Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik

Sesudah tidak berhasil ± rasanya sih; perasaan tidak berdaya itu bener-bener nggak enak ya ± menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA) hari Kamis (28/02) lalu, gw beranikan diri untuk menyusun beberapa tips untuk menghadapinya. Paling nggak buat nanti kalo ngadepin tes ini lagi, gw bisa baca sendiri daftar ini.
y

y

y

y

y

y y

y y

y

y

Soal-soal TPA tidak dirancang untuk dijawab semuanya. Kita ambil soal matematika dasarnya sebagai contoh. 90 soal, 60 menit. Berarti 1 soal 40 detik. Orang jenius macam apa yang bisa ngerjain setiap soal dalam 40 detik? Baca soalnya aja udah 20 detik sendiri. Jadi, strateginya adalah dalam 20 detik membaca soal itu kita sudah tentukan, soal ini gampang atau tidak. Kalo susah, ya tinggal aja, kerjain yang lain. TPA itu soalnya 250 biji, jadi jangan kuatir kehabisan soal. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Ini mungkin trik kuno, tapi beneran harus dipraktekkan. Biasanya yang di depan-depan itu lebih susah dan lebih makan waktu, jadi coba mulai dari bagian belakang. I cannot stress this more, guys. Untuk bagian matematika, hafalkan perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, dan desimal yang sederhana. Ini membantu banget pas ngitung lho, bisa jadi lebih cepat. Gw dah bikinin nih file-nya yang bisa langsung dipelajari. Beli buku-buku TPA ,tapi untuk bisa membayangkan soal TPA yang sesungguhnya, kalikan kesulitannya tiga kali. OTO BAPPENAS memang nggak kira-kira bikin soalnya. Gw udah review beberapa buku yang gw beli untuk siap-siap kemarin. Untuk menaklukkan soal-soal bahasa Indonesia, sering-sering baca kolom-kolom di koran. You know, those on the editorial pages. Soal-soal bacaan/wacananya kebanyakan diambil dari sana. Kalo nemu kata-kata yang aneh, segera konsultasikan dengan kamus Bahasa Indonesia. Coba ingat beberapa istilah kunci di bidang statistik. Ini keluar di beberapa nomor pertanyaan Bahasa Indonesia. Misalnya: variansi, simpangan baku, dan semacamnya. Untuk beberapa soal sinonim atau antonim, bisa membantu kalau kita terjemahkan dulu ke bahasa lain, Inggris, misalnya. Kemarin ada nih soal yang seperti, tapi gw lupa contohnya. Intinya, dari soalnya, gw terjemahkan dulu ke bahasa inggris, baru cari antonim/sinonimnya. Kadang bisa jauh lebih mudah. Sisakan waktu untuk ³nembak´. Jelas. Lihat butir nomor satu. Nggak ada nilai minus kok. Kalau punya waktu dan dana lebih, lebih baik coba ikut tes sungguhan di OTO BAPPENAS. Soal-soal TPA akan susah dibayangkan kalau belum ngalami sendiri. Sarana terbaik mendingan ikutan tes sungguhan aja. Temen gw ada yang ikut seperti ini, dan mereka merasa lebih siap jadinya. Biayanya kalau nggak salah sekitar IDR 350,000. angan terpengaruh orang lain. Kalo kita lihat orang lain pas ngerjain, bisa jadi dia udah jawab lebih banyak soal. Bisa bikin minder dan mengacaukan mental. Nggak usah peduli, kerjain aja punya kita sendiri. Pertimbangkan untuk ikut bimbingan belajar untuk TPA. Kata temen gw, bimbingan model begini lumayan membantu karena di sana diajarkan beberapa pola untuk menjawab pertanyaan TPA.

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional. Saat ini, TPA telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN. Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3. Adapun, Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata. Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram. Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar Tes Potensi Akademik Persamaan Kata (Sinonim) Soal dari tes persamaan kata ini meminta anda untuk mencari satu kata yang setara atau sama atau serupa maknanya dengan makna kata tertentu yang diminta. Anonim A. Nama singkat B. Singakatan C. Kepanjangan dari D. Tanpa nama E. Nama kecil Pandir A. Agak pintar B. Bodoh C. Pandai hadir D. Tidak Jenius E. Pemandangan Tes Potensi Akademik Verbal Antonim Tes antonim ini cukup sederhana. Anda diminta untuk mencari lawan kata atau kata yang bertentangan dengan kata tertentu. Contoh soal

Landai >< A. Datar B. Curam C. Sedang D. Luas E. Lapang Enmity >< A. Kekasih B. Hubungan C. Pertengkaran D. Persahabatan E. Perseteruan Tes Potensi Akademik Padanan Hubungan Kata Jenis soal dalam tes ini meminta anda untuk mengidentifikasi atau mencari kesetaraan atau padanan hubungan antar kata yang diberikan. Kesetaraan hubungan ini harus anda analisa secara cermat untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Tes padanan hubungan jenis 1 Pikiran : Otak A. Buku : Printer B. Kata-kata : Lisan C. Komputer : Ketikan D. Awan : Langit E. Hujan : Uap Penyelam laut dalam : Tabung Oksigen A. Petani : Kerbau B. Perampok : Topeng muka C. Penerjun payung : Parasut D. Polisi : Mobil patroli E. Burung : Sayap Tes padanan hubungan jenis 2 Bulan : Bumi A. Tata surya B. Planet C. Bintang D. Matahari E. Bulan Bumi :

Platina : Logam Permata : A. Intan B. Batu C. Emas D. Safir E. Akik Tes Potensi Akademik Pengelompokan Kata Tes pengelompokan kata ini meminta anda untuk menganalisa satu kata yang tidak identik atau tidak serupa atau tidak masuk dalam kelompok kata yang lainnya.

. Minister of Economy C. 54. Karate Tes Potensi Akademik Numerik Aritmetik (Hitungan) Soal jenis ini sebenarnya cukup sederhana. Namun. 75 E. 550 C. Contoh soal 1 Seri angka : 75 97 60 92 45 selanjutnya. peserta harus mampu menganalisa deret urutan paling logis dan konsisten dari angka-angka yang diberikan. Batik E.0015 = A. Pencak Silat C.366 D.Contoh soal Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya ? A. A. sesungguhnya hanya ada satu pilihan jawaban yang benar.6 B. bagi mereka yang tidak teliti. Prime Minister D. 533. 533. Oleh karena itu. 5336. umumnya akan mudah terpeleset hasil hitungannya. 53. Terkadang seolah ada dua jawaban yang memungkinkan. Namun demikian.55 Contoh soal 2 Berapakah 27. 54 . soal-soal aritmetik dalam tes TPA seringkali menyajikan angka-angka yang alot alias kurang enak dihitung. Minister of Trade E. 55 D. 54 E. Karena hanya merupakan hitungan dasar. Monas D.5% dari 200 ? A. 78 C.5 Tes Potensi Akademik Numerik Seri Angka Untuk mengerjakan tes numerik seri angka ini. Minister of Defence B. Foreign Affair Minister Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya ? A.66 C. 87 B.0049 : 0. Borobudur B. 53366 E. Contoh soal 1 Berapakah nilai dari 8. 102 D.. 45 B.

n Tes Potensi Akademik Numerik Logika Angka Dalam tes logika angka ini. o q D. Contoh soal 1 Jika x-y = 1.Contoh soal 2 Seri angka: 1 5 9 2 6 10 3 selanjutnya. seorang peserta memang haruslah jeli dan banyak berlatih untuk mempertajam daya analisa dan kejeliannya. A. o s Contoh soal 2 Suatu seri huruf : z v r selanjutnya adalah.... Contoh soal 1 Seri huruf: e h a j m b selanjutnya adalah. o r E.. p > q C. p t C.. 7 12 5 D. A. A.. Mana pernyataan yang benar berikut ini ? A. seorang peserta tes TPA harus mampu membuat penalaran logis terhadap satu atau serangkaian persamaan angka-angka yang ada. Jika p = (-m-n)9 dan q = (-n+n)2 Maka yang benar adalah.. x > y D. A. p ± q = -8 . Untuk mendapatkan jawaban. 6 12 3 E. m B. x = 64y E. o C. y = 1/64x Contoh soal 2 Nilai m = 4 dan n = -4. 7 11 4 C. Dan Xy = 64. Peserta diminta untuk mencari deret urutan huruf selanjutnya dari deretan huruf yang ada. t D. x = y64 C. p s B. x = y -1 B. 6 11 4 B. l E. 8 11 5 Tes Potensi Akademik Numerik Seri Huruf Tes seri huruf ini prinsipnya adalah sama dengan tes seri angka.. p = q B.

peserta diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai angka-angka yang dimasukkan dalam sebuah cerita. 7/2x E. A. Andi mungkin memiliki nomor induk mahasiswa B. Tidak dapat ditarik kesimpulan . seorang peserta tes diminta untuk melakukan penalaran yang masuk akal (logis) dari pernyatan singkat yang diberikan. 24 E. 25 Tes Potensi Akademik Logika Umum Dalam soal jenis ini. x/14 D. Andi seorang mahasiswa. Permen X dibungkus dalam kemasan berwarna merah menyala. Andi memiliki nomor induk mahasiswa D. Tidak dapat ditarik kesimpulan Contoh soal tes logika umum 2 Permen yang dibungkus dalam kemasan menarik sangat laris terjual. 7/x Contoh soal 2 Kakak beradik bernama Nia. Maka dalam 7 menit eko mampu membaca berapa halaman ? A. Permen X laris terjual di kalangan anak-anak E. Nur 2 tahun lebih tua dari Nanik. Permen X kurang laris terjual di kalangan anak-anak B. Contoh soal tes logika umum 1 Semua mahasiswa Perguruan Tinggi memiliki Nomor Induk Mahasiswa.D. Nanik 9 tahun lebih tua dari Nia. Permen X laris terjual D. A. Nanik dan Noeng. Permen X tidak laku terjual di kalangan orang dewasa C. 14/x C. 15 D. Andi tidak memiliki nomor induk mahasiswa E. warna merah menyala sangatlah menarik. Jadi. Peserta harus mampu menganalisa nilai angka secara tepat. Berapakah usia Nia sekarang ? A. Contoh soal 1 Jika Eko bisa membaca 2 halaman koran tiap x menit. Menurut anak-anak. 14/2x B. Dan bila usia mereka dijumlah akan mendapatkan angka 95. q < (p-64) Tes Potensi Akademik Numerik Angka Dalam Cerita Dalam tes ini. Belum tentu Andi memiliki nomor induk mahasiswa C. 26 B. q ± p = 64 E. 35 C.

Semangka diletakkan di nomor 3 B. Soal jenis ini terkadang terlihat mudah. ikan salmon bernafas dengan paru-paru Soal 2 Semua pejabat Pemda mendapatkan mobil dinas Pak Rahmat adalah mantan pejabat Pemda Jadi. untuk kemudian bisa menemukan jawaban yang benar. namun bila tidak berhati-hati seorang peserta Tes Potensi Akademik sering terjebak memilih jawaban yang keliru. Contoh soal logika cerita Ada 8 kotak peti. kita diminta untuk melakukan penalaran terhadap berdasarkan diagram yang telah disediakan dalam soal. Bila benar B. Jeruk diletakkan di peti nomor 5 C. masing-masing diberi nomor 1 sampai 7. Pak Rahmat tidak lagi mendapatkan mobil dinas Tes Potensi Akademik Logika Cerita Dalam soal jenis ini. Bila salah pada kesimpulan Soal 1 Semua mammalia bernafas dengan paru-paru Ikan salmon adalah mammalia Jadi. maka mana yang tidak boleh dilakukan ?: A. Bila salah pada pernyataan kedua D. kita diminta untuk menganalisa apakah suatu pernyataan dan kesimpulan yang diambil dalam sebuah soal itu salah ataukah sudah benar. Contoha dari tes verbal analisa silogisme adalah seperti berikut : Untuk tes logika silogisme ini. Bila pernyataan pertama dan kedua salah E. mangga dan durian akan dimasukkan kedalam peti-peti tersebut dengan aturan sebagai berikut : ‡ Durian harus dimasukkan ke peti nomor 4 ‡ Semangka tidak boleh diletakkan tepat disamping melon ‡ Jeruk harus diletakkan disamping mangga Jika melon diletakkan di peti nomor 2. Contoh soal tes logika diagram . kita diminta untuk mempelajari suatu cerita singkat dan kemudian melakukan penalaran terhadap setiap pertanyaan yang diberikan berdasarkan informasi dari cerita. melon. Bila salah pada pernyataan pertama C. jawablah : A. Namun kita harus melakukan penalaran terlebih dulu. Jambu diletakkan di peti nomor 1 Tes Potensi Akademik Logika Diagram Dalam soal tes jenis ini. Umumnya jawaban dari soal jenis ini tidaklah eksplisit (terlihat langsung dalam cerita). Buah jambu. semangka. Mangga diletakkan di peti nomor 7 D. jeruk.Tes Potensi Akademik Analisa Pernyataan dan Kesimpulan (Silogisme) Dalam soal jenis ini. Semangka diletakkan di peti nomor 5 E.

Sebagian A adalah juga B B. Semua D adalah B E. Anda diminta untuk menganalisa gambar apa yang akan menjadi gambar lanjutan dari sederet gambar yang ada. Contoh soal Carilah gambar lanjutan dari sederet gambar berikut Tes Potensi Akademik Hubungan Gambar Jenis tes ini mengharuskan seorang peserta untuk mencari hubungan atau padanan hubungan gambar yang tepat dari model yang diberikan. Sebagian E adalah B D. manakah pernyataan yang tidak benar dibawah ini ? A. Karena jenis soal dalam tes ini seringkali mengandung banyak jebakan.. peserta harus mampu membedakan . Sebagian B juga A C. Tes Potensi Akademik Pengelompokan Gambar Soal-soal yang diberikan dalam jenis tes pengelompokan gambar ini harus dicermati oleh setiap peserta Tes Potensi Akademik. Semua E adalah A Tes Potensi Akademik Spasial Seri Gambar Tes seri gambar ini mirip dengan seri angka maupun seri huruf.Berdasarkan diagram diatas. Dalam jenis soal ini.. Contoh soal Carilah padanan (kesetaraan) hubungan gambar berikut ini.Ada beberapa jawaban yang sekilas terlihat benar.

yang menjadi kendala adalah waktu pengerjaan setiap butir soal sangatlah terbatas. peserta tes harus mampu menemukan jawaban yang benar dalam waktu sesingkat mungkin. Contoh soal Kertas berbentuk apa sajakah yang diperlukan untuk menutup rangka kawat berikut ini ? . Tes bayangan gambar ini merupakan salah satu jenis tes yang menguji kejelian spasial (daya logika ruang) seorang peserta. soal bayangan gambar ini mungkin tidak terlalu sulit bagi para peserta tes TPA. atau sebangun atau serupa dengan bagian-bagian dari gambar induk.. Tes Potensi Akademik Spasial Bayangan Gambar Jika tidak dibatasi waktunya. Contoh soal Carilah gambar yang tidak masuk dalam kelompoknya. Contoh soal tes bayangan gambar Gambar sebelah kiri adalah gambar asli yang harus anda cari bayangannya di sebelah kanan. Tes Potensi Akademik Identifikasi Gambar Dalam soal jenis identifikasi gambar ini anda para peserta tes diminta untuk menganalisa dan mengidentifikasi gambar mana yang sesuai identik. Dengan demikian.. Garis vertikal adalah cermin.satu gambar yang tidak identik atau tidak serupa atau tidak masuk dalam kelompok gambar-gambar yang lainnya. Namun.

.

1 Test Persamaan Kata 1. PROTESIS : a. Dibagi dua b. Penggugah rasa b. Ijin menetap Answer: a 2. Normal e. pilihlah salah satu jawaban yang saudara anggap paling tepat diantara pilihan yang tersedia 1. Perubahan d. DIKOTOMI : a. Thesis d. Disertasi e. Umum d. BAKU : a.Contoh Soal CPNS: TEST POTENSI AKADEMIK KUMPULAN SOAL UJIAN SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL MATA UJIAN : TEST POTENSI AKADEMIK TINGKAT : SARJANA/DIPLOMA HARI/TANGGAL : LOKASI WAKTU : 180 MENIT PETUNJUK : Untuk soal nomor 1 sampai dengan nomor 110. EVOKASI : a. Hipotesis b. Perkiraan b. Pengungsian e. Praduga c. Dua kepala . Penilaian c. Standar c. Buatan Answer: e 4. Asli Answer: b 3.

Harus ada c. Bebal e. Timbal balik e. Keuntungan d. Tiada berair b. ANDAL : a. RABAT : a. Terkebelakang Answer: c 7. Prosa b. Jera mengulangi .c. Dwi fungsi Answer: a 5. Tambah gaji b. Tangguh d. Alat menangkap ikan b. Kelengkapan e. Dua kekuatan e. Selalu negatif Answer: b 6. Tabel d. Puisi c. Potongan c. Terali e. Pola kerja Answer: d 9. Alat hitung c. Air mineral d. Lingkungan c. Pembayaran kembali e. Terinci 8. KISI-KISI : a. Deskriptif d. NARATIF : a. Kembar dua d. SINE QUA NON : a. Dampak b.

Gerak d. MUDUN : a. Bergerak b. TRANSEDENTAL : a. Keragu-raguan b. KEDAP : a. Kesinambungan d. Mufakat Answer: b 11. MOTILITAS : a. Setuju e. Tembus pandang Answer: c . Angka kematian b. Panganan Answer: b 12. Kematangan d. Dorongan e. Referensi d. Tembus d. Beradab c. Keberlakuan b. Kebenaran Answer: e 13. Problema b. KESAHIHAN : a. Abstrak e. Sebangsa hewan c.Answer: b 10. Kemantapan e. Kesalahan c. Rapat c. Kelambatan e. Pukulan Answer: c 14. Berpindah c.

Tidur b. Mengaduk b. Penulis naskah c. Dipotong melintang d. Ditelan bulat-bulat e. SUTRADARA : a. Menager tontonan e. Tak bisa tidur e.15. Berbuat curang d. Disepak keatas b. DITENGAK : a. Diminum sedikit-sedikit Answer: d 19. Mengakali c. Ramalan c. Anggapan d. Ditendang dengan bangga c. Rekaan Answer: c 17. INSOMNIA : a. Memotong kecil-kecil Answer: b 18. MENGECOH : a. Kenyataan Answer: d 16. Pemimpin acara b. Cemas c. Perbandingan e. Pengatur skenario d. Kesimpulan b. ASUMSI : a. Pengarah adegan Answer: e . Membuat kacau e. Sedih d.

Bimbingan e. pelestarian Answer: d 2.20. Individual c. PROMINEN : a. Pembangunan d. Pemeliharaan b. Internal e. DEDUKSI : a. Transduksi e. Perbaikan e. KENDALA : a. Kekerasan b. Pembongkaran c. Konduksi c. Pendukung c. Pendukung c.Test Lawan kata 21. Pelapor Answer: c 24. Manifestasi d. Biasa d. EKSRINSIK : a. Setuju e. PEMUGARAN : a. Keserasian Answer: d 23. Intuisi Answer: a . Eksentrik b. Terkemuka b. Reduksi d. Induksi b. Konsensus d. Gejala Answer: b 22.

Menumpuk b. Pemukiman e. tradisional Answer: d 27. Invalid Answer: d . BONGSOR : a. Macet e. Rokhaniah d. Susut Answer: c 28. Migrasi b. Monolog d. Intimasi b. Larangan masuk Answer: c 26. Emigrasi d. SEKULER : a. Tertua c. Transmigrasi c. Interaksi c.25. Prolog Answer: e 29. Analog e. IMIGRASI : a. Dialog c. Hipolog b. Dependen e. Keagamaan e. MANDIRI : a. Duniawi c. Kerdil d. EPILOG : a. Ilmiah b. Korelasi d.

Anomali e. Spiritual c. Bebas e. Ombak d. Melayang b. Tak teratur Answer: a . Bertahan Answer: b 32. Radikal b. Mapan c. Imbang Answer: b 31. SUMBANG : a. Kering c. Kusut b. Tak pilih-pilih Answer: e 34. Terbenam Answer: e 33. Konsklusi d.30. Menetap b. Mirip d. Kokoh b. Pasti c. Tepat c. Sesuai norma d. NOMANDIK : a. TERKATUNG : a. BERSIMBAH : a. Cemerlang e. Gersang d. Laras e. ELEKTRIK : a. Terperosok e.

Kaki : paha d. Perut : dada Answer: b 39. MATA : TELINGA = a. Dongeng : peristiwa c. Gelas : nampan c. Air : tempayan d. Perpustakaan : penelitian Answer: e 37. Jari : tangan b. Dugaan : rekaan d. Akademi : taruna b. Proposisi Answer: b 3. Test Padanan Hubungan 36. Data : estimasi e. UANG : PUNDI-PUNDI = a. Ruang pengadilan : saksi d. Konklusi b. Persepsi d. Lidah : hidung c. Dagelan : sandiwara b. Posisi e.35. SEMINAR:SARJANA= a. Lutut : siku e. Bunga : jambangan b. PROPOSISI : a. Rumah sakit : pasien c. Konservator : seniman e. FIKTIF : FAKTA = a. Rencana : projeksi Answer: b 38. Rokok : asbak Answer: c . Buku : percetakan e. Raksi c.

Dingin: beku Answer: c 44. Rumah : kamar c. Kereta : langsir c. Tegel lantai b. Jentik : nyamuk e. Kertas : buku Answer: d 43. Domba : daging b. Telur :ayam d. Tembikar : keramik c. Hangat : listrik e.40. Atap : genteng Answer: e . Keramik :mozaik d. Batu : pasir b. POHON : BUAH = a. Beton : semen e. SENAPAN : BERBURU = a. BATA : TANAH LIAT = a. Pancing : ikan d. Abu : arang c. Terang : matahari d. Ketam : sapit Answer: b 41. Parang : mengasah Answer: d 42. Bunga : buah d. Dinding :cat e. Hujan : awan b. PANAS: API = a. Sapi : susu c. KULIT : SISI = a. Perangkap : menangkap e. Kapal : bertabuh b.

Persediaan : penawaran d. Kaki : kaus Answer: b 48. Pakaian : bugil e.45. Garantologi : keturunan c. Sabut : kelapa b. Lantai : licin Answer: d . Patologi : penyakit e. TUNTUNAN : SANTUNAN = a. Mual : obat c. Rusak : ganti rugi e. Bosan : tidur e. Membaca : gambar Answer: a 47. RAMBUT : GUNDUL = a. Padagogik : sekolah d. Permintaan : pemberian c. Jari : concin d. Rumah : atap c. Bulu : cabut b. Mengantuk : melamun d. METEOROLOGI : CUACA = a. Botak : kepala d. Undian : hadiah b. Album : foto e. Mobil : mogok c. Astronomi : fisika b. Antropologi : fosil Answer: d 46. LAPAR : NASI = a. KEPALA : HELM = a. Tabungan : pembelanjaan Answer: b 49. Haus :air b.

37 e. 4/9 c. 7175 b.50. 5379 Answer: a . (55 + 30)² = a. 28 adalah berapa persen dari 70 a. 7/9 Answer: c 54.33 c. Berapakah 33% dari 163 a. 7225 d. 20 Answer: b 53. 54. 50 b. 25 e. Luas : panjang c. 2 7/9 e. 8025 Answer: c 52. 7125 c. 40 c. 2/3 d. 543 d. 53. 9025 e. Radius : busur Answer: a 5. DIAMETER : LINGKARAN = a. 25/81 b. 30 d. Test Aritmatik 51. Tinggi : segi tiga d. 5. V(9/4 x 16/81) = a. Sudut : tegak lurus e. Diagonal : segi empat b.79 b.

60 e.04 = a.55. 399 b. 2 ¼ b.66 b. V(23² + 696) = a. 6/25 c. 3 = berapa persennya 20 a. 15 Answer: e 57. 25 Answer: b .09 d. 35 c. 50 Answer: a 59.009 b.036: 0. 150 b.9 e. 2 ¼ : 4/11 = a. 75 e.15 d. 1. 0. 36/44 e. 109 Answer: d 58. 6 5/8 d. 5 d. 97/16 Answer: b 56. 0.9 c. 6 3/16 c. 10. 1225 d. 625 e. 6 2/3 c. 100. 10. 0. 4. Jika p=2 dan q=3 Serta r=p² + 2pq+q² Berapakah : pqr ? a.

47 Answer: c 63. 6. 2. 35/6 e.25 e.0025 b. 304.47 e. V(2-0. 0. 0.80 d. 1. 1.60. 70/12 d. 0. 1. 0.25² = a. 0.01 Answer: c 64.56) + V(1-0. 5 10/12 Answer: b . 0. 4.68 d. 0.625 c. 0.00625 Answer: c 62.0625 d. 0. 0. 8 2/5 c. 0.71 Answer: b 61.96 e. 0.34 b. 8 4/5 b.09 : 64.56 e.70 d.407 b. 0. 1.64) = a.875 : 1 ¼ = a.7 = a.70 c. 4.07 c.70 c. Jika p=4 dan 9=3 serta r=(p+2q)/pq Terapkan : (p+q)/r a.75 b.

7 9 Answer: c . 9 c. 16 e. 12 Answer: c 67. Suatu seri: 2-4-2-4-6-4-6-8-6-8-10-8 seri selanjutnya : a. 8 b.7 e. 68. 17 Answer: e 68. 10 e. 5 6 b. 7 c.4 c. 75. Suatu seri: 5-7-10-12 seri selanjutnya : a. 8 d. 11 e. Suatu seri: 2-5-7-3-6-8-«-« seri selanjutnya : a.65. 7 8 d. 75 d. 10 d. 15 d. Suatu seri: 100-4-90-7-80 seriselanjutnya : a. 13 b. 67. 14 c. 6 7 c. 11 Answer: d 69.3 Answer: c 6. 6 8 e. 101. Test Seri 66. 6 b. V(5100 + 525) a.6 b.

Suatu seri: 14-10-6-13-9-5-12 seri selanjutnya : a. 8 d. Suatu seri: 1-2-3-2-4-6-4-8 seri selanjutnya : a. 13 e.70. 9 e. Suatu seri: 50-40-31-24-18 seri selanjutnya : a. 7 Answer: a . 10 c. 16 b. Suatu seri: 3-5-8-12 seri selanjutnya : a. 15 c. 12 d. 8 e. 6 e. 5 b. 17 d. 12 Answer: d 74. 12 Answer: c 72. 4 Answer: a 73. 18 e. 15 b. 19 Answer: c 71. Suatu seri: 9-5-1-2-10-6-2-3-11-7 seri selanjutnya : a. 6 c. 4 c. 14 d. 12 b. 8 d. 16 c. 3 b.

13-14-13 Answer: c 77. 12 e.7 c. 10 c.5. 14-13-14 d. 14-15-13 e. Suatu seri: 11-19-10-20-9-21-8 seri selanjutnya : a.7 b. 7-24 d. 6.4. 23-22 c. 7-22 e. Suatu seri: 2-1-2-1-3-3-3-4-4 seri selanjutnya : a. Suatu seri: 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13 seri selanjutnya : a. 4. 3. 5-6 b. 11-15-13 b. Suatu seri: 16-5-9-25-6-11-24-7 seris elanjutnya : a. 5. 12-9 Answer: a 79. 22-7 b.5.4. 9-10 d. 12-16-14 c.4 e. 10-9 e. 29-26 Answer: a . 11 d. 9 b. 7. 7-6 c. Suatu seri: 5-6-7-5-6-7-8-5-6-7-8-9 seriselanjutnya : a.7 d.5 Answer: c 76.4. 13 Answer: e 78.75.

80. 8 e. 7 d. 9 Answer: b 8. Jika x=1/16 dan y=16%. 6 c. (1/4) dibanding (3/5) adalah a. 5 berbanding 12 d. X dan y tak bisa ditentukan e. Xy>y Answer: b . maka : a. 3 berbanding 20 c. X=y d. Suatu seri: 3-4-4-5-5-5-6-6-6 seri selanjutnya : a. X>y b. Test Logika Number 81. X>y b. X c. 1 berbandig 3 b. X>y b. X c. X c. Xy Answer: a 84. X dan y tak dapat ditentukan e. 2x =64 : 3y =81 maka: a. X dan y tak bisa ditentukan e. 3 berbanding 4 e. X=y d. Jika x=-(36) dan y=(-3)6 maka a. 5 berbanding 4 Answer: c 83. X=y d. X² >y Answer: b 82. 5 b.

X dan y tidak bisa ditentukan e. Jika a = 2 dan b = -2 X=(a-b)2 dan y=(b-a)2 a. (x+y+z)w c. X=y d. 2x<2y Answer: a 88. wx+x+y+z e. Jika sembarang bilangan dan x=3p2±5 dan y=2p2 + 4 a. X>y b. X=y d.x. X=y d. maka : a. X dan y tak bisa ditentukan e. wx+wy+wy b. X c. Jika x=berat total p kotak yang masing-masing beratnya q kg.y. 2x>2y Answer: c 87. X>y b. X c. 2x>2y Answer: b 89. X dan y tidak bisa ditentukan e. Jika w. wx+(y+z)w d.z adalah 4 bilangan mana diantara yang berikut ini tidak sama dengan w(x+y+z) adalah a. dan y=berat total q kotak yang masing-masing beratnya p kg. Jika p sembarang bilangan dan x=-3p2+5 dan y= -2p2 + 7 a. X dan y tidak bisa ditentukan e. X>y b. X c.85. 2x<2y Answer: c 86. X c. X=y d. w(x+z)+wy . X>y b.

X dan y tidak bisa ditentukan e. 2x>2y Answer: d 94. X dan y tidak bisa ditentukan e. maka a. 2x<2y Answer: a 91. X>y b. maka a. Jika sudut suatu segitiga adalah x. X c. X>y b. Jika x2-4=0 dan y=2. 2x dan 3x derajat dan y=30 derajat. X dan y tidak bisa ditentukan e. X=y d. X dan y tidak bisa ditentukan e. X c. X c. X c. X=y d. 2x>2y Answer: d 93. Jika x=(1/63) ± (1/69) dan y=(1/65) ± (1/67). 2x>2y Answer: c 92. maka: a. X=y d. X dan y tidak bisa ditentukan e. X>y b. maka a. X c. 2x>2y Answer: d . Jika x=harga 1 kg semen dan y=harga 1 kg paku. X=y d.Answer: d 90. X>y b. Jika nilai x terletak antara y dan z sedang z a. X=y d. X>y b.

90 e.4 km d. Sebuah salib sumbu siku-siku x dan y dengan titik pusat O. Jika sebua bujur sangkar P luasnya 64 dan sisinya = x dan Q adalah sebuah empat persegi panjang. Seorang siswa memperoleh nilai 91. X=2y Answer: b 97. Hubungan x dan y tidak bisa ditentukan e. maka: a. berapa kecepatan rata-rata perjalanan orang tersebut dalam 1 jam? a. 120 Answer: c 99.9. Berapa derajat besar sudut antara x+ baru dengan sumbu y+ lama? a. 60 d. dengan sumbu x+ kearah timur dan y+ kearah utara. 4.88. Test Logika Aritmatik 95. 45 c. dan sisi lainnya y. 135 km e. 210 km b. Berapa nilai yang harus diperoleh untuk mata pelajaran ke lima agar dia memperoleh nilai rata-rata 85? .2 km c. 4 km b.4 km Answer: d 98. 30 b. Sehingga sumbu x+ lama dengan sumbu y+ baru membentuk sudut 1200. Jika dia mengendarai mobilnya dengan kecepatan rata-rata 60km/jam dan dia beristirahat satu jan untuk makan. X=y d. X c. Bila P=Q. 90 km Answer: c 96. X>y b. Jika seorang berjalan menempuh jarak 2/5km dalam 5 menit. dimana salah satu sisinya 4. bambang meninggalkan kota A pukul 06:15 dan sampai di kota B pukul 09:45. 2.86 dan 78 untuk empat mata pelajaran.8 km e. berapa km jarak A ke B : a. 150 km d. 175 km c. 4. 0. diputar dengan titik O sebagai pusat putaran kearah lawan jarum jam.

000 c.000. Jika tabung P tinginya dua kali tinggi Q dan jari-jarinya setengah dari tabung Q.000 Answer: d 102.000 e. 120. 84 d. 3. Setiap orang akan memperoleh bagian Rp. 80.60. 86 b. 100.a.000 d. 1:1 d. 80 Answer: d 100. 15 b.50.80. 18 c. 24 d..000 .000.000. 96. 85 c. setiap orang sekarang memperoleh Rp. 300.500. 82 e. 250.000 e. 30 Answer: b 101.-. bejana ini menjadi berisi ½ nya.000 d. Jika seorang lain bergabung pada kelompok diatas dan jika x rupiah dibagi merata. 1:2 c. Jika ditambah air sebanak 3 liter lagi. 64. 2:1 e.000 c. 2. perbandingan isi tabung P terhadap isi tabung Q adalah : a. Berapaliter kapasitas bejana itu? a. Jika x rupiah dibagi merata kepaa n orang. 4:1 Answer: b 103.000 b. Sebuah bejana berbentuk silinder berisi air 1/3 nya.dan memperoleh laba 25% dari harga beli. Seorang pedagang menjual sebuah barang dengan harga Rp.-. Berapa harga beli? a. 27 e. Berapa rupiah kah x ? a. 1:4 b.000 b. 500.000.

1/1 b.000. 5/8 c. 6/13 d. pukul berapa dia pulang? a. Semua yang hadir dalam rapat adalah dokter b.. Semua pekerja tidak mengenakan sarung tangan c. 9/40 e.. Sementara pekerja mengenakan sarung tangan. Dia bekerja dari pukul 8:00 sampai pukul 16:00. Dia akan dibayar tambahan 50% per jam untuk selewatnya pukul 16:00.8.perjam. Semua anggota asosiasi profesi harus hadir dalam rapat. Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengaman dan tidak mengenakan sarung tangan Answer: c 107. 17:00 d. 15/64 Answer: e 9. Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengaman dan mengenakan sarung tangan e. Semua pekerja harus mengenakan topi pengaman. a. 17:10 e. Semua yang hadir bukan dokter Answer: c . 16:40 c. 17:20 Answer: e 105. Jika dia memperoleh bayaran Rp.pada hari itu. Seorang pekerja dibayar Rp. Sementara peserta rapat bukan anggota asosiasi profesi c. a.800. Semua dokter hadir dalam rapat e. Seorang mahasiswa mengadakan percobaan di laboratorium dan mendapatkan kesimpulan bahwa perbandingan populasi kuman yang bersifat (x) dengan populasi kuman yang tidak bersifat (x) adalah jantan. Sementara peserta rapat adalah dokter d. Sementara dokter adalah anggota asosiasi. Sementara pekerja tidak mengenakan topi pengaman b.Answer: c 104. 16:20 b. Berapa perbandingan populasi kuman (x) jantan terhadap populasi kuman seluruhnya? a. Sementara pekerja mengenakan topi pengaman dan sarung tangan d. Test Logika 106.

a. Semua murid bersepeda motor boleh lewat jalan protokol c. Sementara penelitian disertasi tidak menguji hipotesis. Semua murid tidak boleh lewat jalan protokol b. Semua murid bersepeda motor harus mengenakan helm e. Sementara doctor tidak menulis disertasi b. Sementara hipotesis disertasi tidak terbukti benar c. Tidak semua hipotesis penelitian terbukti benar. Sementara murid bersepeda motor boleh lewat jalan protokol Answer: e . Sementara ilmuwan bukan seniman b. Semua hipotesis disertasi terbukti benar d. Semua doctor. a. Semua murid bersepeda motor tidak boleh lewat jalan protokol d. Sementara individu yang kreatif bukan seniman d.108. Sementara murid yang bersepeda motor tidak punya helm. Tidak ada seniman yang ilmuwan c. Sementara ilmuwan tidak kreatif. Pengendara sepeda motor yang lewat jalan protokol harus mengenakan helm. Semua seniman kreatif. a. Sementara ilmuwan kreatif e. Semua ilmuwan kreatif Answer: d 109. Semua hipotesis penelitian terbukti benar e. hipotesis disertasinya benar Answer: b 110.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful