FILUM ECHINODERMATA

Echinodermata merupakan kelompok hewan yang memiliki kulit berduri, echinodermata termasuk hewan triploblastik selomata. A. Ciri ± ciri echinodermata: Bentuk tubuh dewasanya adalah simetris radial, sedangkan larvanya berbentuk simetris bilateral. Larva yang dapat berenang bebas disebut bipinaria, kulitnya terdiri atas lempeng ± lempeng kapur dengan duri ± duri kecil pada permukaannya. Echinodermata merupakan hewan pemakan sampah di laut, pergerakannya dengan system ambulakral (system pembuluh air), mereka memiliki kaki buluh yang disebut kaki ambulakral. Saluran pencernaan sederhana, ada beberapa jenis yang tidak memiliki anus. System saraf dengan batang cincin yang bercabang ± cabang kea rah radial. Pada system ambulakral terdapat bagian ± bagian sebagai berikut:

Ket:

1) Madreporit: berupa lubang sebagai tempat masuk dan keluarnya air. 2) Saluran batu: Saluran yang menghubungkan madreporit dengan saluran cincin 3) Saluran cincin: saluran yng melingkari mulut. 4) Saluran radial: cabang saluran cincin yang terdapat pada tiap lengan. 5) Saluran lateral 6) Saluran ambulakral 7) Gelombang otot atau ampula

Contoh: bulu babi jarum (diodema setasum) Kelas Ophiuroidea (Bintang Ular) Memiliki tubuh berbentuk bola. Mereka memiliki pediselaria berbentuk catut. madreporit. Kelas Echinoidea (Landak Laut) Kelas ini memiliki bentuk bundar. perut. berupa penjepit yang berfungsi untuk melindungi insang dermal. .lubang kelamin. alat reproduksi bercabang ± cabang. Landak laut memiliki mulut di daerah oral yang dikelilingi lima gigi yang kuat dan tajam dan di sokong oleh lima rangka samping (lentera aristoteles) yang berfungsi mengambil makanan. usus dan anus . bintang laut biru (lincia sp. . Fertilisasi sperma dalam ovum terjadi di dalam air (membentuk zigot) kemudian tumbuh menjadi larva bipinaria.) dan cutlitin sp. dikelilingi oleh lima kelompok lempeng kapur yang berfungsi sebagai rahang. dan mencegah serpihan ± serpihan dan makhluk kecil agar tidak tertimbun di permukaan tubuh.Tubuhnya berbentuk bintang dengan lima lengan.Respirasi terjadi pada brankia kulit yang merupakan gelembung insang pada papula (insang halus) pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi pada saat cairan masuk ke dalam brankia. Terletak secara ventroteral dengan alat isap (ampula).). Contoh: bintang laut merah (asterias sp. . tidak berlengan. Kelas Asteroida (Bintang Laut) . Reproduksi secara seksual. Lambung berbentuk kantong dan tidak memiliki anus. dan ada juga yang membenamkan diri dalam tanah.Di sepanjang lengannya terdapat kaki ambulakral. sedangkan pada bagian dorsal dan ventralnya tidak memiliki duri. fertilisasi terjadi di air (membentuk zigot) kemudian menjadi larva plutea. kerongkongan. Permukaan tubuh bagian bawah dianggap sebagai permukaan oral karna terdapat mulut.B. dan lubang kelamin terdapat di permukaan aboral. . pada bagian lateral terdapat duri. Landak laut terdapat di sela ± sela bebatuan pantai. Anus. dan memiliki duri ± duri yang dapat digerakkan. menangkap makanan. . Klasifikasi Filum Echinodermata Echinodermata dapat dibagikan atas lima kelas yaitu: 1. Mulut terletak pada bagian tengah tubuh. . sedangkan permukaan atas disebut permukaan aboral karena terdapat anus dan terdapat madreparit. . Zat ±zat sisa keluar melalui dinding brankia (insang) kulit. Pada lengan bintang ular terdapat kaki amblurakral kecil yang disebut tentakel.Sistem ekskresi bintang laut dilakukan oleh amebosit yang yang terdapat dalam cairan selom. Di bawah rumpun laut.System pencernaannya terdiri dari mulut.Bintang laut mempunyai duri ± duri pendek dan tumpul. 2. 3. di dasarnya terdapat duri yang disebut fediselaria.Jenis kelamin bintang laut terpisah yaitu jantan dan betina.

Bintang ular memiliki kelamin yang terpisah. Memiliki tangkai yang berasal dari daerah aboral. . Kelas Holothuroidea (Mentimun Laut Atau Teripang) Memiliki tubuh lunak. lambung. maka akan tumbuh lengan baru. tetapi memiliki sirus (bulu kasar) yang lentur untuk memegang suatu objek. Antedon tenella adalah jenis lilia laut yang tidak memiliki tangkai. Anggota hewan tersebut juga memiliki daya regenerasi yang tinggi. Hasil pembuahannya akan menjadi larva bersilia yang disebut pluteus. Kelas Crinoidea (Lilia Laut) Hewan yang termasuk lilia laut memiliki bentuk tubuh seprti bunga lilia. Selanjutnya larva akan tumbuh menjadi mentimun laut dewasa. stichopus sp. Pada bagian anterior (di sekitar mulut) terdapat 10 ± 30 tentakel. Anusnya berbentuk tabung seperti kerucut. sebagai sumbu. bathylotes sp. Di sekitar mulut terdapat lima pasang kantong kecil bercelah yang berfungsi sebagai alat respirasi. Contoh: Ophiopholis aculeate. ophioplocus sp. Mulut dan anus terletak sebelah ± menyebalah. Memiliki lengan yang panjang seperti daun. 5. Lilia laut memiliki regenerasi yang sangat tinggi. Kulit dermis yang mengandung osikula.684m. metacrinus. oto melingkar dan lima berkas otot memanjang ganda. disebut pinula. Bintang ular memliliki daya regenerasi tinggi jika lengannya putus. Madreporit terletak di daerah dekat mulut. bunga bakung atau seperti bulu burung. Contoh: Antendon sp. Saluran pencernaan melalui mulut. Hidup di laut sampai kedalaman 3. esophagus. yang digunakan sebagai alat melekatkan diri pada dasar laut. reproduksinya dilakukan secara seksual dengan melepaskan sel kelamin ke dalam air sehingga terjadi pembuahan. Reproduksi ini dilakukan secara seksual dan pembuahan berlangsung di luar tubuh. Contoh: Holothuria citra. Mentimun laut hidup di dasar laut atau mengubur diri di dalam lumpur atau pasir jika diganggu. memanjang dengan garis oral ke aboral. Kaki ambulakral juga berfungsi sebagai alat pernafasan sehingga disebut juga paru ± paru air. pembuahan menghasilkan zigot dan tumbuh menjadi larva aurikularia. 4. maka tubuhnya akan mengerti.Makanan yang tidak tercerna dikeluarkan kembali ke mulut. dan berakhir pada anus (posterior) Reproduksi dilakukan secara seksual. usus yang dihubungkan dengan kloaka. holopus. Selanjutnya larva pluteus akan mengalami metemorfosis sehingga akhirnya membentuk bintang ular.

C. . Anggota hewan ini berperan sebagai pemakan bangkai. Peran Filum Echinodermata Dalam Kehidupan Beberapa jenis dari anggota filum ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan (kerupuk teripang) da sebagai barang hiasan. Bangkai di laut sehingga dapat membantu dalam menjaga kebersihan laut. Anggota hewan ini berperan sebagai barang hiasan.

a. 4. b. Echinoidea mempunyai kerangka dari kapur sebutkan kerangka apa saja! Apakah peranan holothuroidea selain untuk dimakan? Apakah fungsi cairan selom? Crinoidea mempunyai lengan yang dilengkapi oleh pinola. Zat pemberi warna pada bintang laut terdapat pada sel krematofores yaitu suatu sel pemberi warna pada tubuh ketika adanya pantulan. kaki tabung b.Insang kecil/papula adalah system pernafasan yang mengalami pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi pada saat cairan masuk dalam brankia. System ekskresi bintang laut yang dilakukan oleh amoebosit . Fungsinya sebagai membrane periostoma/duri yang dapat di gerakan dan untuk membersihkan kotoran pada tubuhnya dan sebagai pertahanan. kaki tabung atau kaki bulu berfungsi untuk system pernafasan pembuluh di dalam air. Duri ± durinya dan deadema setosum 2. Apa zat pemberi warna pada bintang laut? 2. insang kecil 3. 3. 3. Dapat menyembuhkan dari berbagai penyakit selain itu keseimbangan ekosistem yaitu detritivior pemakan materi organik.PERTANYAAN Sesi 1 : 1. apakah fungsinya dan apa fungsi madreporit? 5. berupa duri-duri kecil berbentuk seperti batang. Apakah yang dimaksud dengan dermabrankealis? Jawab: 1. 2. kotoran dan bangkai di laut. apa perbedaan dari system pernafasan pada echinodermata yaitu: a. 2. Sesi 2 : 1. 3. dalam echinoidea terdapat banyak pediselaria apa fungsinya? Jawab: 1.

.4. Merupakan system respirasi pada echinodermata dengan paru ± paru kulit. 5. Pinola merupakan tangkai yang berasal aboral yang digunakan untuk melekatkan diri pada dasar laut dan madreporit merupakan lubang sebagai tempat masuk dan keluarnya air.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful