PERAN DAN FUNGSI KURIKULUM

Oleh Fauzan

salah satu tanggung jawab kurikulum adalah mentransmisikan dan menafsirkan warisan sosial kepada p generasi muda. sejalan dengan peranan pendidikan sebagai suatu proses sosial. i l . Dengan demikian . sekolah sebagai suatu lembaga sosial dapat mempengaruhi dan membina tingkah laku para siswa dengan nilai-nilai sosial yang ada dalam masyarakat.PERAN KURIKULUM Peranan Konservatif.

PERAN KURIKULUM Peranan Kritis/Evaluatif. kebudayaan senantiasa berubah dan sekolah tidak han a hanya mewariskan kebudayaan yang ada. melainkan juga menilai. memilih unsur-unsur kebudayaan yang akan diwariskan. .

kurikulum melakukan kegiatan-kegiatan kreatif dan konstruktif.PERAN KURIKULUM Peran Kreatif. . dalam arti konstruktif mencipta dan menyusun sesuatu yang baru sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang dalam masyarakat.

. termasuk guru dan sarana serta prasarana d lainnya. disusun secara sistematis dan logis .FUNGSI KURIKULUM Fungsi kurikulum adalah sebagai alat untuk membantu peserta didik untuk mengembangkan pribadinya ke arah g g p y tujuan pendidikan. Kurikulum itu segala aspek yang mempengaruhi peserta didik di sekolah. diberikan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum sebagai program belajar bagi siswa.

Fungsi Integrasi.FUNGSI KURIKULUM 1. maka setiap individu harus mampu menyesuaikan diri secara dinamis. . karena individu hidup dalam lingkungan. Fungsi Penyesuaian. sedangkan lingkungan tersebut senantiasa berubah dan dinamis. 2. kurikulum berfungsi mendidik pribadi pribadi pribadi-pribadi yang terintegrasi.

4. antara keperbedaan dan pemilihan mempunyai hubungan yang erat.FUNGSI KURIKULUM 1. salah satu segi pelayanan pendidikan adalah membantu dan mengarahkan didik d l h b t d hk para siswa agar mereka mampu memahami dan menerima dirinya sehingga dapat mengembangkan p y g semua potensi yang dimi liki 2. kurikulum berfungsi mempersiapkan siswa agar mampu melanj utkan studi lebihlanjut untuk jangkauan yang lebih jauh atau terjun ke masyarakat. 3. 1 Fungsi Deferensiasi. Fungsi Pemilihan. . kurikulum perlu memberikan Deferensiasi pelayanan terhadap perbedaan-perbedaan perorangan dalam masyarakat Fungsi Persiapan. Fungsi Diagnostik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful