Ukuran Lapangan Volly

Ukuran Lapangan Setiap pemain harus mengetahui tanda-tanda yang ada di lapangan. Lapngan voli berukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter, yang ditandai dengan garis pinggir dan garis belakang.Garis pinggir dan garis belakang merupakan pembatas bidang permainan. Garis-garis penting lainnya adalah : a. Garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 bagian yang sama, terkadang disebut sebagai daerah tim. b. Garis serang yang sejajar dengan garis tengah dan berjarak 3 meter dari garis tengah. c. Daerah service adalah daerah diluar garis belakng sebelah kanan yang berukuran sepertiga lapngan dan dengan lebar 6 kaki. Bila daerah yang diperlukan ini tidak ada, maka seorang pemain yang hendak melakukan service diperkenankan untuk melakukannya di dalam bidang pertandingan sampai pada jarak yang diperlukannya. Ketinggian net yang tepat bagi pemain putri adalah 2,24 meter dan untuk pria dan permainan campuran tinggi netnya 2,43 meter. Bagian yang sah dari net adalah yang berada diantara kedua garis pinggir.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Bentuk dan ukuran lapangan yang sudah di standart-kan FIFA berlevel internasional. FIFA menerapkan standart baru ukuran lapangan sepak bola, tapi disini saya uraikan dengan kapasitas dan ukuran yang sudah dipakai selama ini. Lihat bagan berikut :

1 TargetMan : (3).3m G = Jarak Titik pinalty ke Garis Gawang : 11m . 4-4-3 = 2 Breaker. Wing Back = Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan. Stopper = Pengawal Breaker. dan ada beberapa yang saya pahami adalah : 4-3-2-1 = 2 breaker.15m L = Daerah Lingkaran M = Daerah Luar Gawang N = Daerah 1/4 Lingkaran O = Daerah Dalam Gawang P = Titik Pinalti Q = Gawang dengan P x L : 7.4m Posisi di sepak bola : Keeper = Untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang Breaker = Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang. dan biasanya pola ini dipakai apabila tim menginginkan pola Sedikit bertahan.5m E = Panjang Garis Dalam Gawang : 5. Target man = Penyerang utama atau disebut Striker Murni. 1 Tandem Striker : (1). 4-3-1-2 = 2 breker.90m C = Lebar Garis Luar Gawang : 40.5m F = Lebar Garis Dalam Gawang : 18. 2 stopper/wingback : (4). 1 gelandang serang : (3).5m I = Jarak Garis Luar dan Garis Dalam : 11m J = Titik sudut lengkung : 1m K = Diameter Lingkaran Tengah : 9. biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang. 2 gelandang bertahan.12m H = Jarak Garis Dalam dengan Tiang Gawang : 5. . Striker Tandem = Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni. Jumlah Pemain di sepak bola : Terdiri dari 11 pemain dan tata letaknya tergantung strategi pelatih dalam menerapkan strategi. 2 gelandang bertahan. Playmaker = Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang Winger = Pemain murni sayap kiri atau kanan.3m x 2. 2 stopper/wingback : (4). 2 Tandem striker. 1 gelandang serang : (3). 2 TargetMan : (2). 2 stopper/wingback : (4).3m D = Panjang Garis Luar Gawang : 16. pola ini hampir sama dengan 4-4-3 hanya agak kesulitan bila terjadi pertarungan di wilayah tengah terlebih musuh yang dihadapi mempunyai playmaker yang jagoan. 1 TargetMan : (1). pola ini di pakai pelatih bila ingin melakukan serangan secara beruntun / bertubi-tubi memburu gol banyak. 2 gelandang serang : (4). 2 gelandang bertahan.Keterangan : A = Panjang Lapangan: 90m .120m B = Lebar Lapangan: 45m . namun bisa mengandalkan serangan balik. 2 winger : (2).

terlebih sebagai tamu. khusus teknik ini liga eropa sudah tidak memakai. 2 gelandang bertahan. 2 winger : (5).5-3-2 = 1 Breaker. strategi ini seering dipakai oleh tim-tim dari tanah air.. Siapa Yang Ada Dilapangan : 1. hanya mungkin di asia terutama negara kita. 2 gelandang serang : (3). tandem striker. 1 Wasit 3. dan ketika terjadi serangan akan terlambat turun kebawah mengingat posisi-nya lebih maju daripada wingback. full bertahan. 3-5-2 = 1 Breaker. 2 stopper. pola ini dinamakan defense football. pola ini bersifat kuno karena fungsi gelandang kurang variatif. asal tidak kalah sudah bagus. 1 tandem striker. 1 Targetman : (2). 1 gelandang serang. 2 gelandang bertahan. 22 Pemain 2. 2 gelandang bertahan. 5-4-1 = 1 Breaker. 1 gelandang serang : (3). 1 Targetman : (2). dan sekedar bocoran lho. 2 stopper : (3). 2 wingback : (5). 2 wingback : (5). atau kalaupun kalah tidak dengan score telak. pola ini dipakai jika lawan yang dihadapi kelas berat dan ingin bertahan untuk mencuri point / angka. 2 Hakim Garis Istilah-Istilah dalam Pertandingan : Pinalti = Tendangan 12 pass tanpa penghalang Free Kick = Tendangan bebas langsung atau tidak dengan penghalang Out Time = Waktu habis Kick Off = Dimulai-nya pertandingan Add Time = Tambahan Waktu Corner Kick = Tendangan Sudut Offside = Mendahului masuk ke daerah lawan Handsball = Bola menyentuh tangan Card = Kartu (kuning dan merah) Overlap = Melakukan serangan secara silang Passing = Umpan silang / umpan lambung Heading = Sundul bola Crossing = Umpan datar Man to man = Penjagaan satu lawan satu Deffense = Bertahan Offense = Menyerang One-Two = Umpang balik dari kaki ke kaki Shoot = Tembakan Turnamen dalam Sepak Bola Yang di sah-kan oleh FIFA: Piala Dunia : Pertandingan tim-tim negara di dunia (4 th sekali) . 2 stopper. terkesan bertumpuk dengan winger. 1 Targetman : (1)..

Awal pertandingan bola ditengah lingkaran.(1 th sekali) Aturan Main Dalam Sepak Bola : Waktu normal 45 menit x 2 Babak. dan tiap negara punya nama piala sendiri-sendiri (1 th sekali) Piala Champion : Tim-tim juara kompetisi peringkat 1-4 dari masing-masing negara dan tiap-tiap negara mempunyai nama sendiri-sendiri seperti champion amerika latin disebut libertadores. Bila score tetap 0-0 dengan adanya tambahan waktu maka. Waktu tambahan bila score 0-0 dalam sistem gugur adalah 15 menit x 2 babak. (1 th sekali/ 1 musim) Piala Liga/non-kompetisi : Pertandingan tim-tim dari negara sendiri dengan sistem gugur ( home and away). tidak boleh mengangkat kaki dalam keadaan kaki sejajar. tidak boleh jongkok. dilanjutkan adu tendangan pinalti (tendangan 12 pass). yang dilanjutkan dengan sebutan lemparan ke dalam dengan menggunakan kedua tangan. tidak boleh menyentuh garis lapangan saat akan melempar. Tendangan bebas diberikan karena adanya pelanggaran di luar daerah pinalti (daerah luar gawang). maka adu pinalti dilanjut dengan 1 pemain -.(1 th sekali) Piala Super Eropa : Antara tim juara champion dan tim juara winner/intercontinental . (4 th sekali) Piala Asean : Pertandingan tim-tim negara Asean (Indonesia. Thailand.Piala Benua : Pertandingan tim-tim negara tiap benua (eropa. Laos. namun perhitungan ini terkadang masih dilanggar oleh beberapa wasit yang memimpin. Tendangan pinalti diberikan karena adanya pelanggaran di dalam daerah pinalti (daerah luar . tendangan gawang harus melewati daerah luar garis gawang (lihat gambar lapangan). Brunei.(1 th sekali) Piala Winner/intercontinental : (Sekarang dihapus) tim-tim kompetisi peringkat 4-6 masingmasing negara. Selama pertandingan. bola tidak boleh tersentuh atau disentuh tangan. Vietnam. aturan mainnya : dengan kedua tangan. aturan mainnya : bila bola keluar karena lawan yang menendang. bila kartu merah adalah waktu normal + 1 menit (1 kartu). Bola dinyatakan keluar bila melewati garis tepi kanan-kiri gawang. Waktu tambahan bila ada kartu kuning adalah waktu normal + 30 detik (1 kartu). (1 th sekali/ 1 musim) Piala Super : Pertandingan tim negara masing-masing antara juara kompetisi dan juara non kompetisi . jika dilanggar maka lempar bola berpindah tangan kepada lawan.1 pemain-. afrika. dll). tendangan dilakukan oleh penjaga gawang atau pemain belakang. Kamboja. Malaysia. Bola dinyatakan keluar bila melewati garis tepi kanan-kiri lapangan. Philipina. sebanyak 5 orang. yang dilanjutkan dengan tendangan gawang.(1 th sekali) Piala Toyota : Pertandingan tim juara champion masing-masing benua. asia. jika masih score sama.sampai ada yang kalah. Timor Leste ) Piala Liga/kompetisi : Pertandingan tim-tim dari negara sendiri dengan sistem nilai ( home and away). dan tim mana yang lebih dulu menendang biasanya dilakukan lempar koin terlebih dahulu.(1 th sekali) Piala Konfederasi : Pertandingan antara tim juara piala benua.

Tendangan sudut diberikan karena bola keluar dan menyentuh salah satu pemain yang bukan lawan.Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 4.18 meter .Tinggi Atas Net = 1.Jarak Garis Service ke Sisi Lapangan Luar = 3. 17/05/2008 . kuran Lapangan Bulu Tangkis / Badminton .74 meter persegi .55 meter . Tinggi Meja Dan Net Sat. Luas.gawang).2:17pm godam64 Dalam membuat lapangan tennis meja yang baik harus sesuai dengan standar internasional baik meja pertandingan maupun jaring net yang digunakan.Panjang = 11.55 meter . Ukuran Lapangan Tenis Meja . A.72 meter Keterangan : Net sama dengan Jaring.40 meter .Panjang = 13.Tinggi Tiang Net = 1. Partai Tunggal / Satu Pemain / 1 on 1 .Lebar = 6. Ukuran Meja Tenis Meja .98 meter .Jarak Net Ke Garis Service = 1.Tinggi Tiang Net = 1.96 meter B.Panjang.88 meter .10 meter .Panjang. Lebar Tinggi Net Tunggal & Ganda Sun.Jarak Net Ke Garis Service = 1. A.Luas = 61.52 meter . Lebar. Partai Ganda / Dua Pemain / 2 on 2 .98 meter .5384 meter persegi .Lebar = 5. 11/05/2008 .11:51am godam64 Dalam membuat lapangan bulu tangkis alias badminton yang baik harus sesuai dengan standar internasional yang luasnya berbeda antara pertandingan partai ganda dengan partai tunggal.52 meter .Luas = 81.Tinggi Atas Net = 1.

..1785 meter persegi B.5 cm .25 cm .Tebal garis sisi = 2 cm .Luas Net = 0.Lebar / Tinggi Net = 15.Luas = 4.Jarak Meja Ke Tiang = 15.25 cm .279075 meter persegi Di pinggir dan di tengah meja diberi garis.Panjang = 274 cm . Tenis Meja = Table Tennis (internasional).Lebar = 152. Tiang Net dan Jaring Net .Panjang Net = 183 cm .Tinggi meja dari lantai lapangan = 76 cm . Umumnya warna dasar meja tenis meja adalah warna hijau dan untuk garis adalah putih.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful