qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqw ertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwert yuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui MAKALAH opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopa sdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghj klzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklz xcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcv

bnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwer tyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyu iopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiop asdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasd fghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfgh jklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklz xcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwer tyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyu
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Bisnis Yang Dibimbing oleh Bapak H.Rusmini nuryadin, SE
5/3/2011

Oriza Sativa / A1011011RB1037

Jurusan Manajemen Universitas sangga buana ypkp November 2009

Kemampuan yang dituntut dari seorang manajer keuangan perusahaan tersebut sesuai dengan fungsinya dalam perusahaan. Untuk kepentingan tersebut. yakni menentukan sumber modal serta mengoprasikannya agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai secara optimal. dan mengadakana pengawasan yang efektif. serta pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat dapat tercapai. 2 . tenaga kerja yang ada di dalamnya. Oleh karena itulah maka perusahaan sebagai tempat bergabungnya orang-orang atau para pemilik haruslah dikelola secara professional agar tujuan untuk meningkatkan kemakmuran/kekayaan bagi para pemilik. telah menjadikan dunia usaha sebagai ajang pertarungan yang semakin bersifat kompetitif.Bab I Pendahuluan Dengan semakin terbatasnya sumber kekayaan alam sebagai factor modal serta semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. seorang manajer keuangan perusahaan harus mampu membuat perencanaan yang baik. mengambil keputusan.

Penganggaran Modal (Capital Badgeting) Seluruh proses perencanaan dan pengambilan keputusan yang berkenaan dengan pengeluaran dana yang jangka waktu pengambilannya melebihi satu tahun disebut (Capital Badgeting). Manajemen keuangan perusahaan adalah aktifitas yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian perolehan serta pendistribusian asset-aset keuangan perusahaan. Tentu saja keadaan ini akan mempengaruhi penyediaan dana untuk keperluan lainnya.  Keuangan adalah  Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Aktivitas yang dilakukan perusahaan pada umumnya berhubungan dengan penentuan keputusan investasi jangka panjang. pengkoordinasian. Batas satu tahun tidaklah mutlak. bangunan. perolehan dana untuk pembiayaan investasi tersebut. dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaransasaran melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain. 3 . arinya perusahan harus menunggu dalam jangka panjang sampai keseluruhan dana yang tertanam dapat diperoleh kembali. pengarahan. mesin-mesin dan peralatan lainnya.Bab II Pembahasan Manajemen Keuangan Perusahaan A. pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan untuk mempunyai manfaat jangka panjang juga termasuk dalam Capital Expenditures (Pengeluaran Modal) Penganggran modal memiliki arti yang sangat penting bagi perusahaan karena : 1. termasuk dalam kategori pengeluran dana ini adalah pengeluaran dana untuk pembelian aktiva tetap seperi tanah. Pengertian  Manajemen merupakan suatu proses yang khas. Dana yang dikeluarkan akan terkait untuk jangka waktu panjang. serta pelaksanaan kegiatan operasional keuangan perusahaan. pengorganisasian. B. yang terdiri atas kegiatankegiatan perencanan. Demikianpula pengeluaran dana untuk advertensi jangka panjang.

3. keputusan mengenai investasi penggantian adalah yang paling sederhana. misalnya investasi untuk pemasangan alat pemanas (heater).2. Dalam hal ini suatu aktiva yang sudah aus (wearout) atau usang (obsolete) harus diganti dengan aktiva baru bila produksi akan tetp dilanjutkan. Investasi dalam aktiva tetap menyangkut harapan terhadap hasil penjualan dimasa yang akan dating. E. Investasi Penambahan Jenis Produk Baru Investasi ini mempunyai tingkat kepastian yang besar karena menyangkut produk barudisamping produk yang telah diproduksi. Mengapa Perusahaan Membutuhkan Dana ? Setiap perusahaan membutuhkan dana untuk tetap beroperasi. C. yang mungkin tidak dapat diperoleh dalam jangka pendek dan sekaligus. 3. Diantaranya adalah: 1. Investasi Penggantian Pada umumnya. D. Manajer harus dapat membedakan dua jenis pengeluaran : a. Penilaian Investasi Perencanaan Keuangan Rencana keuangan adalah rencana usaha untuk mencapai posisi keuangan yang dicari dimasa yang akan datang. 4. Kesalahan dalam membuat perkiraan akan mengakibatkan adanya over atau underinvestment dalam aktiva tetap. 1. Investasi Lain-Lain Investasi yang termasuk dalam golongan ini adalah ususlan investasiyang tidak termasuk dalam ketiga golongan di atas. alat pendingin (air conditioner). Penganggaran Investasi Aktiva Tetap Tersedia berbagai cara penggolongan usulan investasi dalam aktiva tetap. Pengeluaran Jangka Pendek (Short Term / Operatinge Xpenditures) 4 . 2. contohnya mesin yang sudah tua dan tidak efisien akan diganti dengan mesin baru yang lebih besar kapasitasnya dan lebih efesien. Pengeluaran dana untuk keperluan tersebut pada umumnya melibatkan jumlah yang besar. Investasi Penambahan Kapasitas Misalnya usulan penambahan jumlah mesin atau pembukaan pabrik baru. karena kegagalan dalam membayar pemasok dapat dapat membuat bangkrutnya usaha. dan lain-lain. Investasii ini sering juga bersifat investasi penggantian.

Sumber Dana Jangka Pendek Sumber dana jangka pendek meliputi : a) Trade Credit (Utang Dagang) Utang dagang disamping dapat merupakan pengeluaran. perusahaan membutuhkan dana yang tidak saja dapat dipenuhi oleh kemampuan modal awal dari pemilik serta kemampuannya dalam menghasilakn laba. Pemberian kredit dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya merupakan pinjaman jangka pendek bagi perusahaan. a.Pengeluaran jangka pendek adalah pengeluaran yang muncul dalam aktivitas bisnis sehari-hari. tetapi juga dana dari luar perusahaan seiring dengan perkembangan kemajuan usahanya. Dalam jenis pinjaman ini bank juga mensyaratkan adanya jaminan (koleteral) yang memberikan hak pada bank untuk menyita jaminan tersebut bilamana pinjaman tidak dapat dilunasi. perusahaan juga membutuhkan dana untuk membiayai pengeluran aktiva tetap. pengeluaran untuk pembayaran upah dan gaji karyawan. Pembelanjaan Atau Pembiayaan Perusahaan (Corporate Financing) Untuk memenuhi kebutuhan akan pengeluaran jangka pendek maupun panjang. b) Pinjaman Bank Jangka Pendek Dengan Jaminan (Scured Short Term Loan) Pinjaman bank merupakan sumber dana jangka pendek yang sangat penting. dapat pula berfungsi sebagai sumber dana bagi perusahaan barang telah dapat diterima tetapi pembayarannya diserahkan kemudian. 5 . Pengeluaran jangka pendek meliputi dana yang ditanamkan dalam persediaan (baik persediaan bahan baku. maupun barang jadi ). serta biaya operasi lainnya. barang dalam proses. Aktiva tetap adalah aktiva yang memiliki nilai dan mmasa pemakaian panjang. Sebai contoh aktiva tetap adalah investasi tanah. gedung. Pengeluran Jangka Panjang (Long Term / Capital Xpenditures) Sebagai tambahan untuk memnuhi kebutuhan dana bagi pengeluaran operasionalnya. b. 2. Pinjaman tersebut hampir selalu menyertakan suatu surat perjanjian utang yang disebut promissory notes yang menyatakan kesanggupan perusahaan untuk membayar pinjaman serta bunga yang tealh disepakati. dan pembelian mesin-mesin.

Tetapi biasanya bank mensyaratkan peminjam untuk tetp memiliki saldo minimum di bank (compensating balance). Dalam hal ini perusahaan harus mempertahankan jumlah minimum tertentu dari pinjaman untuk tetap mengendap di bank. Pencarian dana jangka panjang diperoleh dari : a) • Pembiayaan Melalui Utang Utang jangka panjang Alternative pinjaman jangka panjang lebih disukai daripada obligasi karena pilihan ini tidak mensyaratkan adanya 6 . Ini diterbitkan untuk jangka waktu tertentuu (30.Sumber Dana Jangka Panjang Pada umumnya perusahaan membutuhkan dana jangka panjanguntuk memenuhi pengeluaran jangka panjangnya. seperti pembelian aktiva tetap.60. surat berharga ini dibeli kembali oleh perusahaan sebesar nilai nominalnya. perusahaan tidak perlu menyerahkan jaminan kepada bank. d) Letter Of Credit Adalah janji tertulis dari bank bagi pihak pembeli untuk membayar sejumlah uang kepada perusahaan yang dituju (penjual) bila sejumlah kondisi telah terpenuhi. atau 360 hari). Surat berharga ini dijual kepada lembaga keuangan atau perusahaan lain dengan harga yang lebih rendah dari nominalnya dan pada akhir priode. e) Commercial Paper Adalah surat berharga yang diterbitkan dan dijual oleh perusahan besar dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendeknya. Agar bias memulai usahanya perusahaan harus mengeluarkan dana untuk bangunan dan peralatan. b.c) Pinjaman Jangka Pendek Tanpa Jaminan (Unsecured Short Term Loan) Pinjaman ini merupakan sumber dana jangka pendek yang penting bagi perusahaan. 90. Dengan jenis pinjaman ini. f) Factoring Perusahaan dapat memperoleh dana dengan cepat melalui factoring yaitu dengan menjual piutang perusahaan kepada perusahaan faktor (perusahaan pembeli piutang) yang biasanya adalah lembaga keuangan. 270. Sumber.

Dengan menggunakan laba ditahan berarti perusahaan tidak perlu meminjam uang dan membayar bunga. Pembiayaan Dengan Modal Sendiri (Equity b) Financing) • Saham biasa Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan. • 7 . Deviden adalah bagian laba yang dibagikan kepada para pemegang saham. yakni bagian laba yang tidak dibagikan kepada pemegang saham. Selama waktu kontrak atau masa berlakunya obligasi. Pemegang saham preferen merupakan penerima hak yang lebih dahulu atas asset daripada pemegang saham biasa . Laba ditahan Alternative lain untuk pembiayaan modal sendiri adalah laba ditahan. Saham preferen adalah saham yang menjamin pembayaran deviden tetap kepada pemilik tanpa hak suara.keterbukaan informasi keuangan perusahaan kepada public. Saham biasa adalah surat berharga yang memberikan hak suara kepada pemilik serta merupakan penerima hak terakhir atas asset perusahaan setelah pemegang obligasi dan saham preferen. Sedangkan kelemahannya : adanya kebutuhan dana jangka panjang yang besar menyebabkan sulit terpenuhi oleh lembaga keuangan yang ada (keterbatasan kemampuan lembaga keuangan untuk memasok dana dalam jumlah besar) • Obligasi perusahaan Obligasi adalah surat berharga yang diterbitkan perusahaan. yang menyatakan kesanggupan membayar sejumlah uang tertentu kepada pemegang surat berharga pada waktu tertentu. perusahaan penerbit harus membayar bunga per priode. baik pemegang saham biasa maupun pemegang saham preferen.

Bab III Penutup Daftar Pustaka Dra. 8 . Diterbitkan oleh: Liberty Yogyakarta. MM “Pengantar Bisnis” Edisi Ke lima. John Soeprihanto. Murti Sumarni dan Drs. cetakan pertama. 1998.

9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful