GAYA DIPOL-DIPOL

Terjadi pada molekul polar dengan molekul polar.  Dalam fase cair, pusat muatan positif akan tarik-menarik dengan pusat muatan negatif. Contohnya: alkohol dalam air atau air dalam alkohol.  Kedua cairan akan akan bercampur, bila ada daya tarik-menarik antara partikelpartikel yang berbeda. Molekul air dapat berada diantara molekul alkohol dan sebaliknya.

.

GAYA DIPOL-DIPOL Terjadi pada molekul polar dengan molekul polar.  Dalam fase cair. Contohnya: alkohol dalam air atau air dalam alkohol.  Kedua cairan akan akan . pusat muatan positif akan tarik-menarik dengan pusat muatan negatif.

+ + + + + + - .bercampur. bila ada daya tarik-menarik antara partikelpartikel yang berbeda. Molekul air dapat berada diantara molekul alkohol dan sebaliknya.

- fase padat. Contohnya: gula dalam air.  Dalam I KATAN HIDROGEN  Ikatan hidrogen terjadi bila atom hidrogen terikat pada . raksa dalam amalgam padat (Hg2Na). susunan molekul-molekul polar lebih teratur daripada susunannya dalam fase cair.

O or N X Covalent bond (shorter bond) Hydrogen bond (longer bond) Ikatan Hidrogen pada es ENGGOLONGAN IKATAN HIDROGEN hidrogen simetrik Terjadi bila dua atom yang diikat atom hidrogen adalah dua  Ikatan . dan F. O.dua atau lebih atom yang memiliki keelektronegatifan tinggi seperti atom N. O or N X = F. X H X = F.

atom yang sama dan jarak antara dua atom tersebut sama. Contoh: ikatan hidrogen pada KHF2 dan NaHF2  Ikatan hidrogen asimetrik Terjadi bila ikatan-ikatan antara atom hidrogen dengan jarak antarakeduanya berbeda Contoh : ikatan hidrogen pada dimer (H2O)2 dan dimer hidrogen flourida (HF)2 P Berdasarkan jarak antar atom hidrogen dengan atom yang diikatnya 1. .

.

.

2. Berdasarkan banyak molekul yang terlibat dalam pembentukan ikatan a.Nitroanilina. o.Ikatan hidrogen intramolekul Terjadi dalam satu molekul Contoh : ikatan hidrogen intramolekul dalam onitrofenol. + . o-Metil Salisilat Terjadi pada molekul nonpolar dengan molekul nonpolar.

Awan elektron dari molekul tersebut dianggap memiliki simetri bola .GAYA LONDON _ Molekul nonpolar dapat digambarkan dengan lingkaran yang di tengahnya terdapat pusat muatan positif dan negatif berhimpit.

Terjadinya Gaya London + Polarization + _ _ Molecule with instantaneous dipole Karena elektron selalu dalam keadaan bergerak maka pada suatu saat yang sangat singkat dapat terjadi polarisasi awan elektron. Hal ini menyebabkan pusat muatan positif dan negatif memisah dan molekul dikatakan memilikiDIPOL SESAAT (instantaneous dipole) .

 Dalam waktu yang singkat dipol sesaat ini akan hilang tetapi kemudian muncul/timbul kembali. Apabila didekatnya . Timbul dan hilangnya DIPOL SESAAT ini dianggap terjadi terus-menerus dan bergantian.

ada molekul nonpolar sejenis atau berbeda. maka antara keduanya terjadi gaya tarik elektrostatik (GAYA LONDON) . maka molekul denganDIPOL SESAAT akan menginduksi (mengimbas) molekul tersebut sehingga terjadiDIPOL INDUKSIAN (induced dipol) atauDIPOL IMBASAN + + _ _ Molecule with instantaneous dipole Induction +_ Molecule with instantaneous dipole +_ Molecule with induced dipole Nonpolar molecule Instantaneous dipole-induced dipole force or London dispersion force Setelah pada dua molekul tersebut terbentukDIPOL SESAAT danDIPOL INDUKSIAN.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful