Bab.

VII Macam-macam oleh: Dipresentasikan Diagram Riyanto
Melva Suryani Ridmay Priyandung

Dependency) . Generalization.Macam-macam Diagram 1. Use Case Diagram Mempresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem Bagian-bagiannya: – – – Aktor Use Case Relasi (Undirectional Association.

Contoh Use Case Diagram: .

2. 3 area pokok pada class: . hubungan dinamis. agregasi. pewarisan. Class Diagram Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi class. package dan objek beserta hubungan satu sama lain seperti asosiasi (hubungan statis antar class).

hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan yang mewarisinya. Public. Protected. Class Diagram(2) Atribut dan metoda dapat memiliki salah satu sifat: Private. dapat dipanggil oleh siapa saja. tidak dapat dipanggil dari luar class yang bersangkutan.2. .

. Diagram ini khusus digunakan untuk memodelkan tahaptahap diskrit dari sebuah siklus hidup objek.3. Statechart Diagram Statechart diagram menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya).

4. dan bagaimana mereka berakhir. decision yang mungkin terjadi. Activity Diagram Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang. . Diagram ini juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. bagaimana masingmasing alir berawal.

Contoh Activity Diagram: .

5. Sequence Diagram Sequence Diagram menjelaskan interaksi objek yang disusun dalam suatu urutan waktu. Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use-case. .

di mana message dari level tertinggi memiliki nomor 1. Collaboration Diagram Collaboration diagram menggambarkan interaksi antar objek seperti sequence diagram. . tetapi lebih menekankan pada peran masingmasing objek dan bukan pada waktu penyampaian message.6. Messages dari level yang sama memiliki prefiks yang sama. Setiap message memiliki sequence number.

Contoh Collaboration Diagram: .

link time. Komponen pada umumnya terbentuk dari beberapa class dan/atau package. maupun run time). . library maupun executable. Komponen piranti lunak adalah modul berisi code (source code maupun binary code. Component Diagram Component diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen piranti lunak.7. termasuk ketergantungan (dependency) di antaranya. yang muncul pada compile time. tapi dapat juga dari komponen-komponen yang lebih kecil.

Contoh Component Diagram: .

spesifikasi server. server atau piranti keras apa). atau piranti keras lain yang digunakan untuk men-deploy komponen dalam lingkungan sebenarnya. bagaimana kemampuan jaringan pada lokasi tersebut. Deployment Diagram Deployment/physical diagram menggambarkan detail bagaimana komponen di-deploy dalam infrastruktur sistem. Hubungan antar node (misalnya TCP/IP) dan requirement dapat juga . dan hal-hal lain yang bersifat fisikal. di mana komponen akan terletak (pada mesin. Sebuah node adalah server.8. workstation.

Contoh Deployment Diagram: .

Thank you! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful