Sejarah PT Sari Husada, adalah perusahaan yang memproduksi produk bernutrisi untuk bayi dan anak-anak Indonesia

, mulai dari aneka susu formula untuk bayi hingga makanan bernutrisi dengan standar mutu internasional. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1954 dengan nama NV Saridele, sebagai perwujudan program kecukupan protein nasional yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sari Husada mengembangkan dan memproduksi susu formula SGM (1965), yang hingga kini dikenal dan banyak digunakan masyarakat luas. Berawal dari susu formula, kini produk produk perusahaan ini berkembang dan terentang dari susu formula hingga produk makanan bergizi untuk bayi dan anak-anak. Pada tahun 1968, perusahaan ini diakuisisi PT. Kimia Farma, sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 1972, seiring dengan dibelinya sebagian sahamnya oleh PT Tiga Raksa, nama NV Saridele diubah menjadi PT Sari Husada. Pada Tahun 1983, perusahaan ini pun masuk bursa dan saham-sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta. Pada tahun 1992, sebagian besar saham Sari Husada dimi iki PT Tiga l Raksa.Untuk memperkuat kedudukannya dalam peta persaingan global, pada tahun 1998 Sari Husada beraliansi dengan Nutricia International, BV (Royal Numico).Pada tahun 2006, agar Lebih fokus dalam pengembangan usahanya, perusahaan mengajukan perubahan status dari perusahaan publik menjadi perusahaan privat. Kemudian di tahun 2007, Danone Group mengakuisisi Royal Numico. Hingga dewasa ini, dengan pengalaman panjangnya di dalam menyediakan produk-produk bergizi tinggi, berstandar mutu internasional dan dengan harga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, Sari Husada telah membuktikan dirinya sebagai asset nasional yang sangat penting dan perlu diperhitungkan.

1

Hal itu memberi jalan tentang bagaimana kami bertindak setiap hari. Misi : ‡ Turut serta membangun kesehatan dan kecerdasan bayi dan anak di Indonesia dengan menyediakan produk nutrisi yang terpercaya dan terjangkau ‡ Menghasilkan pertumbuhan Perusahaan yang berkesinambungan melalui sistem manajemen berkualitas tinggi dan pendekatan inovatif dalam budaya integritas tinggi ‡ Mengutamakan kepuasan seluruh stakeholder Nilai-nilai Perusahaan NILAI-NILAI ini adalah prinsip-prinsip dasar dan ideal yang kami berusaha untuk capai.Namun kami tetap harus meyakini nilai-nilai itu. bagaimana kami menjaga kualitas jaringan kerja. 2 . HUMANISM ± OPENNESS PROXIMITY ± ENTHUSIASM Keempat nilai-nilai inti di atas terwujud dalam dasar tingkah laku yang memungkinkan kami mewujudkannya dalam pekerjaan kami.Tidaklah mudah untuk hidup dan bekerja dengan segala keterbatasan serta berbagai kontradiksi yang mungkin timbul dari kegiatan bisnis. Misi. cara kami bekerja dan berkembang bersama bisnis kami. serta bagaimana kami merekrut karyawan. & Nilai-nilai Perseroan Visi : Menjadi pemimpin pasar produk nutrisi bergizi untuk anak dan bayi di Indonesia.Visi.

3 .

4 .

Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance) 5 .

dan rantai pasokan. kebijaksanaan pelaksanaan usaha. persaingan secara jujur. yang berisi komitmen kuat Sari Husada akan kepercayaan. ketaatan dengan peraturan perundang-undangan. pelanggaran kode etik. serta undang-undang mengenai fiskal. dan para klien. pengendalian pembukuan internal atau tata cara audit yang layak dipertanyakan. 3. perdagangan dan antipencucian uang. kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. keterlibatan politik. tata kelola penyelenggaraan usaha. para kontraktor. Kebijakan Kewaspadaan Karyawan. untuk membantu para karyawan menjaga dan melestarikan etika kerja dengan melaporkan kepada manajemen mengenai setiap pelanggaran atau kecurigaan pelanggaran atas hukum atau kebijakan dan peraturan perusahaan.Kebijakan-kebijakan yang mendukung pengelolaan Perseroan secara lebih profesional dan bertanggung-jawab dikembangkan Sari Husada dengan memastikan kepatuhan sepenuhnya terhadap ketentuan hukum dan etika kerja yang berlaku dengan lebih baik.Komitmen Sari Husada pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai budaya Perseroan pada setiap tingkat operasional. memusnahkan atau memanipulasi secara sengaja informasi terkait dengan pelanggaran. Kebijakan Penyelenggaraan Usaha. Sari Husada memiliki tiga kode etik. pemberian keterangan palsu. informasi produk dan pemasaran. yaitu: 1. bioteknologi. terkait dengan benturan kepentingan. Sari Husada juga mempromosikan secara aktif Kode Etik Perilaku dengan seluruh mitra usaha. transparansi. perlingkungan lingkungan. keterlibatan para stakeholder. hak asasi manusia. pembukuan. keselamatan kerja dan lingkungan. bahaya terhadap kesehatan umum. yang khususnya berhubungan dengan pelanggaran pidana. kerjasama. integritas usaha. ketenagakerjaan. menahan. keamanan makanan dan kepentingan konsumen. 2. suap dan pembayaran yang tidak lazim. 6 . para pemasok. yang menjelaskan prinsip-prinsip dalam menjalankan usaha. Kode Etik Perilaku Sari Husada.

Sari Husada berupaya memberikan informasi secara lengkap dan tepat waktu berkaitan dengan kebijakan perusahaan. dengan mengutamakan pendekatan proaktif. sistem pengendalian. Hal ini berarti Sari Husada selalu berupaya transparan dalam melakukan usahanya dan mendukung dialog terbuka dengan seluruh stakeholder. dan proses pengambilan keputusan. Karena itulah. Sari Husada menganut dan menerapkan Pedoman Tata Kelola Penyelenggaraan Usaha di Indonesia.Transparansi: Transparansi adalah prinsip dasar kebijakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/ CSR) dari Sari Husada. Tata Kelola Penyelenggaran Usaha: Sari Husada memiliki komitmen tinggi untuk menjalankan usaha secara terbuka dan trasparan berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan internal. Persaingan Secara Jujur: Sari Husada berupaya menjadi pemimpin pasar dan mencapainya secara jujur dan kompetitif sesuai dengan prinsip-prinsip persaingan adil dan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Ketaatan dengan Peraturan Perundang-undangan: Sari Husada wajib memenuhi semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. kegiatan. 7 . dan produk.

Manajemen & Direksi Board of Commissioner Dewan Komisaris Pascal Yves de Petrini President Commissioner Martin Heinrich Holscher Commissioner David Stanley Algar Commissioner Budi Satria Isman Commissioner 8 .

Muhammad Agus Samsuddin (Human Resource Director) 4. Yeni Fatmawati (Legal and Corporate Affairs Director) 8. Dalam kedua masa tersebut. Masa tersebut adalah masa kehamilan dan masa menyusui. ibu dapat selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dan janinnya. Ahmad Hamdani (Medical Director) 5. Bambang Setiawan (Supply Chain Director) 9. sehingga dapat menjalankan masa hamil serta menyusui dengan perasaan tenang. Boris Bourdin(President Director) 2.Manajemen & Direksi Board of Directors Direksi 1. Lactamil masa hamil dan Lactamil masa menyusui.Untuk itu Sari Husada menpersembahkan Lactamil dan Gizikita sebagai rangkaian produk bernutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. Juan Carlos Martinez (SSD Director) Brand dan Produk Kehamilan dan Menyusui Dalam kehidupannya. kebutuhan nutrisi ibu akan tercukupi di kedua masa tersebut.untuk masa hamil Lactamil juga tersedia dalam kemasan siap minum yang praktis. yang sesuai dengan kebutuhan tubuh yang berbeda pada masa hamil dan menyusui. Anastasia Sutadji (Marketing Director) 6. Dengan kemasan ini. Eddy Kemenady (Research and Development Director) 10. Sybren Aaij (Finance Director) 7. Corine Tap (Sales Director) 11.Lactamil hadir dengan 2 varian berbeda. 9 . dan penuh percaya diri. dibutuhkan nutrisi yang berbeda. dalam setiap langkah aktivitasnya Dengan mengkonsumsi Lactamil di kedua masa istimewa ini. hampir setiap wanita akan mengalami dua masa istimewa. Karena Lactamil mengerti kebutuhan ibu. Rahmat Suhappy (Operation Director) 3.

Diatas usia 6 bulan kebutuhan nutrisi bayi semakin meningkat untuk menunjang tumbuh kembang dan kecerdasannya. pemberian susu formula bayi sebagai PASI seyogyanya atas nasehat dokter / ahli gizi & tenaga kesehatan lainnya. disaat ibu tidak memungkinkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada sang buah hati. Pada usia ini ASI tetap merupakan pilihan yang sempurna untuk bayi. diperlukan alternatif pendukung ASI (Pendamping Air Susu Ibu / PASI) yang dapat memenuhi kebutuhan bayi sesuai usia dan tahapan masa tumbuh kembangnya. Namun. diperlukan alternative pendamping ASI (PASI) yang dapat memenuhi kebutuhan bayi sesuai usianya. Namun dalam kondisi tertentu. karena kandungan zat-zat gizi dalam SGM 2 dan Vitalac Step 2 telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi usia 6 .y y y y Gizikita Ibu Hamil Lactamil Awal Kehamilan Lactamil Ibu Hamil Lactamil Ibu Menyusui Nutrisi Bayi ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. yang merupakan susu formula lanjutan. y SGM 1 Formula Lanjutan Tumbuh kembang buah hati yang optimal adalah kebahagiaan yang tak ternilai bagi Ibu. bila ASI tidak mencukupi kebutuhan bayi SGM 2 dan Vitalac Step 2. y SGM 2 Formula Khusus 10 . Pemberian susu formula bayi atas nasehat dokter/ahli gizi dan tenaga kesehatan lainnya. dapat menjadi alternatif pilihan pendamp ASI ing (PASI). Penting untuk diketahui.36 bulan agar dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Formula Awal Pada saat kondisi Ibu tidak memungkinkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya.

anak sering mengalami masalah sulit makan. saat terjadi gangguan saluran cerna karena intoleransi laktosa ringan sampai sedang. Sari Husada bekerjasama dengan KAMAS (Koperasi Anak Mandiri Sejahtera) dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).Bila buah hati mengalami gangguan saluran cerna atau masalah dengan berat badan yang rendah saat lahir atau lahir premature. SGM LLM & Vitalac BL adalah nutrisi yang diperlukan buah hati. Untuk itu PT.Vitaplus adalah makanan cair dengan nutrisi lengkap dan gizi seimbang sebagai pengganti makanan untuk anak yang mengalami masalah sulit makan atau anak dengan berat badan kurang. Sedangkan pda usia 1 tahun keatas. juga mengandung Seng dan Selenium. saat buah hati lahir rendah atau lahir premature. Didalam produk-produk tersebut tidak hanya mengandung nutrisi yang diperlukan saat kondisi buah hati terganggu. pilih -pilih makanan atau hanya suka pada makanan tertentu saja. serta mineral yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.Satu gelas Vitaplus mengandung energi 198 kkal atau setara dengan nilai gizi satu porsi nasi dan lauk pauk (dalam porsi anak-anak). membuat VItaplus yang merupakan makanan cair untuk anak diatas 1 tahun. sangat diperlukan nutrisi yang sesuai dan mencukupi. SGM BBLR SGM LLM Vitalac BL y y y Nutrisi Balita Memasuki usia 1 tahun adalah fase dimana si kecil memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. tapi juga mengandung nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang kecerdasan dan kesehatannya.Vitaplus juga diperkaya dengan DHA dan FOS. Rasa ingin tahunya didukung oleh kemampuan yang kian berkembang baik fisik 11 . untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang bayi sesuai usianya. SGM BBLR adalah nutrisi yang direkomendasikan para tenaga medis.

Pusat riset ini berlokasi di pabrik PT Sari Husada. terutama untuk perkembangan otak/kecerdasannya secara optimal. Selain menerapkan metode riset dan pengembangan produk yang terintegrasi dan memiliki jaringan dengan Danone Research Center di Wageningen. Kemudo. bahasa. Sentra Laboratorium dan Proses Produksi susu SGM-3 dan SGM-4 yang menerapkan sistem kendali mutu yang ketat setara industri farmasi. Vitaplus dengan kandungan nutrisi yang tepat untuk menunjang perkembangan fisik dan otak anak secara optimal juga meningkatkan daya tahan tubuh anak. y y y y y y Gizikita Bubur Tim Gizikita Suplemen SGM 3 SGM 4 Vitalac 1+ VitaPlus Pusat Riset Inovasi Nutrisi SGM Pusat Riset Inovasi Nutrisi SGM merupakan integrasi aktivitas Riset dan Pengembangan.maupun motorik. emosi-sosial maupun kognitif. Perkembangan fisik pun semakin cepat.Oleh karenanya stimulasi yang tepat serta asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang sangatlah dibutuhkan. terutama yang dapat membantu pertumbuhan fisiknya yang optimal. Netherland. Jerman. Pusat Riset Inovasi & Nutrisi SGM didukung oleh ahli nutrisi. teknologi pangan dan mikrobiologi dari IPB dan Universitas Gadjah Mada.Pada saat ini si anak membutuhkan nutrisi lengkap dan seimbang. Sedangkan usia 4 tahun ke atas. Sementara kegiatan pusat laboratoriumnya telah mendapatkan sertifikasi ISO 17025 dan secara berkala dimonitor oleh Central Laboratories Friederichsdorf. Prambanan. adalah masa dimana anak lebih banyak ingin tahu dan lebih aktif bereksplorasi serta berinteraksi dengan lingkungannya. Klaten. PT Sari Husada mempersembahkan susu pertumbuhan SGM Eksplor 3 dan SGM Aktif 4 dengan Presinutri serta Vitalac 1+. Sari Husada juga melengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan menyediakan makanan pendamping Bubur tim ayam dan sayur GIZIKITA bagi anak usia 1-2 tahun. 12 .

Tahapan uji coba. Memiliki peralatan yang paling lengkap di Danone Asia Pasifik. yaitu: ‡ Lab kimia. dimana produk akan di tes/dirasakan oleh masyarakat umumagar cita rasa yang dihasilkan sesuai dengan selera masyarakat. ‡ Peralatan canggih: Compact Spray Drier (CSD) High Performance Liquid Chromatography (HPLC) Gas Chromatography (GC) Spectrophotometer Microscope Trinocular Milkoscan Lactoscan AAS Homogenizer 13 . Memiliki laboratorium riset dan pengembangan. Tahapan uji klinis untuk mengetahui kualitas. keamanan dan ketepatan nutrisi yang dibutuhkan. lab fisika dan lab mikrobiologi patogen dan non-patogen yang terpisah serta lab pengembangan produk dengan standar Food Grade. 2.Riset dan Pengembangan 1. yang mengacu pada standar nasional BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) dan internasional CODEX sertastandar korporasi yang ketat dari Danone: Tahapan riset untuk membuat susu pertumbuhan dengan formulasi nutrisi tepat termasuk menambahkan rasa dan aroma.

3 ha untuk pabrik Kemudo dengan kapasitas produksi 21.Pusat Produksi Produksi SGM dilakukan di dua pabrik yaitu pabrik di Klaten dan pabrik di Yogyakarta. Menerapkan kontrol kualitas yang ketat sesuai standar nasional dan internasional terhadap produk jadi sebelum didistribusikan ke pasar: ‡ 4 parameter mutu mikrobiologi sesuai standar lokal SNI 01-3955-1995: ‡ Angka lempeng total MPN coliform Staphylococcus aerus Salmonella dan shigella 14 parameter mikrobiologi sesuai standar korporasi Eropa: Salmonella Listeria monocytogenes Escherichia coli Chronobacter spp Clostridium perfringens TVC 30 Enterobacteriaceae Enterococci Sulfit reducing clostridia Bacillus cereus Staphylococcus aureus TVC 55 Yeast Mould 14 .596 di Yogyakarta.9 ton dan 1. Pengendalian Mutu Ketat 1. Luas pabrik tersebut berbeda yaitu 15.94 ha untuk kapasitas produksi 20.712.

2. ‡ Sistem penatalaksanaan laboratorium (Laboratorium Management System) ISO 17025 disertifikasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). ‡ SMK3 (Keamanan) sejak 2001 disertifikasi Pemerintah. Produk susu pertumbuhan SGM 3 dan SGM 4 secara berkala dimonitor oleh Central Laboratories Fridrichdorf di Jerman meliputi kimia fisika. ‡ Sistem Halal (Halal system) sejak 2000 dari MUI. klaim label dan kontaminasi dan residu. 15 . Sistem Manajemen Limbah Pabrik SGM memiliki mesin dan teknologi terdepan untuk mendukung produksi produk susu setiap hari. Sertifikasi Menerapkan sistem penatalaksanaan dan produksi yang ketat setara industri farmasi dengan menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan sterilisasi yang baik dari awal hingga akhir guna mencegah kontaminasi dari luar dengan menerapkan Standar Proses Produks Yang i Baik (Good Manufacturing Practices) danproduksi dilakukan di bawah pengawasan mutu yang ketat dengan menerapkan sistem HACCP (Hazardous Analysis Critical Control Point) yang telah bersertifikasi sbb: ‡ Sistem penatalaksanaan kualitas (Quality Management System) ISO 9001. ‡ Sistem keamanan pangan (Food Safety System) ISO 22000 sejak 2001 disertifikasi oleh SGS. ‡ Sistem penatalaksanaan keselamatan (Safety Management System) OHSAS 18001 disertifikasi oleh SGS di awal 2009. sejak 1996 disertifikasi oleh SGS. SGM selalu menjaga agar setiap agar setiap proses produksi berlangsung dengan aman hingga tidak merusak lingkungan. ‡ Sistem penatalaksanaan lingkungan (Environment Management System) ISO 14001 sejak tahun 2000 disertifikasi oleh SGS. mikrobiologi. Sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

16 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful