NEGARA BELANDA dan SEJARAH DAN KONSEP PEMIKIRAN BELANDA TERHADAP ARSITEKTUR DI INDONESIA

Disusun oleh : Diva Lovita I. 2008330058

Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan Bandung Oktober 2010

sebelah timur berbatasan dengan jerman dan sebelah selatan berbatasan dengan Belgia. 2 Op cit. Hal ini menyebabkan pemandangan alam nya berbeda. Hal ini dapat dilihat dan dibuktikan lewat salah satu kota yang ada di Belanda yaitu kota Amsterdam. Sdu Uitgivers publication.2 Belanda ini mempunyai luas daerah 41.000 tahun yang lalu). Semua sebutan ini merujuk pada satu negaeri negara yaitu Belanda. 1 Meskipun sekarang sudah tidak banyak dipakai lagi sebanyak dulu namun kincir angin ini tetap melekat sebagai julukan pada negeri Belanda.526 km2. the netherlands Antilles and Aruba in the Caribbean.holland. Negeri Belanda Selayang Pandang.’ 3 Belanda ini dapat disebut sebagai negara yang penduduknya multikultural atau bermacam-macam suku bangsa. hal 5.com/global/aboutholland/generalinformation/hollandorthenetherlands/ diakses pada tanggal 23 oktober 2010 pukul 08. Belanda di sebut begitu karena permukaan tanah di Belanda yang tinggi di bagian timur dan selatan yang dibentuk pada masa Pleistosen (periode zaman es yang berakhir sekitar 10. Negara ini meliputi Amsterdam. 1997. 3 http://www. Sebelah barat dan utara negara Belanda berbatasan dengan laut utara. Hague dan beberapa negara Belanda yang terkenal lainnya seperti Delft. Banyak daerah yang dikelilingi tanggul di mana tingkat air di dalam tanah itu diatur dengan bantuan kincir angin. Leiden. dan Haarlem. Sedangkan Belanda di bagian barat dan utara terdiri dari tanah liat dan gambut. hal ini terjadi karena adanya pengaruh provinsi bagian barat dari Belanda ini pada masa sejarah dulu. Banyak orang menyebut Belanda ini dengan sebutan Nederlands atau bahkan Holland. Pada jaman dahulu kerajaan belanda ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu ’ the Netherlands itself in Western Europe.Negeri Bbelanda merupakan salah satu bagian dari Bbenua Eropa yang sangat terkenal di dunia dengan sebutan negara kincir angin.24 pm. den hag Nederland. sehingga belanda Belanda ini sembilan kali lebih kecil dari jerman dan sedikit lebih besar dari Belgia. dan dan negeri Belanda yang rendah pemandangannya berupa polder yang rata. Di sana terdapat lebih dari dua ratus suku 1 Kementerian Luar Negeri. . Negaraeri belanda Belanda ini terletak di sebelah Eropa bagian barat. Rotterdam. Tekstur tanah nya berupa kerikil dan pasir.

Negara-negara yang menggunakan rumpun ini adalah Islandia.25 pm. Inggris. Luxemburg. Austria. Denmark. op cit . Belanda. Tercatat dalam data uni eropa pada tahun 2003 jumlah populasi di Belanda 478 juta penduduk dan Belgia 339. Di negara Eropa masih terdapat 225 bahasa asli yang masih di pakai dalam percakapan sehari-hari oleh suku-suku yang ada di Eropa.bangsa yang berbeda. European Commission.3 juta penduduk. 5 Jumlah penduduk di Belanda ini cukup padat dan merupakan negeri yang punya populasi paling banyak di benua Eropa sendiri.6 Penduduk Belanda di eropa merupakan penduduk yang sangat menjaga kesehatan pribadi dan keluarganya. . hal 8. kemudian rumpun Latin yang banyak dipakai di wilayah Eropa Selatan dan Eropa Timur . Jerman. yang letaknya di bagian barat Belanda yang mancakup Amsterdam. Kepulauan Faroe. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya umur tidak produktif hingga 80 tahun yang masih banyak terdapat di Belanda. Rotterdam dan Utrecht. Modul Perkuliahan HI di Eropa. 5 6 Kementerian Luar Negeri. Rumpun. Norwegia. Belanda ini merupakan negeri negara dengan penduduk cukup padat.holland. sebagian Finlandia dan Tyrol Selatan di Italia. Namun di Eropa ini hanya ada tiga rumpun bahasa yang dapat dikatakan sebagai induk dari bahasa-bahasa yang ada di Eropa. Angka kematian nya cenderung kecil dan angka kelahirannya pun cenderung kecil.7 Pada abad ke 16 negeri Belanda ini mengalami pembaruan gereja yang terbagi ke dalam Katolik Romawi dan protestan. Mulai dari provinsi Zeeland di bagian barat daya 4 http://www. Kemudian yang terkhir adalah rumpun Jermanik yang banyak di pakai penduduk di wilayah Eropa barat dan Utara dan sebagian Eropa Tengah.rumpun itu adalah rumpun slavik yang mencakup bahasa yang dipakai oleh sebagian besar penduduk Eropa Tengah dan Timur. 7 Yulius Purwadi Hermawan. Den haag.com/global/aboutholland/generalinformation/countryandpeople/ diakses pada tanggal 23 oktober 2010 pukul 08. Key Facts and Figures about the Europan Union. printed in Belgium. hal 22. Flanders dan sebagian wilayah Belgia. sebagian besar Swiss. 2004. Liechstein.4 Hal ini dikarenakan pada jaman dahulu banyak orang yang bermigrasi ke Belanda dan menjadi penduduk tetap negara kincir angin ini. Swedia. Sedangkan untuk anak-anak muda yang berumur 15-24 cenderung kecil karena banyak nya anak muda yang pergi ke luar untuk belajar di luar negaranya. terutama untuk daerah ’Ranstad’ (kota tepian). Setelah Belanda ada Belgia yang juga mempunyai populasi terbanyak kedua di benua Eropa. Irlandia.

9 . Pada masa sebelum masehi negara yang sekarang disebut Belanda ini dihuni oleh suku Jerman dan Kelt. dan sebagainya. dan kekuasaannya dimulai dari sebelah selatan sungai Rhein. cengkeh dan lada. 10 Kementerian Luar Negeri. Agama Katolik di bagian selatan dan agama Protestan di bagian Utara. VOC atau Verenigde Oostindische Compagnie merupakan salah satu kunci besar kesuksesan Belanda.8 Sejarah Belanda sangat menentukan adanya negara Belanda saat ini seperti hukum yang digunakan. http://www. Belanda ini dulunya menganut sistem kerajaan dan kejayaan Belanda pada tahun 1602 menjadi abad keemasan Belanda. serta menjadi bagian dari kerajaan besar Burgondia-Habsburg. dan glory mereka menjelajahi dunia. Jepang. perang ini kemudian dikenal dengan nama perang 80 tahun. kini di gabung menjadi satu dengan Belgia dan Luxemburg dan diberi nama Netherlands. 8 Kementerian Luar Negeri. Karena iklim di Belanda yang dingin dan membutuhkan banyak rempah-rempah sebagai penghangat tubuh juga karena rempah-rempah yang di jual di Belanda mahal harganya.sampai provinsi Groningen di timur laut bangsa belanda menganut agama yang berbeda. VOC ini mengadakan pelayaran – pelayaran dan perdagangan ke Asia Tenggara. 24 pm. hal 12. gospel. cara kerja sama yang dilakukan. Negara –negara tetap yang dikunjungi Belanda adalah Indonesia. op cit. Karena dibuatnya undang-undang yang memperbolehkan bebas memeluk agama manapun dan di hapuskannya agama bawaan dari orang tua pada tahun 1848. op cit.com/global/aboutholland/generalinformation/history/ diakses pada tanggal 23 Oktober 2010 pukul 08. dan Turki yang mayoritas beragama Islam. hal 10. dan Afrika Selatan.10 Dengan bersemboyankan 3G yaitu gold. Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya orang yang berminigrasi ke Belanda seperti orang Indonesia.9 Alasannya adalah pembatasan kebebasan agama dan absolutisme Filips II. Sampai tahun 400 Kekaisaran Romawi berkuasa saat itu. sistem pemerintahan. Masuk ke abad pertengahan di bawah pimpinan raja Habsburg Karel V (1500-1558) Belanda yang dulunya di bagi ke daerah-daerah dengan pemerintahan sendiri atau otonom. mengakibatkan banyaknya gereja di Belanda yang tidak lagi beroperasi.holland. Sri lanka. Pangeran Willem van Oranje yang memimpin beberapa wilayah Belanda Utara memberontak terhadap Filips II putra Karel V. Bahan yang dicari oleh bangsa Belanda ini adalah rempah-rempah seperti.

Pada tahun 1940-1945 meletuslah perang dunia ke II. Liechtenstein.000 orang. hingga Hitler bunuh diri. . dan sejak itu telah selesai semua kekuatan NAZI dan proyek Reich 1000 tahun. op cit. Sebanyak 75% masyarakat Yahudi yang berkebangsaan Belanda mati terbunuh di pusat perkemahan Jerman kira-kira 23. Hitler ini bertujuan untuk membangun kembali kejayaan Imperium Jerman Kuno (Holy Roman Empire). termasuk Belanda. Spanyol. Vatikan. Andorra. Dalam 12 tahun kekuasaannya. Namun perkembangannya tidak jauh. NAZI dan angkatan perang nya berhasil merebut hampir seluruh wilayah daratan Eropa.11 Saat itu pelopor dari pembunuhan orang-orang Yahudi ini adalah Adolf Hitler. kemudian Suriname dan Antillen Belanda yang setelah menerima peraturan kerajaan memiliki kedudukan yang sama dengan Belanda. 24 pm. Swedia. hal : 27 13 Kementerian Luar Negeri. kecuali Swiss.com/global/aboutholland/generalinformation/history/ diakses pada tanggal 23 Oktober 2010 pukul 08. 12 Majalah kedigdayaan NAZI Jerman.13 Antillen Belanda ini kemudian mempunyai status yang khusus sebagai bagian dari kerajaan Belanda. hal 13. Portugal. dan pegunungan ural. Hal ini dikarenakan banyak daerah jajahan yang merdeka seperti Indonesia misalnya yang dulu pernah berada di bawah kendali Belanda. Belanda merupakan negara pelopor berdirinya Uni Eropa yang pada awalnya adalah organisasi yang bekerjasama dalam komunitas batu bara dan baja yang ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian European Coal and Steal 11 http://www. Pada tahun 1998 bulan Mei negara –negara di Eropa yang sudah damai ini memutuskan untuk menggunakan mata uang yang sama yaitu euro sebagai standar mata uang resmi. Pada saat itu Jerman yang berjanji akan menghargai kenetralan Belanda fakta bahwa tidak ada deklarasi dan ultimatum tentang perang seperti yang diisuekan dan pasukan Jerman melanggar dan memasuki perbatasan Belanda pada tanggal 10 Mei 1940 dan membinasakan Rotterdamn dalam 4 hari.12 Setelah perang dunia ke II berakhir dan penjajahan oleh Jerman berhenti kejayaan Belanda mulai berkurang. cetakkan ke 2. dan meningkatkan harkat martabat ras Arya sebagai ras superior di dunia. Ribuan pria dari masyarakat Belanda dibawa secara paksa ke Jerman dan diharuskan bekerja di pabrik yang ada di sana.holland. Hal ini membuat Belanda kewalahan dan Ratu Wilhemina melarikan diri ke London. edisi koleksi angkasa. Kemudian munculllah kerjasama-kerjasama di negara –negara Eropa dan sampai pada akhirnya dibentuklah Uni Eropa yang ada hingga sekarang ini. karena Nazi jerman harus menyerah saat pasukan sekutu mulai menguasai Berlin pada 30 April 1945.

hal 41. namun di luar negerinya ternyata ilmu itu juga di terapkan. Mengingat bahwa belanda adalah negara yang sembilan kali lebih kecil dari Jerman dan berpenduduk padat. sehingga sistem pemerintahan di Belanda ini sering dikenal dengan sebutan Monarki konstitusional Demokratik. dan Belgia dibawah kekuasaan Napoleon. pertanian dan pengelolaan alam harus diatur sedemikan rupa agar wilayahnya tidak habis. op cit. Dalam penataan ruang di wilayahnya ia dapat dikatakan berhasil. Undang-undang Tata Ruang 1965 adalah uundang-undang yang mengatur masalah tata ruang di Belanda. Arsitektur 14 15 European Union. Tahun 1815 Belanda disatukan dengan Luxemburg.15 Seperti yang kita tahu bahwa negara Belanda adalah negara yang padat penduduknya oleh karena itu Belanda harus mempunyai tata ruang yang bagus. Belanda tidak hanya sukses untuk membangun citra dirinya di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri. perdagangan dan industri. tempat rekreasi. Belanda merdeka dan diakui oleh Spanyol pada tanggal 30 januari 1648. Luxemburg EU publication. yang mengatur masalah tanah dan apa yang boleh dibangun di atas tanah itu. hal 32.16 Kebijaksanaan penataan ruang ini dilaksanakan pada tiga tingkat yaitu tingkat nasional. Minister merupakan sebutan untuk kepala pemerintah yang juga dulunya adalah ketua dari partai terbesar. op cit.EEC pada tahun 25 Maret 1957 di Roma. 2005 Yulius Purwadi Hermawan. juga lalu lintas dan angkutan. Monarki ini tidak mempunyai kekuasaan nyata namun hanya bersifat sebagai ceremonial saja. Germany. Pembangunan rumah penduduk. Pemerintah ditunjuk oleh parlemen namun ratu hanya mengesahkan secara ceremonial. Hal masalah pembangunan ini juga dipengaruhi oleh adanya revolusi industri yang terjadi pada abad ke 19.14 Sebutan negara monarki ini cocok untuk negara Belanda karena Belanda merupakan salah satu negara penganut sistem kerajaan pada jaman dulunya. dimana setiap tahun cara pembagian ruang yang ada itu selalu berubah. dan tingkat kotapraja. How the European Union Works. Salah satu contohnya adalah bangunan-bangunan Belanda yang menjadi bukti nyata dari ide kreatif orang Belanda yang ahirnya melahirkan aliran Arsitek yang baru di Indonesia. tingkat provinsi. .Community (ECSC) pada tahun 18 April 1951 di Paris. Untuk tingkat lokal yang bertanggung jawab adalah Kotapraja. Begitu yang ditulis dari buku mengenai Belanda ini oleh kementrian luar negeri. 16 Kementerian Luar Negeri.

gaya Indo-Eropa hanya akan terjadi oleh adanya dialektika yang mendalam yang antar kedua unsur lokal dan dan elektik Eropa baik unsur maupun bentuk seninya begitu yang dipaparkan oleh Wollf Schoemaker seorang arsitektur Belanda.17 Sekitar awal tahun lima puluhan dibangun bangunan dengan jendela-jendela yang besar yang disebut rumah tembus matahari dimana rumah ini dapat langsung menerima sinar matahari.W Brinkman yang mengutamakan seni bangunan Belanda dan peradaban Barat.pdf diakese pada tanggal 23 oktober 2010 pukul 07. F. Widjaja Martokusumo. Pada masa itu terjadilah konflik antar dua golongan yaitu aliran elektisme Eropa yang menyatakan bahwa bangunan yang mereka buat di daerah kuslah merupakan cerminan bangunan yang ada di Eropa pelopornya adalah M. op cit.J Hulswit. Dengan masuknya Belanda ke Indonesia ini memunculkan aliran arsitek yang baru yaitu Indo-Eropa. Hal ini membuat perbedaan cukup besar dengan apa yang mereka bangun di Indonesia. Konsep dari arsitektural Belanda ini selalu berbeda –beda setiap tahunnya. Dan sedikit banyak arsitekrturalkutal Indonesia ini terpengaruh dengan gaya barat ala Belanda ini. hal 4.19 Menurut Helen Jessup aliran regional dan 17 18 Kementerian Luar Negeri.Belanda ini sangat terkenal di dunia. Ed Cuypers.18 Bangsa Belanda banyak memberikan ilmu kepada bangsa Indonesia salah satunya juga dalam bidang arsitektur ini. Sedangkan kelompok kedua yang menyatakan bahwa bangunan yang ada di negara indonesia adalah merupakan seni arsitektur yang baru yaitu Indo-Eropa. Pada tahun 1920-1940 orang–orang Belanda yang datang ke Indonesia tak terkecuali arsitektur Belanda. 19 Widjaja Martokusumo. Di Belanda sendiri bangunan yang khas adalah bangunan yang disebut rumah deretan. Belanda mencoba untuk membangun bangunan sesuai dengan iklim tropis yang ada di Indonesia. . Pada awal abad ke 19 terjadilah revolusi industri di Eropa yang juga disertai dengan penemuan teknologi. op cit hal 43. hal 4.56 pm. Maksudnya adalah rumah keluarga bertingkat dua atau tiga dengan halaman depan dan belakang. mencoba melakukan inovasiinovasi yang baru yang baru yang belum pernah mereka coba di negara asal mereka. Juga pada abad ke 19 terjadilah pendudukan Indonesia atas Belanda dimana bangsa Eropa banyak membangun bangunan yang sekarang disebut dengan peninggalan sejarah Belanda. yang juga banyak meninggalkan bangunanbangunan bersejarah di Indonesia. yang membentuk blook perumahan dengan dua atau tiga rumah sejenis. Arsitektur Kontemporer Indonesia perjalanan Menuju Pencerahan.

kemampuan dan ide kreatif yang muncul dari pemikiran mereka hingga sanggup untuk menciptakan seni arsitektur yang baru. Bangunan yang dibangun ini oleh Bangsa Belanda ini disesuaikan dengan kondisi Indonesia sehingga bangunan Belanda ini umumnya tinggi.elektisme arsitektur Eropa ini membawa pengaruh dalam pembaharuan arsitektur Nnasional maupun Internasional. Pembaharuan itu adalah untuk mencari identitas arsitektur dari Bangsa Belanda yang kebanyakan bangunannya itu menyerupai bangunan tradisional yang ada di Indonesia khususnya bangunan adat jawa. . diduduki oleh Jerman yang meninggalkan ceruta tragis karena banyak yang terbunuh sampai mengadakan pelayaran dan perdagangan di daerah Asia Tenggara dan sekitarnya. Terlepas dari pendudukan Belanda di Indonesia ini Bangsa Belanda ini telah banyak mengajarkan ilmu kepada kita salah satunya di bidang arsitektur yang hingga sekarang ini masih terus berkembanga dan hal ini menyebabkan arsitektural Indonesia hingga kini lebih condong ke arah Indo-Eropa atau bangsa Belanda. op cit. dan memiliki banyak ventilasi udara yang digunakan untuk pergantian udara. Hal ini menjadi bukti bahwa masyarakat Belanda itu cerdas dan tanggap lokasi sekitar. dari menduduki negara-negara yang ada di Eropa dan kejayaan yang diperolehnya. Sejarah bangsa Belanda banyak liku-liku nya. Dia menyatakan bahwa dirinyalah yang membawa arsitektur internasional ke daerah Hindia Belanda. Seorang Arsitektur dari Belanda yang bernama Albers banyak membuat karya di Indonesia. Dia menggunakan konsep regionalisme dengan mengacu pada iklim tropis yang ada di Indonesia. Dia banyak membuat jendela yang besar yang digunakan untuk masuknya sinar matahari ke dalam rumah dan untuk pergantian udara.20 Dia memang tidak memasukkan unsur-unsur arsitektural Indonesia ke dalam karya yang dibuatnya namun dia banyak melakukan penyesuaian dengan tempat sekitarnya. Pager Gunung di Bandung. hal 5. Karya –karya Albers ini dapat kita temukan di daerah Jl. juga pendudukan wilayah Indonesia yang akhirnya banyak meninggalkan bangunan-bangunan yang unik dan berbobot. Bangunan yang mereka buat di Indonesia dirancang dengan sungguh-sungguh dan mereka melakukan 20 Widjaja Martokusumo. juga daerah Lembang dan Garut. Dan atap serta langitlangit rumah yang tinggi ini mempunyai kegunaan untuk membuat udara lebih sejuk dan gampang bersirkulasi.

. Dengan berusaha untuk menyesuaikan dengan iklim yang ada di Indonesia terciptalah satu aliran arsitektural baru yang terkenal hingga ke dunia Internasional.inovasi serta menciptakan satu aliran arsitektur yang baru yang digunakan hingga saat ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful