http://file.upi.edu/Direktori/D%20-%20FPMIPA/JUR.%20PEND. %20FISIKA/195708071982112%20%20WIENDARTUN/9C.SUPERKONDUKTOR.

pdf Bahan konduktor seperti logam tembaga merupakan bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Meski begitu, pada nyatanya konduktor ini masih mempunyai hambatan listrik. Adanya hambatan ini menyebabkan hilangnya energi listrik dalam bentuk panas. Pada bahan superkonduktor, hambatan listrik benar-benar bernilai nol. Artinya listrik dapat mengalir tanpa hambatan pada bahan superkonduktor ini. Apabila pada rangkaian tertutup dari superkonduktor dialirkan arus listrik, maka arus tersebut akan terus mengalir mengintari rangkaian tanpa batas waktu bahkan setelah sumber listrik dilepaskan dari rangkaian. Hal ini terjadi karena tidak ada kehilangan energi selama arus mengalir karena hambatannya benar-benar nol. Para ilmuwan mengatakan bahwa superkonduktivitas merupakan sebuah fenomena kuantum makroskopik. Fenomena ini menjadi jembatan penghubung antara dunia mikro dan makro. “Jembatan” ini memungkinkan kita untuk mempelajari sifat fisika dunia mikro secara langsung.

Superkonduktor dapat berupa suatu bahan yang terbentuk dari unsur tunggal, paduan logam ataupun senyawa. Gejala superkonduktivitas hanya teramati dibawah suhu tertentu yang disebut sebagai suhu kristis (Tc). Hambatan listrik dari logam konduktor merupakan fungsi dari temperatur. Ketika suhu diturunkan maka secara bertahap hambatan listrik akan berkurang. Pada bahan superkonduktor, ketika mencapai suhu tertentu tiba-tiba hambahannya turun hingga menjadi nol. Suhu dimana gejala superkonduktivitas teramati disebut suhu kristis (Tc). Pada beberapa logam gejala superkonduktivitas terjadi karena keberadaan 0,01% elektron yang tidak normal, sementara 99,99% elektron lainnya masih normal. Walaupun sangat sedikit, namun keberadaan elektron tidak normal ini mempengaruhi sifat keseluruhan bahan. Logam tidak lagi bersifat konduktor, namun bersifat superkonduktor setelah kehilangan hambatan listriknya sama sekali. Bagaimana bisa elektron normal berubah menjadi tidak normal pada bahan superkonduktor? Saat terjadi dentuman besar (big bang), alam menciptakan dua tipe partikel elementer, yaitu boson dan fermion. Boson mempunyai spin utuh sedangkan fermion memiliki spin separuh. Sebagai konsekuensinya, keduanya mematuhi statistika yang berbeda. Elektron merupakan fermion dengan spin ½ dan mematuhi statistik Fermi-Dirac. Pada superkonduktor, dua elektron akan membentuk pasangan yang merupakan boson karena memiliki spin 0 atau 1. Pasangan elektron ini akan mematuhi

atau −196 °C (77 K).org/wiki/Titik_kritis Titik Kritis.html Superkonduktivitas suhu-tinggi Superkonduktor suhu-tinggi umumnya adalah hal yang mempertunjukkan superkonduktivitas pada suhu di atas suhu nitrogen cair. Untuk diagram yang menunjukan properti termodinamika sebuah bahan. http://iptekdakhlan.blogspot.[1] yang membuat mereka memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisika di tahun berikutnya. fase ini disebut Fluida superkritikal. tetapi dengan menambah tekanan yang cukup bahan padat bisa terbentuk. karena ini merupakan suhu cryogenik yang mudah dicapai. Diatas titik kritis cairan tidak dapat terbentuk dengan menambah tekanan. Tc. Inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena superkonduktivitas. Molar kritis adalah volume dari satu mol sebuah bahan pada suhu kritis dan tekanan kritis. Penemuan superkonduktor suhu-tinggi mereka LaBaCuO. . seperti La1. http://id. Tekanan kritis adalah tekanan uap pada titik kritis. menyebabkan banyak kekaguman karena sebelumnya superkonduktivitas pada suhu 'tinggi' tersebut dianggap banyak orang tidak mungkin terjadi.67 °F). titik dimana temperatur kritis dan tekanan kritis bertemu dinamai Titik kritis dari bahan itu. dimana elektron dapat bergerak tanpa gesekan dan hambatan. Jenis superkonduktor suhu-tinggi Material paling terkenal adalah Tc-tinggi yang disebut cuprate. Istilah superkonduktor suhu-tinggi pertama kali digunakan untuk menunjuk ke material keramik cuprate-perovskite yang ditemukan oleh Johannes Georg Bednorz dan Karl Alex Müller pada 1986.salah satu sifat superkonduktivitas.85Ba0. dengan suhu transisi 35 K.15CuO4. Sejarah Superkonduktor "suhu tinggi" menarik magnet (dengan nitrogen cair yang direbus di bawah) yang emnunjukkan efek Meissner.wikipedia. Superkonduktor konvensional membutuhkan suhu tidak lebih dari beberapa derajat di atas nol mutlak (−273.15 °C atau −459.com/2009/05/superkonduktivitas-suhu-tinggi. dari sebuah bahan adalah sebuah titik suhu dimana fase cairan dan uap tidak bisa dibedakan. YBCO (Yttrium-Barium-Copper-Oxide) dan bahan sejenis.statistik Bose-Einstein yang dapat bergerak di dalam kisi kristal tanpa gesekan. Pada saat mendekati temperatur titik kritis. properti gas dan cairan menjadi sama.

mekanika apa yang menyebabkan elektron dalam kristal tersebut dapat membentuk pasangan. ketika efisiensi bisa dicapai setinggi-tingginya oleh bahan superkonduktor ini hingga bisa mencapai 100%. sejak penemuan Onnes ini dipublikasikan. Namun dengan penemuan baru dan penting dalam bidang ini. yaitu. 2 jalur di belakang terpisah 1 mm. Bahan superkonduktor ini pertama kali diteliti oleh seorang fisikawan Universitas Leiden yang bernama Heike Kamerlingh Onnes pada tahun 1911. kristal banyak-lapisan (contohnya. Namun perlu diingat bahwa untuk mencapai sifat superkonduktifitas ini diperlukan energi untuk pendinginan yang tidak kalah besarnya. banyak peneliti optimis bahwa pemahaman lengkap terhadap proses ini dapat terjadi dalam satu dekade mendatang. BSCCO). Onnes mengambil kesimpulan bahwa hambatan suatu logam akan turun (bahkan hilang sama sekali) ketika mendinginkan logam tersebut dibawah suhu ruang (suhu yang sangat dingin) atau setidaknya lebih rendah dari suhu kritis (critical temperature. Tahun sebelumnya. namun jawabannya masih membingungkan ilmuwan. tepatnya pada tanggal 10 Juli 1908. William Kelvin sendiri memperkirakan bahwa ketika dicapai suhu nol mutlak (0 K) maka elektron akan berhenti mengalir (arus statis). menghasilkan 'lubang' (atau tabung) wilayah metalik normal dalam kumpulan superkonduksi. Superkonduktor tipe-II mengijinkan medan magnet untuk menembus bagian dalamnya dalam satuan flux quanta.Seluruh superkonduktor Tc-tinggi disebut superkonduktor tipe-II. Sifat ini membuat superkonduktor Tc-tinggi mampu bertahan di medan magnet yang jauh lebih tinggi. Namun ada satu masalah disini. fisikawan asal Belanda ini melakukan eksperimen pengukuran resistansi air raksa murni yang didinginkan dengan helium cair pada suhu 4 K (Kelvin) atau -269 C (Celcius). Dari experiment tersebut. membuat pemodelan teoritis sulit.com/fisika/superkonduktor/?wap2 Suhu kritis yang dimiliki tiap material untuk mencapai sifat superkonduktifitas-nya berbeda-beda. Lalu apa yang terjadi bila bahan dapat didinginkan hingga mencapai suhu nol mutlak? Salah satu ilmuwan. . http://www. hingga kini para ilmuwan masih berupaya mencari material superkonduktor yang bisa beroperasi pada suhu ruang (sehingga tidak diperlukan lagi pendingin). Salah satu masalah tak terselesaikan dalam fisika modern adalah pertanyaan bagaimana superkonduktivitas dapat terjadi dalam material tersebut. Tc) logam tersebut. Berikut beberapa bahan yang telah berhasil dibuat menjadi superkonduktor. Salah satu alasannya adalah material yang dipertanyakan sangat rumit. Meskipun riset yang giat telah dilakukan dan banyak menghasilkan petunjuk. Riset sekarang Contoh kecil superkonduktor suhu tinggi BSCCO-2223. Oleh sebab itulah.forumsains.

0 1960-an Niobium-3-timah 8.com/2010/12/teori-superkonduktivitas-dan.blogspot. Superkonduktor pertama kali ditemukan oleh fisikawan Belanda. Onnes berhasil mencairkan helium dengan cara mendinginkan hingga 4 K atau -269°C. Kemudian pada tahun 1911.8Ge0. Bahan keramik yang seyogyanya dikenal sebagai isolator karena tidak bisa menghantarkan listrik sama sekali pada suhu ruang. ataupun suatu insulator pada keadaan ruang. Suhu di mana terjadi perubahan sifat konduktivitas menjadi superkonduktor disebut dengan temperatur kritis (Tc). Onnes mulai mempelajari sifat-sifat listrik dari logam pada suhu yang sangat .html NOBEL Fisika tahun 2003 diberikan kepada tiga orang. semikonduktor.2 1913 Niobium nitrida 16. Pada tanggal 10 Juli 1908. Barium Tembaga dan oksigen yang berhasil menciptakan material bersifat superkonduktor pada suhu tinggi.2Nb3 20. Suhu kritis tertinggi dari bahan superkonduktor sampai saat ini adalah 138 K yang ditemukan pada tahun 1993 dengan rumus kimia Hg0. Mereka membuat suatu keramik yang terdiri dari unsur Lanthanum. dengan menggunakan nitrogen cair sebagai pendinginnya. yakni Alexei Abrikosov dan Vitaly Ginzburg yang mengembangkan teori superkonduktivitas dan Anthony Leggett yang telah menjelaskan fenomena superfluiditas.2 1911 Timbal Pb 7.2Ba2Ca2Cu3O8. Salah satu aplikasi superkonduktor adalah untuk teknik pencitra gema magnet (MRI). Suatu superkonduktor dapat saja berupa suatu konduktor.Bahan Tc (K) Ditemukan tahun Raksa Hg (α ) 4.33 http://kampoeng-bugis. Heike Kamerlingh Onnes. Switzerland. ternyata pada tahun 1986-1987 berhasil didobrak oleh Alex Miller dan George Bednorz. yang juga dianugerahi hadiah Nobel Kedokteran 2003.1 1960-an Al0. peneliti di Laboratorium Riset IBM di Rischlikon.8Tl0. SUPERKONDUKTOR adalah suatu material yang tidak memiliki hambatan di bawah suatu nilai suhu tertentu.7 1960-an Niobium germanium 23.2 1973 Lanthanum barium Tembaga oksida 28 1985 Yttrium barium tembaga oksida (1-2-3 atau YBCO) 93 1987 Thalium barium kalsium Tembaga oksida 125 Yang menarik adalah ketika ditemukan material keramik yang ternyata dapat diubah menjadi bahan superkonduktor. dari Universitas Leiden tahun 1911.

Untuk mengetahui yang sebenarnya terjadi. Abrisokov berhasil memformulasikan teori baru untuk menjelaskan superkonduktor jenis II ini. yakni gejala penolakan medan magnet luar (asalkan kuat medannya tidak terlalu tinggi) oleh superkonduktor. Onnes dianugerahi Nobel Fisika 1913 untuk karyanya. Abrisokov dapat menunjukkan bahwa parameter tersebut dapat mendeskripsikan pusaran (vortices) dan bagaimana medan magnet dapat memenetrasi bahan sepanjang terowongan dalam pusaran-pusaran ini.dingin. Onnes kemudian mengalirkan arus pada kawat merkuri yang sangat murni dan kemudian mengukur hambatannya sambil menurunkan suhunya. ada bahan superkonduktor yang tidak memperlihatkan efek Meissner. Ketiga ilmuwan ini menjelaskan gejala superkonduktivitas dengan pasangan elektron (yang sering disebut pasangan Cooper). Onnes terkejut ketika mendapatkan bahwa hambatannya tiba-tiba menjadi hilang. seperti William Kelvin. Bila kuat medannya melebihi batas kritis. Beberapa ahli ilmuwan pada waktu itu. Mereka bertiga dianugerahi Nobel Fisika tahun 1972. Selain superkonduktror jenis I. Tipe superkonduktor Teori pertama yang mencoba menjelaskan gejala superkonduktivitas adalah teori BCS (Bardeen. Cooper. Pasangan elektron bergerak sepanjang terowongan penarik yang dibentuk ion-ion logam yang bermuatan positif.2 K. Pada waktu itu telah diketahui bahwa hambatan suatu logam akan turun ketika didinginkan di bawah suhu ruang. Pada suhu 4. gejala superkonduktivitasnya akan menghilang. akan tetapi belum ada yang dapat mengetahui berapa batas bawah hambatan yang dicapai ketika temperatur logam mendekati 0 K atau nol mutlak. Percobaan menunjukkan bahwa sifat superkonduktor jenis II tidak dapat dijelaskan dengan teori BCS. memperkirakan bahwa elektron yang mengalir dalam konduktor akan berhenti ketika suhu mencapai nol mutlak. Superkonduktor yang berkelakuan seperti ini disebut superkonduktor jenis pertama yang secara fisik ditandai dengan efek Meissner. Lebih lanjut ia pun dengan secara mendetail dapat memprediksikan jumlah pusaran yang . Ia mendasarkan teorinya pada kerapatan pasangan elektron yang dinyatakan dalam parameter keteraturan fungsi gelombang. Superkonduktor seperti ini disebut superkonduktor jenis II. dan Schrieffer). Perilaku fisik kedua superkonduktor dalam medan magnet diperlihatkan pada gambar 1. Akibat dari adanya pembentukan pasangan dan tarikan ini arus listrik akan bergerak dengan merata dan superkonduktivitas akan terjadi. Ilmuwan yang lain termasuk Onnes memperkirakan bahwa hambatan akan menghilang pada keadaan tersebut.

Landau dianugerahi Nobel Fisika tahun 1962. Teori ini merupakan terobosan dan masih digunakan dalam pengembangan dan analisis superkonduktor dan magnet. Gejala superfluiditas pada 3He terjadi pada suhu seribu kali lebih rendah daripada suhu superfluiditas 4He.172 K.tumbuh seiring meningkatnya medan magnet. Kemudian bila didinginkan lebih lanjut di bawah 2. Teori Abrisokov didasarkan atas teori yang diformulasikan oleh Ginzburg dan Landau. Superfluiditas pada 3He baru ditemukan pada tahun 1970 oleh David Lee. Cairan bebas hambatan Helium di alam ada sebagai dua isotop 4He dan 3He. helium dapat merambat naik dengan bebas dalam kapiler tanpa hambatan. Bila 4He didinginkan sampai kirakira 4 K. Anthony Leggett-lah yang pada tahun 1970-an menjelaskan teori superfluiditas 3He. aplikasi yang populer antara lain dalam MRI (Nobel Kedokteran 2003) dan maglev (kereta super cepat). Gejala yang ditemukan oleh Pyotr Kapitsa di tahun 1930-an ini dengan segera mendapat penjelasan teori yang dikemukakan oleh Landau. yang bertujuan untuk mendeskripsikan superkonduktivitas dan kuat medan magnet kritis. dan Robert Richardson (pemenang Nobel Fisika 1996). Douglas Osheroff. . sementara Kapitsa baru dianugerahi Nobel Fisika pada tahun 1978. gas helium akan berubah menjadi cairan. Teori yang diformulasikan ini ternyata bermanfaat untuk menjelaskan gejala-gejala dalam fisika partikel dan kosmologi. Fenomena unik lain dari superfluiditas helium adalah konduktivitas termalnya yang tinggi. Pengetahuan tentang superkonduktor telah membuat berbagai revolusi dalam kehidupan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful