut. 3. Menjelaskan peranan internet bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Apa dampak positif dari internet? 4. Adapun dampak dari karya gagasan ini yaitu memberikan porsi solusi dan pemecahan masalah yang beragam terhadap dampak negatif jejaring sosial terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa.2 Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan. 1.

Pada metode ini. Pada tanggal 15 Februari 2011. . penulis mengunjungi perpustakaan daerah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mencari informasi seputar peranan internet bagi peningkatan prestasi belajar siswa. 1.5 Waktu dan Tempat Penelitian Penulis melakukan penelitian dengan menyebar angket pada tanggal 12 Februari 2011 kepada 5 orang siswa perwakilan tiap kelas di SMP Negeri 1 Benteng dan mengumpulkannya kembali dan didiskusikan pada tanggal 14 Februari 2011. 2. Metode Kepustakaan Metode kepustakaan adalah suatu metode penilitian yang dilakukan dengan menggunakan buku-buku sebagai referensi untuk memperoleh gambaran mengenai masalah yang diangkat dalam karya ilmiah ini. khususnya bagi siswa SMP negeri 1 Benteng dan sejauh mana internet memengaruhi minat belajar siswa. penulis menyebarkan angket untuk meneliti pendapat siswa tentang peranan internet.

2. besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai macam informasi. bahkan mungkin trilyunan. Melalui internet siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis. mulai dari text. c. a. kemajuan teknologi internet juga semakin maju. video. Tentu saja. Mempermudah siswa mencari sumber pembelajaran e.1 Internet Internet merupakan jaringan global komputer dunia. d. Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking. Mengembangkan keterampilan . sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri. salelit. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Melalui internet siswa dapat memperluas wawasannya. situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon. dan lainnya. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari penggunaan internet. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan. Internet menambah minat belajar siswa. b. Internet adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain. audio. jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari.BAB II PEMBAHASAN 2. Pada tahun 1999. isinya memuat bermacam-macam topik. dan lainnya. gambar.2 Dampak Positif Penggunaan Internet Sejalan dengan perkembangan zaman.

Banyak masalah yang ditimbulkan jejaring sosial di kehidupan nyata. 2. apa hanya sampai di situkah pengawasan yang dilakukan? Setidaknya ada beberapa dampak negatif dari situs jejaring sosial: 1. Hal ini semakin menambah banyak kasus penyalahgunaan situs jejaring sosial untuk hal yang tidak sesuai dengan aturan. Jadi siswa tidak perlu lagi ke warnet untuk mengakses situs pertemanan. Karena sangat mudah menjadi anggota dari situs jejaring sosial. Membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan g. dan minat siswa untuk mengikuti pelajaran juga mulai mengalami penurunan. Akibatnya pengguna dalam hal ini peserta didik (siswa) bisa lupa waktu karena terlalu asyik dengan kegiatannya di dunia maya tersebut. karena sebagian besar pengguna jejaring sosial adalah dari kalangan remaja pada usia sekolah. Membuat Seseorang Menjadi Penyendiri dan Susah Bergaul Situs jejaring sosial di internet membuat sosial penggunanya memiliki dunia sendiri. Motivasi siswa kini menurun. Kurangnya Sosialisasi dengan Lingkungan . terlebih dampak nyatanya pada dunia pendidikan. Yang mengakibatkan dirinya tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya lagi. Tapi. prestasi belajarnyapun menurun.3 Dampak Negatif Penggunaan Internet Dampak situs jejaring sosial mungkin lebih banyak dirasakan oleh kalangan remaja. Bisa berkomunikasi dengan teman yang bukan siswa SMP Negeri 1 Benteng 2. kini dapat digunakan untuk mengakses internet dan situs jejaring sosial. melainkan dapat mengaksesnya langsung di telepon seluler mereka.f. dan berinteraksi secara pasif di dalamnya. telepon seluler yang dulunya hanya berfungsi sebagai alat penerima dan pemanggil jarak jauh. Tidak butuh waktu lama akan menjadi kebiasaan untuk mengakses dan membuka situssitus jejaring sosial tersebut. Yang paling mengkhawatirkan adalah bahwa pada era teknologi dan globalisasi seperti sekarang ini. Masalah-masalah tersebut dapat saja diatasi dengan jalan melarang siswa atau anak didik untuk tidak menjadi pengguna jejaring sosial. sehingga tidak sedikit dari mereka tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. maka tidak heran jika banyak orang baik sengaja ataupun hanya coba-coba mendaftarkan dirinya menjadi pengguna situs jejaring sosial tersebut. Seseorang yang telah kecanduan situs jejaring sering mengalami hal ini. Kurangnya waktu belajar juga meruoakan implikasi dampak negatif dari situs jejaring sosial.

karena menggunakan uang secara tidak produktif. . selain harus waspada. Tidak jarang siswa menggunakan uang SPP mereka untuk pergi ke warnet sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja. Menghamburkan Uang Akses internet untuk membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan siswa (terlebih kalau akses dari warnet). Hal ini akan membuat anak menjadi lebih berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial tersebut. ditemukan fakta bahwa dari 17. 2. yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. terlebih pada saat anak tersebut membuka situs jejaring sosial. Berdasar penelusurannya. sehingga yang dikerjakannya hanyalah itu-itu saja.Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik (siswa). Hal ini perlu dilakukan agar setidaknya para orang tua mengetahui seperti apa teknologi sekarang ini. Sebisanya dampingi anak saat berselancar di dunia maya. Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan. Berkurangnya Waktu Belajar Siswa Hal ini sudah jelas. karena dengan mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial siswa akan lupa waktu. Berupaya belajar tentang internet serta situs jejaring sosial yang ada di internet tersebut. dan bisa mengawasi anaknya pada saat berselancar di internet. Menurut pengamat sosial media dan teknologi informasi Nukman Luthfie. Akibatnya kemampuan interaksi siswa menurun. Tidak memberikan telepon seluler yang dapat mengakses internet pada anak yang belum cukup umur. dan mengerti batasan-batasannya. Beritahukan tentang bahaya yang mengintai dalam penggunaan situs jejaring sosial. di antaranya adalah sebagai berikut: 1. 4. 3.000 orang di antaranya berumur 13 tahun. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya bersama teman teman di komunitas jejaring sosialnya. 2. dan 360.4 Penanggulangan Dampak Negatif Internet Ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua sebagai langkah untuk menjaga anakanak mereka dari dampak negatif situs jejaring sosial. orang tua juga harus mempelajari secara mendalam media sosial ini demi masa depan anak-anak.6 juta pemilik akun jejaring sosial facebook berasal dari Indonesia. 4. 3.

Bahkan beberapa merek telepon seluler ternama berlomba-lomba mengeluarkan produk yang memiliki kecanggihan dan kemampuan akses internet. Motivasi belajar sangat erat kaitannya dengan prestasi siswa. Usahakan Untuk Tidak Memberikan Telepon Seluler yang Dapat Mengakses Internet (situs jejaring sosial) Kecanggihan alat komunikasi sekarang ini telah memungkinkan telepon seluler untuk mengakses internet. Jika motivasi atau keinginan siswa untuk belajar rendah maka yang terjadi adalah prestasi mereka juga akan mengalami penurunan. Masalahnya adalah banyak siswa yang mengakses situs jejaring sosial tersebut dari telepon seluler mereka pada saat proses pembelajaran berlangsung. lambat laun motivasi belajar mereka juga akan mengalami penurunan. Maka dari itu sebagai orang tua. Hal ini cukup membuat dampak dari jejaring sosial sangat dirasakan dikalangan siswa. 3. Selain itu langkah ini juga dapat menimbulkan rasa waspada kepada siswa sehingga dalam menggunakan situs jejaring sosial mereka lebih berhati-hati. adapun langkah strategis yang dapat dilakukan untuk pengimplementasian gagasan yaitu sebagai berikut: 1. maka akan berakibat pada prestasi mereka disekolah karena terlalu sering mengakses internet atau jejaring sosial.Dalam perkembangannya di jaman sekarang ini. Melihat keadaan ini. mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial kini dapat dilakukan dengan telepon seluler. 2. Akibatnya para siswa tidak serius mengikuti pelajaran yang berlangsung. dan dapat menggunakannya secara lebih bijak. Dari paparan dampak situs jejaring sosial di atas. Karena tujuan utama telepon seluler adalah untuk alat komunikasi saja. Memberikan Pemahaman kepada Siswa Tentang Bahaya Situs Jejaring Langkah ini perlu dilakukan agar para siswa tahu bahaya dari penggunaan situs jejaring sosial. karena kebanyakan anak usia dini belum dapat memanfaatkan internet dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan siswa kecanduan mengakses situs jejaring sosial dengan telepon seluler mereka. yang memungkinkan penggunanya mengakses situs jejaring sosial dengan sangat mudah. Mengawasi Siswa dalam Berinternet atau Berjejaring Sosial . sehingga konsentrasi mereka hanya pada jejaring sosial yang mereka akses melalui telepon genggam. usahakanlah untuk tidak memberikan telepon seluler kepada anak usia dini. Hal inilah yang sangat menghawatirkan dalam dunia pendidikan.

Maka dari itu mereka perlu diawasi untuk tidak mengakses internet dengan bebas. . Dengan mengimplementasikan gagasan di atas. karena jika siswa tidak diawasi mereka akan dengan mudah mengakses situs jejaring sosial tersebut dan menggunakannya kea rah yang tidak baik. Namun untuk lebih meminimalkan dampak negatif yang dihasilkan dari situs jejaring sosial.Pengawasan terhadap pergaulan siswa dalam jejaring sosial dunia maya sangat diperlukan. diharapkan berbagai dampak negatif yang ditimbulkan oleh situs jejaring sosial dapat ditanggulangi. dan usaha kita untuk menyelamatkan anak untuk tidak menggunakan akses internet secara berlebihan akan sia-sia dan tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Pergaulan mereka akan mudah melawan perkataan orang tua. Pergaulan anak yang bebas dan pengaruh dari teman-teman juga dapat memudahkan anak untuk mengakses situs jejaring sosial dengan mudah. baik sebelum terjadi atau sesudah dampak itu terjadi. alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan internet dan jejaring sosial dengan bijak.

Jangan pergunakan internet secara berlebihan. alangkah lebih baik jika menggunakan situs jejaring sosial dengan lebih bijaksana dan sesuai dengan aturan. saran penulis adalah sebagai berikut. agar siswa dapat lebih memahami penggunaan situs jejaring sosial dan menggunakannya dengan baik. Selain itu siswa juga perlu diberi kesadaran akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pelajar untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajarnya.1 Kesimpulan Dari pembahasan laporan ilmiah ini. 2. 3. Gagasan yang Diajukan Adapun gagasan yang dapat kami ajukan adalah. 1. Jangan terlalu lama mengakses dan menjelajahi situs jejaring sosial dan berinteraksi secara pasif di dalamnya. kami mencoba untuk memberikan pengarahan kepada siswa tentang dampak dan akibat negatif dari situs jejaring sosial tersebut. Teknik Implementasi yang Dilakukan Mengenai teknik implementasi.2 Saran Berdasarkan pembahasan tersebut.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3. Sehingga motivasi belajar siswa tetap terjaga dan prestasi belajar mereka dapat ditingkatkan lagi. 3. . sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai peserta didik. 2. sebagai seorang siswa yang mempunyai nalar dan pikiran kritis terhadap persoalan yang ada. 1. Dalam menjelajahi internet pilihlah situs-situs yang bermanfaat. penulis mengambil kesimpulan berikut. agar dampak negatif yang ditimbulkan menjadi lebih berkurang.

Jakarta: PT Niaga Swadaya www.DAFTAR PUSTAKA Annisa.google. 2009. Rahmania. Internet Sehat.com .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful