Menelaah Hasil Cakupan K1-ANC Program Kesehatan Ibu dan Anak

Februari 19, 2011 oleh Arsad Rahim Ali Tinggalkan sebuah Komentar

@arali2008. Polewali Mandar Sulawesi Barat.± Dalam Pembangunan Kesehatan setingkat Kabupaten/kota, pelaksanaan pembangunannya biasa dilakukan melalui penyelenggaraan program kesehatan, ²²²-misalnya saja Program kesehatan Ibu dan Anak. ²²² Agar program ini terselenggara dengan baik dan benar, setiap program dilengkapi dengan sistem pencatatan dan pelaporannya. Khusus untuk pelayanan ibu terutama ibu hamil dan juga pelayanan Anak terutama pelayanan bayi (usia 0-11 bulan) yang merupakan salah satu kegiatan dari program Kesehatan ibu dan Anak, sistem pencatatan dan pelaporannya menggunakan sistem pencatatan dan pelaporan kohor. Sekarang ini banyak petugas kesehatan terutama bidan-bidan yang bekerja di tingkat pelayanan langsung (provider), kurang memahami sistem pencatatan dan pelaporan kohor, mereka hanya menggunakan sistem pencatatan dan pelaporan biasa ²± yang penting tercatat²²akibatnya kasus-kasus yang seharusnya bisa diantisipasi, menimbulkan permasalahan besar pada keselamatan ibu dan bayi. Untuk memperjelas permasalahan sistem pencatatan dan pelaporan kohor ini, berikut penulis mencoba menganalisis, menelaah luaran dari sistem pencatatan dan pelaporan dari cakupan pelayanan ANC (ibu Hamil), cakupan pelayanan K1 dan K4 hasil Rikesdas tahun 2010 dan Laporan Program Kesehatan Ibu dan Anak Dinas Kesehatan Polewali Mandar tahun 2010.

Cakupan Pelayanan ANC (k1 dan K4) Indonesia
Hasil Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) 2010

Dalam pendekatan registrasi kohor adalah yang dibenarkan.capaiannya adalah 61. ² ²±pada gambar disebut K1-Nakes (1-1-2)²²².3 %.Pada tulisan penulis sebelumnya dengan judul Cakupan Pelayanan ANC (K1 dan K4) Salah dan Tak Terkendali. mempunyai perbedaan 20.8%) dan inilah cakupan yang salah. ternyata sesuai juga dengan hasil Survey Riset Kesehatn Dasar Tahun 2010. Untuk pencapaian K1-tenaga kesehatan selama kehamilan yaitu sebesar 92. Cakupan Pelayanan ANC (K1 dan K4) Polewali Mandar Tahun 2010 . Untuk pencapaian K1-tenaga Kesehatan-tribulan pertama yaitu sebesar 72. Untuk pencapaian K4 Oleh tenaga kesehatan seperti yang diperlihatkan gambar diatas. ²²pada gambar disebut Akses/K1²²² dalam pengertian Kunjunga K1 Cakupan ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal sesuai standar yang pertama kali selama masa kehamilan ²² tidak tergantung usia tribulan kehamilan²². Inilah Cakupan K4 sebenarnya. jadi hasilnya adalah (61.4%. akan digunakan juga sebagai tambahan cakupan K4 ini. ²²² pada gambar disebut K1-Nakes-Trimester 1²²².di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu.7 %. 2.4% yang disebutkan pada point dua.4% dengan ³K1 akses´. Seperti yang diperlihatkan gambar grafik diatas²-grafik Akses Pemeriksaan Ibu Hamil Ke Tenaga kesehatan untuk rata-rata Nasional².4% ibu-ibu hamil yang seharusnya tidak dicatat sebagai K1 yang diperiksa oleh tenaga kesehatan tribulan pertama telah dijadikan sebagai hasil cakupan 3.4% +20. Ini artinya bahwa 20.dapat dijelaskan : 1.4% = 801. Namun biasanya di tingkat pertugas kesehatan cakupan 20.

Untuk pencapaian K4 Oleh tenaga kesehatan seperti yang diperlihatkan gambar diatas. capaiannya adalah 80. Kesimpulannya Dari kedua gambar hasil pelayanan ANC oleh tenaga kesehatan atas²²hasil rikesdas dan laporan program²².Hasil pelaksanaan program Untuk memperjelas perbedaan hasil riset kesehatan dasar tahun 2010 perihal pemeriksaan K1 dan K4 pada pelayanan dan pemeriksaan ibu hamil. Bisa dipastikan bukanlah Cakupan K4 sebenarnya. dalam pengertian Kunjungan K1 Cakupan ibu hamil yang mendapatkan pelayanan antenatal sesuai standar yang pertama kali selama masa kehamilan ²² tidak tergantung usia tribulan kehamilan²².di satu wilayah kerja pada kurun waktu tertentu. Untuk pencapaian Akses K1-tenaga kesehatan selama kehamilan yaitu sebesar 100 %. pada dasarnya terdiri dari ³K1 Akses´ dan ³K1 kohor´. karena tidak ada data yang dilaporkan. 2. Dengan analisis yang sama seperti hasil Rikesdas 2010. Dalam sistem pencatatan dan pelaporan pelayanan ANC yang benar adalah K1 kohor sementara K1 Akses itu hanya merupakan jangkauan liputan . pencapaian kurang lebih 80 % (100-20=80%). Karena K1 yang dimaksud diatas dan juga laporan-laporan rutin pada sarana pelayanan kesehatan.0%. 3. karena suatu hal yang sangat sulit K1 yang 80 % bisa dilanjutkan menjadi K4 80%. Untuk pencapaian K1-tenaga Kesehatan-tribulan pertama. maka hasil pelayanan ANC K1 dan K4 Kabupaten Polewali Mandar adalah sebagai berikut 1. jika mengambil data hasil rikesdas 2010 yaitu 20% maka jika dikurangi 20 %. hati-hatilah dalam analisis K1-nya. berikut disajikan hasil K1 dan K4 berdasarkan hasil cakupan program Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar tahun 2010.

wordpress. PWS dan LAM sama saja. LAM dalam bahasa Inggris dan PWS dalam bahasa Indonesia. http://arali2008.com/2011/02/19/menelaah-hasil-cakupan-k1-anc-program-kesehatan-ibudan-anak/ .program Kesehatan ibu dan Anak dalam sistem pencatatan PWS (Pemantauan Wilayah Setempat) program atau yang dulu dikenal dengan LAM (Lokal Areal Monitoring.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful