Pengertian Hak Cipta Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk

:
y y

mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya; atau memberikan izin untuk itu

dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berbeda dengan hak merek dan hak paten yang bersifat konstitutif, hak cipta bersifat deklaratif. Artinya, pencipta atau penerima hak mendapatkan perlindungan hukum seketika setelah suatu ciptaan dilahirkan. Dengan kata lain, hak cipta tidak perlu didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI). Namun, ciptaan dapat didaftarkan dan dicatat dalam Daftar Umum Ciptaan di Ditjen HKI tanpa dikenakan biaya sama sekali.

Subyek Hak Cipta Ada dua subyek hak cipta, yaitu: 1. Pemilik hak cipta (pencipta), adalah seorang atau beberapa orang secara bersamasama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi; 2. Pemegang hak cipta, yaitu:
o o o

Pemilik hak cipta (pencipta); Pihak yang menerima hak cipta dari pencipta; atau Pihak lain yang menerima lebih lanjut hak cipta dari pihak yang menerima hak cipta tersebut; o Badan hukum; o Negara, atas karya peninggalan prasejarah, sejarah, benda budaya nasional lainnya, foklor, hasil kebudayaan yang menjadi milik bersama, dan ciptaan yang tidak diketahui penciptanya dan ciptaan itu belum diterbitkan

Pengertian Ciptaan Ciptaan adalah hasil setiap karya pencipta yang menunjukkan keaslian dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, atau sastra. Ciptaan yang dilindungi berupa:
y y y y y y

Buku, program komputer, pamflet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan dan semua hasil karya tulis lain; Cerama, kuliah, pidato, dan ciptaan lain yang sejenis dengan itu; Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan; Lagu atau musik dengan atau tanpa teks; Drama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantonim; Seni rupa dalam segala bentuk, seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan;

Yang dimaksud dengan pelaku di atas. untuk memperbanyak atau menyiarkan pertunjukannya dan untuk memberikan izin atau melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya melakukan hal itu. Hak Terkait Hak terkait adalah hak eksklusif bagi: y y y Pelaku. Peta. Kesusilaan. Fotografi. database. tari. tafsir. dan karya lain dari hasil pengalihwujudan. Seni batik. dan Lembaga penyiaran. Hak Moral Hak moral adalah hak pencipta atau ahli warisnya untuk menuntut pemegang hak cipta supaya nama pencipta tetap dicantumkan dalam ciptaannya. Produser. rekaman suara untuk memperbanyak atau menyewakan karya rekaman suara atau rekaman bunyinya dan untuk memberikan izin atau melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya melakukan hal itu. atau karya seni lainnya. Pemusik. memperagakan. bunga rampai. sastra. Ciptaan yang dilarang untuk diumumkan atau disebarluaskan apabila bertentangan dengan: y y y y Kebijaksanaan pemerintah di bidang agama. Pelarangan oleh pemerintah ini dilakukan setelah mendengar pertimbangan dari Dewan Hak Cipta. Penari. Penyanyi. drama. mempertunjukkan. foklor. mendeklamasikan. atau Mereka yang menampilkan. atau memainkan suatu karya musik. memperbanyak. Terjemahan. dan Ketertiban umum. saduran. untuk membuat.y y y y y y Arsitektur. Sinematografi. Kebijaksanaan pemerintahan di bidang pertahanan dan keamanan negara. yaitu: y y y y y Aktor. menyampaikan. . atau menyiarkan karya siarannya dan untuk memberikan izin atau melarang pihak lain yang tanpa persetujuannya melakukan hal itu. menyanyikan.

tafsir. diketahui oleh umum atau penciptanya meninggal dunia untuk ciptaan yang dilindungi selama 50 tahun atau selama hidup pencipta dan terus berlangsung hingga 50 tahun setelah pencipta meninggal dunia Peralihan Hak Cipta Hak cipta dapat beralih atau dialihkan kepada pihak lain melalui: . 3. Database. tari. yaitu negara memegang atau melaksanakan hak cipta atas ciptaan yang tidak diketahui siapa peciptanya dan belum diterbitkan serta ciptaan yang telah diterbitkan tanpa diketahui penciptanya atau penerbitnya. o Ceramah. dan Penerbit yang memegang hak cipta atas ciptaan yang tidak diketahui penciptanya atau hanya tertera nama samaran penciptanya. Badan hukum yang memegang atau memiliki ciptaan pada angka 1 dan angka 2. Berlaku 50 tahun sejak pertama kali diterbitkan. Tanpa jangka waktu atau tak terbatas. o Alat peraga. pemegang hak cipta atas potret harus: y y mendapatkan izin sebelumnya dari orang yang dipotret. atau izin ahli warisnya dalam jangka waktu sepuluh tahun setelah orang yang Jangka Waktu Jangka waktu berlakunya hak cipta dibagi atas: 1. o Lagu atau musik dengan atau tanpa teks. dan semua hasil karya tulis. o Peta. o Arsitektur. o Seni batik. 6. Fotografi. yaitu negara yang memegang hak cipta atas foklor dan hasil kebudayaan rakyat yang menjadi milik bersama. koreografi. kuliah. Berlaku 50 tahun sejak pertama kali diumumkan: o o o o o o Program komputer. 5. 4. Sinematografi. seni pahat. dan Karya hasil pengalihwujudan. pidato dan ciptaan jenis lain. o Drama atau drama musikal.Hak Cipta atas Potret Guna memperbanyak atau mengumumkan suatu ciptaan. Berlaku 50 tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali diketahui umum. seperti seni lukis. Berlaku seumur hidup pencipta ditambah 50 tahun sesudah meninggal dunia: o Buku. 1 Januari tahun berikutnya setelah ciptaan diumumkan. pamflet. o Terjemahan. o Segala bentuk seni rupa. saduran dan bunga rampai. yaitu: o o perwajahan karya tulis. dan seni patung. 2.

y y y y y Pewarisan.  karya pertunjukan: dua buah rekamannya. seni kerajinan tangan dan kolase: masing-masing 10 lembar berupa foto. 2.  program komputer: dua buah disket disertai buku petunjuk pengoperasian dari program komputer tersebut. Permohonan pendaftaran ciptaan diajukan dengan cara mengisi formulir yang disediakan untuk itu dalam bahasa Indonesia dan diketik rangkap dua. Hibah. .  p e t a: satu buah. Wasiat Perjanjian tertulis.  fotografi: 10 lembar. 2. Dalam perjanjian tersebut. seni kaligrafi. apabila permohonan diajukan melalui kuasa. Prosedur Pendaftaran Caranya sederhana: 1. Lisensi Pemegang hak cipta berhak memberikan lisensi kepada pihak lain berdasarkan surat perjanjian lisensi untuk mengumumkan atau memperbanyak atau menyewakan ciptaan dengan jangka waktu tertentu. Lisensi berlaku untuk seluruh wilaya Indonesia. Surat kuasa khusus. logo dan gambar: masing-masing 10 lembar berupa foto.  alat peraga: satu buah disertai dengan buku petunjuknya.  drama: dua buah naskah tertulis atau rekamannya.  arsitektur: satu buah gambar arsitektur. atau Sebab-sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan.  pewayangan: dua buah naskah tertulis atau rekamannya. seni patung. seni motif.  pantomim: 10 buah gambar atau dua buah rekamannya. seni batik. Perjanjian lisensi wajib dicatatkan di Ditjen HKI agar mempunyai akibat hukum terhadap pihak ketiga. Pemohon wajib melampirkan: 1.  seni lukis.  CD/VCD/DVD: dua buah disertai dengan uraian ciptaannya. seni pahat.  karya siaran: dua buah rekamannya.  tari (koreografi): 10 buah gambar atau dua buah rekamannya.  lagu: 10 buah berupa notasi dan atau syair.  seni ukir.  Apabila suatu buku berisi foto seseorang harus dilampirkan surat tidak keberatan dari orang yang difoto atau ahli warisnya. bisa diatur mengenai pemberian royalti kepada pemegang hak cipta dengan berpedoman kepada kesepakatan organisasi profesi. Contoh ciptaan dengan ketentuan sebagai berikut:  buku dan karya tulis lainnya: dua buah yang telah dijilid dengan edisi terbaik. misalnya pengalihan karena putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Dalam hal permohonan pendaftaran ciptaan yang pemegang hak ciptanya bukan si pencipta sendiri.000 atau ciptaan berupa program komputer sebesar Rp150. pemohon wajib melampirkan bukti pengalihan hak cipta tersebut. apabila pemohon badan hukum. dan 5. saduran dan bunga rampai: dua buah naskah. salinan resmi akta pendirian badan hukum atau fotokopinya yang dilegalisasi notaris.sinematografi: dua buah rekamannya. terjemahan: dua buah naskah yang disertai izin dari pemegang hak cipta.  tafsir.000 3. 19 th 2002 tentang Hak Cipta dan Dirjen HKI . 3. bukti pembayaran biaya permohonan sebesar Rp75. fotokopi kartu tanda penduduk.   Sumber: UU No. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful