Gempa bumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pusat-pusat gempa di seluruh dunia, 1963–1998 Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

Tipe gempa bumi
1. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempabumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut. 2. Gempa bumi tektonik ; Gempabumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi

karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tektonik plate (plat tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecahpecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.[1] Gempa bumi tektonik memang unik. Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit, yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. Dalam ilmu kebumian (geologi), kerangka teoretis tektonik lempeng merupakan postulat untuk menjelaskan fenomena gempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan, yang berdekatan dengan batas pertemuan lempeng tektonik. Contoh gempa tektonik ialah seperti yang terjadi di Yogyakarta, Indonesia pada Sabtu, 27 Mei 2006 dini hari, pukul 05.54 WIB,[2] 3. Gempa bumi tumbukan ; Gempa bumi ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi, jenis gempa bumi ini jarang terjadi 4. Gempa bumi runtuhan ; Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah pertambangan, gempabumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal. 5. Gempa bumi buatan ; Gempa bumi buatan adalah gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas dari manusia, seperti peledakan dinamit, nuklir atau palu yang dipukulkan ke permukaan bumi.

Penyebab terjadinya gempa bumi
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itu lah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit kedalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi (jarang namun) juga terjadi karena

. Di permukaan kita hanya terasa goyangan kecil. pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi dan di Rocky Mountain Arsenal. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi A SUMATERA BARAT Bagaimana kita tahu kerusakan akan sangat besar ? Gempa relatif kecil.menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. Terakhir. Dalam skala MMI sangat rendah sehingga kerusakan tidak berarti. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. episenter dalam Gempa yang relatif kecil dan hiposenternya sangat dalam tidak perlu dikhawatirkan. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi (contoh. Afrika. seperti Dam Karibia di Zambia. Gempa-gempa sangat dalam ini hanya diperlukan dalam dunia ilmiah sebagai salah satu data penelitian tektonik.

Energi gempa ini akan dipakai untuk mengangkat dasar lautan (dislokasi) sehingga mampu menimbulkan tsunami yang juga merusak. . Gempa kecil dangkal Gempa yang dangkal berposisi di laut walaupun relatif kecil masih berpotensi merusak melalui tsunami. maka gempa ini akan menjalar sangat jauuh dan akan merusak permukaan yang berdekatan dengan episenter.Gempa besar dalam Apabila hiposenter gempa sangat dalam tetapi besarnya energi dan besaran magnitudenya besar.

. Kekuaran ini mirip dengan kekuatan gempa Jogja yang beruba gempa dangkal walaupun relatif lebih lemah. Sehinggamenyebabkan skala goyangan di permukaan sebesar hingga MMI Skala VI-VII yang sangat merusak bangunan.6Mw (sangat kuat).Gempa Padang Gempa Padang kali ini memiliki kedalaman 80 Km tetapi kekuatannya 7.

Sehingga sangat terlihat bahwa getaran gempa jogja sangat terpusat pada tempat yang sangat sempit. Terlihat gempa Padang dan gempa Bengkulu memiliki kedalaman 30 Km. Mirip dengan gempa bengkulu yang dengan kekuatan 8. Lihat skala pembanding masing-masing peta ini tidaklah sama.1 Km. Bandingkan dengan ketiga gempa-gempa lain yang terjadi sebelumnya dibawah ini : Perbandingan tiga gempa sebelumnya. Sedangkan gempa Jogja hanya pada kedalaman 17.4 SR dua tahun lalu.3 ini dapat terekam hingga hampir 1 menit goyangannya.Intensitas goyangan di permukaan hingga MMI skala VI-VII di sekitar episenter. Energi gempa di Jogja ini terlihat terpusat. . Gambar di atas ini memperlihatkan peta-peta yang membandingkan bagaimana getaran-getaran gempa ini menyebar di daratan. padahal biasanya gempa sebesar itu hanya terasa selama 20-30 detik saja. sangat dangkal sekali. Gempa Bengkulu sebenarnya menyebar tetapi karena ini menggambarkan daratan maka getaran di pusat gempa (episenter) tidak digambarkan. Hal ini juga merupakan hal yang unik bagi ahli gempa seperti kata Pak Irwan yang menunjukkan bahwa lamanya gempa jogja yang hanya M6. Getaran gempa Padang akhir September 2009 kali ini terasa hingga di Singapore dan bahkan Kuala Lumpur.

Sumatera Barat. daerah Sumatera Barat memang sudah berapa kali mengalami gempabumi merusak.SEJARAH PANJANG GEMPABUMI SUMATERA BARAT Oleh Daryono BMKG Peneliti di Badan Meteorologi Klimatokogi dan Geofisika E-mail: dar. 1991.@yahoo. Berdasarkan parameternya Gempabumi ini diklasifikasikan sebagai gempabumi aktivitas subduksi menengah yang terjadi pada litosfer dekat dengan bidang kontak antar lempeng Indoaustralia dan Eurasia. 1981. diantaranya adalah Gempabumi Padang (1822. Sejarah Gempabumi Berdasarkan catatan data sejarah kegempaan. gempabumi Padang yang terjadi saat ini sebenarnya hanyalah bagian dari sejarah panjang gempabumi yang sudah berlangsung sejak masa lampau.. Ditinjau dari sejarah kegempaan di zona gempabumi Sumatera Barat. Sedangkan gempabumi yang diikuti gelombang tsunami terjadi di Mentawai (1861) dan Sori-Sori (1904). Catatan paling tua menunjukkan bahwa di Padang pada tahun 1822 telah terjadi gempabumi kuat yang diikuti suara gemuruh yang berpusat di antara Gunung Talang .6 Skala Richter yang berpusat di Samudera Hindia pada jarak 57 kilometer arah Barat Daya Kota Pariaman telah menimbulkan kerusakan sangat parah dan menewaskan ratusan orang di Kota Padang dan sekitarnya. kini kita dikejutkan kembali oleh kejadian gempabumi dahsyat di Padang. Gempabumi Pasaman (1977) dan Gempabumi Agam (2003).. 2005). Data sejarah gempabumi kuat dan merusak di Padang merupakan cerminan dari kondisi tektonik yang merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks. 1835. Gempabumi Singkarak (1943). Sejak 1822 hingga 2009 telah terjadi setidaknya 14 kali kejadian gempabumi kuat dan merusak di Sumatera Barat dan diantaranya menyebabkan tsunami. Gempabumi berkekuatan 7. com BELUM hilang ingatan masyarakat akan bencana gempabumi Tasikmalaya Jawa Barat pada 2 September 2009 yang menelan banyak korban jiwa dan kerugin harta benda. Sejarah panjang gempabumi merusak di Sumatera Barat.

Danau Maninjau. Tercatat di Kabupaten Agam sebanyak 472 rumah roboh. Kerusakan parah terjadi di sekitar Danau Singkarak Bukit Tinggi. Selang beberapa hari kemudian. Kubu Krambil dan Simabur. Gempabumi kuat dengan magnitudo 5. Tektonik Sumatera Barat Kondisi seismik yang aktif dan kompleks zona gempabumi Sumatera Barat tersusun atas dua generator gempabumi.383 rumah roboh. Pada tanggal 28 Juni 1926. Pertama. 57 orang tewas dan 16 orang luka berat. Untuk kawasan Sumatera Barat. namun gempabumi ini dilaporkan menimbulkan kerusakan parah dan korban jiwa cukup banyak. Meski tidak ada laporan secara rinci menyebutkan. Sawah Lunto dan Alahan Panjang. Gempabumi susulan mengakibatkan kerusakan pada sebagian wilayah Danau Singkarak. Akibat gempabumi ini tercatat korban tewas lebih dari 354 orang.8 Skala Richter juga dilaporkan pernah mengguncang Padang Panjang. Generator gempabumi kedua adalah zona patahan Sumatera atau yang populer . gempabumi yang lebih besar kembali mengguncang Sumatera Barat dengan magnitudo 6 Skala Richter. longsoran di Padang Panjang. tepatnya pada 22 Pebruari 2004. Di Padang Panjang sebanyak 2. Gempabumi ini mengakibatkan satu orang korban tewas dan beberapa orang luka parah serta ratusan rumah rusak berat di Kabupaten Pesisir Selatan. Dampak gempabumi juga menimbulkan banyak tanah terbelah. Kabupaten Solok.dan Gunung Merapi. pembangkit gempabumi berasal dari kawasan barat Sumatera yaitu zone subduksi lempeng yang berpotensi menimbulkan gempa kuat yang besar kemungkinan diikuti tsunami. gempabumi dahsyat 7. Hal ini berkaitan dengan adanya pertemuan lempeng benua di dasar laut. Getaran empabumi ini dirasakan di sebagian besar daerah Sumatera Barat hingga pada VI MMI (Modified Mercalli Intensity) yang menimbulkan korban tewas sebanyak 6 orang dan meluluhlantakkan ratusan bangunan rumah di Kabupaten Tanah Datar. 247 orang tewas. Padang Panjang.6 Skala Richter juga pernah terjadi pada 16 Pebruari 2004. potensi gempa besar justru akibat aktivitas lempeng dizona subduksi yang dicirikan dengan magnitudonya yang relatif lebih besar. Gempabumi-gempabumi yang dipicu oleh aktivitas penyusupan lempeng sebagian besar hiposenternya berpusat di perairan sebelah barat Sumatera.

6 skala Richter yang dibangkitkan oleh aktivitas subduksi lempeng berdampak telah memicu aktivitas sesar di daratan. Semangko Fault merupakan patahan sangat aktif di daratan yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua. Oleh karena itu kita semua dituntut untuk lebih serius dalam memperbaiki sistem penanganan bencana alam.0 skala Richter yang mengejutkan masyarakat Sungai Penuh pada hari Kamis (1/10) yang episentrumnya sekitar 160 kilometer dari Kota Padang merupakan gempabumi akibat aktivitas Patahan Semangko. merencanakan bangunan tahan gempabumi dan pendidikan masyarakat melalui sosialisasi mitigasi bahaya gempabumi. namun dampaknya bisa sangat berbahaya disebabkan sumbernya di daratan yang berdekatan dengan kawasan pemukiman. Tampaknya pelepasan energi gempabumi utama Padang berkekuatan 7. Berdasarkan data sejarah gempabumi Sumatera.dikenal sebagai Semangko Fault. Berdasarkan penelitian. sudah sekitar 20 gempa besar dan merusak terjadi zona patahan ini. pembuatan peta rawan gempabumi.** * . Daerah Sumatera Barat akan selalu menjadi kawasan yang sering diguncang gempabumi. Jatuhnya banyak korban gempabumi sebenarnya disebabkan karena kurang pahamnya masyarakat dalam menghadapi genpabumi. membentang sepanjang Pegunungan Bukit Barisan. menyusun peta mikrozonasi gempabumi. dalam 100 tahun terakhir. Sebagai kawasan yang sangat rawan gempabumi. aktivitas gempabumi di patahan Semangko rata-rata sekitar 5 tahun sekali. Meskipun gempabumi di zona patahan ini magnitudonya relatif kecil. baik dalam memperbaiki sistem pamantauan gempabumi. Gempabumi berkekuatan 7. mulai dari Teluk Semangko di Selat Sunda sampai ke wilayah Aceh di utara.

ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi.6 Mw 87 km 1°23′49″S 99°54′00″E / 1. Gempa bumi Sumatera Barat 2009 Tanggal Kekuatan Kedalaman: Episentrum: 10:16:10.115 tewas . 30 September 2009 (UTC) 7.9°E Negara yang terkena Intensitas maksimum: Tanah longsor: Korban: Indonesia Singapura Malaysia VII MMI[1] Ya (di Kabupaten Padang Pariaman) 1.Gempa bumi Sumatera Barat 2009 Dari Wikipedia bahasa Indonesia. cari Artikel atau sebagian dari artikel ini terkait dengan suatu peristiwa terkini.9°EKoordinat: 1°23′49″S 99°54′00″E / 1. Tag ini diberikan pada Oktober 2009 Informasi di halaman ini bisa berubah setiap saat.397°S 99.397°S 99.

dan Kabupaten Pasaman Barat.591 rumah rusak ringan[2]. Kota Bukittinggi.688 luka ringan 1 hilang[2] Gempa bumi Sumatera Barat 2009 terjadi dengan kekuatan 7. Saat ini. “Jadi lempeng tektonik Samudera Hindia menujam di bawah lempeng Asia yang berada di Sumatera. Jalan Diponegoro. Dari catatan BMG. sedikitnya 1. 30 September 2009.214 orang. lanjut dia. Jakarta Pusat.” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla usai rapat kabinet mendadak di rumah dinas. Latar belakang Provinsi Sumatera Barat berada di antara pertemuan dua lempeng benua besar (lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia) dan patahan (sesar) Semangko. Sedangkan 135. terjadi beberapa gempa susulan. sekitar 50 km barat laut Kota Padang. “Gempa susulan memang terjadi. korban luka berat mencapai 1. Kota Padang. Kota Pariaman. [3] Gempa ini terjadi di lepas pantai Sumatera. “Tanggap darurat dua bulan ini karena kondisi gempa yang sangat berat.688 orang.214 luka berat 1. Rabu. tanggap darurat akan diberlakukan selama dua bulan. Kota Padangpanjang[4]. Menteng. Berdasarkan laporan sementara Walikota Padang Fauzi Bahar. menewaskan 75 orang. .299 rumah rusak berat.” ujarnya Gempa 7. kata Sukhyar. Menurut data Satkorlak PB. akan menjadi tanggungan pemerintah. Sumatera Barat. pada pukul 17. Rabu (30/9/2009).115 orang tewas akibat gempa ini yang tersebar di 3 kota & 4 kabupaten di Sumatera Barat. luka ringan 1.306 rumah rusak sedang.6 SR Pariaman.1. Energi yang dilepaskan itu akibat penujaman itu menjadi gempa. korban hilang 1 orang.” paparnya saat dihubungi okezone. [3] Gempa menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah di Sumatera Barat seperti Kabupaten Padang Pariaman. Kabupaten Agam. & 78. 65. Kota Solok. Ketiganya merupakan daerah seismik aktif. pengobatan dan makanan bagi mereka yang mengungsi serta para korban lainnya.16 WIB. tapi sangat kecil kemungkinan terjadi gempa yang lebih besar. Di dekat pertemuan lempeng terdapat patahan Mentawai. Menurut catatan ahli gempa wilayah Sumatera Barat memiliki siklus 200 tahunan gempa besar yang pada awal abad ke-21 telah memasuki masa berulangnya siklus. Kabupaten Pesisir Selatan.6 Skala Richter di lepas pantai Sumatera Barat pada pukul 17:16:10 WIB tanggal 30 September 2009. Namun intensitasnya menurun.

“Tim medis dari rumah sakit dikerahkan 100 tim medis. gempa dahsyat itu berpusat di 0. JK menyebut korban tewas mencapai 75 orang Berikut gambar-gambar pasca gempa Padang 2009 .65 Bujur Timur.” ujar JK. Seperti diketahui.Tanggungan pemerintah itu akan berlakukan selama tiga bulan. Pusat gempa berada di arah 57 kilometer barat daya Pariaman. Sebelumnya. Sumatera Barat.84 Lintang Selatan dan 99.

.

.

.

84 LS 99. Medan.6 pada Skala Richter dengan pusat gempa (episentrum) 57 km di barat daya Kota Pariaman (00. Gempa pertama terjadi pada daerah patahan Mentawai (di bawah laut) sementara gempa kedua terjadi pada patahan Semangko di daratan. Singapura. Pada hari Kamis 1 Oktober terjadi lagi gempa kedua dengan kekuatan 6. Dilaporkan bahwa pengelolaan sejumlah gedung bertingkat di Singapura mengevakuasi stafnya.[7] Getaran gempa pertama dilaporkan terasa kuat di seluruh wilayah Sumatera Barat. Keguncangan juga dilaporkan dari Padangsidempuan. [8] Kerusakan parah terjadi di kabupaten-kabupaten pesisir Sumatera Barat. Pada hari Rabu 30 September terjadi gempa berkekuatan 7. Jambi. Sementara Bandar Udara . Kuala Lumpur.Kejadian gempa Hotel Ambacang pasca gempa September 2009 Bencana terjadi sebagai akibat dua gempa yang terjadi kurang dari 24 jam pada lokasi yang relatif berdekatan. dan Bengkulu. bagian selatan Sumatera Utara serta Kabupaten Kerinci (Jambi). kali ini berpusat di 46 km tenggara Kota Sungaipenuh pada pukul 08. Pekanbaru.8 Skala Richter.85 BT) pada kedalaman (hiposentrum) 71 km.[5] [6]Setelah kedua gempa ini terjadi rangkaian gempa susulan yang lebih lemah. terutama di pesisir.52 WIB dengan kedalaman 24 km.

Sempat ditutup dengan alasan keamanan. listrik.Internasional Minangkabau mengalami kerusakan pada sebagian atap bandara (sepanjang 100 meter) yang terlihat hancur dan sebagian jaringan listrik di bandara juga terputus[9]. angka korban tewas meningkat menjadi 1. air bersih.[14] Pada tanggal 13 Oktober 2009. [11] Sejumlah hotel di Padang rusak. bandara dibuka kembali pada tanggal 1 Oktober[10]. [12] Korban tewas akibat gempa terus bertambah. Akibat Salah satu gedung pemerintah yang ambruk di Padang Peringatan tsunami sempat dikeluarkan namun segera dicabut dan terdapat laporan kerusakan rumah maupun kebakaran. dan upaya untuk mencapai Padang cukup susah akibat terputusnya komunikasi.[13] Namun demikian.115 jiwa. dan telekomunikasi. [15] Pertolongan yang sangat dibutuhkan oleh korban gempa terutama adalah kekurangan obat-obatan.6 SR DI KOTA PADANG SAMPAI HARI : SELASA TGL 6 -10 . dikhawatirkan mencapai ribuan orang.[16] GEMPA SUMATERA BARAT (PADANG) REKAPITULASI KORBAN JIWA YANG TELAH DITEMUKAN DAMPAK BENCANA GEMPA BUMI 7. serta mengevakuasi korban lainnya.2009 . hingga tanggal 4 Oktober 2009. angka resmi yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah 603 orang korban tewas dan 343 orang dilaporkan hilang.

.

140 orang di antaranya sudah dapat dikontak. kelambu. . Rabu (30/9) lalu. kami tidak punya bukti yang menunjukkan apakah warga Australia itu tewas atau terluka. dan tablet pemurni air siap dikirim ke Padang sebagai bagian dari kontribusi bantuan Australia untuk Indonesia. Padang sangat populer bagi peselancar dari berbagai negara. Sumbar saat gempa berkekuatan 7. Australia akan mengirim kapal perang Angkatan Laut yang dilengkapi dengan helikopter Sea King dari Sydney ke Padang dalam beberapa hari ke depan untuk membantu pengiriman bantuan ke kawasan bencana. Australia akan mengirim 44 anggota tim pencari dan penyelamat hari Jumat ini untuk membantu operasi. Smith memperkirakan sekitar 250 warga negara Australia berada di Padang.” katanya.6 Skala Richter mengguncang daerah itu Rabu sore lalu. “Saya pikir dengan skala bencana yang begitu dahsyat. “Pada tahap ini.” kata Smith. Dari 250 orang Australia yang sedang berada di Padang itu. “Kami hanya khawatir dan memastikan apakah orang Australia berada di daerah gempa. bersama 10 spesialis penilai dari militer. Menteri Luar Negeri Australia Stephen Smith mengumumkan Australia segera memberi bantuan darurat ke kawasan bencana.” kata Smith lagi.100 Warga Australia Hilang akibat gempa sumatera barat Lebih dari 100 warga negara Australia hilang menyusul bencana gempa bumi di Sumatera Barat (Sumbar). Jumat (2/10). tak ada satu negara pun dapat mengatasinya sendirian.” kata Smith kepada Australian Broadcasting Corporation. “Saya peduli dengan 100-an orang Australia lainnya yang sampai sekarang tidak diketahui keberadaan mereka. termasuk dari Australia. Pejabat militer Australia Marsekal Angus Houston mengatakan. Barang-barang yang dibutuhkan saat keadaan darurat seperti tenda. terpal.

dan gempa sumatera barat merupakan salah satu gempa yang besar yang banyak merenggut korban jiwa dan materil.puting beliung dan gempa.banjir. Penyusun.oleh sebab itu dengan dibuatnya makalah ini.KATA PENGANTAR Dalam 5 tahun terakhir indonesia sering kali mendapat musibah bencana alam. .hendaknmya kita dapat mengetahui seberapa bahayanya gempa bumi dan berharap kita dapat mengantisipasinya. Gempa bumi merupakan salah satu contoh bencana alam yang dialami indonesia.antara lain seperti tanah lonsor.

ABSEN :33 KELAS :XII IPS I SMA NEGERI 39 JAKARTA .TUGAS MAKALAH GEMPA SUMATERA BARAT NAMA : RAMADIKA ARLI RACHMAN NO.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful