You are on page 1of 6

Darah

Kajian Teori : Secara sederhana, darah merupakan cairan berwarna merah yang mengalir dalam pembuluh darah. Darah manusia berwarna merah, dibedakan merah terang apabila kaya akan oksigen dan merah tua apabila darah kekurangan oksigen. Darah manusia volumenya mencapai 4,5 – 5 L. Darah memiliki fungsi antara lain sebagai berikut: •
 

1/13 dari berat badan orang dewasa = ±

Sebagai alat transportasi/pengangkutan : O2 dari pulmo ke seluruh jaringan tubuh CO2 dari jaringan pulmo Sari-sari makanan dan air Sisa metabolisme Mengedarkan hormone dari kelenjar endokrin Sebagai pengatur suhu tubuh Sebagai pengatur keseimbangan asam basa Sebagai benteng pertahanan tubuh dari serangan

   • • •

kuman penyakit.

Darah dibedakan menjadi 2 yaitu : sel darah sebanyak 45% dari darah dan 55% adalah plasma darah. Sel darah tersusun dari sel darah merah (erytrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit) sedangkan plasma darah tersusun dari protein darah, serum serta sari makanan dan garam mineral yang terlarut. Karena darah mengalir di dalam pembuluh darah, maka tentunya darah memiliki tekanan. Tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah di pompa oleh

Tekanan darah dalam kehidupan seseorang bervariasi secara alami. Angka kedua (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan.org (2009). Nomor bawah (80) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan.55 atau 10 kPa) Dari Wikipedia bahasa Indonesia (2009).120 /80 mmHg. tekanan darah merujuk kepada tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri darah ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. dan disebut tekanan sistole. dan disebut tekanan diastole. Angka pertama (140) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut atau berdetak. dan disebut tekanan sistolik atau sering disebut tekanan atas.32 psi atau 15 kPa) 2. ukuran tekanan darah normal untuk manusia dewasa (dengan kondisi saat pengukuran normal. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya diukur seperti berikut .jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. dimana akan lebih tinggi pada . Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya terdapat dua angka yang akan disebut oleh dokter. Tekanan darah juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa. Diastolic : kurang dari 80 mmHg (1. (Trisetiyanto. tidak setelah berolahraga): 1. Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah adalah saat Anda istirahat dan dalam keadaan duduk atau berbaring. Nomor atas (120) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung. dan disebut tekanan diastolik atau sering juga disebut tekanan bawah. 2010) Menurut Crayonpedia. Systolic : kurang dari 120 mmHg (2. maka artinya adalah 140/90 mmHg. Misalnya dokter menyebut 14090.

Tensimeter adalah alat pengukuran tekanan darah sering juga disebut sphygmomanometer. Kantong karet yang membesar akan menekan pembuluh darah lengan (brachial artery) sehingga aliran darah terhenti sementara. paling tinggi di waktu pagi hari dan paling rendah pada saat tidur malam hari. Bila tekanan darah diketahui lebih tinggi dari biasanya secara berkelanjutan. 3. yang bisa berupa jarum mirip jarum stopwatch atau air raksa.saat melakukan aktivitas dan lebih rendah ketika beristirahat. dan pembaca tekanan. kantong karet yang terbungkus kain. Sphygmomanometer terdiri dari sebuah pompa. Pemeriksa memasang kantong karet terbungkus kain (cuff) pada lengan atas. Kantong karet kemudian dikembangkan dengan cara memompakan udara ke dalamnya. Alat ini sangat penting jika ada diantara keluarga menderita memiliki pengukur tekanan darah (sphygmomanometer). Penderita darah tinggi mesti sekurang-kurangnya mempunyai tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat. sumbat udara yang dapat diputar. saat maka jantung perlu dalam fase alat istirahat. Tekanan darah dalam satu hari juga berbeda. 2. Salah satu kunci keberhasilan mengendalikan tekanan darah pasien tekanan darah tinggi adalah pengukuran tekanan darah secara teratur. . orang itu dikatakan mengalami masalah darah tinggi. Stetoskop ditempatkan pada lipatan siku bagian dalam. Pembahasan Cara menggunakan tensimeter air raksa adalah 1. Tekanan sistolik adalah besarnya tekanan yang timbul pada pembuluh arteri saat jantung memompa darah (berkontraksi). Sedangkan tekanan diastolik tekanan adalah darah tekanan tinggi.

Nilai yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk tekanan saat bunyi denyut menghilang disebut tekanan diastolik. berarti harus diperhatikan keandalan dari sphygmomanometer penurunan pasien terlalu tersebut. Seiring dengan terus turunnya tekanan udara. Setelah beberapa menit. air raksa harus selalu tetap berada pada level angka nol (0 mmHg). nilai yang ditunjukkan jarum penunjuk tekanan adalah nilai tekanan sistolik. Pompa manset sampai 200mmHg kemudian tutup katup buang rapat-rapat. Biasanya tekanan darah sistolic akan terlalu tinggi (tampilan) sebenarnya. 5. Laju Penurunan kecepatan dari 200mmHg ke 0 mmHg harus 1 detik. Disini kita melihat apakah ada bagian yang bocor.4. 3. Pertama. Cara melakukan kalibrasi yang sederhana adalah sebagi berikut: 1. jarum penunjuk tekanan. Begitu juga dengan diastolik. Saat tekanan udara dalam kantong karet diturunkan. lambat. pembacaan mestinya tidak turun lebih dari 2mmHg ( ke 198mmHg). 2. perlu dilakukan kalibrasi. ada dua hal yang harus diperhatikan pemeriksa. sebelum dipakai. Saat terdengat denyut untuk pertama kalinya. dengan cara melepas selang dari tabung kontainer air raksa. Agar sphygmomanometer masih dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah dengan baik. 6. Udara kemudian dikeluarkan secara perlahan dengan memutar sumbat udara. Jika kecepatan turunnya air raksa di sphygmomanometer lebih dari 1 detik. . kedua bunyi denyut pembuluh darah lengan yang dihantarkan lewat stetoskop. bunyi denyut yang terdengar lewat stetoskop akan menghilang. 4. Karena jika kecepatan terjadi hasil akan mudah untuk bukan kesalahan dalam menilai.

Penanganan yang tidak baik setelah dipakai yaitu membiarkan air raksa di tabung kaca dan tidak kembali ke tabung air raksa. Akibatnya gerakan raksa saat turun terhambat. Sumber : Anonymus. Ada dua saringan dalam setiap sphygmomanometer air raksa yaitu di lubang tabung kaca dan tendon. Ini disebabkan oleh cara penanganan yang tidak sesuai dari sphygmomanometer air raksa. Saringan yang mampet karena dipakai terlalu lama 2. Alasan yang ketiga adalah masuknya gelembung udara. Keadaan ini menyebabkan dalam waktu yang lama akan mengotori tabung gelas/kaca. Alasan yang kedua berkaitan dengan fakta bahwa air raksa adalah suatu logam berat dan berisi material yang tidak murni. tabung kaca kotor (air raksa oksidasi) 3. Fisika Kesehatan : Modul .Penurunan raksa yang lambat ini dapat disebabkan oleh keadaan berikut: 1. Debu dapat masuk lewat udara. Memindahkan sphygmomanometer air raksa tanpa mengunci air raksa kembali ke kontainer dan meninggalkan klep membuka dapat menghasilkan suatu gelembung udara di air raksa. akan terjadi kelebihan tekanan. Saringan di atas tabung kaca dapat menjadi tersumbat dengan mudah. udara atau debu di air raksa Alasan yang pertama mudah kelihatan. 2010. Ketika air raksa menyentuh saringan.

._Jantung_11.com/2010/11/09/tekanan-darahtubuh-manusia/ http://www......wordpress.... 2010.. Peredaran Darah pada Manusia.. http://trisetiyanto...2 http://id....org/mw/3.crayonpedia..org/wiki/Tekanan_darah .wikipedia..