Sampah Bahan Berbahaya Beracun (B3) Sampah atau limbah dari alat-alat pemeliharaan kesehatan merupakan suatu faktor

penting dari sejumlah sampah yang dihasilkan, beberapa diantaranya mahal biaya penanganannya. Namun demikian tidak semua sampah medis berpotensi menular dan berbahaya. Sejumlah sampah yang dihasilkan oleh fasilitas-fasilitas medis hampir serupa dengan sampah domestik atau sampah kota pada umumnya. Pemilahan sampah di sumber merupakan hal yang paling tepat dilakukan agar potensi penularan penyakit dan berbahaya dari sampah yang umum. Sampah yang secara potensial menularkan penyakit memerlukan penanganan dan pembuangan, dan beberapa teknologi non-insinerator mampu mendisinfeksi sampah medis ini. Teknologi-teknologi ini biasanya lebih murah, secara teknis tidak rumit dan rendah pencemarannya bila dibandingkan dengan insinerator. Banyak jenis sampah yang secara kimia berbahaya, termasuk obat-obatan, yang dihasilkan oleh fasilitas-fasilitas kesehatan. Sampah-sampah tersebut tidak sesuai diinsinerasi. Beberapa seperti merkuri harus dihilangkan, dengan cara merubah pembelian bahan-bahan, bahan lainnya dapat didaurulang, selebihnya harus dikumpulkan dengan hati-hati dan dikembalikan ke pabriknya. Studi kasus menunjukkan bagaimana prinsip-prinsip ini dapat diterapkan secara luas di berbagai tempat, seperti di sebuah klinik bersalin kecil di India dan rumah sakit umum besar di Amerika. Sampah hasil proses industri biasanya tidak terlalu banyak variasinya seperti sampah domestik atau medis, tetapi kebanyakan merupakan sampah yang berbahaya secara kimia.
1. C.

Pengelolaan limbah

Pengolahan limbah RS Pengelolaan limbah RS dilakukan dengan berbagai cara. Yang diutamakan adalah sterilisasi, yakni berupa pengurangan (reduce) dalam volume, penggunaan kembali (reuse) dengan sterilisasi lebih dulu, daur ulang (recycle), dan pengolahan (treatment) (Slamet Riyadi, 2000). Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam merumuskan kebijakan kodifikasi dengan warna yang menyangkut hal-hal berikut :
1. Pemisahan Limbah

- Limbah harus dipisahkan dari sumbernya - Semua limbah beresiko tinggi hendaknya diberi label jelas

jika tidak mungkin harus ditimbun dengan kapur dan ditanam limbah dapur sebaiknya dibuang pada hari yang sama sehingga tidak sampai membusuk.Perlu digunakan kantung plastik dengan warna-warna yang berbeda yang menunjukkan kemana kantong plastik harus diangkut untuk insinerasi aau dibuang (Koesno Putranto. 1.Kantung-kantung dengan warna harus dibuang jika telah terisi 2/3 bagian. jika perlu (misalnya bila ada kebocoran kantung limbah) dibersihkan dengan menggunakan larutan klorin. Penanganan Limbah . dan diletakkan ditempat-tempat tertentu untuk dikumpulkan . limbah bagian Klinik dibawa keinsenerator. (Bambang Heruhadi. Pembuangan limbah Setelah dimanfaatkan dengan konpaktor. Suatu rumah sakit dapat pula mempertoleh penghasilan tambahan dengan melayani insinerasi limbah rumah sakit yang berasal dari rumah sakit yang lain. Penyimpanan Limbah Dibeberapa Negara kantung plastik cukup mahal sehingga sebagai gantinya dapat digunkanan kantung kertas yang tahan bocor (dibuat secara lokal sehingga dapat diperloleh dengan mudah) kantung kertas ini dapat ditempeli dengan strip berwarna. Kemudian diikiat bagian atasnya dan diberik label yang jelas . 1.. kemudian ditempatkan ditong dengan kode warna dibangsal dan unit-unit lain.Kantung harus diangkut dengan memegang lehernya. 1995). insinerator berukuran kecil atau menengah dapat membakar pada suhu 1300-1500 ºC atau lebih tinggi dan mungkin dapat mendaur ulang sampai 60% panas yang dihasilkan untuk kebutuhan energi rumah sakit. 1. limbah klinik harus dibakar (insenerasi). Insinerator modern yang baik tentu saja memiliki beberapa keuntungan antara lain kemampuannya menampung limbah . Limbah bagian bukan klinik misalnya dibawa kekompaktor. H. Pengangkutan dengan kendaraan khusus (mungkin ada kerjasama dengan dinas pekerja umum) kendaraan yang digunakan untuk mengangkut limbah tersebut sebaiknya dikosongkan dan dibersihkan setiap hari.Petugas pengumpul limbah harus memastikan kantung-kantung dengan warna yang sama telah dijadikan satu dan dikirimkan ketempat yang sesuai . Pengangkutan limbah Kantung limbah dipisahkan dan sekaligus dipisahkan menurut kode warnanya. limbah bukan klinik dapat dibuang ditempat penimbunan sampah (Land-fill site). 1. 2000).Kantung harus disimpan pada kotak-kotak yang kedap terhadap kutu dan hewan perusak sebelum diangkut ketempat pembuangan. sehingga jika dibawa mengayun menjauhi badan. Rumah sakit yang besar mungkin mampu memberli inserator sendiri.

limbah klinik dapat ditimbun dengan kapur dan ditanam. Akhirnya lubang tersebut harus ditutup dengan tanah (Setyo Sarwanto. Semua petugas yang menangani limbah klinik perlu dilatih secara memadai dan mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika mengalami inokulasi atau kontaminasi badan.klinik maupun limbah bukan klinik. S. semprit tidak boleh dibuang pada tempat pembuangan samapah umum. Lapisan limbah yang ditimbun lapisan kapur masih bisa ditanamkan samapai ketinggian 0. dengan kedalaman sekitar 2.S.5 meter dibawah permukaan tanah 5. bahan yang tidak dapat dicerna secara biologi (nonbiodegradable). imunisasi terhadap hepatitis B sangat dianjurkan dan catatan mengenai imunisasi tersebut sebaiknya tersimpan dibagian kesehatan kerja (Moersidik. . 1995). Limbah-limbah tajam harus ditanam. 2003). Limbah klinik. termasuk benda tajam dan produk farmasi yang tidak terpakai lagi. Tambahkan lapisan kapur 4. jarum. misalnya kantung plastik tidak perlu ikut ditimbun. Semua petugas harus menggunakan pakaian pelindung yang memadai. Menggali lubang. Limbah bukan klinik tidak usah ditimbun dengan kapur dan mungkin ditangani oleh DPU atau kontraktor swasta dan dibuang ditempat tersendiri atau tempat pembuangan sampah umum.5 meter 2. Tebarkan limbah klinik didasar lubang samapi setinggi 75 cm 3. Perlu diingat. Langkah-langkah pengapuran (Liming) tersebut meliputi sebagai berikut : 1. Jika fasilitas insinerasi tidak tersedia. Oleh karenanya limbah yang ditimbun dengan kapur ini dibungkus kertas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful