01.

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.

2 Tujuan Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman. meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi. Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi. 1. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan.02. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”Pengertian teknologi secara umum adalah: • proses yang meningkatkan nilai tambah • produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja • Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . sehingga seakan-akan memperpanjang. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan . lebih makmur dan lebih sejahtera. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat. Memberikan banyak kemudahan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. pancaindra dan otak manusia. memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh. bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.

walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif. Namun demikian. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan.03. terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Dalam peradaban modern yang muda. Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. dalam dekade terakhir ini. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Bagi masyarakat sekarang. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. . tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. iptek sudah merupakan suatu religion. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer. di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. kebahagiaan dan imortalitas.

Komunikasi dapat dilakukan dalam setiap bentuk bahasa : tulis. BAB II ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN 2. Dimulai pada masa bayi belajar mengucapkan kata-kata. Pertumbuhan fisik menggambarkan perubahan dalam penampilan fisik. Perkembangan kemampuan intelektual atau kognitif Intelektual atau kemampuan berpikir berkembang sejalan dengan pertumbuhan syaraf otak. Pertumbuhan fisik. karena berpikir pada dasarnya menunjukkan fungsi otak. Untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain individu harus bisa menguasai dua fungsi yang berbeda yaitu kemampuan menangkap maksud yang ingin dikomunikasikan orang lain dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain sedemikian rupa sehingga dapat dimengerti oleh orang lain.1. Pertumbuhan setelah lahir merupakan proses lanjutan dari pertumbuhan sebelum lahir sampai dengan tercapainya bentuk fisik yang ideal Pertumbuhan fisik dan perkembangan fungsi biologis setiap individu mempunyai pola dan urutan yang teratur dan akan diikuti oleh perkembangan kemampuan mental spiritual dan perkembangan sosial. makin bertambah usia akan makin terampil bicara dan seinng dengan . Perkembangan bahasa Fungsi bahasa adalah sebagai alat komunikasi . Pertumbuhan sebelum lahir merupakan pertumbuhan janin yaitu sejak terjadinya proses pembuahan dan berakhir pada saat kelahiran dimana kematangan biologis dan jaringan syarat" telah mampu berfungsi secara mandiri.04. 2.3. membangun kosa kata dan membuat kalimat. ungkapan musik. isyarat. 2. Proses pertumbuhan telah dimulai sejak masa sebelum lahir sampai sesudah lahir.2. tetapi dalam banyak hal bahasa lisan merupakan alat komunikasi yang paling efisien. Perkembangan bahasa berkaitan erat dengan kematangan syaraf dan alat bicara serta Hngkungannya. lisan. artistic dan sebagainya.

Kemampuan motorik seseorang berkorelasi positif dengan kemampuan intelektual atau tingkat berpikir. Kondisi yang dimaksud adalah kesehatan anak. d. b. menyampaikan pendapat mereka dan berdiskusi tentang pandangan mereka yang berbeda. Lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang memberi andil yang cukup besar dalam berbahasa. Peranan orangtua sangat penting dalam mengontrol dan memberi pujian atas tingkah laku anak yang baik. Kondisi cacat pada organ-organ yang berhubungan dengan kemampuan berbicara akan mengganggu perkembangan bahasanya. kemudian diperluas ke luar rumah atau keluarganya. Kecerdasan anak. Kondisi lingkungan. Diawali dengan hubungan dengan teman sebaya. Umur. Perkembangan sosio-emosional Manusia sebagai mahluk sosial akan selalu membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Untuk meniru lingkungan tentang bunyi atau suara. perkembangan intelektualnya individu akan mampu meningkatkan pengertian dan pemahaman isi pembicaraan.4. Perkembangan sosial tumbuh dari hubungan individu dengan orangtua atau orang lain di dalam keluarganya.05. Manusia bertambah umur akan semakin matang pertumbuhan fisiknya. bertambah pengalaman dan meningkat kebuiuhannya. Status sosial ekonomi keluarga. memberikan tanggungjawab yang diperlukan dan mengharapkan anak-anak bertindak dengan cara-cara yang lebih matang. Bahasa akan berkembang sejalan dengan pertambahan pengalaman dan kebutuhannya. Lingkungan yang peduli dan penuh kasih sayang akan memacu perketnbangan bahasa dengan baik c. Kondisi fisik. Keluarga yang berstatus ekonomi baik akan lebih mampu menyediakan fasilitas yang baik untuk merangsang perkembangan bahasa anak.Konflik dengan . e. anak dapat menilai dirinya sendiri. gerakan dan mengenal tanda-tanda memerlukan kemampuan motorik yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa : a. 2.

Menurut Stein.menerima pendapat orang lain memerlukan kematangan intelektual dan emosional c. Oleh karena itu secara tidak langsung dalam pergaulan anak. ' . gembira. Pendidikan. ingin tahu. Dari pengalaman-pengalaman mereka akhirnya mereka mengenal kehidupan bersama. pada umumnya menunjukan emosi marah. Sebagai lingkungan pertama yang ditemui oleh anak sangat berpengaruh dalam perkembangan sosialnya b. Kemampuan berpikir. Perkembangan emosi berawal pada masa kanak-kanak. Bersosialisasi memerlukan kematangan fisik dan psikis. sedih dan kasih sayang. d. Untuk mampu mempertimbangkan dalam proses sosial. memberi dan . masyarakat dan kelompoknya akan memperhitungkan norma yang berlaku dalam keluarganya dan sering pula anak akan senantiasa menjaga status sosial dan ekonomi keluarganya. iri hati. Emosi merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan atau peri laku fisik. e.Steven J. teman akan membuat mereka melihat bahwa teman lain mempunyai pikiran. Kematangan . Dengan bertambahnya umur emosi-emosi tersebul dapat dikendalikan. 1. Pendidikan merupakan proses sosialisasi anak yang terarah untuk lebih mengenal norma-norma kehidupan yang lebih luas dan benar. Kapasitas mental : emosi dan inteligensi. a. sehingga akan muncul kelompok elit yang eksklusif.. Masyarakat sering memandang anak bukan sebagai anak yang independent akan tetapi akan dipandang dalam konteksnya yang utuh dalam keluarga anak itu. Status sosial ekonomi. kemampuan mengendalikan emosi dan berbahasa yang baik sangat menentukan keberhasilan dalam bersosialisasi. takut.06. perasaan dan pandangan yang berbeda. "Kebahagiaan adalah produk sampingan dan/atau barometer yang menunjukkan derajat kecerdasan dan kinerja emosional kita". Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial. cemburu. Keluarga. seperti marah yang ditunjukkan dengan teriakan keras dan sebagainya. kehidupan bermasyarakat.

dan apabila teman pergaulannya dan kalangan tertentu.. 2 Tetapi hal ini tidaklah semua remaja/orang akan bersikap seperti itu. suatu perasaan tidak puas karena hasrat/dorongan yang tidak dapat terpenuhi. kekayaan tidak selalu berarti kebahagiaan. Dari hal ini dapat dikatakan orang yang mempunyai derajat rendah dapat menderita depresi/frustasi. Kebutuhan sosial¬ Pemenuhan keinginan saling bergaul sesama siswa dan guru serta orang lain. di samping bertujuan untuk memberikan materi kegiatan setepat mungkin.07. tetapi teman pergaulan dari kalangan tertentu tersebut juga mempunyai gaya hidup yang tertentu pula. Dalam hal ini sekolah harus dipandang sebagai lembaga tempat para siswa belajar. Dikalangan remaja bila terjangkit depresi/frustasi mereka akan menyalurkan ke hal-hal yang bersifat negatif yang dapat merugikan dirinya. Factor lingkungan sosial juga dapat berperan dalam pengaruh emosional seseorang yang diantaranya pengaruh teman pergaulan. bergaul sesama teman dengan jenis . teman pergaulan dari kalangan tertentu bias juga membanggakan diri mereka. ketidak seimbangan dalam jiwa.. Frustasi adalah keadaan bating seseorang. bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan seperti. Kebutuhan Anak / Siswa Pemenuhan kebutuhan siswa. Dengan demikian akan membantu anak / siswa dalam proses belajar –mengajar. keluarga serta lingkungan. apabila dia mengikufi tetapi tidak mempunyai modal ataupun orang tua yang tidak mampu memenuhinya maka akan berdampak kurang baik pada diri siswa tersebut. Adapun yang menjadi kebutuhan siswa antara lain : Kebutuhan jasmaniah¬ Hal ini berkaitan dengan tuntutan siswa yang bersifat jasmaniah. apabila mereka bisa menetapkan sasaran yang membuat hidup lebih bermakna dan dapat membuat tetap aktif lahir dan batin. juga materi pelajatran yang sudah disesuaikan kebutuhan.

(Sardiman A. Lingkungan sosial ekonomi G. Latar belakang pengetahuan dan taraf pengetahuan B. M Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar hal . Spektrum dan ruang lingkup minat F.Hambatan lingkungan dan kebudayaan H. Prestasi belajar K. Kebutuhan Intelektual¬ Setiap siswa tidak sama dalam hal minat untuk mempelajari suatu Ilmu pengetahuan. Hambatan . 08. Motivasi . Keselerasan dan attitude J. suku bangsa. agama.kelamin yang berbeda. Inteligensia I. Tingkat kematangan E. 111 – 112 Adapun karateristik siswa yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar siswa dapat disebutkan sebagai berikut : A. status sosial dan kecakapan. Gaya belajar C. Usia kronologi D.

Jika anda ingin anak anda bebas dari label gaptek namun terhindar dari paparan informasi menyesatkan. Komunikasikan manfaat positif maupun negatif internet kepada anak anda secara gamblang. Namun. ada beberapa pihak yang memanfaatkan internet untuk maksud-maksud yang tidak baik 5.1 Pengaruh Internet Jakarta . penyedia jasa Jejak Kaki internet proctection software: 1. berikut adalah langkah praktis yang yang dipaparkan pakar internet sekaligus direktur utama PT Aneka CL. Jangan biarkan anak anda duduk di depan komputer hingga larut malam 4. Letakkan komputer di ruang keluarga sehingga anda dapat terus memantau kegiatan anak saat mengakses internet 2. Jelaskan. Biasakan anak anda untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan internet. BAB III INTERNET 3. berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet 3. internet juga dapat menjadi bom waktu yang siap memicu berbagai persoalan pada anak.09. Anda dan anak anda bersama-sama duduk di komputer. Pembatasan waktu browsing. Mulai dari kecanduan game hingga mengklik situs porno. Banyak orang tua dan sekolah yang telah memperkenalkan internet pada anaknya sejak usia belia.Internet telah menjadi media komunikasi sekaligus edukasi paling efektif. Berikan tips praktis untuk menghindari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak . Namun. Tentukan waktu online bersama. jika tak pintar mengendalikan. internet adalah media informasi yang paling praktis serta tak terbatas.

6. Mereka tahu betul bagaimana menjadikan hidup anak anda tak hanya dihabiskan di depan computer. tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada siapapun yang tidak dikenal 10. Cari tahu. dengan tidak memberi data pribadi. termasuk dari situs lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet. segera diskusikan dengan ahli. JIka anak anda mulai terlihat kecanduan internet atau game. 7. Tekankan pada anak anda bahwa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.dari pengguna internet. Menggunakan internet protection software lokal. apakan internet menjadi penyebabnya 8. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda. anda dapat mengajukan permintaan untuk menghindarkan anak dari informasi-informasi tertentu yang tidak anda kehendaki. tak kurang 30 situs porno lokal baru muncul setiap bulannya. Misalnya. Jika anak anda memperlihatkan tingkah laku tak wajar. segera diskusikan dengan mereka. Bahkan. tak kalah pentingnya dengan berinternet ria sepanjang hari 9. . Ditenggarai.

Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.11. Memberikan banyak kemudahan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi.1 Kesimpulan Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi. . BAB IV PENUTUP 4. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

DAFTAR PUSTAKA Alisyahbana. Teknologi dan perkembangan. Senin 28 Mei 2007 .com/2007/03/10/ Penulis : Judul : Usaha Sia-sia Mengurangi sumbar. .edukasi.org/problematika_sptr_guru_24.php?kid=16Penulis : Amiruddin. Judul : Potensi Teknologi dan Komunikasi: Teknologi Informasi dan KomunikasiAlamat Dampak Negatif Kemajuan TeknologiAlamat : http://www.net/karyaanda/viewkarya. 1980. Iskandar. Jakarta : Yayasan Idayu Judul : Dampak Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan Sistem PendidikanAlamat : http://www.htmlPenulis : Kompas.wordpress.12.tekkomdik: http://lenijuwita.

3 2. Perkembangan kemampuan Intelektual dan Kognitif ………………………. Perkembangan sosio-Emosional ………………………………………………. BAB I 1.…09. ASPEK-ASPEK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN Pertumbuhan Fisik …………………………………………………………. Perkembangan Bahasa ……………………………………………………….04. INTERNET BAB III 3.04. PENUTUP BAB IV 4.05. DAFTAR ISI ………………………………………………………………………….1 Kesimpulan DAFTAR PUSTAKA .1 1.1 2.DAFTAR ISI Halaman MOTTO KATA PENGANTAR …………………………………………………………………..4 PENDAHULUAN Latar belakang …………………………………………………………………01. Tujuan …………………………………………………………………………02.1 Pengaruh Internet ………………………………………………………….2 2.…04...2 BAB II 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful