A.

JUDUL: TEGANGAN PERMUKAAN

B. TUJUAN: Menjelaskan peristiwa tegangan permukaan melalui pengamatan

C. ALAT DAN BAHAN
y y y y

Gelas kimia 2 buah Silet 2 buah Air Deterjen

D. DASAR TEORI Tegangan permukaan K didefinisikan sebagai gaya F persatuan panjang L yang bekerja tegak lurus pada setiap garis di permukaan fluida. Permukaan fluida yang berada dalam keadaan tegang berupa selaput cairan sangat tipis terdiri atas permukaan bagian atas dan permukaan bagian bawah , sehingga
K ! F 2L

dimana,

K = tegangan permukaan

F = gaya

E. LANGKAH KERJA 1. Siapkan air, dua gelas kimia dan deterjen! 2. Tuangkan air ke dalam gelas kimia pertama! 3. Letakkan silet di atas permukaan air dengan pelan-pelan! Ulangi jika silet tenggelam! Amati apa yang terjadi dengan silet? Masukkan hasil pengamatanmu dalam tabel! 4. Tuangkan air ke dalam gelas kimia ke dua! Kemudian masukkan deterjen secukupnya ke dalam air tersebut!

 

= panjang keliling permukaan selaput fluida (gundul.6te.net/download/KF1-5tmuka.doc {9 Maret 2011})

Berdasarkan percobaan di atas. Bagaimana keadaan silet yang diletakkan diatas permukaan air? Mengapa dapat terjadi demikian? 2.5. apakah yang dimaksud dengan tegangan permukaan? . Bagaimana keadaan silet yang diletakkan diatas permukaan air yang dicampur deterjen? Mengapa dapat terjadi demikian? 3. ANALISIS DAN PERTANYAAN 1. Letakkan silet di atas permukaan air yang dicampur deterjen dengan pelan-pelan! Amati apa yang terjadi dengan silet? Masukkan hasil pengamatanmu dalam tabel! F. HASIL PENGAMATAN Tabel Hasil Pengamatan Wadah Air Air dan Deterjen Keadaan Silet (Tenggelam/Terapung) G.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful