Organisasi Internasional versus Kedaulatan Negara

A. ORGANISASI INTERNASIONAL Organisasi internasional (lembaga) adalalah organisasi yang dengan sebuah keanggotaan internasional, ruang lingkupnya, atau pun keberadaannya dalam lingkup global/ internasional. Organisasi internasional berfungsi penting bagi negara-negara global, Organisasi internasional memiliki fungsi antara lain,: a. Menjalin hubungan kekerabatan bagi negara-negara yang bersangkutan. b. Memudahkan memenuhi kebutuhan-kebutuhan negara. c. Memudahkan menjalin komunikasi yang baik di tiap negara. d. Menambah devisa negara. e. Menjadi pelindung dan pemisah bila terjadi konflik antar negara. Organisasi internasional pada dasarnya terbagi atas dua jenis utama,: a. Internasional Nongovernmental Organization (INGOs) : atau Non-

governmental Organization (NGOs) yang beroperasi secara ruang lingkup internasional, hal itu dapat berupa :
y

Organisasi International non-profit. Seperti contoh nya Internasional Olympic Committee, World Organization of the scout Movement, International Committee of the Red Cross dan Medecins Sans Frontieres.

y

Perusahaan Internasional, yang sering di sebut sebagai perusahaan multinasional (MNC). Contohnya termasuk, The Coca-cola Company, Sony, Nintendo, McDonalds, Microsoft, Apple, Toyota, dan Honda.

b. Intergovernmental organizations, juga di kenal sebagai international governmental organizations (IGOs): Keanggotaannya terdiri atas negaranegara berdaulat, namun bisa juga terdiri atas negara bagian di mana negara induk negara bagian tersebut mengizinkan negara bagiannya untuk ikut
1|Pa ge

Tujuan dari organisasi internasional bisa sangat umum dan luas dan bisa lebih spesifik. negara.dalam organisasi internasional.  Tujuan dan Aktivitas Organisasi Internasional Hal yang paling tepat dalam mengklasifikasikan organisasi internasional adalah berdasarkan apa yang OI lakukan dan untuk apa OI melakukan itu. (biasanya disebut sebagai negara-negara anggota). Negara non-aktor yang terlibat dalam GPPNs mungkin yang termasuk adalah: Intergovernmental organizations. merupakan contoh utama dari sebuah organisasi supranasional ). perusahaan swasta. Hal ini di ambil dari berbagai bentuk dan dapat terdiri dari negara-negara dan aktor non-negara. Pada dasarnya tujuan dari setiap organisasi internasional pasti telah ditentukan sejak awal berdirinya organisasi internasional tersebut namun bukan berarti tidak akan ada tujuan atau fungsi lain yang timbul dari organisasi internasional tersebut atau dengan kata lain berbagai manuver sangat mungkin untuk terjadi. European Union (EU. Global Public Policy Networks (GPPNs). European Patent Organisasi and World Trade Organization (WTO). contoh pentingnya termasuk perserikatan bangsa-bangsa (PBB). maka harus juga mempertimbang hubungan seperti apa yang mungkin terjadi di antara anggota. PBB menggunakan istilah sebutan ³intergovernmental organization´ bukan ³international organization´ untuk kejelasannya. 2|Pa ge . Council of Europe (CoE). dapat di katakan sebagai kategori ketiga dari organisasi internasional. Menciptakan suatu bentuk hubungan yang co-operative antar anggota bisa melalui berbagai aspek seperti perdagangan dan sosial. dalam kemitraan dengan organisasi non-pemerintahan. Ada tiga kemungkinan terhada hal ini: a. pemerintah daerah atau kota. Ketika menganalisa tentang tujuan dari organisasi intenasional.Organization for Security and Co-operation in Europe (OSCE). lembaga negara. dll. begitu juga dengan kegiatannya yang pasti berhubungan dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain itu.

ke dalam politik dan organisasi apolitis. serta entitas dalam kisaran yang luas seperti Olimpiade Internasional komite.1 Organisasi adalah suatu peranan penting dalam sistem internasional. Organisasi-organisasi internasional menjadi kekuatan penting dalam kerjasama mengenai isu-isu politik. Organisasi internasional bisa bersifat global atau regional.kompasiana. Dalam beberapa dekade terakhir abad kedua puluh banyak diduga teknis dan "apolitis" suborganisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (misalnya. dan bahkan banyak perusahaan multinasional besar. dengan yang kedua pada umumnya menampilkan struktur yang lebih terpusat karena terbatasnya jumlah aktor negara regional yang tersedia. c. yang biasanya mengacu pada militer dan aliansi politik yang selanjutnya kekuatan negara-negara anggota mereka dan yang kemuadian merujuk kepada penanganan organisasi dengan administratif dan masalah teknis. ekonomi. 1 http://media. Pembentukan ikatan awalnya cukup longgar antara peserta yang umumnya diperkuat oleh perkembangan struktur lebih. Organisasi internasional dapat menjadi terbuka untuk anggota baru atau terdiri dari suatu sistem yang tertutup. Dalam organisasi internasional yang pada umum nya didasarkan pada perjanjian multilateral antara sedikitnya dari dua negara-bangsa yang berdaulat. Sementara banyak organisasi Organisasi isu tunggal. Dana Moneter Internasional. yang lain memusatkan perhatian mereka pada berbagai masalah. Dalam beberapa literatur organisasi internasional lama akan dibagi dua. Merangsang timbulnya confrontation karena ternyata pada akhirnya organisasi tersebut merangsang terjadinya konflik. berkembang menjadi organisasi yang sangat terpolitisasi dengan banyak tujuan politik. Komisi Energi Atom dan Organisasi Kesehatan Dunia). tetapi akan lebih mudah apabila dibedakan sepserti international governmental organization (IGO) seperti PBB. militer dan budaya.com/buku/2010/11/14/definisi-organisasi-internasional-menurut-clivearcher/ 3|Pa ge . Perbedaan antara organisasi internasional politik dan teknis akan lebih sulit untuk di bedakan.b. Meminimalisir atau mencegah kemungkinan terjadinya conflict dengan kerjasama sehingga akan menimbulkan rasa saling menghormati kepentingan nasional masing-masing negara. sosial.

Semua itu diselenggarakan di Uni Internasional Organisasi (didirikan 1907). misalnya. atau konfederasi looser negara dan IGO nonsupranational. Meskipun kesetaraan negara-negara yang diakui dalam hukum internasional. seperti Uni Eropa. dan perusahaan) untuk bekerja sama dalam koordinasi tertentu isu transnasional dan lintas-batas yang ditentukan. dan IOS lainnya. Walaupun perkiraannya sangat berbeda. Hal ini membantu untuk membedakan antara IGO supranasional atau semi-supranasional. dan Bank Dunia. IGO. dari beberapa nama yang paling terkenal. kelompok masalah. Ada beberapa pertemuan dan konferensi yang dilembagakan dapat dengan mudah dikatakan sebagai IGOs. Sementara INGO membantu memperjelas aturan internasional dan peraturan yang memungkinkan setidaknya dua aktor sosial (partai. asosiasi. pada pergantian pertama abad ke dua puluh pertama setidaknya lima ratus IGOs dan sebelas ribu INGOs yang pernah ada. bisnis internasional. serta IMF. yang menjadi peran penting dalam mengatasi Perang Dingin. sebenarnya sebuah hirarki kekuasaan dan pengaruh ada bahkan dalam IGOs nonsupranational. Bank Dunia. tidak sedikit karena pengaruh politik dan militer dan kemampuan serta sebagai kekuatan mereka keuangan dan ekonomi. yang didominasi oleh lima anggota tetap. Di antaranya adalah G7/G8 yang semakin kontroversial dalam pertemuan negara maju dan pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) serta pertemuan puncak antara kepala negara dan. Dengan pengecualian dari China dan Rusia. IMF. seperti PBB dan NATO. Sebuah IGO biasanya didasarkan pada suatu perjanjian multilateral dari dua atau lebih negara-negara berdaulat untuk mengejar suatu tujuan umum tertentu di dalam dunia internasional. dan organisasi nonpemerintah internasional (LSM) seperti Amnesty International dan Palang Merah Internasional. semua ini sebagian besar saling bersangkutan. yang berbasis di Brussels dan menerbitkan buku tahunan Organisasi Internasional. Dewan Keamanan PBB. serikat pekerja. Konferensi Keamanan dan Kerjasama di Eropa the Conference on / Security and Cooperation in Europe (CSCE).NATO. didasarkan pada kerjasama negara-bangsa. kekuasaan berpengaruh pada abad kedua puluh satu awal semua datang dari jajaran Barat. semua didominasi oleh kekuatan-kekuatan besar didirikan. 4|Pa ge .

´ (Inis Claude 1964: 4) 2 Artinya : ³Organisasi Internasional adalah suatu proses. tujuan. continous structure established by aggreement between members (governmental and/or nongovernmental) from two or more sovereign states with the aim of pursuing the common interest of the membership. dan struktur.´International Organization is a process. dan International Non-Governmental Organizations (INGOs).kompasiana. Namun.com/buku/2010/11/14/definisi-organisasi-internasional-menurut-clivearcher/ 3 http://media. International Organizations are representative aspects of the phase of that process which has been reached in a given time. klasifikasi organisasi internasional pun menjadi beragam sesuasi dengan tujuannya ada yang yang berorientasi umum dan ada pula yang lebih khusus. Atas dasar hal-hal di atas.com/buku/2010/11/14/definisi-organisasi-internasional-menurut-clivearcher/ 5|Pa ge .´3 Artinya : 2 http://media. organisasi internasional lebih diartikan dengan sudut pandang government-oriented karena dalam melakukan hubungan internasional yang berperan aktif adalah aktor negara yang dalam hal ini merupakan perwakilan resmi dari sebuah negara. Pada empat dekade yang lalu. ternyata pola diplomasi abad ke 21 sangat berbeda dengan masa-masa empat dekade yang lalu karena saat ini peran aktor-aktor non negara juga sangat aktif seperti Multi National Corporations (MNCs). Berikut definisi dari organisasi internasional: ´International Organization can be defined as a formal. individu.kompasiana. Organisasi Internasional merupakan aspek perwakilan dari tahapan proses yang telah dicapai dalam waktu yang ditentukan "(Inis Claude 1964: 4). Begitu banyak ahli hubungan internasional yang mengemukakan pendapat mereka mengenai definisi organisasi internasional dan dari berbagai pendapat yang mereka kemukakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena hampir secara keseluruhan memasukkan unsur keanggotaan.

Kita akan menganalisa sistem yang menggerakkan mesin organisasi tersebut sebagai aktualisasi tujuan dan aktivitas dari organisasi internasional yang telah disepakati seluruh anggota.  Struktur Organisasi Internasional Di dalam membahas mengenai struktur. kepemilikan sekretariat dan pengadaan sidang paripurna. dan sebuah sekretariat permanen untuk mendukung kegiatan administratif organisasi internasional tersebut. maka akan banyak sekali membahas mengenai bagaimana organisasi itu mampu berjalan.³Organisasi Internasional dapat didefinisikan sebagai struktur. Karena pada dasarnya setiap 6|Pa ge . Organisasi Internasional yang semakin terus berkembang juga akan mempengaruhi inovesi pada struktur organisasi internasional. Saat membahas mengenai power anggota dalam klasifikasi struktur maka hal itu akan berhubungan dengan hak suara. Terdapat perbedaan hak suara di setiap organisasi. Bagaimanapun juga keberadaan organisasi internasional ini pasti bertujuan untuk memberikan keuntungan pada anggotanya. Pasca abad ke 20. unanimity voting. struktur organisasi internasional menjadi semakin kompleks. dan ada pula dengan konsep siapa yang berkontribusi banyak maka besar pula hak suaranya (weighted voting). Pembahasan mengenai struktur ini termasuk pola pemerintahan pada organisasi Internasional. ada dengan konsep hak veto juga. Dengan menganalisa melalui struktur organisasi. decision making process. formal terus ditetapkan oleh kesepakatan antara anggota (pemerintah dan / atau nonpemerintah) dari dua atau lebih negara berdaulat dengan tujuan mengejar kepentingan umum keanggotaan´ Faktor-faktor lain yang diasosiasikan dengan kebanyakan organisasi internasional: institusi mereka biasanya terdiri dari pertemuan paripurna dari keseluruhan anggota (biasa disebut majelis atau konferensi). sebuah pertemuan secara teratur oleh segelintir anggota (biasanya berkaitan dengan power pada organisasi tersebut). dan ada saja yang menganut konsep one man one vote (majority voting). pada kenyataannya akan lebih mudah untuk kita dalam pengklasifikasian.

Beberapa pemikiran mengenai kedaulatan dan pemegang kedaulatan suatu negara setelah revolusi Perancis dikemukakan oleh Jean-Jacques Rousseau dalam karyanya Du Contrat Social Ou Principes Du Droit Politique (Mengenai Kontrak Sosial atau 7|Pa ge . saling berhubungan dengan suatu pemerintahan yang memiliki kendali penuh dengan urusan dalam negerinya sendiri dalam suatu wilayah atau batas teritorial atau geografisnya. atau atas diri sendiri terdapat penganut dalam dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau Masyarakat. Kedaulatan merupakan suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan. dan untuk mencegah perubahan-perubahan tabiat atau sikap yang tidak menjadi keinginannya dalam suatu kebiasaan. Oleh karena itu. dalam suatu kebiasaan. hukum tunduk pada negara supaya tercipta kedaulatan yang utuh adalah esensi dari teori kedaulatan negara. Konsep kedaulatan didalam hukum konstitusi dan internasional. B.organisasi pasti memilih sistem yang berbeda-bedas sesuai dengan kebutuhan. sesuai keinginannya. melainkan seringkali menjadi masalah sengketa diplomatik. masyarakat. KEDAULATAN NEGARA Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi. Negara memegang kekuasaan penuh atas kedaulatan dan hukum. dan dalam konteks tertentu terkait dengan berbagai organisasi atau lembaga yang memiliki yurisdiksi hukum sendiri. misalnya untuk organisasi yang beranggota sedikit akan lebih memilih kosep voting unanimity dibandingkan veto karena mempertimbangakan bahwa sedikitnya anggota atau hal yang menjadi tujuan organisasi tersebut tidak menyangkut hal-hal sekuritas sehingga veto dinilai tidak terlalu penting dan berbagai alasan lainnya juga. Penentuan terhadap suatu entitas yang berdaulat bukanlah sesuatu yang pasti. sedangkan kekuasaan itu sendiri mempunyai arti sebagai kemampuan dari seseorang atau golongan orang untuk mengubah berbagai-bagai tabiat atau sikap.

negara maju merupakan salah satu penyebab kerusakan lingkungan terhadap bumi ini. dengan adanya institusi atau organisasi dari luar negara yang akan mempengaruhi urusan dalam negara. Absolut. Walaupun pemerintahan yang memegang kedaulatan/ kekuasaan berganti tetapi kedaulatan tetap ada. 8|Pa ge . Eksklusifitas dari kedaulatan teritori sebuah negara menjadi salah satu alasan sebagai bentuk penolakan sebuah negara pada perjanjian perlindungan lingkungan internasional. Kedaulatan negara dapat diartikan sebagai 'musuh' dari perlindungan lingkungan hidup tersebut. dan kedaulatan negara akan dipengaruhi oleh kekuatan dari luar. artinya kedaulatan tetap ada sepanjang Negara berdiri. artinya Negara tidak ada kekuasaan yang lebih tinggi dari Negara tersebut. 2. 3.sifat kedaulatan antara lain : 1. Wilayah merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah negara dalam mempertahankan eksistensi dan kedaulatan negara tersebut. dan negara tersebut tidak merasa nyaman dengan datangnya aktor non-negara tersebut yang berdampak pada kedaulatannya. Didalam lingkungan hidup. Oleh sebab itu.Prinsip-prinsip Hak Politik) membagi tingkat kedaulatan menjadi dua yaitu de facto dan de jure. Hal ini dikarenakan pada batasan-batasan tertentu.  Sifat Kedaulatan Sifat. yang mana badan perlindungan lingkungan tersebut adalah Non-Government Organisation (NGO) berperan sebagai aktor non-state yang akan berpengaruh pada kedaulatan negara tersebut. yang berarti bahwa kedaulatan itu merupakan satu-satunya yang tertinggi di dalam negara. Bulat. artinya hanya ada satu Negara meliputi setiap orang dan golongan yang berada dalam Negara tanpa ada kecualinya. Permanen. Pada kenyataannya. tidak terbagi.

Aspek teritorial kedaulatan. 4 http://cradlepkn. hak setiap negara untuk secara bebas berhubungan dengan negara lain. Keluar dari wilayah negara tersebut. yang berarti bahwa kedaulatan itu tidak dibatasi oleh siapa pun.4  ASPEK UTAMA KEDAULATAN MENURUT KONSEP HI    Aspek ekstern kedaulatan. hak eksklusif suatu negara untuk menentukan bentuk dan kerja serta tindakan lembaga-lembaga negara. kekuasaan penuh dan eksklusif yang dimiliki negara atas individu dan benda-benda yang ada diwilayahnya. Aspek intern kedaulatan. setiap negara harus memiliki kedaulatan baik dalam negeri maupun luar negeri. memiliki arti memiliki kekuasaan untuk mengatur pemerintahan negara tersebut tanpa campur tangan bangsa/negara lainnya.yaitu: 1.wordpress. maka akan ditemui batas kedaulatan negara lain. 2.  Kedaulatan sebagai kekuasaan tertinggi mengandung 2 (dua) pembatasan. Kekuasaan itu terbatas pada batas-batas wilayah negara yang memiliki kekuasaan tersebut.com/2009/05/14/headline-pengertian-kedaulatan/ 9|Pa ge . karena pembatasan berarti menghilangkan ciri kedaulatan sebagai kekuasaan yang tertinggi. Tidak terbatas. 2.4. kedaulatan ke dalam negeri.  Kelebihan kedaulatan negara: 1.

hubungan internasional antar bangsa-bangsa di seluruh dunia menjadi kurang harmonis karena masih banyak terjadi diskriminasi dari negaranegara yang kuat atau maju terhadap negara-negara berkembang atau lemah. memiliki arti bebas bekerja sama dengan semua negara tanpa adanya paksaan dan tekanan dari negara lain. 5. 2. Memerintah (Hukum) . Dapat ikut serta dalam berbagai bidang. Konstitusi  Arti Penting Kedaulatan Dewasa ini.3. diperlakuan dengan baik oleh negara / persamaan hak dan kewajiban sebagai anggota PBB.  Tiga Kedaulatan Negara 1. Namun sudah sewajarnya negara-negara maju ingin menjunjung terciptanya demokrasi di negaranya dan memiliki keinginan untuk mengimpor sistem nya ke negara lain. 6. 3. Dan demokrasi dan program dari negara-negara maju telah berkembang cukup berhasil mereka realisasikan. Tujuan. Akan tetapi masih ada kecenderungan dari negara-negara kuat mensosialisasikan demokrasi dengan caracara yang tidak demokratis. Negaranegara kuat lebih memiliki power untuk menentukan suatu keputusan yang kurang adil bagi negara-negara lemah. Padahal intervensi mereka dalam mengatur rumah 10 | P a g e . Penguasaan . Negara yang kuat mampu menentukan kebijakan hukum bagi negara-negara lemah. kedaulatan negara yang ada di luar negeri di tandai dengan diterimanya negara tersebut sebagai angota PBB. sedangkan negara-negara lemah pun menjadi tidak berkutik dengan adanya kebijakan hukum yang telah ditetapkan oleh negara-negara kuat/maju. 4. sehingga beberapa negara berkembang telah mulai menerapkan/ mengadopsi sistem tersebut. negara /pemerintah yang berdaulat dapat melaksanakan tugasnya berkat dukungan rakyat dan dunia internasional. kedaulatan keluar .

com/doc/45028579/Teori-Legitimasi-Kekuasaan 11 | P a g e .tangga negara lain bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi. Karena dalam ajaran Staats-Souvereinteit itu ada pada prinsipnya hanya dikatakan bahwa kekuasaan tertinggi itu ada pada negara. kedaulatan negara menjadi pilar utama dari hukum internasional pada suatu negara yang tidak dapat diganggu oleh negara lain dalam yuridis negara tersebut dan perlakuan terhadap individu-individu di dalam batas negaranya (Thomas 2001). Dengan kata lain. para penguasa yang menggunakan teori kedaulatan negara memiliki anggapan bahwa negara merupakan keputusan akhir yang tak bisa diganggu gugat oleh pihak manapun baik agama. dan tiada satupun hukum yang berlaku jika tidak dikehendaki. jadi segala sesuatu harus tunduk kepada negara. jadi berarti tidak mungkin bersifa terbatas. Staat-Souvereiniteit mengatakan bahwa kekuasaan tertinggi itu ada pada negara. Ketiga prinsif tersebut secara substantif sangat menjunjung terciptanya negara yang berdaulat. ehingga mengakibatkan para warga negara itu tidak lagi mempunyai kepribadian. kekuasaan tertinggi ini mungkin bersifat absolut. ideologi apapun yang dipakai baik liberal. Sebuah Negara akan menyelesaikan 5 http://www. dan solidarity (solidaritas). entah kekuasaan absolut. Menurut kaum realis. Negara disini dianggap sebagai suatu keutuhan yang menciptakan peraturan-peraturan hukum.5  Kedaulatan Negara dalam Ekopolitik Pada perjanjian Treaties of Westphalia 1648. freedom (kebebasan). apalagi komunis-soslialis tidak menutup kemungkinan bisa menjadi otoriter  Teori Kedaulatan Negara Teori kedaulatan negara mengatakan bahwa negaralah yang menciptakan hukum. yaitu: justice (keadilan). Islam. sebuah kedaulatan dipicu oleh adanya kekuatan negara (power) dan kepentingan-kepentingan negara. hukum. dan ini harus dibedakan dengan pengertian ajaran Staats-Absolutisme. jadi adanya hukum itu karena adanya negara. dalam arti bahwa negara itu kekuasaannya meliputi segala segi kehidupan masyarakat. atau rakyat. Didalam kenyataannya.scribd. entah sifatnya terbatas.

serta membuat pengembangan ekologi yang stabil. baik internal ataupun eksternal yang dihadapinya. menghormati secara penuh pada integritas suatu negara. ³Legitimasi´ adalah pengakuan hak untuk membuat suatu peraturan. Negara memiliki kekuasaan. dan semua elemen tersebut berjalan pada semua dimensi yang nyata dari teritori/wilayah dan populasi penduduk. ekologi perlindungan lingkungan internasional dan kedaulatan negara memiliki tujuan yang tidak saling bertolak belakang. Kerusakan lingkungan akan berdam pak tidak baik bagi seluruh bumi. dalam menunjang berjalannya suatu sistem tersebut. Suatu respon lingkungan internasional biasanya 12 | P a g e . yang bertujuan untuk menyeimbangkan perlindungan lingkungan dari eksploitasi-eksploitasi lingkungan alam yang akan merusak lingkungan. ekologi sekarang ini. Kedaulatan negara jika di lihat pada kenyataannya. Ekopolitik adalah suatu hasil modifikasi dari kekuatan politik dan kedaulatan dari suatu negara yang merefleksikan suatu realita ekologi dan membentuk institusi yang dapat menyelesaikan permasalahan dan konflik pada ekologi. Jadi kedaulatan kemungkinan tidak pertentangan atau bukan musuh bagi lingkungan hidup. Maka hal itu akan menutup kemungkinan untuk terbentuknya suatu kerjasama antar negara. sumber daya dan pengawasan serta kontrol teritori wilayah untuk dapat mendukung dan mendorong peraturan-peraturan lingkungan. oleh negara tersebut. Negara yang menganut paham realis akan melihat suatu kepentingan aktoraktor dengan pemikiran kekuasaan yang diselesaikan dengan konflik dan perang. karena kerjasama juga tidak membatasi kedaulatan suatu negara. Institusi tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi hukum dan peraturan negara. Konsep utama pada elemen kedaulatan diartikan sebagai ³otonomi¶. dan dapat saling mempengaruhi satu sama lain. ³Kontrol´ memiliki arti sebagai kekuatan untuk mempengaruhi. adanya modifikasi kedaulatan sangat diperlukan dalam menangani degradasi lingkungan. dapat menjadi teman ataupun musuh (penghalang). µkontrol/pengawasan¶ dan µlegitimasi¶. Sedangkan ³otonomi´ ialah kebebasan yang diberikan untuk membuat dan mengimplementasikan keputusan yang dibutuhkan pada tingkatan tertentu. sehingga perlu adanya koordinasi antara peran negara dan institusi untuk dapat membangun kerjasama yang efektif dalam menghadapi permasalahan global. pada dasarnya Kedaulatan bukanlah menjadi penghalang pada kerjasama lingkungan hidup internasional.permasalahan.

blogspot.menyangkut pertukaran antara otonomi. pada tingkatan tertentu dalam tahap internasional. Sehingga. Dengan adanya dorongan dari masyarakat dunia yang telah bersatu . Jadi hal tersebut mendorong pada µnegosiasi kedaulatan¶ daripada menyerahkan beberapa prinsipprinsip kedaulatan. Jadi. dan membahas tentang pengertian kedaulatan sekarang ini. pada komunitas dunia. Saat ini interdependensi pada ekonomi sudah menjadi sangat tinggi. membentuk suatu bentuk yang baru dari kekuasaan politik transnasional. MNC mampu mengurangi otonomi dan kontrol suatu negara karena telah masuk kepada tingkat perekonomian yang sudah menjadi saling ketergantungan. salah satu bagian dari aktor tunggal mungkin sudah tidak ada lagi eksistensinya. aktifitas-aktifitas dari NGO lingkungan. yang dapat menciptakan wawasan yang berguna pada dampak lingkungan dan interdependesi yang lain pada struktur politik. Suatu rezim lingkungan telah mendorong dan meligitimasi prinsip-prinsip kedaulatan negara. globalisasi menghadapi otonomi dan kontrol sebuah negara yang mana saling mempengaruhi satu sama lain.6 6 http://paramaarta. b.html 13 | P a g e . dibawah kekuasaan negara. Ekonomi transnasional berarti mengikutsertakan interdependesi yang global pada ekologi. Lingkungan negara yang berdaulat menjadi langkah awal untuk negosiasi dan menjadi bagian dari perjanjian internasional.com/2008/10/kedaulatan-negara-dalam-ekopolitik. kapasitas dan tanggung jawab yang dilihat dari tiga cara pandang. kontrol dan legitimsi. sehingga membuat negara tidak mampu mengkontrol dan mendapatkan kebebasan untuk mengatur secara keseluruhan. yaitu: a. Sebuah kedaulatan menyangkut hak. sebuah negara kehilangan otonomi dan kontrol negaranya pada dunia internasional ketika menghadapi Multinational Corporation (MNC). dibawah kekuasaan negara lain dan c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful