PERUBAHAN SOSIAL DAN KEBUDAYAAN

Perubahan hanya akan dapat diketemukan oleh seseorang yang sempat meneliti susunan dan kehidupan suatu masyarakat pada suatu waktu dan membandingkannya dengan susunan dan kehidupan masyarakat tersebut pada waktu yang lampau. Perubahan di dalam masyarakat dapat mengenai nilai sosial, pola perilaku, organisasi, susunan, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan&wewenang, interaksi social dan sebagainya. 1. Perubahan sosial Perubahan sosial adalah segala perubahan padsa lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi system sosialnya, termasuk di dalamnya nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok dalam masyarakat. Banyak para sosiolog dan ahli lainnya yang mengemukakan tentang teori perubahan social dan kebudayaan: William F Ogburn mengemukakan ruang lingkup perubahan sosial meliputi unsure kebudayaan baik yang material maupun immaterial. Kingsley Davis mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. 2. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya a. Perubahan secara lambat dan perubahan secara cepat (dilihat dari waktu) Perubahan secara lambat = evolusi, yaitu perubahan yang terjadi dalam waktu lama. Ciri-cirinya: y y y y Memerlukan waktu lama Perubahannya kecil Perubahan tidak disadari oleh masyarakat Tidak diikuti oleh konflik atau menimbulkan kekerasan. Contoh: perubahan mata pencaharian masyarakat. Perubahan Secara Cepat = Revolusi, yaitu perubahan yang terjadi dalam waktu sangat cepat. Ciri-cirinya: y Membutuhkan waktu singkat

Faktor Pendorong Perubahan Sosial Menurut Alvin Betrand. Perubahan yang membawa pengaruh besar adalah perubahan yang membawa pengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat karena perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial budaya masyarakat. dan sebagainya. Biasanya perubahan yang tidak dikehendaki muncul sebagai dampak dari perubahan yang direncanakan. keyakinan dan sebagainya. Contoh: Industrialisasi membawa pengaruh pada hubungan kerja . nilai. c. b. Perubahan yang pengaruhnya kecil dan pengaruhnya besar Perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan yang tidak membawa pengaruh langsung bagi kehidupan masyarakat. Soerjono Soekarno: Perubahansosial disebabkan oleh faktor intern dalam masyarakat itu dan faktor ekstern. Contoh: revolusi Indonesia tahun 1945. dan lain-lain. gagagsan. Faktor intern antara lain: . Prof. kepercayaan. dari satu pihak ke pihak lainnya sehingga dicapai kata kesepahaman. Perubahan yang Dikehendaki/Direncanakan dan Perubahan yang Tidak Direncanakan Perubahan yang dikehendaki/direncanakan = pembangunan adalah perubahan yang sudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak-pihak tertentu yang ada dalam masyarakat. awal dari proses peubahan social adalah komunikasi yaitu penyampaian ide. lembaga kemasyarakatan. gaya potongan rambut.y y y Perubahannya besar karena menyangkut sendi-sendi pokok kehidupan Perubahan disadari/direncanakan Seringkali diikuti oleh kekerasan dan menimbulkan konflik. pelapisan social. Menurut David Mc Clelland: Dorongan untuk perubahan adalah adanya hasrat meraih prestasi (need for achievement) yang melanda masyarakat. system pemilikan tanah. hubungan kekerabatan. reformasi Indonesia tahun 1998. d. Perubahan yang tidak dikehendaki/tidak direncanakan adalah perubahan yang tidak diperkirakan adalah perubahan yang tidak diperkirakan sebelumnya. revulusi Prancis dan Inggris. Contoh: Perubahan mode pakaian.

akulturasi (pembauran antar budaya yang menghasilkan sifat khasnya). migrasi)  Adanya penemuan baru:  Discovery: Penemuan idea tau alat baru yang sebelumnya belum pernah ada. sebab yang bersumber dalam masyarakat itu sendiri y y y y bertambah atau berkurangnya penduduk penemuan baru pertentangan dalam masyarakat terjadinya pemberontakan atau revolusi b. Penemuan baru didorong oleh. Bertambah dabn berkurangnya penduduk (kelahiran.  Innovation/inovasi: Pembaruan atau penemuan baru yang diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehingga menambah.  Invention: Penyempurnaan penemuan baru. kematian. melengkapi atau mengganti yang ada. kualitas ahli atau anggota masyarakat. Asimilasi (pembauran antar budaya yang menghasilkan budaya yang sama sekali baru batas budaya lama tidak tampak lagi) Faktor yang menyebabkan perubahan sosial dan kebudayaan: a.  Konflik yang terjadi dalam masyarakat  Pemberontakan atau revolusi Faktor Ekstern antara lain:  Perubahan alam  Peperangan  Pengaruh Kebudayaan lain meliputi difusi (penyebaran kebudayaan). Kesadaran masyarakat akan kekurangan unsur dalam kehidupannya. sebab yang berasal dari luar masyarakat y y y sebab yang berasal dari lingkungan fisik yang ada di sekitar manusia peperangan pengaruh kebudayaan masyarakat lain .

contoh. Suku-suku bangsa yang masih dipedalaman. faktor yang mendorong jalannya perubahan y y y y y y y y y kontak dengan kebudayaan lain sistem pendidikan yang maju sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan untuk maju toleransi terhadap perbuatan menyimpang system lapisan masyarakat yang terbuka penduduk yang heterogen ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang kehidupan tertentu orientasi kedepan nilai meningkatkan taraf hidup b. penguasa yang konservatif. contoh. takut hidup susah. Prasangka buruk terhadap unsur budaya asing. faktor yang menghambat terjadinya perubahan y Kurangnya hubungan terhadap masyarakat lain. mempertahankan tradisi. y Adanya kepentingan yang tertanam dengan kuat sekali pada sekelompok orang (vested interest) Contoh: Kelompok yang sudah mapan biasanya tidak mengkehendaki terjadinya perubahan karena takut posisinya terancam. y y y Ketakutan akan terjadinya disintegrasi. Hambatan ideologis. adanya anggapan bahwa suatu perubahan bertentangan dengan suatu ajaran agama tertentu dan lain lain.Faktor yang mempengaruhi jalannya proses perubahan: a. y y Pendidikan yang terbelakang Masyarakat yang bersikap tradisional. y y kebiasaan nilai pasrah .

y Beberapa perubahan memiliki nilai kepentingan lainnya. . Sifat Perubahan Sosial y y y Perubahan social terjadi dimana saja dan setiap lapisan masyarakat Perubahan social yang direncanakan dan tidak direncanakan. y y Asimilasi Asimilasi adalah suatu penyesuaian atau peleburan sifat-sifat asli yang dimiliki oleh suatu masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. y y Difusi Difusi adalah proses penyebaran atau perembesan suatu unsur budaya kepada orang lain dan suatu kelompok masyarakat kedalam masyarakat lainnya. Perubahan social sering menghasilkan kontroversi. Ciri perubahan social Ciri perubahan social adalah : y y Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi pada suatu lembaga kemasyarakatan atan diikuti dengan perubahan pada lembaga-lembaga social lainnya. atau perubahan yang terjadi dalam suatu bidang akan selalu memunculkan bantahan dann konflik dengan paihak lain.3. Macam-macam Proses Perubahan Sosial Budaya Macam-macam Proses Perubahan Sosial Budaya adalah sebagai berikut: y y Akulturasi Akulturasi adalah proses pertemuan unsure-unsur dari berbagai kebudayaan yang bersedia yang dikuti dengan pencampuran unsur-unsur tersebut. baik lambat maupun cepat. 4. y y Difusi ada dua yaitu: Difusi Primer adalah penyebarluasan unsure-unsur kebudayaan baru dalam masyarakat asal kebudayaan tersebut. Misalnya proses pencampuran dua budaya atau lebih yang saling bertemu dan saling mempengaruhi. 5. y Perubahan social yang cepat biasanya menimbulkan disintegrasi yang bersifat sementara karena berada dalam proses penyesuaian diri.

adanya system pengumpulan data yang baik dan teratur d. sehingga suatu 6. penciptaan iklim yang favourable dari masyarakat e. tingkat organisasi yang tinggi f. Modernisasi Pengertian modernisasi mencakup suatu transformasi total kehidupan bersama yangtradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial. sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan social planning . sistem administrasi negara yang baik c.y Difusi Sekunder adalah proses penyebarluasan unsure-unsur kebudayaan suatu masyarakat kedalam masyarakat lain. y y y y Discovery Invenion Inovasi Modernisasi adalah proses perubahan tradisi. sikap dan system nilai dalam rangka menyesuaikan diri dengan kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa lain. kearah pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri negara barat yang stabil Syarat modernisasi: a. cara berpikir yang ilmiah b.

gunadarma.ac.id/Downloads/files/9096/Perubahan+Sosial+dan+Kebudayaa n.com/2009/02/10/perubahan-sosial-budaya/ http://fauziah.staff.wordpress.pdf .DAFTAR PUSTAKA http://cafestudi061.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful