You are on page 1of 13

TKB 3 1. Apakah model alir sistem perekonomian pasar dapat mewakili realitas perekonomian?

Lakukan observasi dan kajian pustaka lalu berikan penjelasan disertai contoh-contoh penerapannya dalam sektor pertanian! 2. Kasus 1: Pengadaan sarana jalan di pedesaan adalah sangat penting bagi kegiatan pemasaran produk pertanian. Berikan ulasan, bagaimana lazimnya pengadaan sarana dan prasarana publik di daerah asal Anda diselenggarakan? Dapatkah penawaran jasa pengadaan sarana jalan ini diserahkan kepada mekanisme pasar? Jika ya jelaskan, sebaliknya jika tidak berikan argumentasi Anda! Kasus 2: Himpunlah informasi tentang praktek pertanian di negara-negara sosialis yang umumnya menganut sistem perekonomian terpusat. Bandingkan dengan kondisi pertanian di negar-negara yang menganut sistem perekonomian pasar. Berikan ilustrasi empirik disertai contoh-contoh apa kekurangan dan kelebihan masing-masing sistem perekonomian tersebut dalam mengelola sektor pertanian! Jawaban 1. Jika di Indonesia model alir system perekonomian pasar masih belum dapat mewakili realitas perekonomian, menurut literature system ekonomi pasar merupakan Sistem Ekonomi Pasar, yaitu sistem ekonomi yang menghendaki pengolahan dan pemanfaatan sumber daya di dalam perekonomian yang dilakukan oleh individu dan terbebas dari campur tangan pemerintah. Jadi, sistem ekonomi pasar sangat bertolak belakang dengan sistem ekonomi komando. Tokoh yang memopulerkan sistem ekonomi pasar adalah Adam Smith. Bukunya yang terkenal berjudul The Wealth of Nation. Adam Smith menyatakan bahwa ³perekonomian akan berjalan dengan baik apabila pengaturannya diserahkan kepada mekanisme pasar atau mekanisme harga´. Teori ini kemudian dikenal dengan sebutan The Invisible Hands. Sistem Ekonomi Pasar banyak dianut oleh negara Eropa Barat dan Amerika Serikat. Terdapat beberapa ciri sistem perekonomian pasar, di antaranya sebagai berikut:

a) setiap individu memiliki kebebasan untuk memiliki faktor-faktor produksi. Kedua. Asas kekeluargaan ini secara ekstrisik nampak pada pasal 33 ayat 1. Jika di Indonesia. asas ini lekat sekali dengan ide-ide Pak Hatta. mengenai sebuah bentuk perekonomian yang oleh beliau dianggap paling sesuai dengan masyarakat Indonesia . sedangkan secara intrisik asas dapat di pahami dari Pembukaan UUD. Keduanya berjalan secara seimbang. apa asas kekeluargaan itu? Membahas asas ini. Pembahasan selanjutnya mengenai asas ini. Hal ini juga diperkuat dengan adanya literature yang mengatakan garis hidup perekonomian Indonesia terdapat sistem kapitalisme dan sosialisme begitu rupa mempengaruhi ideologi perekonomian Indonesia. akan saya fokuskan pada opsi yang kedua saja. d) peranan pemerintah dalam perekonomian sangat kecil. c) peranan modal dalam perekonomian sangat menentukan bagi setiap individu untuk menguasai sumber-sumber ekonomi sehingga dapat menciptakan efisiensi. Lalu. hal ini berkenaan dengan UUD¶45. Di atas disinggung bahwa sistem perekonomian Indonesia beradasarkan asas kekeluargaan. e) hak milik atas alat-alat produksi dan distribusi merupakan hak milik perseorangan yang dilindungi sepenuhnya oleh negara. Dengan ide inilah Pak Hatta menggagas satu badan ekonomi Indonesia yang di kenal dengan ³koperasi´. Pertama. b) perekonomian diatur oleh mekanisme pasar. dan pasal 33 (2. Dalam pasal 33 ayat 1 yang berbunyi. tepatnya dalam pembukaan dan dua pasal pokok di dalamnya. yaitu asas kekeluargaan dalam UUD¶45. di sini secara jelas nampak bahwa Indonesia menjadikan . setidaknya muncul dua opsi dalam pikiran saya. ³ Perekonomian disusun atas usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. pasal 27 ayat 2.3). system perekonomian yang dianut masih bergulat kepada terpusat dan pasar di satu sisi pemerintah masih ikut campur terhadap perekonomian pasar dan di sisi lain pasar juga dapat menetukan realita perekonomian.

kebersamaan. dan dilanjutkan pada pasal 33 ayat 3 yang berbunyi. Meskipun dalam dua pasal ini tidak terlalu jelas kandungan asas kekeluargaanya. Tetapi ada nilai moral khusus yang menjadikannya istimewa. Kemudian dalam pasal 33 ayat 2 yang berbunyi. Dan yang perlu di garis bawahi. di sini penulis tidak ingin mengatakan bahwa hanya sosialisme saja yang memiliki pengaruh terhadap sistem perekonomian Indonesia. Kemudian dalam pasal 27 ayat dua yang berbunyi. di dalamnya asas kekeluargaan juga muncul secara tersirat. melainkan hanya bagian-bagian yang dianggap sesuai dan baik untuk Indonesia. Hubungan ini tidak hanya sekedar apa yang harus di lakukan dan bagaimana memperlakukan. ³Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan di pergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. kedua pasal inipun akan jadi terkait dengan asas kekeluargaan itu. persamaan hak. gotong-royong. dan nilai-nilai kemanusiaan.´ Makna kekeluargaan di sini lebih jelas di bandingkan pasal 33 ayat 2 dan 3.asas kekeluargaan sebagai fondasi dasar perekonomiannya.´ dari bunyinya dapat dilihat bahwa dua pasal ini mengandung intisari asas itu. Dan hal ini pun tidak jauh beda dengan yang ada dalam pembukaan UUD. ³Cabang-cabang produksi yang bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara´. namun melihat pasal sebelumnya. Namun penulis ingin menekankan bahwa ada bagian-bagian aliran sosialisme yang menjadi bagian sistem ekonomi kita. Ada hak yang menjembatani antara negara dan warga negara. Dan nilai moral itu adalah nilai-nilai yang muncul karena rasa kekeluargaan. Menilik dari substansi-substansi itu dapat diketahui bahwa sosialisme telah mengakar ke dalam tubuh perekonomian Indonesia. Hal ini tercemin dari penguasaan negara akan sumber-sumber daya alam dan kemudian tindak lanjutnya adalah kembali pada rakyat. hal ini dikuatkan dalam . asas kekeluargaan dapat digambarkan sebagai sebuah asas yang memiliki substansi sebagai berikut. Mengacu pada pasal-pasal di atas. bagian-bagian aliran sosialisme yang diadopsi itu bukanlah bagian secara keseluruhan. ³Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. menyeluruh. idealis keadilan. secara tersirat di sini nampak adanya kolektivitas bersama dalam sebuah negara.

Jadi antara kapitalisme dan sistem ekonomi Indonesia memang memiliki kaitan yang cukup erat. Bahkan kadang aset negarapun boleh menjadi hak milik pribadi. Hak memiliki sesuatu jelas adalah suatu yang lazim di Indonesia. Tidak ada ceritanya di Indonesia orang dilarang untuk memiliki sesuatu. sedan pribadi dan banyak lagi hak milik pribadi yang diperbolehkan.´ Kemudian hubungan kapitalisme dan system ekonomi di Indonesia. Hak untuk memilik pekerjaan ternyata juga termasuk hak kepemilikan yang merupakan substansi kapitalisme. dan pembangunan. Selain itu dalam pasal ini juga tersirat bahwa kewajiban negara adalah sebagai agen pelindung individu-individu sebagai warga negara. harga cabai meningkat. Tanggung jawab negara terhadap hak-hak individu ini adalah bagian dari substansi kapitalisme yang menjadikan individu-individu sebagai subjek.TAP No. Cuaca ekstrim mempengaruhi produksi cabai. Namun. Di Indonesia orang boleh memiliki perusahaan-perusahaan. seperti halnya hubungan sosialisme dengan sistem ekonomi indonesia . pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan untuk dapat membantu menurunkan harga cabai seperti . boleh memiliki villa pribadi. Contoh yang relevan untuk menggambarkan system perekonomian di Indonesia di bidang pertanian yaitu pada saat terjadi kenaikan harga cabai. ³Langkah-langkah pertama ke arah perbaikan ekonomi rakyat ialah penilaian kembali daripada semua landasan-landasan kebijakan ekonomi. Selain ada unsur sosialisme ternyata dalam pasal ini juga mengandung unsur kapitalisme. keuangan. yakni masyarakat sosialis Indonesia berdasarkan Pancasila. Kemudian cabai mengalami kelangkaan karena pasar menerima stok cabai yang sedikit dari petani Dan karena permintaan cabai yang semakin meningkat tetapi tidak diimbangi dengan jumlah input produk yang memenuhi maka. dengan maksud memperoleh keseimbangan yang tepat antara upaya yang diusahakan dan tujuan yang hendak dicapai. XIII/MPRS/1966. Hal ini juga dipertegas dalam UUD¶45. kecuali hal itu yang menyangkut hal-hal yang di jadikan pengecualian. Pemerintah tidak dapat ikut campur dalam pengambilan harga. dalam pasal 27 ayat 2 yang telah dibahas di atas. Yang menentukan harga cabai di pasaran adalah pasar.

Konsumsipun ditentukan oleh selera dan keputusan individual. B). A). distribusi. Sarana dan prasarana memang sarat akan penunjang kebutuhan pasar terlebih lagi jalan. Di dalam sistem perekonomian ini. segala perizinan tetap pemerintah atau perangkat desa yang menetukan boleh tidaknya sarana dan prasarana itu ada. buruh. harga barang dan jasa semuanya diatur dan ditentukan oleh mekanisme pasar. Produksi dibuat untuk menghasilkan profit setinggi-tingginya dengan biaya serendah-rendahnya. Jalan merupakan akses penghubung untuk mendistribusikan barang produk pertanian dari tempat satu ke tempat lainnya. Contoh bentuk ekonomi pasar yang paling ekstrim adalah yang disebut dengan ekonomi laissez-faire (menggambarkan lingkungan di mana transaksi antara pihak swasta bebas dari intervensi . Peranan pemerintah di sini relatif kecil di dalam sistem perekonomian ini. Namun. individu dan juga kelompok individu non-pemerintah diizinkan untuk memiliki modal seperti: modal uang. tanah dan sebagainya.mengizinkan adanya cabai impor. Pengadaan sarana dan prasarana public di daerah kami sepenuhnya di atur dan atas perizinan dari pemerintah pusat ataupu pemerintah daerah. Sarana dan prasarana ini tidak bisa dengan serta merta diserahkan kepada mekanisme pasar karena dari pembahasan di paragraf sebelumnya bahwa segala perizinan untuk membangun infrastruktur jalan masih ditetapkan oleh Pemerintah daerah setempat. Hal tersebut merupakan contoh realita system perekonomian di Indonesia 2. Investasi. Warga bisa saja bergotong royong untuk membangun sarana dan prasarana desa untuk kelancaran perekonomian di desa. Kapitalisme adalah sebuah sistem perekonomian yang dalam bahasa modernnya kini disebut sistem Ekonomi Pasar (market economy) yang pada dasarnya adalah sebuah bentuk perekonomian di mana perusahaan-perusahaan swasta dan juga peroranganlah yang paling banyak memegang kendali keputusan atas produksi dan konsumsi.

Hal ini dilakukan karena Amerika merasa sumber daya manusia yang dimiliki sudah mampu untuk melakukannya sendiri tanpa bantuan dari pemerintah. pemerintah juga menentukan jenis-jenis output apa saja yang harus dihasilkan. termasuk peraturan pembatasan. Lawan daripada sistem ekonomi pasar ini adalah sistem Ekonomi Terpusat (centralised economy) atau Ekonomi Terpimpin (command economy). pemerintah memiliki semua alat-alat produksi dan sumberdaya mulai dari modal hingga tanah dan tenaga kerja. Perusahaan hanya berhak dijalankan oleh pemerintah. Produksi pertanian berhasil ditingkatkan. Salah satu contoh Negara yang menganut system perekonomian terpusat yaitu Kuba. di mana pemerintah sama sekali tidak punya peran dalam perekonomian Contoh negara yang menganut system perekonomian pasar yaitu Negara Amerika Serikat. tarif dan monopoli ditegakkan). Pendek kata di dalam perekonomian terpimpin yang paling ekstrim. Ekonomi Terpusat/Terpimpin ini erat hubungannya dengan sosialisme (yang kerapkali dieluelukan oleh para buruh) walaupun ada sedikit perbedaan secara definitif antara ekonomi terpusat dan ekonomi sosialisme. individu dan swasta tidak diizinkan sama sekali menjalankan perusahaan. Bukan itu saja. Program pangan sosial yang konsisten dan adil dipertahankan. Ketersediaan kalori meningkat hingga 25 persen. dan juga pemerintah mengatur jalannya operasi perusahaan-perusahaan di semua jenis industri. Di dalam perekonomian ini. berapa harganya dan juga pendistribusian output2 tersebut di tengah masyarakat. Rahasia keberhasilannya: perubahan-perubahan besar dilakukan oleh negara. berapa besarnya output.m Kuba pulih dari keterpurukan dalam satu dekade. Negara ini memberikan kebebasan penuh kepada para petani untuk menentukan dan mengolah sendiri lahan pertaniannya. karena itu hasil penjualan buahnya harus diserahkan kepada negara dan sebagai gantinya si tukang buah akan mendapat gaji atau upah dari negara mirip pekerja atau buruh Di perekonomian seperti ini semua orang hanya boleh menjadi kuli buruh atau pekerja saja. Ada juga faktor terpaksa berubah akibat minimnya pilihan .negara. pajak. Bahkan tukang buahpun mungkin tidak boleh menikmati hasil jualan buahnya (karena pohon dan buahnya adalah milik Negara).

penyuluhan dan pelatihan. memperkecil pertanian besar. Kuba melakukan perencanaan secara terpusat. keterampilan. total subsidi negara terhadap sektor pertanian turun secara dramatis. serta menahan laju urbanisasi dengan memperbaiki kondisi dan peluang di pedesaan. pengakuan terhadap produksi petani lahan sempit. investasi dalam penelitian pertanian. Hasilnya. Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba 4. Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya 3. otonomi melalui sistem kepemilikan tanah yang lebih baik dan penataan manajemen. termasuk barang modal 2. meningkatkan efesiensi pascapanen. Hasilnya.yang ada. Namun. Yang terpenting. Faktor-faktor lain yang berperan adalah e¿siensi. manajemen distribusi dan produksi pangan diserahkan pada tingkat lokal. Kuba memiliki kedaulatan sistem pangan paling kokoh dalam sejarahnya. dan pengetahuan lokal. fokus pada teknologi berdasarkan sumber daya. Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta) . Setiap orang bebas memiliki barang. bukan lagi asupan impor. beralihnya ke tanaman pangan pokok. Di akhir dekade itu. pengembangan gerakan pertanian perkotaan. distribusi dan produksi pangan menjadi lebih terlokalisasi. Utamanya. pengembangan rencana aksi pangan regional. Produksi dan panen makanan pokok pun terus meningkat. Sebagai negara sosialis. pemberian akses lebih besar terhadap tanah. hubungan produksikonsumsi yang dikembangkan di tingkat lokal. Stabilnya peningkatan dan keuntungan lain dalam sistem produksi pangan tidak hanya akibat penggunaan teknik pertanian berkelanjutan. Diperkirakan turun 50²90 persen antara tahun 1993²1996. Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah : 1. ketersediaan pangan pulih hingga tingkat memadai. dan peningkatan insentif untuk produsen pangan. peningkatan harga dasar produk pertanian. Program perbaikan ditekankan pada meningkatkan keragaman pertanian dan pasar.

Kelemahan sistem ekonomi pasar. Banyaknya persaingan antar petani. diantaranya : a) Menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam penyelenggaraan perekonomian. Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar 6. Persaingan dilakukan secara bebas 7. sebab tindakan ekonomi yang dilakukan didasarkan kepada motif pencarian keuntungan yang sebesar-besarnya. dimana kunci untuk memenangkan persaingan adalah modal. b) Tidak tertutup kemungkinan munculnya monopoli yang merugikan masyarakat. jumlah tenaga kerja. Segala sesuatu yang dilakukan petani baik berinovasi dalam hal teknologi. diantaranya sebagai berikut: a) Sulitnya melakukan pemerataan pendapatan dikarenakan prinsip yang belaku adalah free fight liberalism. b) Kualitas produk yang dihasilkan menjadi lebih baik. dan lain-lain sematamata hanya untuk mencari keuntungan yang besar.5. Kelebihan yang dimiliki oleh sistem ekonomi ini. pemilihan jenis komoditi. Peranan modal sangat vital Sistem ekonomi pasar memiliki kelebihan dan kekurangan. sebab masyarakat diberi kebebasan dalam menentukan kegiatan perekonomian. c) Efisiensi dan efektivitas penggunaan faktor-faktor produksi dapat tercapau dengan baik. Karena segala sesuatunya di putuskan oleh para petani sendiri maka seluruh konsekuensi juga ditanggung oleh petani itu sendiri. Jadi apabila petani tersebut mengalami gagal panen maka kerugiannya akan semakin besar untuk ditanggung. Petani dapat dengan bebas menanam tanaman yang memiliki nilai jual yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Petani-petani yang maju dan memiliki untung besar biasanya dapat melakukan monopoli pasar untuk meraup keuntungan yang lebih besar lagi sehingga petani-petani yang masih . sebab terjadinya persaingan yang ketat. Mengakibatkan petani-petani berinovasi untuk mendapatkan hasil produksi panen yang maksimal.

Pemerintah dapat turut campur dalam hal pembentukan harga Pemerintah menentukan pembentukan harga produk pertanian guna menyamaratakan keuntungan dan kebutuhan masyarakat dan juga petani. ketenagakerjaan. Pasar barang dalam negeri berjalan lancer. Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian 4.baru berkembang akan dapat merugi. Produk pertanian lebih mudah dipasarkan karena pendistribusiannya merata ke seluruh tempat. . Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah 2. 3. 2. Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi. Sistem Ekonomi Komando (Terpusat) Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah : 1. Hak milik perorangan tidak diakui 3. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perekonomian diatur penuh oleh pemerintah sehingga tingkat inflasi. c) Terapat kesenjangan yang besar antara pemilik modal dan golongan pekerja sehingga yang kaya lebih kaya dan yang miskin bertambah miskin. pengangguran dan masalah ekonomi lainnya. dan maslah lainnya diatur oleh pemerintah. Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah Kebaikan dari sistem ekonomi terpusat adalah: 1.

Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat. Keuntungan petani dapat disama ratakan oleh pemerintah jadi apabila ada petani yang rugi. . Mematikan inisiatif individu untuk maju. Pemerintah akan membantu petani tersebut dalam hal permodalan. Petani menjadi kurang kreatif dalam berinovasi sehingga kemampuan petani stagnant hanya sampai disitu.4. 2. 3. 5. Petani tidak memiliki kebebasan dalam memilih sumber daya. Jarang terjadi krisis ekonomi Kelemahan dari sistem ekonomi terpusat adalah : 1. Tidak ada perkembangan lebih lanjut. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan. Akibat terjadinya monopoli pasar petani-petani yang untung dapat saja menjadi rugi dan yang rugi akan semakin rugi.

2011.com/2008/05/02/ekonomi-pasar-lawanekonomi-terpusat/.2011http://handzmentallist. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Wright.DAFTAR PUSTAKA Anonymous. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous. 2009.com/2011/02/makalah-sistemperekonomian-indonesia. U. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous. Belajar Pertanian Ekologis dari Kuba.wordpress. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous.2011.info/2011/02/19/sistem-perekonomian-indonesia/.html#axzz1E6VXatq2.http://en.org/wiki/Laissez-faire. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous.2011http://riviera.2011.wordpress.com/2009/12/macam-macam-sistemperekonomianpengerti.com/2009/12/08/pengertian-sistemekonomi/.2011http://cynthiaprimadita. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous.K. Diakses tanggal 29 Maret 2011 Anonymous.blogspot.wikipedia.ngeblogs.com/2008/02/20/kapitalisme-sosialismedan-sistem-ekonomi-indonesia/.com/bse/pengertian-dan-macam-macam-sistemekonomi.blogspot.html.2011http://gurumuda.2011http://poetraboemi.http://spektrumku.wordpress. Julia. .http://thinkquantum.

0910480274 0910480279 09104802 091048029 091048010 AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2011 .TUGAS PENGANTAR EKONOMI PERTANIAN NAMA KELOMPOK 2: RIZIA YASMINDA SHOFIAH YASMIN TOMI HARDIMAN ZAINUDDIN DIKA SRI P.

Mendeskripsikan trend (perubahan) dari peran sektor pertanian dalamperekonomian daerah. Menggali data dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir (1999 ± 2009) tentang: ‡ Penyerapan kerja menurut sektor ‡ Kuantitas dan nilai ekspor menurut sektor ‡ Pendapatan Domestik Bruto menurut sektor 2.TKB 4 Dalam rangka untuk memperoleh deskripsi keragaman peran sektor pertanian dalam perekonomian daerah (regional) tingkat Propinsi. . Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan peran tersebut (soal nomor 2). 3. maka Mahasiswa diminta untuk: 1. Sertakan referensi (sumber pustaka) yang dapat dipercaya (credible).