Kerajaan Thailand (nama resmi: Ratcha Anachak Thai; juga Prath t Thai), kadangkala juga disebut Muang Thai

, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Thailand dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Kata "Thai" ( ) berarti "kebebasan" dalam bahasa Thailand, namun juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan orang Thai terutama kaum minoritas Tionghoa.

Daftar isi
y y y y y y y y y y y

1 Sejarah 2 Ekonomi 3 Pembagian administratif 4 Geografi 5 Politik 6 Demografi 7 Budaya 8 Olahraga 9 Lihat pula 10 Pranala luar 11 Referensi

Sejarah Negara Thailand
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Sejarah Thailand Asal mula Thailand secara tradisional dikaitkan dengan sebuah kerajaan yang berumur pendek, Kerajaan Sukhothai yang didirikan pada tahun 1238. Kerajaan ini kemudian diteruskan Kerajaan Ayutthaya yang didirikan pada pertengahan abad ke-14 dan berukuran lebih besar dibandingkan Sukhothai. Kebudayaan Thailand dipengaruhi dengan kuat oleh Tiongkok dan India. Hubungan dengan beberapa negara besar Eropa dimulai pada abad ke-16 namun meskipun mengalami tekanan yang kuat, Thailand tetap bertahan sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa, meski pengaruh Barat, termasuk ancaman kekerasan, mengakibatkan berbagai perubahan pada abad ke-19 dan diberikannya banyak kelonggaran bagi pedagang-pedagang Britania. Sebuah revolusi tak berdarah pada tahun 1932 menyebabkan dimulainya monarki konstitusional. Sebelumnya dikenal dengan nama Siam, negara ini mengganti namanya menjadi Thailand pada tahun 1939 dan untuk seterusnya, setelah pernah sekali mengganti kembali ke nama lamanya pasca-Perang Dunia II. Pada perang tersebut, Thailand bersekutu dengan Jepang; tetapi saat Perang Dunia II berakhir, Thailand menjadi sekutu Amerika Serikat. Beberapa kudeta terjadi dalam tahun-tahun setelah berakhirnya perang, namun Thailand mulai bergerak ke arah demokrasi sejak tahun 1980-an.

Kalender Thailand didasarkan pada Tahun Buddha, yang lebih cepat 543 tahun dibandingkan kalender Barat. Tahun 2000 Masehi sama dengan tahun 2543 dalam kalender Thailand. Pada 26 Desember 2004, pesisir barat Thailand diterjang tsunami setinggi 10 meter setelah terjadinya gempa bumi Samudra Hindia 2004, menewaskan 5.000 orang di Thailand, dan setengahnya merupakan wisatawan. Pada awal 2005 terjadi sebuah tragedi di Thailand Selatan yang mempunyai populasi dengan mayoritas Muslim. Sekitar 70 orang terbunuh akibat kekerasan yang dilakukan oleh rezim Shinawatra. Banyak negara yang mengecam keras tragedi ini. Namun dalam pemilihan kepala pemerintahan, Thaksin Shinawatra kembali memerintah negara ini untuk empat tahun berikutnya.

Ekonomi
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Ekonomi Thailand Setelah menikmati rata-rata pertumbuhan tertinggi di dunia dari tahun 1985 hingga 1995 - rata-rata 9% per tahun - tekanan spekulatif yang meningkat terhadap mata uang Thailand, Baht, pada tahun 1997 menyebabkan terjadinya krisis yang membuka kelemahan sektor keuangan dan memaksa pemerintah untuk mengambangkan Baht. Setelah sekian lama dipatok pada nilai 25 Baht untuk satu dolar AS, Baht mencapai titik terendahnya pada kisaran 56 Baht pada Januari 1998 dan ekonominya melemah sebesar 10,2% pada tahun yang sama. Krisis ini kemudian meluas ke krisis finansial Asia. Thailand memasuki babak pemulihan pada tahun 1999; ekonominya menguat 4,2% dan tumbuh 4,4% pada tahun 2000, kebanyakan merupakan hasil dari ekspor yang kuat - yang meningkat sekitar 20% pada tahun 2000. Pertumbuhan sempat diperlambat ekonomi dunia yang melunak pada tahun 2001, namun kembali menguat pada tahun-tahun berikut berkat pertumbuhan yang kuat di RRC dan beberapa program stimulan dalam negeri serta Kebijakan Dua Jalur yang ditempuh pemerintah Thaksin Shinawatra. Pertumbuhan pada tahun 2003 diperkirakan mencapai 6,3%, dan diperkirakan pada 8% dan 10% pada tahun 2004 dan 2005. Sektor pariwisata menyumbang banyak kepada ekonomi Thailand, dan industri ini memperoleh keuntungan tambahan dari melemahnya Baht dan stabilitas Thailand. Kedatangan wisatawan pada tahun 2002 (10,9 juta) mencerminkan kenaikan sebesar 7,3% dari tahun sebelumnya (10,1 juta).

Pembagian administratif
Artikel utama: Provinsi Thailand Thailand dibagi kepada 76 provinsi (changwat), yang dikelompokkan ke dalam 5 kelompok provinsi. Nama tiap provinsi berasal dari nama ibu kota provinsinya.

Prachuap Khiri Khan Ratchaburi Samut Prakan Samut Sakhon Samut Songkhram .Utara y y y y y y y y y y y y y y y y y Timur Laut Chiang Mai Chiang Rai Kamphaeng Phet Lampang Lamphun Mae Hong Son Nakhon Sawan Nan Phayao Phetchabun Phichit Phitsanulok Phrae Sukhothai Tak Uthai Thani Uttaradit y y y y y y y y y y y y y y y y y y y Timur y y y y y y y Chachoengsao Chanthaburi Chonburi Rayong Prachinburi Srakaeo Trat Amnat Charoen Buriram Chaiyaphum Kalasin Khon Kaen Loei Maha Sarakham Mukdahan Nakhon Phanom Nakhon Ratchasima Nongbua Lamphu Nong Khai Roi Et Sakhon Nakhon Sisaket Surin Ubon Ratchathani Udon Thani Yasothon Tengah y y y y y y y y y y y y y y y y Selatan y y y y y y y y y y y y y Chumphon Krabi Nakhon Si Thammarat Narathiwat Pattani Phang Nga Phattalung Phuket Ranong Satun Songkhla Surat Thani Trang Ang Thong Ayutthaya Bangkok Chainat Kanchanaburi Lopburi Nakhon Nayok Nakhon Pathom Nonthaburi Pathumthani Phetchaburi Peta Thailand dengan kota-kota penting.

Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu. dan dibagi-bagi lagi menjadi 7.y Yala y y y Saraburi Sing Buri Suphanburi Provinsi-provinsi tersebut kemudian dibagi lagi menjadi 795 distrik (Amphoe). Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar. Kota-kota besar selain ibu kota Bangkok termasuk Nakhon Ratchasima. Tanah genting di sebelah selatan selalu panas dan lembab. dan Songkhla. Chiang Mai. dan mengalir ke Teluk Thailand.746 desa (Muban).236 komunitas (Tambon). Geografi Artikel utama untuk bagian ini adalah: Geografi Thailand Thailand merupakan tempat terletaknya beberapa wilayah geografis yang berbeda. dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2. 81 sub-distrik (King Amphoe) dan 50 distrik Bangkok (khet) (jumlah hingga tahun 2000). Nakhon Sawan. dengan Myanmar dan Laut Timur di barat dan dengan Laos dan Kamboja di timur. hangat dan berawan dari sebelah barat daya antara pertengahan Mei dan September. Politik . Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat.576 m). keadaannya bergunung-gunung. serta monsun yang kering dan sejuk dari sebelah timur laut dari November hingga pertengahan Maret. Thailand berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara. 55. dengan Malaysia dan Teluk Siam di selatan. Koordinat geografisnya adalah 5°-21° LU dan 97°-106° BT Lihat juga: Pulau-pulau Thailand. Di sebelah utara. yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Ada monsun hujan. Cuaca setempat adalah tropis dan bercirikan monsun. 123 kotamadya (Tesaban). dan 729 distrik sanitasi (Sukhaphiban) (jumlah hingga tahun 1984).

yang jaksanya dilantik oleh raja. suatu hal yang telah dimanfaatkan pada beberapa kesempatan untuk menyelesaikan krisis politik. Parlemen Thailand yang menggunakan sistem dua kamar dinamakan Majelis Nasional atau Rathasapha . yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri. kepala negara adalah Perdana Menteri. Badan kehakiman tertinggi adalah Mahkamah Agung (Sandika ). pedas. yang berjumlah 3/4 dari seluruh penduduk. Selain itu juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan yang besar dalam bidang ekonomi. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasional Thailand. Thailand juga adalah anggota aktif dalam ASEAN. Budaya Muay Thai. Bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah. Khmer dan berbagai suku orang bukit. Mon. Kristen dan Hindu. Sekitar 95% penduduk Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di selatan. . sejenis kickboxing ala Thailand. Hal-hal yang tabu dilakukan di antaranya menyentuh kepala seseorang dan menunjuk dengan kaki. Ada pula seni beladiri yang mirip dengan muay Thai di negara-negara lain di Asia Tenggara. yang terdiri dari Dewan Perwakilan (Sapha Phuthaen Ratsadon ) yang beranggotakan 480 orang dan Senat (Wuthisapha ) yang beranggotakan 150 orang. karena kepala dan kaki masing-masing merupakan bagian tubuh yang paling atas dan bawah. Demografi Populasi Thailand didominasi etnis Thai dan Lao. adalah olahraga nasional di Thailand dan merupakan seni beladiri setempat. Masakan Thailand mencampurkan empat macam rasa yang dasar: manis.Balai Takhta Ananta Samakhom. Raja yang memerintah saat ini dihormati dengan besar dan dianggap sebagai pemimpin dari segi moral. Anggota Dewan Perwakilan menjalani masa bakti selama empat tahun. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun 1990-an. namun ada minoritas kecil pemeluk agama Islam. Sang raja mempunyai sedikit kekuasaan langsung di bawah konstitusi namun merupakan pelindung Buddhisme Thailand dan lambang jati diri dan persatuan bangsa. yang dilantik sang raja dari anggota-anggota parlemen dan biasanya adalah pemimpin partai mayoritas. Ucapan penyambutan yang umum di Thailand adalah isyarat bernama wai. yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang. sementara para senator menjalani masa bakti selama enam tahun. asam dan asin. gedung parlemen lama Thailand. tetapi ada banyak juga bahasa daerah lainnya. di Bangkok.

Ini merupakan keenam kalinya. Thailand dari 6 Desember sampai 15 Desember 2007.Olahraga Ajang olahraga bergengsi di Asia tenggara Southeast Asian Games 2007 diadakan di Nakhon Ratchasima. 1946 ± sekarang . Amerika Serikat Massachusetts. Negarawan dan sebagainya Bhumibol Adulyadej Bhumibol Adulyadej Rama IX of Thailand Raja Thailand Raja Bhumibol tahun 2003 Memerintah Dinobatkan Lahir 9 Juni (63 tahun) 5 Mei 1950 5 Desember 1927 (umur 82) Cambridge. Dan pada Southeast Asian Games 2009 Thailand memimpin klasemen di posisi pertama[1]. Thailand menjadi tuan rumah Southeast Asian Games. Politikus.

Princess Mother Paduka Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej (bahasa Thai: . Cinta pun bersemi. Ia menjadi sangat terkenal di dunia berkaitan jabatannya sebagai Kepala Negara. Putra Pangeran Mahidol Adulyadej ini melanjutkan sekolah dasarnya ke Lausanne ketika sebagian keluarganya pindah ke Swiss. umur 82 p u:mip on adunjade d. 5 Desember 1927. Ia merupakan anggota Dinasti Chakri yang bersekolah di Sekolah Mater Dei (Bangkok). kematian misterius kakaknya di bulan Juni 1946 menjadikannya raja pada 9 Juni 1946. Pada Juli 1949. Putra-putri raja terlibat penuh dalam proyek-proyek raja. Pangeran Anak Wangsa Ayah Ibu Sangwal.Pendahulu Pengganti Pasangan Raja Ananda Mahidol (Rama VIII) Maha Vajiralongkorn Ratu Sirikit Putri Ubol Ratana HRH Pangeran Maha Vajiralongkorn HRH Putri Maha Chakri Sirindhorn HRH Putri Chulabhorn Walailak Dinasti Chakri Mahidol Songkla Adulyadej. dan Yunani. ia sering melihat pabrik otomotif di Perancis dan bertemu dengan sepupu jauhnya (Mom Rajawongse Sirikit Kitiyakara) yang juga seorang putri Duta Besar Thailand di Paris. yaitu seorang putra dan tiga putri. Tetapi. IPA: dengarkan) (lahir di Cambridge. tahun) atau dikenal sebagai Raja Rama IX dan the Ninth Rama adalah Raja Thailand sejak 9 Juni 1946. Sirikit diminta meneruskan sekolah di Lausanne. Ia diminta belajar hukum dan ilmu politik yang berguna sebagai raja. ia tidak langsung naik takhta karena diminta menyelesaikan studinya di Swiss. keduanya bertunangan dan menikah pada Mei 1950. Ia kemudian belajar Ilmu Pengetahuan di Universitas Lausanne ketika kakaknya (Ananda Mahidol) menjadi raja tahun 1935. Latin. Massachusetts. Pernikahan keduanya membuahkan empat anak. Ia menjadi raja sejak usia 19 tahun. . Ia menghabiskan pendidikan SLTA di Lausanne dan mendapat nilai tinggi pada Sastra Perancis. Saat itu. Saat akhir studi.

Kedua jenderal menghadap raja sambil berlutut. raja terjatuh. Penggemar musik jazz dan lagu kontemporer. dan para cucu.Bhumibol memerintah dengan seorang wakil raja hingga tahun 1950 dan naik takhta sebagai Raja Rama IX. kudeta militer menjadi tabu. "Saya juga mesti dikritik. raja merayakan peringatan ke-60 tahun kenaikan takhta. Raja memanggil Jenderal Suchinda dan Mayjen Chamlong Srimuang yang pro-demokrasi. Pada awal Juni 2006. Tugasnya itu kemudian diambil alih oleh putra-putri raja. ia menghendaki Marsekal Thanom Kittikachorn mundur dari rezim militer dan membentuk pemerintahan demokrasi. raja kemudian mendesak rezim militer pimpinan Jenderal Suchinda Kraprayoon mengadakan pemilu. Raja masuk Rumah Sakit Siraraj di Bangkok untuk menjalani operasi tulang belakang dan ia datang bersama permaisuri Ratu Sirikit.[1] Bhumibol sendiri pada pidato ulang tahunnya pada tahun 2005 menyatakan bahwa ia tidak melarang dirinya dikritik." kata sang raja. Dunia politik Sebenarnya. Raja yang gemar fotografi dan mengarang atau menerjemahkan ini dikenal seorang atlet berlayar dan memperoleh medali emas dalam Asian Games (SEA GAMES) pada tahun 1967 di Manila (Filipina). "Anggapan bahwa raja tidak mungkin berbuat salah adalah penghinaan karena itu artinya raja bukan manusia. Pada ulang tahunnya yang ke-78 di tahun 2005. Kejadian ini turut menurunkan kesehatan raja yang juga telah menderita sumsum tulang belakang pada 1995. Saya tidak takut jika kritikan tersebut terkait dengan kesalahan yang saya lakukan karena dengan begitulah saya sadar telah melakukan kesalahan. Tetapi. Jika raja dikatakan tidak bisa dikritik." demikian komentar umum tentang Raja Bumibol di Thailand dalam rangka Peringatan 50 Tahun Raja Bhumibol bertakhta pada tahun 1996 lalu. Anda salah. Rakyat marah karena partai pemenang pemilu tahun 1992 menempatkan Jenderal Suchinda sebagai perdana menteri. itu artinya raja bukan manusia. Raja hanya minta agar demokrasi ditegakkan. Kondisi itu didiagnosis sebagai penyakit tulang belakang yang terjepit pada 2003 dan raja telah mendapatkan terapi fisik penyembuhan sejak tahun 2005. Saya bisa berbuat salah dan saya tidak takut dikritik langsung. Sejak itu. raja enggan memasuki koridor politik. Ketika berolahraga jalan kaki di sekitar istana pada 24 Juni 2006. raja mengkritik Perdana Menteri Thaksin Shinawatra agar bersedia menerima kritik karena itu adalah konsekuensi sebagai pemimpin. ia tak bisa tinggal diam. Ia juga selalu kontak dengan atlet-atlet negaranya yang meraih medali emas. Pada 20 Juni 2006. Menyusul kudeta tahun 1991. Kepemimpinannya mendapat tempat di hati rakyat karena sentuhan-sentuhan pribadinya. empat anaknya. secara jelas. Para raja atau keluarga kerajaan dari 25 negara menghadiri acara peringatan tersebut.[2] . ketika menyangkut kehidupan rakyat banyak. Tahun 1973. ia memperoleh anggota kehormatan dari Institut Musik dan Seni Wina (Austria). Ia selalu memberi waktu untuk menyerahkan diploma pada setiap lulusan universitas negeri di Thailand. Akibatnya terjadi keretakan di tulang iga. memar-memar pada punggung dan pundak." kata sang raja. "Jika Anda berpikir dia bertakhta untuk kekuasaan.

dan segenap lapisan masyarakat untuk tidak selalu melibatkan raja agar terjadi proses pembelajaran politik di negaranya. Raja juga mengharapkan kepada para politikus. IPA: [t áks n t innawát dengarkan. Ia juga adalah orang terkaya di Thailand. Shinawatra saat itu sedang berada di Amerika Serikat untuk menghadiri Sidang Umum PBB. menyusul protes atas dirinya dan pemilu sepihak yang dimenangi partainya secara mayoritas. lahir 26 Juli 1949) adalah seorang politikus Thailand. Ia lalu digulingkan lewat sebuah kudeta pada 19 September 2006 yang dilaksanakan oleh angkatan bersenjata Thailand. Hak dan kesejahteraan petani pun diambil seperti terlihat dengan kebijakan impor beras. Thaksin Shinawatra Thaksin Shinawatra (bahasa Thai: . petani adalah segalanya.[1] ia menyatakan mundur dari jabatannya sebagai perdana menteri. Meskipun begitu. ia masih akan terus menjabat hingga penggantinya dilantik. Sebelum terjun ke dalam dunia politik. aparat negara. Ia adalah Perdana Menteri Thailand dari tahun 2001 hingga 2006 dan Ketua Partai Thai Rak Thai yang populer.Kepemimpinannya yang telah 60 tahun di Thailand menjadikan raja sebagai kepala negara terlama di dunia. Ia menikah dengan Khunying Potjaman Shinawatra (Damapong) dan ayah tiga anak: Panthongtae. dan Praethongtharn. Ia anak . Thaksin adalah pendiri Shin Corporation yang salah satu bagian dari perusahaannya adalah operator telepon seluler terbesar Thailand Advanced Info Service. Pinthongtha. Thaksin Shinawatra Pada 4 April 2006. Baginya. Menjabat: Pendahulu: Tanggal lahir: Istri: Partai: 6 Januari 200119 September 2006 Chuan Leekpai 26 Juli 1949 Potjamarn Damapong Thai Rak Thai Biografi Thaksin lahir di rumah kayu bertingkat dua di depan pasar di Desa Sankamphaeng di provinsi Chiang Mai (sebelah utara Thailand) pada 26 Juli 1949. Keteladanan serta integritas Raja Bhumibol dirasa pantas diambil contoh.

Setelah menamatkan sekolah menengah atas (SMA). ia masuk Akademi Kadet Polisi dari angkatan di Kelas 26 dan lulus yang pertama (1973) dengan nilai yang terbaik dan menjadi seorang polisi. Dengan keluwesan sikapnya dan jaringan pergaulannya yang luas terutama di kalangan pejabat pemerintah. Bersama isterinya. dan bisnis satelit. Perusahaan telekomunikasi yang dimiliki kemudian merambah ke negara tetangga. sehingga menjadi orang terkaya di Thailand. ia menghadapi persoalan. Ia tidak pernah belajar bahasa Inggris. menjual dan menjadi operator telepon selular. pada tahun 1982. radio hiburan untuk digunakan di bus. .seorang pedagang di pasar dan tetap tinggal serta bersekolah di desa itu hingga usia 15 tahun. Perusahaannya mulai merambah bidang-bidang baru seperti peralatan signal SOS. ia pun mampu menjadikan dirinya seorang konglomerat. ia mendirikan perusahaan komputer. Tahun 1978. ia kembali diangkat Deputi Perdana Menteri pada pemerintahan Perdana Menteri Chavalith Yongchaiyudh. ia menguasai 50% saham perusahaan tersebut. Bahkan. Nama perusahaan Shinawatra Satelite juga diubah menjadi Thaicom Satellite. Ia sempat menajamkan naluri bisnis dari keluarga terutama dari ayahnya yang mengelola warung kopi dan kebun buah-buahan. ia kembali ke Amerika Serikat untuk mengambil S-3 di Sam Houston State University. Setahun kemudian. Bersama isterinya. Thaksin yang berpangkat Mayor Polisi mengundurkan diri dari kepolisian dan memusatkan perhatian pada perusahaan. dia terpaksa langsung masuk ke kelas III. Perusahaan itu menyewakan komputer kepada instansi-instansi pemerintah dan secara bertahap berkembang menjadi Perusahaan Komputer Shinawatra. Di bawah pemerintahan Perdana Menteri Chuan Leekpai. televisi kabel. Di sekolah itu. Meskipun dikenal sebagai murid yang pandai. dia meneruskan karier di kepolisian. Karena ia bertugas di kepolisian. dalam usia 38 tahun. Tahun 1997. Tahun 1995. tetapi ia sama sekali bukan seorang kutu buku. ia menjabat Menteri Luar Negeri (1994) untuk Partai Palang Dharma. ia diangkat menjadi Deputi Perdana Menteri pada pemerintahan Perdana Menteri Nai Banharn Silpa-Archa. yakni Laos dan Kamboja. Sekembalinya ke Thailand. dia memperoleh bea siswa dari pemerintah untuk mengambil gelar S-2 untuk jurusan peradilan (Criminal Justice) di Eastern Kentucky University (Amerika Serikat) dan lulus tahun 1975. Dalam periode ini Thaksin bertemu dan menikah dengan Potjamarn Damapong dan belajar komputer. perusahaan dikelola sepenuhnya oleh istrinya. Tahun 1987. Karena usianya. Ia masuk Monfort College di Kota Chiang Mai. Terpaksalah dia belajar ekstra keras hingga akhirnya dapat menamatkan sekolah dengan baik. ia membantu dan memodernisasi gudang data (database) kejahatan yang dimiliki polisi serta mengembangkan penggunaan komputer dalam memproses nomor mobil. padahal di sekolah itu bahasa Inggris diajarkan sejak kelas I. radio panggil (pager). Nama perusahaannya kemudian diubah dari Shinawatra Corp menjadi Shin Corporation pada tahun 2000.

pemilu ini diboikot ketiga partai oposisi utama yang sama sekali tak mengajukan calon-calon legislatornya untuk duduk dalam parlemen yang baru. Mundur Untuk Kembali Perseteruan antara dirinya dan Partai Thai Rak Thai (TRT) dengan tiga partai oposisi besar (Partai Demokrat. mereka menggelar berbagai aksi demonstrasi. Dimotori antara lain oleh pengusaha penerbitan pers Sondhi Limthongkul yang membentuk aliansi anti-Thaksin bernama Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD). Titah atau petuah (suara) Raja Bhumibol Adulyadev diperlukan guna meredam pertikaian berlanjut. Di bawah tekanan berbagai kelompok yang menuntutnya mundur. sekaligus membungkam kaum oposisi yang terus menuntutnya mundur. Dianggap sebagai salah satu aset bangsa bernilai strategis. Selain juga menjadi anggota parlemen pada tahun tersebut. sehingga menimbulkan suatu jarak yang tidak sehat. Pemilu yang diselenggarakan tiga tahun lebih cepat dari jadwal sebenarnya ini diyakini bisa membuktikan dukungan mayoritas rakyat terhadapnya. Pada pemilu 2005 tersebut. Partai Chat Thai. Berbagai kritikan media yang diarahkan kepadanya ditanggapi dengan sangat sensitif. pemilu tak mampu menghasilkan para legislator dalam jumlah yang cukup untuk mengisi seluruh 500 kursi yang ada di parlemen. Memang. Pemilu 6 Januari 2001 yang merupakan pertama berlangsung di bawah konstitusi reformis sejak didengungkan tahun 1997 memenangkan partai pimpinannya. Seruan boikot juga menghasilkan sekitar 10 juta suara abstain dan tidak sah. Sejak Desember 2005. Akibatnya. dengan harga 1. Apalagi dibebaskan dari kewajiban membayar pajak penjualan dari transaksi raksasa yang dilakukan. perusahaan telekomunikasi raksasa milik keluarga Thaksin itu tak seharusnya dikuasai perusahaan asing. kemudian dimenangi partai Thaksin. Ia pun kemudian diangkat menjadi Perdana Menteri pada 9 Februari 2001. Partai TRT berhasil meraih 51 persen suara rakyat pengguna hak pilih. . ia mendirikan Partai Thai Rak Thai ("Rakyat Thai Mencintai Sesama Rakyat Thai") dan mulai berkampanye melawan tuduhan korupsi politikus Thai lainnya. Gelombang unjuk rasa di Bangkok makin marak setelah mantan pemimpin Partai Palang Dharma dan mantan Gubernur Bangkok (Chamlong Srimuang) bergabung dan ikut menuntut Thaksin mundur. Kepopuleran ketokohannya menghantarkannya menerima mandat kedua kali melalui pemilu 6 Februari 2005. dan Partai Mahashon) bermula dari kekecewaan kaum kelas menengah pada kepemimpinannya yang dituduh menyalahgunakan kekuasaan. Thaksin membubarkan majelis rendah (27 Februari 2006) dan memutuskan menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) yang dipercepat (snap election) pada 2 April 2006.9 miliar dollar AS.Pada tahun 1998. Persoalannya. partai yang dipimpinnya meraih 364 dari 500 kursi parlemen. kemudian ia menang. Gelombang protes jalanan mencapai puncaknya menyusul terungkapnya kasus penjualan saham perusahaan Shin Corp oleh Phantongtae (anak Thaksin) kepada perusahaan asal Singapura bernama Temasek Holdings.

tank-tank dan kendaraan-kendaraan militer yang dipersenjatai dengan senapan-senapan mesin ditempatkan di Wisma Pemerintah. Langkah ini dinilai membingungkan dan sekaligus berpotensi menciptakan kerusuhan. Di Wisma Pemerintah. Thaksin kembali menjabat Perdana Menteri setelah posisinya digantikan Wakil Perdana Menteri Chidchai Wannasathit. Saluran 11. 20 September. Delapan hakim menyatakan pemilu 2 April itu melanggar konstitusi. Kudeta militer September 2006 Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kudeta Thailand 2006 Pada malam hari 19 September 2006. sesaat setelah ia beraudensi dengan Raja Bhumibol Adulyadej di Istana Hua Hin. yaitu Mahkamah Agung. Akibatnya. dan Mahkamah Agung Tata Usaha Negara segera bertindak untuk menyelesaikan krisis. Meski sempat mengklaim memenangi pemilu. sebuah kudeta dilancarkan oleh militer yang dipimpin oleh Panglima Angkatan Darat Thailand. Keputusan mengundurkan diri dilakukan di tengah ancaman PAD untuk melanjutkan aksi-aksi protesnya. sedang enam hakim menyatakan sebaliknya. Jend. Thaksin kemudian menyatakan mundur pada 4 April 2006.[2] . ketika Thaksin sedang berada di New York City. Pemerintahan yang baru pun tak bisa dibentuk karena menurut konstitusi. Pagi harinya. sekitar 50 tentara memerintahkan sekitar 220 polisi di kompleks itu untuk meletakkan senjata mereka. AS untuk menghadiri Sidang Umum PBB dan berbicara di depan Dewan Hubungan Luar Negeri. Sonthi Boonyaratkalin dan menguasai ibu kota Bangkok. mereka sulit meraih dukungan sampai 20 persen -jumlah suara minimum yang harus diraih seorang caleg tunggal yang maju tanpa pesaing. Pemilu yang diulang di 39 daerah pemilihan pada 23 April 2006 bertujuan mengisi kursi parlemen yang masih kosong juga tak membuahkan hasil karena tetap diboikot partai-partai oposisi. Mahkamah Konstitusi turun tangan setelah Raja Bhumibol Adulyadej menolak campur tangan. Pasukan-pasukan juga mengepung stasiun satelit penerima Thaicom yang stasiun televisi pemerintah. Mahkamah Konstitusi. Sampai akhir penghitungan suara masih ada 38 kursi wakil rakyat yang kosong. Titik terang mulai terlihat setelah Raja Bhumibol meminta tiga lembaga peradilan tertinggi. Plaza Kerajaan dan satuan-satuan pemerintah di sepanjang Rajdamnoen Avenue.Aksi penggembosan oleh partai-partai oposisi membuat di banyak daerah pemilihan para calon legislator (caleg) TRT maju sebagai calon tunggal. Harapan semakin nyata setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan pemilu 2 April 2006 tidak sah dan memerintahkan diselenggerakan pemilu yang baru. Masih ada juga satu kursi lain yang kosong akibat ada caleg tunggal TRT yang didiskulifikasi. Thailand makin tenggelam dalam krisis politik dan konstitusional akibat tak berfungsinya parlemen dan kevakuman kepemimpinan nasional. parlemen bisa mulai bersidang memilih perdana menteri dan membentuk pemerintahan baru hanya jika seluruh kursinya terisi. Pada 23 Mei 2006.

Pusat Tempur Khusus dan satuan-satuan Militer di provinsi Nakhon Ratchasima dan Prachin Buri serta bagian-bagian dari Angkatan Laut. pegunungan dan lembah di barat. . yang menyebutkan bahwa pemerintahan Thaksin telah menghina raja. dan menciptakan perpecahan di masyarakat sebagai alasan-alasan kudeta. serta daerah selatan yang sangat cantik. para pemimpin kudeta telah menahan Wakil PM Chitchai Wannasathit dan Menteri Pertahanan Thammarak Isaragura na Ayuthaya.000 kilometer ini kira-kira seukuran dengan Perancis. yang menyebut dirinya Dewan Pembaruan Demokratis. Thailand terbagi enam: perbukitan di utara di mana gajah-gajah bekerja di hutan dan udara musim dinginnya cukup baik untuk tanaman seperti strawberry dan peach. Secara geografis.[3] Menurut pimpinan kudeta. dan bahwa pemilu akan segera dilaksanakan untuk memulihkan demokrasi di seluruh negeri. di timur dengan Kamboja. Komando Operasi Keamanan Dalam Negeri.[6] Thailand Lokasi Negeri seluas 510. dataran tengah yang sangat subur. Pihak militer. plateau luas di timur laut berbatasan dengan Sungai Mekong. sedangkan di selatan dengan Malaysia (Peta). daerah pantai di timur dengan resor-resor musim panas di atas hamparan pasir putih. Thailand berbatasan dengan Myanmar. mencampuri badan-badan pemerintahan. mengeluarkan pernyataan.[5] Dikatakan pula bahwa Raja adalah kepala negara Thailand. Panglima AD Sonthi Boonyaratkalin.[4] Pasukan-pasukan yang tersisa yang menolak ikut serta dalam kudeta mengambil sikap netral dan tidak melakukan apa-apa untuk menahan kudeta. di timur laut dengan Laos. Di sebelah barat dan utara.Laporan-laporan media massa mencatat bahwa pasukan-pasukan yang ikut serta dalam kudeta ini berasal dari Wilayah Militer Pertama dan Ketiga. Militer menyebutkan bahwa tindakannya dapat dibenarkan karena korupsi telah merebak dalam pemerintahan Thaksin.

di Juni sampai September. Kemudian. Sriwijaya. Sukhothai dikuasai oleh kerajaan Ayutthaya. datang berbagai imigran antara lain suku bangsa Mon. Untuk alamat tempat ibadat.Waktu Jam di Thailand sama persis dengan Indonesia (GMT +7). Bahkan. berdirilah kerajaan Thai yang merdeka penuh di Sukhothai ('Fajar Kebahagiaan'). dan banyak peninggalannya yang masih ada di Thailand. bangsa Thai mendirikan kerajaan kecil di Lanna. Iklim Thailand memiliki iklim tropis yang ramah. Thailand juga sangat mendukung kebebasan beragama. musim hujan namun tetap banyak matahari . Salah satu kerajaan besar yang berpusat di Palembang. dan kini dipimpin oleh YM Raja Bhumibol Adulyadej. Phayao dan Sukhotai. Di tahun 1300. sangat dihormati karena berhasil menyelamatkan Thailand dari penjajahan barat. Raja Mongkut (Rama IV) dan putranya. klik di sini. Raja Chulalongkorn (Rama V). Di awal tahun 1200. dengan musim semi dari Maret sampai Mei. seni kerajinan di Palembang dengan Thailand banyak yang mirip. Pada 1238. Khmer dan Thai. Thailand merupakan negara monarki konstitusional. dan musim dingin dari Oktober sampai Februari. Saat ini. Di tahun 1782 Raja pertama dari Dinasti Chakri yang berkuasa sampai hari ini mendirikan ibukota baru di Bangkok. Jatuhnya Ayutthaya merupakan pukulan besar bagi bangsa Thai. Sejarah Kebudayaan Masa Perunggu diduga dimulai sejak 5600 tahun yang lalu di Thailand (Siam). namun tak lama kemudian Raja Taksin berhasil mengusir Burma dan mendirikan ibukotanya di Thon Buri. pernah berkuasa sampai ke negeri ini. Agama Buddha Theravada adalah agama yang dianut lebih dari 90% penduduk Thai yang religius. . sampai akhirnya direbut oleh Burma di tahun 1767. dan terdapat umat Muslim. Rata-rata suhu tahunan adalah 28 derajat C. Hindu dan Sikh yang bebas menganut agamanya di Thailand. Kristen.

yang pada saat website ini dibuat setara dengan Rp 270. Selain itu. Kereta api tersedia dari Singapura dan Kuala Lumpur. Inggris. 'putri'. Hat Yai. Nama-nama jalan menggunakan bahasa Inggris di bawah bahasa Thai. namun bahasa Inggris dipahami luas di tempat-tempat utama seperti Bangkok. . Bank-bank dan tempat penukaran mata uang banyak tersedia di Thailand. Selain itu. Transportasi Bandara internasional Bangkok adalah Don Muang. Keuangan Mata uang Thailand adalah Baht. biro penerjemahan juga banyak tersedia. Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke seluruh dunia melalui Don Muang. dan sebagainya. dan Chiang Mai di utara Thailand. 'istri'. toko dan restoran utama menerima kartu kredit internasional seperti Visa. baik untuk bahasa Thai. Hotel. Master Card. American Express dan Diners. seperti 'putra'. yang terhubung dengan berbagai penerbangan dari seluruh penjuru dunia. 'singa'. Satu keunikan yang kami temukan adalah adanya kemiripan dengan bahasa Indonesia yang berasal dari Sansekerta. 'suami'. dan juga menjadi bahasa bisnis resmi di sana. dan Indonesia. juga terdapat bandara internasional di Phuket. banyak kapal berlayar menuju Thailand. 'anggur'. Di laut. Formalitas Warganegara Indonesia dengan tujuan liburan bebas visa selama 30 hari ke Thailand.Bahasa Meskipun bahasa Thai hampir tak dapat dimengerti oleh wisatawan. misalnya cruise ship Star Virgo yang singgah di Phuket.

sampai sekarang. Secara historis-tradisional. Kudeta militer atau perebutan kekuasaan oleh tentara bukan hal yang langka dalam sejarah perpolitikan negara Thailand. mungkin baru kali inilah sebuah gejolak politik di dalam negeri memberi dampak sangat buruk bagi industri turisme di negara itu. Terdapat pula yang khusus untuk wisatawan. Srilanka juga punya masalah di dalam negeri dengan kaum separatis Tamil. kejadian-kejadian yang mengganggu keamanan para wisatawan terjadi secara sporadis tanpa dampak yang terlalu menguatirkan. Di sungai Chao Phraya. Seperti halnya Thailand. Pada dekade 1970-an sampai dengan 80-an. Thailand adalah negara tujuan wisata (DTW) nomor satu di Asia Tenggara. Pariwisata Thailand dalam Pertaruhan Di dalam sejarah pariwisata Thailand yang panjang. riwayat pariwisata Srilanka ibarat tersapu bersih dari peta turisme dunia. Anda harus menawar dahulu harganya sebelum naik Tuk-tuk ini. Thailand boleh dibilang sangat beruntung. Pada era itu paket wisata yang mencakup ke empat negara ini sangat laku di pasar Eropa. Krisis politik yang menerpa Thailand sekarang bukanlah yang pertama kali terjadi. berkat kehadiran tentara Amerika Serikat di kawasan ini. bis. krisis-krisis politik yang terjadi tidak memberi dampak yang terlalu buruk terhadap industri pariwisata nasional. Tapi setelah kejadian serangan bom di lapangan terbang militer di Colombo yang melumpuhkan banyak pesawat Angkatan Udara Srilanka pada tahun 1987. juga banyak terdapat taksi sungai atau perahu. kereta bawah tanah. Roda perekonomian negarapun berjalan relatif normal. Indonesia dan Filipina. Tidak heran bila orang menyimpulkan bahwa gejolak politik di negara ini hanya terjadi pada kalangan elite politik lapisan atas saja. Thailand adalah negara yang relatif paling sering mengalami kirisis politik. Berkecamuknya perang Vietnam telah mendongkrak kemasyhuran Thailand sebagai tujuan wisata sex. Srilanka adalah negara tujuan wisata yang setara dengan Thailand. termasuk industri pariwisatanya. Hal ini diikuti dengan ambruknya .Transportasi di Bangkok Transportasi umum di Bangkok antara lain BTS Skytrain. Diantara negara-negara Asia Tenggara. sementara kehidupan bernegara di tingkat monarki. Mulanya. dilengkapi pemandu yang berbahasa Inggris. sejak masa Perang Dingin. walau tidak jarang kudeta terjadi dengan pertumpahan darah. sistim perekonomian negara dan kehidupan rakyat kebanyakan berjalan damai-damai saja. Dibandingkan dengan negara Srilanka. taksi dan tuk-tuk. Sedemikian jauh.

148 bath. kerusuhan politik akibat demo yang dilakukan terus-menerus oleh kelompok Kaos Merah sudah memakan korban jiwa 20 orang lebih termasuk seorang wartawan Jepang. sementara di bagian Utara. jauh sebelum krisis moneter yang bermula di Thailand.maskapai penerbangan nasional. Porte Maillot. dan Thailand sudah sangat berpengalaman dalam hal ini. sementara Thailand hanya bertahan pada angka 14 juta. Semoga satu hari nanti pariwisata Srilanka akan pulih seperti sediakala. Flu Burung dan Flu Babi. pariwisata Srilanka ibarat menjadi sekali berarti sudah itu mati. 51. maka pada tahun 2009 kemarin Malaysia sudah jauh melampaui Thailand dengan angka sebanyak 20 juta kunjungan. atau istilah Brown ¶separatisme etnis¶ yang terjadi di Selatan. Disparitas ini memang sangat mencolok. 12. Dari Air Ceylon. tiga kali lipat lebih rendah dibandingkan Bangkok.441 bath dan wilayah Timur Laut. pada tahun 1983. Paris. Konflik Dan Rekonsiliasi Di Thailand Selatan 97 Selatan. yaitu kelompok Laos-Thai. etnis perbukitan di Utara. Beberapa tahun yang lalu. Mudah-mudahan saja badai segera berlalu. Apakah krisis politik kali ini akan merupakan titik balik bagi pariwisata Thailand? Kami tidak berharap demikian. kecemburuan dan rasatidak adil yang kemudian berakibat pada . Bom Bali Dua. Masing-masing melibatkan melayu Muslim di Selatan. Kota Metropolis Bangkok memiliki pendapatan per kapita. saya masih berkesempatan bertemu dengan beberapa kenalan para pelaku usaha wisata dari Srilanka pada acara promosi wisata Salon Mondial du Tourisme di Palais de Congres. mereka berkata bahwa kehadiran mereka bukan untuk mempromosikan pariwisata Srilanka tapi ingin bertemu dan belajar dari teman-teman dari Bali. wabah SARS. sedangkan di Timur Laut hanya berbeda etnis. masyarakat komunis di Utara secara jelas berbeda dengan mayoritas Thai-Buddha. Utara dan Timur Laut. Disparitas ekonomi antara pusat dan provinsi di pinggiran menimbulkan tumbuhnya semangat ¶separatisme¶.David Brown secara menarik melihat gerakan Muslim di Thailand Selatan sebagai bagian dari reaksi atas ¶kolonialisme internal di Thailand. Sejarah Perkembangan Islam di Patani Thailand INDRA . meskipun agama sama.146 bath.441 bath. Bila tolok ukur yang dipakai adalah jumlah kedatangan wisatawan mancanegara. Pada tahun 2009 ini Thailand mengalami pertumbuhan negatif sebanyak -3% terhadap tahun 2008. sementara Minoritas Muslim . Secara berkelakar. berganti nama menjadi Air Lanka kemudian Air Srilanka dan seterusnya. Identitas Muslim Melayu di Selatan. Tapi mereka harus menyadari bahwa tradisi Thailand sebagai negara tujuan wisata nomor wahid di Asia Tenggara sekarang sudah runtuh. 16. Disparitas ini menimbulkan kekecewaan. Mereka masih tetap gigih mempromosikan destinasi mereka walaupun hasilnya tidak sebagaimana yang diharapkan. Mereka tahu bagaimana gigihnya usaha teman-teman dari Bali untuk mempertahankan pasar setelah digempur dengan kasus-kasus wabah kolera. Bom Bali Satu. Bagaikan kata-kata Chairil Anwar dalam puisinya. Sejak awal 2010 ini. 7. dan orang Isan di Timur Laut.

Perdamaian Aceh menjadi model upaya perdamaian dan rekonsiliasi di Thailand Selatan. atau dikenal dengan sebutan Muslim Patani. Disparitas memiliki konsekuensi yang mendalam diluar aspek ekonomi. Masyarakat serasa tidak di ¶rumah¶ mereka sendiri. Muslim di Selatan Thailand dan Buddha dianut hampir diseluruh Thailand. diantaranya ke Thailand Selatan. Kesenjangan ini pula yang menurunkan tingkat nasionalisme masyarakat diluar mayoritas Thai-Buddha. karena pemerintah menaruh curiga atas tumbuhnya kekuatan masyarakat di wilayah ini. Periode ini sangat urgen tidak hanya karena banyaknya korban dalam kurun waktu ini. Malaysia. atau sengaja dibuat untuk tujuan ¶integrasi nasional¶. Masyarakat secara tradisional lebih at home menggunakan bahasa Melayu dibandingkan bahasa Thai yang digalakkan oleh pemerintah pusat . Islam Pattani. tetapi juga karena pemerintah Thailand mulai serius membicarakan upaya rekonsiliasi dengan mengacu pada integrasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke Indonesia. atau secara resmi di Thailand. Negara dengan penduduk multi agama dan multietnik mendapat tantangan besar bagaimana menyatukan mereka dalam payung satu nasionalisme. dan merdeka). dan pembangunan tidak diprioritaskan. tetapi lebih pada agamanya. Antara 1947 hingga 1953. Apalagi beberapa etnik atau agama telah tumbuh dalam satu kekuatan dinamis selama ratusan tahun. kesenjangan inipun semakin lebar. Fokus utama pada perkembangan Muslim Pattani antara 2004 hingga Mei 2007. yaitu lambatnya peningkatan sumberdaya manusia. Dua negara yang belum berhasil ¶menaklukkan¶ kelompok ini diantaranya Thailand Selatan dan Filipina. Kebijakan ini diciptakan untuk meredam menguatnya identitas lokal sehingga pemerintah pusat merasa terancam.keinginan masyarakat untuk mengatur mereka sendiri (otonomi. Perbedaan yang mencolok antara Melayu Muslim di Selatan dan Buddha-Thai di seluruh wilayah Thailand dilihat oleh Ted Robert Gurr tidak pada keragaman etnisitasnya. Sementara Islam menyebar ke berbagai negara di Asia Tenggara. pendidikan yang tidak merata. dan tekanan kebijakan berbasis keamanan yang mengancam masyarakat. Tulisan ini akan mengupas dinamika Islam di Thailand Selatan dari aspek etnisitas (sosial) dan keamanan. Sebagian gerakan separatisme muncul dari satu etnik atau agama yang mendapat kebijakan ¶diskriminatif¶ dari pemerintah pusat.yang kebetulan sama-sama Muslim minoritas ditengah mayoritas Buddha di Thailand dan Kristen di Filipina. Dua puluh empat tahun kemudian. beberapa negara baru di Asia Tenggara mendapat letupan kelompok yang menuntut ¶otonomi khusus¶ atau ¶pemisahan diri¶ dari pemerintah pusat.Identitas lokal di Thailand Selatan lebih dekat dengan Kelantan dan Kedah. setidaknya 2000 korban meninggal.

dengan total penduduk 6. pemerintah. Yala dan Narathiwat. Narathiwat. bersaing dengan mayoritas masyarakat etnis Thai yang Buddis adalah pilihan saat ini. Yala. Tradisi Muslim di wilayah ini mengakar 100 Minoritas Muslim . sekitar 80 persen. Dalam waktu sekitar 50 tahun.326. sekitar 1. dan menjaga stabilitas lokal. Satun dan Songkhla. Penggunakan bahasa Thai wajib digunakan di kantor kerajaan. Mayoritas penduduk Muslim terdapat di . Ketika terjadi penyerangan atau pembunuhan yang melibatkan korban tentara. Konflik Dan Rekonsiliasi Di Thailand Selatan sejak kerajaan Sri Vijaya yang menguasai wilayah Asia Tenggara. belum ditemukan kelompok yang bertanggung jawab dalam kerusuhan ini. Anehnya. banyak generasi muda Melayu Muslim lebih suka berbahasa Thai dibandingkan bahasa Melayu. Terintegrasi dengan Thailand. sekolah dan media. termasuk Thailand Selatan. Thailand Selatan terdiri dari lima provinsi: Pattani. dibandingkan penganut Budha. atau 80 persen dari total penduduk. Konflik Dan Rekonsiliasi Di Thailand Selatan 99 diperbolehkan menggunakan bahasa Melayu tidak lebih dari 20 persen keseluruhan programnya. Upaya menjaga ¶tradisi nenek moyang¶ menjadi bagian dari identitas terkuat bagi keluarga Muslim Melayu di Thailand Selatan yang berbeda dengan kebanyakan masyarakat Thai lainnya.5 juta jiwa. tanpa melihat lebih obyektif siapa yang terlibat. mendukung pembangunan nasional. karena pencitraan telah sengaja diciptakan oleh pemerintah. Media elektronik. khususnya radio lokal hanya Minoritas Muslim . pembunuhan dan pengeboman sering terjadi dalam tiga tahun terakhir.732 (Kantor Statistik Nasional. TV dan media cetak harus menggunakan bahasa Thai sebagai medium pemberitaan. Radio. Tetapi mereka ¶dipaksa¶ keluarga untuk berbicara dalam bahasa Melayu ketika mereka berkumpul dilingkungan keluarga. Strategi pemerintah Thailand memang membuahkan hasil. Mereka menyadari bahwa niat memisahkan diri dari pemerintah Kerajaan Thailand hanyalah suatu mimpi lama. Thailand. dengan jumlah meninggal settidaknya 2000 orang. Muslim di Thailand sekitar 15 persen. Strategi yang perlu dibangun adalah memajukan pendidikan. sejak integrasi Melayu di selatan Thailand menjadi bagian dari Kerajaan Thailand. yang kini harus ditinggalkan. Keterpaksaan masyarakat Melayu Muslim di Thailand Selatan dirasakan selama puluhan tahun. khususnya di Patani. Hal yang terakhir masih menjadi kendala bagi penciptaan perdamaian di wilayah selatan. baik di sekolah maupun dalam pergaulan sehari-hari. yang dituduh adalah Muslim.sebagai bahasa resmi negara. Bahkan Thaksin menyebut istilah mereka ¶Bandit Muslim¶. tiga provinsi yang sangat mewarnai dinamika di Thailand Selatan. sejak Januari 2004. polisi atau masyarakat Buddha. Berbagai teror. Istilah yang menodai perasaan Muslim Melayu di selatan. Mayoritas Muslim tinggal di Selatan Thailand. 2002).

Hal ini dilakukan pada masa Raja Chulalongkom pada tahun 1902. yaitu sekitar 71% diperkotaan. Daud ibn Abdillah ibn Idris al-Fatani diakui sebagai seorang ulama terkemuka mengenai ilmu-ilmu Islam di Asia Tenggara. minoritas.0 %. meriam Sri Patani dan harta kerajaan dirampas Siam dan dibawa ke Bangkok. dan Songkhla. karena mayoritas penduduknya beragama Budha. Narathiwat. . Daerah yang sekarang disebut Thailand selatan pada masa dahulu berupa kesultanan-kesultanan yang merdeka dan berdaulat. ratarata 70 persen berada di tiga provinsi: Pattani. 1. Satun. dan 86 % di pedesaan (YCCI. 0. Para tawanan itu akan dibebaskan apabila telah membayar uang tebusan. Yala. Maka Tengku Lamidin diangkat sebagai wakil raja atas perintah Siam tetapi kemudian ia pun berontak lalu dibunuh dan digantikan Dato Bangkalan tetapi ia pun memberotak pula.0 % (Sensus Penduduk. Pattani. sultan Mahmud pun gugurlah. karena daerah Patani pada awal abad ke-17 pernah menjadi salah satu pusat penyebaran Islam di Asia Tenggara. dan 76. 2006: 34). dan Yala. Wilayah Thailand yang dihuni oleh orang-orang Islam adalah wilayah bagian selatan yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pada abad ke empat belas masuklah Islam ke kawasan itu.3 %. Dahulu. ada di tiga provinsi: Narathiwat. sementara penduduk berbahasa China. kemudian di bawa ke Thailand. Muslim sekitar 19 %. Bahkan. Pada 1783 Siam pada masa raja Rama I Phra Culalok menyerang Patani dibantu oleh oknum-oknum orang Patani sendiri. banyak orang-orang Islam yang ditawan. 3. raja Patani pertama yang memeluk Islam ialah Ismailsyah. Pemerintah Thailand berusaha memasukkan daerah-daerah paling selatan itu ke negeri Thai. diantara kesultanan yang terbesar adalah Patani. Yala. sedangkan di Songkhla. ketika Kerajaan Samudera Pasai ditaklukkan oleh Thailand.6 % Buddha.empat provinsi: Pattani. Yala dan Narathiwat. Patani dijuluki tempat kelahiran Islam di Asia Tenggara. Daerah-daerah muslim di Thailand bagian selatan adalah Pattani. Sementara mayoritas penduduk yang berbahasa Melayu. 2000). Kemudian para tawanan yang telah bebas itu ada yang kembali ke Indonesia dan ada pula yang menetap di Thailand dan menyebarkan agama Islam. Thailand. ada yang mengatakan Islam masuk ke Thailand pada abad ke-10 melalui para pedgang dari Arab dan ada yang mengatakan Islam masum ke Thailand melalui Kerajaan Samudra Pasai di Aceh. Mengenai masuknya Islam ke Thailand. Muslim di Thailand merupakan golongan minoritas. Kaum muslimin di Thailand yang terkenal dengan nama Patani memiliki perasaan kuat tentang jati dirinya. seorang Patani. Narathiwat dan Satun. Pada 1603 kerajaan Ayuthia di Siam menyerang kerajaan Patani namun serangan itu dapat digagalkan.

Pada saat-saat tertentu dipamerkan pula segala persenjataan berat. Bahasa Siam menjadi bahasa kebangsaan di kawasan Selatan. menegakkan sebuah negeri yang berdaulat berasas Islam Republik Islam Patani. Setul dan Jala. Orang-orang Islam tidak diperbolehkan mempunyai partai politik yang berasas Islam bahkan segala organisasi pun harus berasaskan: Kebangsaan. Agenda ini menjadi sangat pelik apabila negara bersangkutan dengan pluralitas etnis. Pada saat-saat tertentu anak-anak sekolah pun harus menyanyikan lagu-lagu bernafaskan Budha dan kepada guru harus menyembah dengan sembah Budha. biasanya yang diangkat itu seorang alim yang dapat menjilat dan dapat memutar balik ayat sehingga ia memfatwakan haram melawan kekuasaan Budha. di sekolah-sekolah merupakan bahasa resmi. Pada 1909 M Inggris pun mengakui bahwa daerah-daerah itu termasuk kawasan Kerajaan Siam. Kementrian pendidikan memutar balik sejarah : dikatakannya bahwa orang Islam itulah yang jahat ingin menentang pemerintahan shah di Siam dan menjatuhkan raja. Segala upacara yang sekuler dikerjakan dan Islam hanya terbatas pada adat. alat-alat militer. Dan pada tahun 1939 M. Lalu mereka mengundang ulama Islam untuk melihat-lihat. beberapa Madrasah Islam yang dianggap ekstrim ditutup. Pada 1923 M. Sebelum peristiwa itu terjadi sesungguhnya pada 1873 M Tengku Abdulqadir Qamaruzzaman telah menolak akan penghapusan kerajaan Patani itu. . Nama Siam diganti dengan Muang Thai. dalam sekolah-sekolah Islam harus diajarkan pendidikan kebangsaan dan pendidikan etika bangsa yang diambil dari inti sari ajaran Budha. Pemerintah pun membentuk semacam pangkat mufti yang dinamakan Culamantri.Pada masa raja Phra Chulalongkorn tahun 1878. Transformasi dari loyalitas primordial ke loyalitas kepada negara dalam rangka menciptakan intergrasi nasional biasanya merupakan agenda utama di negara-negara yang proses perwujudan gagasan negaranegaranya belum selesai. Saiburi. Akan tetapi orang-orang yang teguh dalam keislamannya itu tetap berjuang. Kerajaan Patani dipecah dalam daerah-daerah kecil Patani. budaya dan agama.M Siam mulai mensiamisasi Patani sehingga Tengku Din berontak dan kerajaan Patani pun dipecahlah dan unit kerajaan itu disebut Bariwen. tulisan Arab Melayu digantikan tulisan Siam yang berasal dari Palawa. partai-partai pun tidak mau berdasarkan Islam dan tetap sekuler walaupun adat agama adakalanya dibawa juga seperti salam dan bismillah seperti tercantum dalam konstitusinya itu. dengan harapan akan tumbuh rasa takut untuk berontak. Marathiwat.

sebagaimana amankah upaya politik dan ilmiah tersebut setelah seratus tahun didirikan? Dalam tulisan ini saya melihat pada sejumlah masalah pada penulisan sejarah nasionalis Thai. universitas dan lembaga pendidikan. Masalah dalam Penulisan Sejarah Thailand Masa Kini Ada periode-periode tertentu ketika wacana-wacana sejarah dan politiknya ± siapa yang mengendalikannya. cerita bangsa Thai? Konflik Thailand dan Kamboja Mengenai detail konflik Thailand & Kamboja ini. jadi detailnya tidak usah saya bahas lagi di sini. Satu isyu baru. adalah pengaruh dari penulisan sejarah nasionalis Thai ± seperti yang ditampilkan dalam drama televisi dan film. mempengaruhi usia 100 tahun keturunannya. Penulisan sejarah nasionalis tampaknya telah mencapai posisi kuat (hegemoni) hingga tidaklah luar biasa jika mendapatkan sedikit oposisi. Masalah berikut menyangkut terutama sekali kepada sejarawan profesional dalam dunia akademik: pengaruh teori ³pasca-modern´ sejak 1990-an dan kemampuannya untuk meruntuhkan klaim kebenaran sejarah. Bagaimanakah penulisan sejarah bangsa Thai yang baik. Pertama adalah masalah subyek wacana tersebut. Yang jelas. negara tersebut memiliki kelompok mayoritas dan minoritas. Bagaimana kejatuhan disiplin sejarah secara kelembagaan. apa peran kerajaan dalam wacana tersebut? Bagaimanakah pengaruh politik dan budaya kerajaan saat ini membatasi kemungkinan penulisan sejarah Thai? Masalah ketiga adalah keterwakilan minoritas dari segi etnik dan minoritas.Berdasarkan kategori primordial itu. khususnya sejak munculnya kritik atas konsep ³bangsa´ pada 1980-an oleh karya Anderson dalam Imagined Communities dan Hobsbawn dan Ranger dalam karya mereka The Invention of Tradition? Kedua. dll). hal . koran. Jika sejarah Thai adalah sederhana di antara sejarah yang tak terhitung dengan tidak mengklaim keunggulan atas atas masa lalu. yang dalam kasus tertentu menimbulkan ketegangan diplomatik. muncul sejak regionalisasi pada 1990-an. Kemudian. sebagaimana juga pada buku teks di sekolah-sekolah ± terhadap hubungan Thailand dengan negara-negara tetangganya. apakah mereka berhak atas status istimewa? Keadaan yang menyulitkan adalah keberadaan sejarawan profesional saat ini yang hampir tak begitu penting atas atas cara pemahaman sejarah secara populer. yang menantang pemahaman sebelumnya yang menerima begitu saja kesatuan bangsa dan keseragaman budaya. Di Thailand hal tersebut telah terjadi beberapa waktu lalu sejak sejarah menimbulkan kegusaran terhadap berbagai kepentingan tadi. bagaimana sejarah yang bertentangan ditekan ± menjadi titik pusat perdebatan intelektual dan umum. bangsa Thai. dimana kelompok minoritas hendak dipaksa untuk diintegrasikan kedalam kelompok mayoritas. cara-cara penyebarannya. tentunya sedikit banyaknya kita dapat memantaunya di berbagai media massa (TV.

3) Di sisi lain. (Alasan-alasan di balik ini saya paparkan di bawah) 2) Kuil Hindu Kuno (Preah Vihear) yang diperebutkan sebenarnya sudah diakui sebagai milik Kamboja oleh PBB. bahwa kekuatan militer Kamboja sendiri secara alutsista kalah jauh dibanding Thailand. saya yakin tembakan ini dimulai oleh Thailand. Bahkan. dan bila Kamboja terpancing dengan provokasi tsb. 5) Saya yakin. karena masih kerabat mantan PM Thaksin. Jadi. PM Somchai yang baru naik pun sepertinya tidak akan bertahan lama. PM Samak baru saja diturunkan secara paksa oleh kekuatan rakyat (walaupun kemudian penurunan ini dilegitimasi dengan tuduhan lain). sebenarnya masalah ini sudah selesai secara hukum internasional dan Kamboja tentunya tidak memiliki kepentingan untuk memperebutkan kembali permasalahan kepemilikan kuil ini. konflik ini akan berlanjut dalam bentuk provokasi-provokasi kecil secara sporadis oleh militer Thailand. Secara politik. sangat mungkin Thailand lah yang mengharapkan adanya konflik ini. posisi mereka atas kuil ini sudah jelas. Ini terbukti dengan terdaftarnya kuil ini sebagai World Heritage atas nama Kamboja beberapa tahun lalu. bukan tidak mungkin konflik ini akan membesar. 6) Keberanian Thailand untuk menantang Kamboja ke dalam konflik terbuka itu sendiri kemungkinan didorong oleh fakta perimbangan kekuatan. Kelemahan militer suatu negara selalu bisa menjadi salah satu pendorong / motivasi bagi terjadinya agresi oleh negara lain ke negara tersebut. dan begitu pula sebaliknya). Terkait ini. apatah lagi bila yang menjadi PM adalah kerabat Thaksin sendiri. obat yang paling ampuh adalah mengalihkan perhatian rakyat. karena jelas Kamboja tidak akan pernah bisa diuntungkan dengan adanya konflik ini. Secara ekonomi. masalahnya belum selesai dan konflik dalam negeri ini diperkirakan akan terus berkepanjangan. Jadi. antara lain dengan cara "memiliki musuh bersama". jelas sekali bahwa massa sebelumnya menuntut penurunan PM Samak karena menuduh Samak sebagai antek Thaksin. 4) Untuk menghadapi instabilitas dan konflik horizontal dalam negeri ini.yang mirip bukan tidak mungkin dapat saja sewaktu-waktu terjadi antara Indonesia dengan negara tetangganya. Ada sedikit analisa (yang dalam tahap ini sebenarnya masih cukup dangkal untuk dikatakan sebagai analisa) tentang apa sebenarnya yang kira-kira terjadi di konflik ini: 1) Walaupun masing-masing pihak (Thailand maupun Kamboja) mengklaim bahwa tembakan dimulai dari pihak lawan (Thailand menuduh Kamboja lah yg memulai tembakan. di atas kertas mereka jauh kalah dibanding Thailand sehingga tidak mungkin Kamboja sengaja menantang Thailand untuk sebuah konflik terbuka. Thailand secara politik mengalami instabilitas. . International Court Justice juga sudah mengakui bahwa kuil ini berada dalam wilayah Kamboja. Padahal. Secara militer. mereka sedang giat-giatnya bangkit dari keterpurukan akibat perang saudara berkepanjangan pada dekade-dekade yang telah lalu. Kamboja relatif stabil. pada tahun 1962. Secara hukum internasional.

oleh : admin OPERASI PENAGKAPAN BAWANG MERAH IMPOR DARI NEGARA THAILAND DAN MALAYSIA DARI PELABUHAN DUMAI Dalam rangka telah berlakunya perdangan bebas terutama ACFTA-CHINA ASEAN serta derasnya arus barang yang masuk ke dalam wilayah Negara Republik Indonesia Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon salah satu instansi Pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi mencegah masuk dan tersebarnya hama dan penyakit hewan (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) serta keamanan hayati dan hewani salah satunya adalah pencegahan masuknya Pangan Segar Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang telah atau tercemar residu berbahaya (kimia . negara perantara.Polsek dan KP3 Merak dan telah beberapa kali melakukan . 8 Maret 2010 11:31:20 . apakah itu PBB.Pelajaran bagi Indonesia yang bisa dipetik dari konflik ini adalah: 1) Setiap perselisihan tentang perbatasan maupun masalah lainnya antar negara hendaknya diupayakan dengan jalan negosiasi. 2) Bila negosiasi bilateral menjadi buntu.tentang Karantina Hewan .PP nomor 14 tahun 2002. 3) Perlunya kekuatan militer yang signifikan agar menjadi daya penggetar bagi negara tetangga maupun negara manapun untuk tidak memulai konflik dengan negara kita. Kamis.ekspor maupun yang diantar areakan semua itu diatur dalam undang-undang nomor 16 tahun 1992 dan PP nomor 82 tahun 2000 . 3 Juni 2010 OPERASI PENAGKAPAN BAWANG MERAH IMPOR DARI NEGARA THAILAND DAN MALAYSIA DARI PELABUHAN DUMAI Senin. tumbuhan dan hasil tumbuhan yang di impor. Selama melakukan operasi bersama Balai Karantina Pertanian kelas II Cilegon melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian yaitu Polres. tentang Karantina Tumbuhan.biologi dan fisika) sejalan dengan tugas pokok dan fungsi tersebut Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon selaku pelaksana unit teknis dilapangan melakukan pengawasan lalulintas media pembawa baik Hewan produk hewan serta bibit tumbuhan. dsb. maka perlu dilibatkan pihak ketiga.

Sopir Truk bernama : AL. 2. dan pencegahan masuk dan tersebarnya OPTK dari luar negeri Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon melakukan Penahanan terhadap media pembawa bawang merah tersebut untuk diproses hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kukang serta hewan yang dilindungi semua telah diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.No. tulang.SPL.Klampok Berebes. Dalam rangka untuk melindungi petani sesuai dengan Peraturan Menteri pertanian nomor 18/Permentan/OT.Pol. Dokumen yang dibawa hanya surat jalan. setelah konfirmasi ke Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekan Baru bahwa Bawang merah tersebut tidak dilaporkan ke Petugas Karantina Dumai.30 telah ditangkap kembali 3 truk yang membawa bawang merah dari Dumai ternyata ex impor dari Thailand dan Malaysia dengan volume 22.500 Kg. Anjing. burung.No.5 ton tanpa dilengkapi dokumen karantina dari Dumai yang akan dibawa ke Brebes.9997 HO. . kulit. Pada saat melakukan operasi hari senin tanggal 1 Maret 2010 jam 18.B. Penerima : H. Dokumen Bea Cukai (kebenaran dokumen masih diragukan karena dalam bentuk fotocopy). Sebagaimana kita ketahui bersama Berebes merupakan centra tanaman bawang merah.140/2/2008 tentang persyaratan dan Tindakan Karantina Tumbuhan untuk Pemasukan Hasil Tumbuhan Hidup Berupa Sayuran Umbi Lapis Segar ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia. Jadi jumlah bawang merah seluruhnya 7500 x 3 = 22. No Pol.9901 OG.penangkapan daging celeng .Pol B. 1.BA 9032 NE.BJM. Bawang Merah diangkut dengan 3 (Tiga Truk) masing-masing truk membawa 750 Sak setiap sak berisi 10 KG = 7500 Kg/Truk. Rdn Psr. 1. INFORMASI : Penangkapan Bawang Merah. Pengirim : BMD (ekspidisi) 3.

absen : 21 SMA NEGERI 1 CIMAHI .Nama Kelas : Maisa Rasyida Pancaputri : X-3 No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful