PT.

HUTAMA PRIMA

CEMENT TREATED BASE (CTB)

Bahan Konstruksi Perkerasan Jalan

• ASPHALT EMULSION

• EXTRACTED BUTON ASPHALT

• PAVEMENT SPECIALIST

• BRA / PMA

Apa yang dimaksud dengan CTB ?
CTB (Cement Treated Base) adalah campuran semen, air, serta agregat halus dan kasar yang melalui proses gradasi laboratorium. Bahan bahan tersebut dicampur dengan alat khusus yang dapat menghasilkan campuran beton setengah basah dengan kadar air minimum (Slump Nol).

Aplikasi CTB ?
Penghamparan CTB dgn. A.Finnisher

CTB digunakan sebagai lapisan konstruksi pondasi bawah (Sub Base) atau pondasi atas (Base Course) Pada kostruksi perkerasan jalan.

Apa kelebihan Konstruksi CTB ?
Selain gradasi agregat melalui proses alat grading dalam pelaksanaannya CTB mempunyai beberapa kelebihan antara lain : 1. Lapisan konstruksi CTB tidak peka terhadap air, sifat ini sangat membantu untuk konstruksi dimana muka air tanahnya tinggi 2. Nilai CBR yang dihasilkan > 100 % lebih tinggi dari agregat biasa, sehingga dapat mengurangi tebal rencana perkerasan. 3. Dapat dilaksanakan meskipun didaerah dengan kondisi curah hujan tinggi, 4. Masa pelaksanaan yang relatif sangat cepat sehingga terciptanya effisiensi waktu. 5. CTB hanya membutuhkan masa curing Tiga ( 3 ) hari untuk dilalui kendaraan atau dilanjutkan pekerjaan konstruksi diatasnya setelah pemadatan. 6. CTB tidak membutuhkan cetakan dan tulangan 7. CTB tidak membutuhkan siar detalasi maupun construction joint 8. CTB dapat mengakomodasi penurunan setempat.

Pemadatan CTB dengan Tire Roller

Pemadatan CTB dengan Tandem Roller

Pelaksanaan pekerjaannya?
Agregat, Semen, Air yang sudah melalui proses laboratorium grading dicampur di plant CTB kemudian diangkut kedalam dump truck untuk siap digelar dilapangan dengan alat penghampar Motor Grader, Finisher dan Alat pemadat yang digunakan adalah Tandem Roller dengan berat 6 – 8 ton dan Tire Roller dengan berat 10 -12 ton

Perawatan / Curring dengan Aspal Emulsi

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai teknologi produk Cement Treated Base,Aspal Beton Hotmix dan produk aspal emulsi lainnya dapat menghubungi alamat dibawah ini:

Head Office : Jl. Metro Duta Niaga Blok II BA-3, Pondok Indah, Jakarta 12310, Telp. & Fax. (021) 766 9501 Project Office : Jl. Pool Bina Marga, desa Kayu Manis, Semplak Bogor, Telp. (0251) 753 5986 Fax. (0251) 753 2554

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful