ILMU KEALAMAN DASAR IPA DAN TEKNOLOGI

KELOMPOK 4 : ELSA AMALIA (3425090138) M. CRYSTAL P. N (3425082011) YULI RAMAH DINI (3425092322)

JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA 2011

dan Fisika. Sedangkan menurut Abdullah (1998:18). energi dan perubahannya. IPA merupakan “pengetahuan teoritis yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas atau khusus. Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu. eksperimentasi. bumi dan alam semesta serta proses materi dan sifatnya. eksperimentasi. penyusunan teori. sistematis. bermetode dan berlaku secara universal”.BAB I PENDAHULUAN A. Selain itu. yaitu techne yang berarti cara dan logos yang berarti ilmu atau pengetahuan. IPA juga terdiri dari tiga aspek yaitu Kimia. Kemudian Sund dan Trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses. penyimpulan. sehingga terbentuk suatu konsep dan prinsip. IPA memiliki ruang lingkup seperti mahluk hidup. IPA sering juga disebut sebagai ilmu alamiah (natural science) yang merupakan pengetahuan yang mengkaji mengenai berbagai gejala alam semesta. Konsep dan prinsip inilah yang kemudian digunakan para ilmuwan untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan tentang gejalagejala alam hingga akhirnya mampu menciptakan suatu inovasi baru yaitu teknologi. Latar Belakang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains (science) diambil dari bahasa latin yaitu “scientia” yang berarti pengetahuan. Biologi. Dari banyak pendapat mengenai pengertian IPA. dapat disimpulkan bahwa IPA merupakan pengetahuan yang berasal dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yaitu berupa metode ilmiah dan didapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum yang akan selalu menuntut untuk disempurnakan. Dalam pembelajarannya. Suyoso juga mengatakan bahwa sains (1998:23) merupakan “pengetahuan hasil kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yaitu teratur. teknologi dapat di artikan sebagai . Secara harfiah. yaitu dengan melakukan observasi. observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain”. Teknologi berasal dari bahasa latin. berobjek. IPA mencakup semua materi yang terkait dengan apa yang ada di alam beserta persoalannya.

dan otak manusia berfungsi lebih maksimal. Konsep teknologi didasarkan pada konsep IPA dasar dan terapan. Seperti yang dikatakan oleh Iskandar Alisyahbana (1980:1). memperkuat. Perubahan teknologis terutama memproduksi lebih jauh riset aplikasi saintifik dan pengembangan pengetahuan teknologis. Sains juga merupakan sarana bagi para ilmuwan untuk dapat melakukan berbagai penyelidikan dan menghasilkan suatu teknologi yang berdaya guna bagi manusia dalam memenuhi segala . sebab itu semakin berkembangnya sanis. teknologi merupakan suatu pengaplikasian atau penerapan dari hasil sains atau ilmu pengetahuan sehingga bermanfaat bagi manusia dan sekitarnya. mantan rektor ITB yang juga pernah menjabat sebagai Menristek RI. Sedangkan Kusmayanto Kadiman. Suatu peradaban tidak semata-mata dapat mempertahakan struktur-struktur politik dan sosialnya atau memenuhi segala kebutuhan dasar rakyat juga budayanya. Berbagai pendapat mengenai tekonologi. Namun juga terdapat berbagai pendapat mengenai arti dari teknologi itu sendiri. dan ekonomi. mendefinisikan teknologi sebagai paduan sempurna antara ilmu (science). atau membuat anggota tubuh. B. Namun. seni (art).pengetahuan mengenai suatu cara untuk memecahkan suatu permasalahan. rekayasa (engineering). dalam kemajuan (Quintanilla 1998). Dengan kata lain. panca indera. teknologi merupakan bentuk pengetahuan praktis berbasiskan sains yang mengarahkan kita secara efisien untuk memecahkan masalah praktis. dengan adanya sains. teknologi merupakan suatu cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang. dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan suatu cara yang ditempuh untuk memenuhi segala kebutuhan manusia dan memecahkan segala permasalahannya dengan menerapkan segala konsep dan prinsip dari berbagai ilmu pengetahuan. dapat terbentuk lingkungan fisik. Dalam pandangan kognitif. Sedangkan kemajuan teknis konsisten dengan peningkatan pengetahuan tergantung pada ekstensi yang luas. maka teknologi pun ikut berkembang dan semakin modern. intelektual dan budaya serta ekonomi. Tujuan Sains merupakan suatu pemecahan masalah mendasar dari setiap peradaban.

Adanya teknologi mampu membuat manusia meningkatkan segala kekuasaan dalam mengendalikan serta menciptakan suatu realitas. Peradaban Manusia. . Juga menciptakan berbagai kemudahan dan keefisiensian bagi kehidupan manusia. Bisa disebutkan bahwa semakin tinggi tingkat kemampuan abstraksi atau berpikir manusia.kebutuhan juga memecahkan berbagai permasalahan kehidupan manusia. Manusia akan mengolah segala rasa keingintahuannya itu dengan menggunakan akal dan berbagai kemampuan berpikirnya. Secara biologis manusia adalah salah satu spesies di bumi yang paling kurang mampu atau tidak memiliki daya penyesuaian lingkungan secara alami. dan Perkembangan Teknologi Sesungguhnya yang paling membedakan manusia dengan binatang adalah ketidakmampuan manusia untuk secara langsung menyesuaikan diri pada suatu lingkungan yang baru. Interaksi ini telah melahirkan bidang ilmu pengetahuan lingkungan. Teknologi mereka ciptakan juga untuk menjadikan lingkungan menjadi nyaman bagi dirinya. Pengolahan dan penyelidikan yang dilakukan manusia itu dapat menghasilkan suatu hal baru yang dapat berdaya guna bagi kehidupan manusia sehari-hari. Hal baru yang diciptakan bisa kita sebut dengan istilah teknologi. serta peningkatannya secara berlanjut. BAB II PEMBAHASAN A. Pada dasarnya. namun juga rasa keingintahuan yang begitu tinggi. teknologi adalah ilmu terapan. namun teknologi itu pula yang mendorong diciptakan dan ditimbulkannya suatu ilmu pengetahuan yang lebih maju lagi. ilmu pengetahuan yang menangani masalah kompleks dan berskala global. Perkembangan IPA. sehingga IPA atau sains itu dapat bermanfaat bagi manusia dan alam semesta. Manusia tidak hanya dibekali akal. maka semakin tinggi pula kebudayaan manusia tersebut. Pola interaksi multidisiplin adalah ciri penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. hingga terpuaskan rasa keingintahuannya. Perkembangan IPA pada umumnya disertai dengan proses penyuburan silang yang melahirkan berbagai bidang ilmu antardisiplin dan teknologi baru.

Sebaliknya. listrik. IPA modern itu kini semakin berkembang baik di masa-masa sekarang. Konsep-konsep dalam IPA dasar sengaja disusun secara ideal agar berlaku secara umum yang nantinya dapat digunakan secara fleksibel. kemajuan teknologi ilmu pengetahuan secara umum. Penelitian yang dilakukan atas dasar keingintahuan lebih bersifat individualistik. seperti molekul. magnet. Konsep-konsep IPA dasar terbentuk dari adanya keingintahuan mengenai sesuatu yang belum diketahui orang. dsb. IPA modern memiliki kelebihan daripada IPA klasik yaitu mampu mengkaji lebih dalam dan lebih detail mengenai suatu objek. tidak pernah lepas dari dorongan keingintahuan (curiousity driven) maupun hasrat pemanfaatannya (application motivied). kajian yang bersifat . seperti pada spektrum atom. IPA klasik pada dasarnya diturunkan dari sistem makroskopis baik dalam konsep mekanika. dsb. biologi molekuler. banyak ilmuwan melakukan penelitian yang berbasis molekuler. Sedangkan IPA modern diturunkan dari sistem mikroskopis. yaitu sekitar abad ke-15. atom. yaitu sistem yang mempelajari segala sesuatu dalam skala yang lebih kecil daripada konsep IPA klasik. dan ilmu bumi (the earth sciences) yang mempelajari bumi kita. mendasar dan tanpa sasaran hasil yang ditentukan sebelumnya. Mulanya. kimia yang mempelajari substansi zat. Dan setelah penemuan mengenai geosentris dan heliosentris. Baru di abad ke-20. Dan ilmu-ilmu alam terbagi lagi menjadi dua kelompok yaitu ilmu alam (the physical sciences) dan ilmu hayat (the biological sciences) (Jujun. S. IPA berkembang semakin pesat hingga terjadi adanya peralihan mengenai konsep IPA dari yang klasik menjadi IPA modern. Ilmu alam ini mencakup fisika yang mempelajari massa dan energi. IPA atau sains berkembang dengan pesatnya dari masa ke masa. dan ilmu pengetahuan alam secara khusus. Pengkajian ini dilakukan untuk mencari suatu kondisi dan penjelasan mengenai suatu objek yang ada di alam semesta. Hingga dewasa ini. Sepanjang sejarah perkembangannya. yaitu percobaan. Sains berkembang dari dua cabang utama yaitu filsafat alam yang kemudian menjadi rumpun ilmu-ilmu alam (the natural sciences) dan filsafat moral yang kemudian berkembang ke dalam ilmu-ilmu sosial (the social sciences). ataupun elektron. dsb. elektron. yang merupakan konsep dari IPA modern. astronomi yang mempelajari benda-benda langit. Keingintahuan itu menuntun manusia untuk mencari prinsip atau teori yang dapat diperoleh dari hasil pengkajian. atom. 2003). termodinamika.Pada perkembangannya. perkembangan ilmu pengetahuan mulai pesat. perkembangan ilmu pengetahuan berjalan lambat sampai abad pertengahan.

Hal ini dikemukakan oleh Alvin Toffler. Temuan-temuan itu pun terus berkembang hingga kini. pada tahun 1650 – 1955 disebut sebagai era industri. yaitu terjadinya revolusi industri. yaitu yang merupakan turunan dari sistem mikroskopis. di bidang industri. Hingga terbukalah dunia akan arti komunikasi dalam kehidupan umat manusia sehari-hari. Kemajuan teknologi dalam bidang komputer dan komunikasi belum juga memperlihatkan titik jenuh. Hal yang perlu diketahui bahwa teknologi telah ada jauh sebelum sains berkembang. seperti dunia bisnis. dan lazim terarah kepada tujuan atau sasaran tertentu. ataupun komunikasi. teknologi masih berdiri sendiri tanpa adanya basis sains. seperti yang dikemukakan oleh Capra (107). pendidikan. kesehatan. Teknologi microchips ternyata tidak hanya mampu memajukan komunikasi. televisi dan komputer. Sesuai konsep IPA modern. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pembuatan suatu alat yang digunakan oleh manusia purba untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Masa itu. kesehatan. sehingga muncul istilah Homo habilis yang berarti manusia terampil. Perkembangan teknologi yang terjadi mampu mengakibatkan perubahan yang sangat signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. pemerintahan. Dengan kata lain. teknologi dikembangkan berdasarkan kaidah pengalaman dan teknik coba-coba.penerapan dapat bersifat individualistik mapun berupa upaya kelompok. Aplikasi ilmu yang dimaksudkan dapat terjadi antar bidang ilmu dasar berbeda. sehingga banyak perusahan raksasa bersaing untuk mengembangkan lebih . yaitu sebutan bagi manusia dalam menunjukkan keterampilannya. ataupun untuk tujuan lebih praktis seperti pemanfaatannya demi pengembangan teknologi. banyak penemuan-penemuan baru mesin industri. Sejak abad 13 – 19. Perkembangannya mempengaruhi berbagai macam bidang yang ada di dunia. Kini telah berkembang teknologi microchips. yang akhirnya tenaga kerja manusia yang ada di pabrik tergantikan oleh adanya mesin-mesin industri tersebut. salah satunya yaitu telah ditemukan adanya alat-alat elektronik seperti mesin cuci yang mampu menggantikan pekerjaan manusia. Selain itu. tetapi juga bidang lainnya seperti radio. teknologi pun banyak ditemukan dalam bentuk yang lebih simpel dan menjadi sangat fleksibel. Manusia purba mampu menghasilkan alat-alat sederhana yang mampu memenuhi kebutuhnnya pada masa itu. dan sebagainya. Contohnya pada penemuan mesin uap yang termasuk dalam penemuan ilmiah namun saat pembuatannya ternyata sama seklai tidak melibatkan ilmuwan.

hal ini diungkapkan oleh Toynbee (2004. Melalui pandangan semacam itu. teknologi merupakan salah satu ciri khusus dari kemuliaan yang dimiliki manusia bahwa dirinya tidak dapat hidup hanya dengan makanan. Dengan adanya teknologi. 1980). teknologi secara umum :  Proses yang meningkatkan nilai tambah . AT&T. manusia menyadari bahwa tidak hanya sisi material yang dibutuhkan. NEC. hingga akhirnya melakukan percobaan dan penyelidikan untuk mendapatkan apa yang mereka cari. B. Namun. teknologi kemudian berkembang lebih jauh lagi. nyaman. Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu. Melalui teknologi. Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. manusia mampu menggambarkan konstituen non-material kehidupannya. Dari perspektif sejarah. kabar terbaru mengatakan bahwa kini teknologi pun telah masuk ke dunia industri dengan ditemukannya alat elektronik anti bakteri pada mesin cuci yang menggunakan teknologi nano. Teknologi juga sebagai manifestasi langsung dari bukti kecerdasan manusia ungkap Toynbee (2004.lanjut. tapi juga sisi non-material. 35). 35). IPA dan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia Manusia yang menciptakan suatu teknologi dan mengembangkan sains tidak lain karena dari manusia itu sendiri yang memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. ide. seperti IBM. Bagi manusia. Matsushita. dan idealnya. yaitu pikiran. Intel. dan sejahtera (Iskandar Alisyahbana. namun juga butuh hal-hal lain yang berhubungan dengan dirinya. teknologi tercipta karena adanya dorongan untuk hidup yang lebih baik. makmur. institusi. jauh dari yang dipahami sebagai susunan pengetahuan untuk mencapai suatu tujuan praktis atau sebagai sesuatu yang dibuat atau diimplementasikan serta metode untuk membuat atau mengimplementasikannya.

karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan itu. Sekarang ini. kita para generasi penerus memerlukan adanya penyelarasan IPTEK dengan pengajaran imtaq untuk melengkapi kecerdasan kita dalam menghadapi pesatnya perkembangan IPTEK. Kemajuan teknologi yang semakin pesat dewasa ini tidak dapat kita hindari. Berbagai inovasi baru yang diciptakan. banyak memberikan manfaat yang positif dan memberi banyak kemudahan bagi manusia. seperti pendekatan menemukan dan pendekatan menyelidikan memungkinkan para generasi menemukan kebahagiaan dalam belajar. 4. Learning to do . 3. Learning to live together . IPA Sebagai Dasar Berkembangnya Teknologi . C. menerapkan suatu upaya agar para generasi menghayati proses belajar dengan melakukan sesuatu yang bermakna. 2. Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja  Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembangkan dan digunakan. proses pembelajaran yang memungkinkan lahirnya manusia terdidik yang mandiri. Learning to be . pendekatan melalui penerapan paradigma ilmu pengetahuan. Learning to know . Cara-cara yang dapat dilakukan anatara lain. Dengan pendekatan ini diharapkan akan lahir generasi yang memiliki kepercayaan bahwa manusia sebagai kalifah Tuhan di bumi diberi kemampuan untuk mengelola dan mendayagunakan alam bagi kemajuan taraf hidup manusia itu sendiri. yaitu : 1. Untuk itu. Generasi akan dapat memahami dan menghayati bagaimana suatu pengetahuan dapat diperoleh dari fenomena yang terdapat dalam lingkungannya. karena adanya teknologi berbagai kegiatan yang sulit dan berat menjadi mudah dan dapat terselesaikan lebih cepat.

karena jika didasarkan pada ilustrasi tersebut. namun tidak boleh dipisahkan (Djoyohadikusumo 1994. . sains dan teknologi dapat dibedakan satu sama lain. Ilmu pengetahuan juga sulit berkembang tanpa sarana pendidikan/laboratorium yang memadai. Prinsip-prinsip dan teori-teori IPA dasar dan pengendalian alam dari IPA terapan digunakan dalam teknologi untuk menyusun objek-objek. Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah dua hal yang tidak terpisahkan karena teknologi memerlukan ilmu pengetahuan untuk berkembang.Kita tahu bahwa teknologi berbasiskan IPA. mobil tersebut dapat menabrak apa saja yang ada di depannya dan bergerak tanpa arah. dapat diibaratkan sebagai mobil yang mesinnya hidup. Namun. Teknologi yang dibentuk tanpa IPA. seringkali diadakan pemisahan antara IPA dan teknologi. sebaliknya ilmu pengetahuan dapat berkembang dari pengalaman lapangan yang didapat oleh teknologi dalam praktek. Bahkan pertentangan antara sains dan penelitian ilmiah yang bersifat mendasar (basic science and fundamental) di satu pihak dan pihak lainnya yaitu sains terapan dan penelitian terapan (applied science and applied research). teknologi tersebut dapat dikendalikan oleh IPA. Teknologi dapat diperoleh dari perkembangan keahlian-keahlian dan keterampilan tertentu dalam praktik dan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa intervensi yang terlalu banyak dari ilmu pengetahuan. bahkan sebagai bejana yang saling berhubungan. Teknologi dapat dibentuk dengan adanya IPA. Sehingga teknologi bergerak aman dan bermanfaat bagi manusia. karena mobil tersebut dapat dikendalikan dan terarah hingga bermanfaat bagi manusia. namun juga dapat terbentuk tanpa adanya IPA. Teknologi dalam bentuk apapun akan sulit berkembang tanpa didukung oleh ilmu pengetahuan yang memadai. mampu bergerak maju tapi tanpa adanya sopir. program nasional dan tradisi masyarakat yang menunjang. Namun lain halnya pada mobil yang memiliki sopir. konsep yang diterapkan pada teknologi pun menggunakan konsep IPA murni dan terapan. Walau memang. Padahal keduanya harus dilihat sebagai dua jalur yang bersifat komplementer yang saling melengkapi. Hal ini terlihat berbahaya. membuat konstruksi di alam. 223). Begitu pula teknologi yang dibentuk atas dasar IPA. Keduanya sangat erat hubungannya dalam memenuhi segala kebutuhan dan keingintahuan manusia. Sains dan teknologi tidak dapat dipisahkan. dan membuat alat untuk mengendalikan kinerja alam. Teknologi mencakup teknik dan peralatan untuk menyelenggarakan rancangan yang didasarkan atas hasil sains.

terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Peranan IPA dan Teknologi di Berbagai Bidang IPA dan teknologi umumnya sangat bermanfaat dan memberi banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Di bidang energi. Ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa pemerataan demokrasi dalam kenyamanan yang diciptakannya. Bahkan. apalagi di zaman modern sekarang ini. pengetahuan dan teknologi lebih banyak orang dapat menikmati pendidikan melalui berbagai cara. Begitu pula pada IPA dan teknologi yang tidak hanya memiliki manfaat dan peranan yang baik bagi manusia dan sekitarnya. Pesatnya kemajuan iptek cukup banyak membawa pengaruh negatif. tapi juga memiliki dampak yang buruk bagi manusia dan sekitarnya. Tak hanya itu iptek juga bisa mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. . D. Namun. nilai-nilai kemanusiaan dewasa ini mulai tergerus.Hasil dari ilmu pengetahuan dan teknologi telah masuk jauh ke dalam kehidupan sehari-hari manusia sedemikian rupa. Antara lain. Hal ini pun membawa distorsi atau ketegangan yang tidak dapat dielakkan. semakin kuatnya gejala “dehumanisasi”. segala sesuatu yang ada di bumi ini pasti ada sisi baik dan buruknya. dampak negatif dari peradaban yang tinggi itu dapat melahirkan kecenderungan pengingkaran manusia sebagai homo-religousus. Namun. tapi juga mempercepat pelaksanaan suatu kegiatan. Unsur-unsur demokrasi atau Melalui ilmu pemerataan lambat laun masuk ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam peradaban modern yang muda. dari segi lain dengan meluasnya kesempatan pendidikan menjadi semakin besar pula tuntutan masyarakat. manusia telah mulai menerobos pemanfaatan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung dan dalam bidang bioteknologi sudah mulai memasuki masa pembuatan protein melalui fermentasi sel-sel tunggal. Segala sesuatunya tidak terlepas dari teknologi yang terus-menerus diperbaharui dan semakin maju. sampai tataran tertentu. Teknologi tidak hanya mempermudah kegiatan manusia.

Dampak positif dan negatif IPTEK di berbagai bidang : 1. maupun keluarga yang berada sangat jauh hanya dengan melalui telepon atau sekarang lebih banyak yang menggunakan handphone.  Manusia dapat berkomunikasi dengan teman. × Kecemasan teknologi . 2.  Berbagai pelayanan seperti bank. Bidang Informasi dan komunikasi Dampak Positif  Manusia akan mendapatkan berbagai informasi lebih cepat dan akurat serta berita-berita terbaru di bumi bagian manapun melalui internet. dan transaksi lain dengan orang yang jauh dapat dilakukan tanpa harus mendatangi bank. kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Bidang Pendidikan Dampak Positif . bisa melalui EBanking atau pun pesan singkat. kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Dampak Negatif × Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris atau penyalahgunaan jaringan komunikasi × Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet dan bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan yang dapat merugikan oang lain. Kerusakan komputer karena terserang virus.

proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru.  Meningkatkan produk-produk yang lebih modern dan berdaya guna bagi masayarakat. karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak atau dibuat suatu animasi yang menarik perhatian anak untuk memperhatikan dan belajar. khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain. Muncul media massa. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah.  Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka . Bidang Industri Dampak Positif  Proses pada suatu industri dapat berjalan efektif dan lebih cepat karena adanya mesin-mesin canggih yang menggantikan tenaga manusia. × Anak-anak akan lebih senang bermain berbagai alat elektronik dibandingkan belajar. Dampak Negatif × Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Dampak Negatif . dengan adanya kemajuan teknologi. 3. Dengan adanya kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain. Sehingga guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan  Muncul metode-metode pembelajaran yang baru.

 Tekanan. Dampak negatif × Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat. khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan .  Pertumbuhan ekonomi makin meningkat karena manusia mampu mengembangkan iptek yang berdaya guna tinggi dan bernilai ekonomi. × Bertambahnya jumlah pengangguran akibat adanya mesin-mesin canggih yang digunakan di pabrik-pabrik. Dampak Negatif × Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Bidang Sosial dan Budaya Dampak Positif  Meningkatnya rasa percaya diri para negara berkembang yang mulai mengenal dan mampu mengembangkan iptek yang tidak lebih buruk dari negara maju. tekun dan pekerja keras. akan melahirkan generasi yang disiplin. 4.× Mesin-mesin yang digunakan dalam suatu industri pasti akan menghasilkan limbah yang berbahaya bagi kesehatan lingkungan. kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi. × Sifat konsumtif manusia yang berlebihan dengan banyak penemuan alat-alat baru. 5. Bidang Ekonomi Dampak Positif  Adanya persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

yang seharusnya bukan untuk kalangannya. × Penyimpangan moral dan perilaku anak-anak di bawah umur akibat melihat dan meniru apa yang ada di internet. membuat manusia menjadi lebih malas karena terbiasa dibantu oleh alat-alat hasil perkembangan iptek. dengan bantuan teknologi tinggi yang mempermudah dan mempercepat kegiatan. manusia menjadi kurang peka terhadap orang lain akibat terlalu asyik dengan dunia elektronik yang berteknologi tinggi. BAB III PENUTUP A. Kesimpulan IPA merupakan pengetahuan yang berasal dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yaitu berupa metode ilmiah dan . menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”. × Pola interaksi antar manusia yang berubah .pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material. × Membentuk manusia yang kurang bekerja keras .

Penelitian yang dilakukan atas dasar keingintahuan lebih bersifat individualistik. dan ilmu pengetahuan alam secara khusus. mendasar dan tanpa sasaran hasil yang ditentukan sebelumnya. program nasional dan tradisi masyarakat yang menunjang.didapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum yang akan selalu menuntut untuk disempurnakan. Teknologi dalam bentuk apapun akan sulit berkembang tanpa didukung oleh ilmu pengetahuan yang memadai. kehidupan. tidak pernah lepas dari dorongan keingintahuan (curiousity driven) maupun hasrat pemanfaatannya (application motivied). teknologi dapat di artikan sebagai pengetahuan mengenai suatu cara untuk memecahkan suatu permasalahan dengan mengaplikasian atau menerapkan hasil sains atau ilmu pengetahuan sehingga bermanfaat bagi manusia dan sekitarnya. dan lingkungannya. IPA dan teknologi memiliki banyak peranan bagi manusia. . yaitu techne yang berarti cara dan logos yang berarti ilmu atau pengetahuan. Entah itu berperan baik atau justru berdampak buruk bagi manusia itu sendiri. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Teknologi berasal dari bahasa latin. Kemajuan teknologi ilmu pengetahuan secara umum. Ilmu pengetahuan juga akan sulit berkembang tanpa adnya sarana pendidikan atau laboratorium yang memadai. Secara harfiah.

Desy Safitri.id/2010/02/peranan-ipa-danteknologi-untuk-memenuhi-kebutuhan-manusia/.rtf... Sondang N. Suprodjo. Ratna Dewi W.. Pusposutardjo. http://ajidedim. http://ajidedim. Supryadi. Siahaan. Jakarta: UPT MKU UNJ. Pengertian IPA. Di akses tanggal 25 Maret 2011. . Di akses pada tanggal 14 Maret 2011. 9 Desember 2008. Betty Zelda. http://wartawarga. Anonim.. Mulawarman. Di akses tanggal 25 Maret 2011. Riswan. Definisi Teknologi.org/file.wordpress..elearning-jogja.S. Ilmu Alamiah Dasar. IPA Dan Perkembangan Teknologi. tanggal 14 Maret 2011. Wiryawan. 20 Mei 2008.com/journal/item/7. Fikri. 26 Maret 2010.wordpress.. http://irfanzizi. http://wartawarga.com/teknologi-islami/2-konsepsi- teknologi/. 2011.gunadarma. Mulawarman.DAFTAR PUSTAKA Anonim. Pengertian Teknologi. Aji Dedi. Raihanati. Konsep Teknologi..ac. Aji Dedi. http://www. Di akses tanggal 25 Maret 2011. http://fikriw. Peranan IPA dan Teknologi Untuk Memenuhi Kebutuhan Manusia. Perkembangan IPA dan Teknologi Terhadap Kehidupan Manusia.com/teknologi-islami/technology/. Ilmu Kealaman Dasar.. 2001. Di akses pada Anonim. Jakarta: Depdiknas. Dian Alfia P. Tri Suharto.php/145/Pengertian_IPA.id/2010/03/dampakDampak perkembangan-ipa-dan-teknologi-terhadap-kehidupan-manusia/.com/2008/05/20/definisi-teknologi/. Di akses tanggal 25 Maret 2011. 27 Februari 2010.ac.gunadarma.wordpress. Ade Suryanda.multiply. Di akses tanggal 26 Maret 2011.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful