MAKALAH FISIKA LINGKUNGAN

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS)

RAHMI HIDAYATI 07 / 84138 FISIKA

Drs. Asrul, M.Pd

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2008 2 .

Makalah ini menjelaskan sedikit banyaknya tentang prinsip kerja dari sistem pembangkit listrik tenaga surya. Dengan adanya PLTS ini diharapkan dapat menyelamatkan bumi dari efek rumah kaca yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil karena sistem PLTS ini hanya menggunakan sistem sel surya dalam proses kerjanya. Pada dasarnya prinsip dari PLTS ini adalah mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Padang.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah swt karena atas berkat rahmad dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)”. Desember 2008 penulis 3 . Terima kasih penulis ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga dengan adanya makalah ini dapat memberikan kebaikan kepada semua orang.

....................................................................................................................................................................... 2 DAFTAR ISI .................. B.. 6 A.................................................................... 14 F..................................................... 4 B............................. 17 DAFTAR PUSTAKA................................ 3 BAB I PENDAHULUAN.................. 17 A............... Tujuan ....... PLTS Dilihat dari Perspektif Gender.............................. Latar Belakang .... Pemasangan PLTS....... Sistem Sel Surya................. 4 A.................................................................. Rumusan Masalah ... 17 Saran......... Sistem Kelistrikan PLTS................................................... 6 B........................... 15 BAB III PENUTUP........................ 8 C..............................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............................................................. Konsep dan Cara Kerja Sistem PLTS....................... 5 BAB II PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS)........................................................................................... 18 4 ...................... Keuntungan dan Kerugian dari PLTS...................................................... 10 D................................................ 5 C...... Kesimpulan................................................................... 12 E................

Untuk lebih mengetahui apa itu pembangkit listrik tenaga surya. Tidak itu saja di negara-negara sedang berkembang seperti India dan Mongol promosi pemakaian sumber energi yang dapat diperbaharui ini terus dilakukan. Tenaga surya nyaris tanpa dampak buruk terhadap lingkungan dibandingkan bahan bakar lainnya. maka saya akan mencoba untuk sedikit mengenalkan sistem pembangkit listrik tenaga surya ini kepada para pembaca. padahal bahan bakar tersebut nantinya akan habis dan tidak dapat diperbaharui lagi. Pemakaian bahan bakar fosil seperti minyak bumi merupakan sumber polusi terbesar. Amerika Serikat. Adapun alternatif lain adalah dengan mengunakan sumber energi yang non-fosil. di negara-negara industri maju seperti Jepang.BAB I PENDAHULUAN A. Dalam hal sistem pembangkit listrik. sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan lebih diminati karena dapat digunakan untuk keperluan apa saja dan di mana saja. Berdasarkan sumber terbaru dari internet. gerakan hemat energi adalah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan. 5 . LATAR BELAKANG Sebagaimana kita ketahui keadaan bumi semakin lama semakin memperihatinkan. Efek rumah kaca dan polusi menjadi penyebab utama kerusakan di muka bumi. dan beberapa negara di Eropa dengan bantuan subsidi dari pemerintah telah diluncurkan program-program untuk memasyarakatkan listrik tenaga surya ini. salah satu contohnya adalah energi dari sinar matahari yang persediaannya tanpa batas dan dapat dengan bebas digunakan. Dalam keadaan seperti ini.

Oleh karena itu. berjudul 6 . TUJUAN Adapun tujuan dari penulis dalam penulisan makalah ini adalah seperti yang telah disebutkan pada latar belakang di atas. Keuntungan dan kerugian dari PLTS. 2. RUMUSAN MASALAH Dalam makalah ini penulis membatasi masalah yang dirumuskan. Sistem sel surya yang merupakan kompoten penting dalam sistem PLTS. 3. Konsep dan cara kerja sistem PLTS. penulis membuat makalah yang “Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)”.B. Penulis menginginkan pembaca untuk mengetahui sedikit banyak tentang prinsip kerja dari sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya. masalah-masalah yang akan dibahas yaitu : 1. C.

SISTEM SEL SURYA Sebelum kita masuk ke sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.” Menurut sumber. Panel sel surya merupakan modul yang terdiri beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan paralel tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan. Sistem sel surya yang digunakan di permukaan bumi terdiri dari panel sel surya. Dari Wikipedia bahasa Indonesia menyatakan bahwa : “Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. dan aki (baterai) 12 volt. rangkaian kontroler pengisian (charge controller). Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic. pertama kali kita harus tahu dulu tentang sistem sel surya. Yang sering digunakan adalah modul sel surya 20 watt atau 30 watt. Modul sel surya itu menghasilkan energi listrik yang proporsional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari. jumlah penggunaan panel surya pada pemakaian listrik dunia sangat kecil. Hal ini disebabkan oleh biaya yang tinggi perwattnya. Mereka disebut surya atas matahari atau "sol" karena matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang tidak terbatas dan langsung 7 .BAB II PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) A. photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik".

Bila tegangan aki itu mencapai 13. maka kontroler akan mengisi aki dengan panel surya sebagai sumber dayanya. Setelah proses pengisian itu berlangsung selama beberapa jam. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan. Dalam sistem sel surya. rangkaian kontroler pengisian ini mudah untuk dirakit sendiri. tegangan aki itu akan naik. Beberapa jenis sel surya : 8 . tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. harganya cukup mahal sedangkan sistem sel surya yang dijual dalam bentuk paket lengkap yang siap pakai lebih murah. maka kontroler akan memutus pemasokan energi listrik. Bila tegangan turun sampai 10. Jika penurunan tegangan itu terjadi pada malam hari. Sistem sel surya juga terdiri dari rangkaian kontroler pengisian aki.8 volt. kontroler ini merupakan rangkaian elektronik yang berfungsi untuk mengatur proses dari pengisian aki. Tentu saja proses pengisian itu akan terjadi bila berlangsung pada saat ada cahaya matahari.2 volt. Makanya jelas lebih hemat jika membeli sistem sel surya yang siap pakai dari pada merakit sendiri. Pada dasarnya.dapat diambil dari matahari. maka kontroler akan menghentikan proses pengisian aki itu. Akan tetapi. Kontroler ini dapat mengatur tegangan aki dalam selang tegangan 12 volt plus minus 10 persen.

Dalam sistem kerjanya. Listrik AC akan didistribusikan melalui suatu panel distribusi indoor yang akan mengalirkan listrik sesuai yang dibutuhkan peralatan listrik. Energi itu disimpan dalam sebuah baterai (aki) yang bisa digunakan sebagai sumber penerangan pada malam hari atau saat tidak ada sinar matahari. dan juga dengan otomatis akan mengatur seluruh sistem.Cara kerjanya. panel surya biasanya di letakkan dengan posisi statis menghadap matahari. Padahal bumi ini terus dan terus berputar mengelingi matahari dan sumbu edarnya. modul sel surya photovoltaic merubah energi surya menjadi arus listrik DC. B. KONSEP DAN CARA KERJA SISTEM PLTS Konsep dari pembangkit listrik tenaga surya ini sebenarnya sangat sederhana. Besar dan biaya konsumsi listrik yang dipakai di rumah akan diukur oleh suatu Watt-Hour Meters. akan lebih hemat jika modul sel surya ini bisa diproduksi di dalam negeri. Pancaran sinar matahari ditangkap oleh sebuah penel dan diubah menjadi energi listrik. Jadi. Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatannya sebesar 60% dari biaya total. Hal ini akan menyebabkan energi listrik yang diperoleh 9 . yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Arus listrik DC yang dihasilkan ini akan dialirkan melalui suatu inverter (pengatur tenaga) yang merubahnya menjadi arus listrik AC.

Berdasarkan kutipan dari sebuah blog di internet. hingga sistem pompa air tenaga 10 . Hal ini dapat diatasi dengan melengkapi sistem sel surya tersebut dengan rangkaian kontroler optional yang berfungsi untuk mengatur arah permukaan panel surya agar selalu menghadap matahari sehingga sinar mahatari jatuh hampir tegak lurus pada panel suryanya. Agar energi listrik yang diperoleh optimal. Biasanya. kontroler jenis ini cukup mahal.tidak optimal. wartel satelit tenaga surya. Kontroler ini terdiri dari bagian perangkat keras dan bagian perangkat lunak. Kontroler seperti ini dapat dibangun dengan menggunakan mikrokontroler 8031. PLTS bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. paket sistem sel surya yang lengkap belum termasuk kontroler untuk menggerakkan panel surya secara otomatis. pembangkit listrik tenaga hibrida. Mulai dari sistem penerangan rumah tangga. Contoh PLTS Aplikasi Mandiri Dalam aplikasinya. lampu penerangan jalan. kontroler ini tidak sederhana. maka sinar matahari harus selalu jatuh tegak lurus terhadap permukaan panel surya. Karena itu. Akan tetapi.

puskesmas terpencil. penerangan pos keamanan. bisa juga digunakan untuk para nelayan. PEMASANGAN PLTS PLTS di Rancho Seco 11 . camping dan kegiatan outdoor. Di samping itu.surya. C. hingga sistem pengisian baterai radio komunikasi di lapangan.

PLTS di Mongol Selain untuk perumahan. ada juga sistem PLTS yang dipasang di tempattempat umum seperti gambar dibawah ini. Selain itu ada juga pemasangan di parkir bandara dan lain sebagainya. Sistem PLTS di parkir umum Sistem PLTS di Parkir (sumber : SMUD) 12 .

D. Sistem Terintegrasi Listrik yang dihasilkan oleh array dirubah menjadi listrik AC melalui power conditioner. Beberapa fungsi lain : 1. Pengontrol maksimum tenaga listrik Disini fungsi dari power conditioner adalah bagaimana mengontrol agar tenaga listrik yang diproduksi menjadi maksimum. Yaitu komponen listrik yang berfungsi sebagai perubah listrik DC menjadi listrik AC juga mengkontrol agar tegangan keluarannya berada dalam batas tegangan yang diperbolehkan. Sebaliknya apabila listrik yang dihasilkan solar panel sedikit 13 . Mendeteksi islanding Islanding adalah kondisi ketika terjadi pemutusan aliran listrik pada jaringan distribusi yang dimiliki oleh perusahaan listrik sedangkan PLTS tetap bekerja. Bila ini terjadi akan membahayakan pekerja yang akan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada. SISTIM KELISTRIKAN PLTS Power Conditioner Inti dari alat ini adalah inverter. lalu dialirkan ke AC load. AC load disini dapat berupa listrik yang diperlukan di perumahan atau kantor. Jadi apabila listrik yang dihasilkan oleh solar panel cukup banyak (melebihi yang dibutuhkan oleh AC load) maka listrik tersebut dapat dialirkan ke jaringan distribusi yang ada. Hal ini terjadi misalnya apabila timbul kerusakan pada jaringan distribusi listrik. Yang menjadi ciri utama dari sistim ini adalah dihubungkannya AC load ke jaringan distribusi listrik yang dimiliki oleh perusahaan listrik. Hal ini disebut dengan istilah MPPT (Maximum Power Point Tracking). Disini power conditioner berfungsi untuk mendeteksi terjadinya islanding dan dengan segera menghentikan kerja PLTS. Pembagian sistem PLTS 1. 2.

secara peraturan telah memungkinkan. 14 . Selain dari itu bagi rumah atau kantor yang memasang solar panel. mereka akan mendapatkan keuntungan dengan penjualan listrik. Hal ini di banyak negara-negara industri maju. Karena terhubungi dengan sistem distribusi. Biaya baterai dapat dikurangi. alat pendistribusi listrik 4.(kurang dari kebutuhan AC load) maka kekurangan itu dapat diambil dari listrik yang dihasilkan perusahaan listrik. Keuntungan dari sistem ini adalah tidak diperlukan lagi baterai. Contoh Sistim di Rumah (sumber : Sharp Co. maka masalah keselamatan menjadi perhatian yang utama. Salah satu dari pemecahannya adalah membuat power conditioner yang mampu mendeteksi apabila terjadi kecelakaan dan mampu mengkontrol tegangan apabila terjadi perubahan tegangan di AC load dan beberapa soal teknis yang lain. power conditioner 3.Ltd) Keterangan : 1. solar panel 2. alat pengukur banyaknya listrik yang dijual atau dibeli. Persoalan yang dihadapi sekarang adalah soal teknis.

Kapasitas terpasang PLTS adalah 3. Dalam sistem ini. Misalnya peralatan komunikasi yang dipasang di pegunungan. dengan kualitas lebih baik. Contoh dari sistem yang dihubungkan dengan DC load adalah pembangkit listrik untuk peralatan komunikasi. internet) Memberikan akses pada sumber air minum dan pertanian (surya untuk pompa air) Menciptakan bisnis baru didesa (jadi distributor/service center yang mampu dilakukan oleh Koperasi Wanita/Nelayan/Tani/Desa). baterai memainkan peranan yang sangat penting. Sistem independensi dapat dibagi lagi yaitu yang dihubungkan dengan DC load dan yang dihubungkan dengan AC load. Bila ada kelebihan listrik yang dihasilkan. LSM • • • 15 . sehingga jam belajar dan beraktifitas lebih panjang Membukakan akses pada informasi (radio. penerangan dengan Lampu minyak tanah. Dan pada malam hari listrik yang disimpan ini dialirkan ke load. PLTS DILIHAT DARI PERSPEKTIF GENDER Target Konsumen PLTS adalah masyarakat di daerah yang belum dilayani Listrik PLN.4 kW sedangkan dari tenaga angin 1. listrik ini disimpan di baterai. Sedangkan yang dihubungkan dengan AC load adalah sistem pembangkit listrik untuk pulau-pulau yang terpencil. Umumnya rumah terpencil. PLTS dikombinasikan dengan pembangkit listrik tenaga angin.8 kW E. Menurut beberapa sumber.2. TV. misalnya pada siang hari. Sistem Independensi Merupakan sistem yang selama ini banyak dipakai. Yaitu proyek pemasangan pembangkit listrik untuk keperluan rumah sakit dan lampu penerangan. kondisi infrastruktur minim. pendapatan rendah. Sistem seperti ini banyak dipakai di negara-negara berkembang seperti di Mongol. target dari PLTS adalah sebagai berikut : • • Meningkatkan Kualitas hidup masyarakat Memberikan penerangan (lampu).

Pancaran-pancaran gelombang yang dapat mempunyai efek yang kurang baik. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI PLTS Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dalam prosesnya mempunyai keuntungan dan kerugian yang tidak dapat dihindari. 4. tidak memerlukan bahan bakar dan secara otomatis dapat bekerja sendiri tanpa memerlukan operator. PLTS juga awet. Sedangkan kerugiannya antara lain adalah : 1. khususnya perubahan cuaca. Pemanasan setempat ionosfer yang akan mengganggu hubunganhubungan sistem komunikasi lain yang ada. tahan terhadap kondisi lingkungan. F. PLTS sangat handal digunakan untuk penerangan rumah tangga dan untuk penerangan jalan di pedesaan. Dampak kerugian yang timbul a. memberikan jaminan out put modul surya selama kurang lebih 10 tahun dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dalam pemakaiannya serta ramah terhadap lingkungan. Pemasangannya sangat mudah.• Menciptakan Lapangan Kerja memerlukan banyak tenaga lokal) di desa (penjualan dan service center • Menciptakan Tenaga Teknisi di desa. 2. 16 . Adapun beberapa keuntungan dari PLTS yang dikutip dari beberapa sumber adalah sebagai berikut : 1. c. b. Interferensi pada sistem siaran-siaran radio. 3. dan tidak memerlukan jaringan distribusi. tidak memerlukan perawatan. PLTS juga dapat digunakan sebagai sumber listrik untuk peralatan telekomunikasi dan pompa air khususnya di wilayah pedesaan terpencil.

dihadapkan mengarah ke matahari.2. Sedangkan astronomi radio hanya akan terganggu bila lokasinya berdekatan dengan lokasi rectenna atau bila teleskopnya mengarah langsung ke SPS. dll) tidak menghadap ke matahari sehingga memungkinkan timbulnya pantulan sinar matahari ke bumi. Belum ditemukan cara yang tepat untuk mengatasi efek ini. rangka. maka ada kemungkinan timbulnya efek cahaya yang cukup terang di waktu malam yang tampak dengan jelas dari bumi (night sky brightness effect). 17 . dan sebagian yang lain (antena. Efek night sky brightness bisa ditekan dengan pemakaian sedikit mungkin bahan-bahan yang memudahkan memantulkan cahaya matahari. Dampak Pada Astronomi Yakni panel-panel photovoltaic. Cahaya yang dihasilkan diperkirakan seterang cahaya planet Venus dan bisa menggangu astronomi optis. Jika pantulan yang dihasilkan oleh keseluruhan sistem satelit cukup besar. Efek ini tentu tidak menguntungkan bagi dunia astronomi.

KESIMPULAN Di atas telah dijelaskan secara singkat pembangkit listrik tenaga surya. Sebagai penyimpanan energinya adalah sebuah baterai (aki) yang pengisiannya diatur oleh kontroler pengisian aki. 18 . diharapkan penggunaannya dapat dioptimalkan. sehingga pasokannya dapat ditekan dan polusi di bumi juga dapat dikurangi. sehingga dapat menghemat pemakaian bahan bakar fosil. B.BAB III PENUTUP A. Yang diawali dengan penjelasan tentang sel surya. SARAN Dengan telah adanya sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya. PLTS bekerja dengan mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang kemudian dialirkan ke bagian-bagian yang membutuhkannya. Dengan adanya sistem PLTS ini diharapkan kerusakan di bumi karena bahan bakar fosil dapat dikurangi.

wordpress.wikipedia.com/2008/10/pembangkit-listrik-tenaga-suryaplts.DAFTAR PUSTAKA http://agusmaneffendi.org/wiki/Panel_surya http://rhazio.blogspot.com/2007/11/01/pikiran-rakyat-sinar-mataharisumber-energi-tak-terbatas/ http://id.com/2007/09/12/pembangkit-listrik-tenaga-surya/ http://ukie-coolkid.html http://dony1401.com/2008_12_01_archive.wordpress.html http://energisurya.blogspot.html 19 .com/21.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful