You are on page 1of 16

MAKALAH MANAJEMEN MODAL KERJA DALAM

APLIKASINYA PADA USAHA KECIL

Makalah Ini Disusun untuk
Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Keuangan
yang Diampu Oleh : Drs.Eddy Sutjipto, MCom

Disusun Oleh :
Kelompok 7 :

B.231.08.0144 Rya Wihaningrum
B.231.08.0145 Desi Widy Hartanti
B.231.08.0182 Fransiska Tri H.
B.231.08.0234 Hanif Muhtiaji

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SEMARANG
2010

e-mail : agya_ti@yahoo.com 1

Tiada sesuatu yang sempurna. demikian pula makalah ini. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memeperluas ilmu tentang Manajemen Modal Kerja. saran dan tegur sapa yang membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan penyusunan makalah – makalah selanjutnya. MCom yang telah membimbing penyusun. Maret 2010 Penyusun. KATA PENGANTAR Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa yang telah menolong hamba-Nya menyelasaikan makalah ini. e-mail : agya_ti@yahoo. yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Oleh karena itu kritik.Eddy Sutjipto. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca sekalian.com 2 . Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen Manajemen Keuangan Drs. Semarang. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan makalah ini.

...................2...............................................................9 2..............................................................1............................................................................................. Laporan Modal Kerja.....10 BAB III PENUTUP... Peran Penting Manajemen Modal Kerja..... Latar Belakang.....................................................3 DAFTAR TABEL.......................................3..................3.....com 3 ....................4................................................................... Tujuan dan Sumber Modal Kerja..........................9 2.....................................................................................15 DAFTAR PUSTAKA.......16 e-mail : agya_ti@yahoo................5 1.......................................... Manfaat Manajemen Modal Kerja...............................................................................6 1.........7 2..................5.........................5 1.............................................................................................................. DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL..................... Definisi Manajemen Modal Kerja................4 BAB I PENDAHULUAN...... Perumusan Masalah......................8 2..........................2 DAFTAR ISI.................1........6 BAB II PEMBAHASAN................................................................................................................................................................................ Sebab Perubahan Modal Kerja.....................1 KATA PENGANTAR.......................................... Tujuan......................................................................................................................................2.............6..............................................7 2.8 2...........

........................... Jenis modal kerja..............................................................................................................................11 4.....................................................................................11 5........................ Kebutuhan peralatan pada produksi rumah tangga.........12 6.................... Perhitungan rugi laba........................ Biaya tidak tetap....................... Jenis modal tetap.......com 4 ........................10 3............................................................ DAFTAR TABEL Tabel Judul Halaman 1...................................................................................10 2..................................................13 e-mail : agya_ti@yahoo.................... Biaya tetap..

Selain digunakan dalam operasional pelaku usaha sehari-hari.1. Latar Belakang Suatu perusahaan atau pelaku usaha pasti membutuhkan modal yang cukup untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Sedangkan tingkat e-mail : agya_ti@yahoo. Dalam perusahaan tingkat perputaran modal kerja yang tinggi akibat adanya perputaran modal kerja yang tinggi akibat adanya jumlah modal yang cukup dengan tingkat penjualan yang tinggi sehingga modal cepat kembali kebentuk semula yaitu kas dan piutang. yaitu modal kerja kuantitatif yang menganggap modal kerja adalah keseluruhan jumlah dari aktiva lancar. Tingkat perputaran modal kerja yang tinggi akan menguntungkan bagi kreditur jangka pendek karena mereka memperoleh kepastian bahwa modal kerja berputar dengan kecepatan yang tinggi sehingga hutang akan segera dapat dibayar meski dalam kondisi operaional yang sulit. Konsep kuantitatif yang mengaitkan modal kerja dengan jumlah utang lancar ataupun konsep fungsional yang mendasarkan pada fungsi dari dana dalam menghasilkan pendapatan (income). BAB I PENDAHULUAN 1. Adanya modal kerja yang cukup memungkinkan perusahaan dapat beroperasi seekonomis mungkin sehingga perusahaan tidak mengalami kesulitan atau kekacauan keuangan. Namun adakalanya perputaran modal kerja yang tinggi bukan berarti efektif akan tetapi sebagai akibat perusahaan kekurangan modal kerja sedangkan tingkat penjualan dalam perusahaan tersebut tinggi. Modal tersebut berasal dari kekayaan yang dimiliki perusahaan atau pelaku usaha tersebut. Selain itu perusahaan perlu mengatur penggunaan modalnya dengan seekonomis dan seefisien mungkin sehingga tercipta kesesuaian antara kebutuhan dan jumlah dana yang tersedia. modal kerja menunjukkan tingkat keamanan para kreditur terutama kreditur jangka pendek.com 5 . Modal kerja dalam perusahaan adalah sejumlah dana yang harus berputar secara tetap atau permanent. Penggunaan modal kerja harus berdasarkan salah satu dari tiga konsep. Untuk menghindari adanya krisis keuangan atau kelebuhan dana maka jumlah modal kerja harus cukup untuk membiayai operasi perusahaan.

Memaparkan gambaran umum Manajemen Modal Kerja 2. Perumusan Masalah 1. Mengetahui peran manajemen modal kerja dalam industri rumah tangga e-mail : agya_ti@yahoo.com 6 .2. Tujuan Tujuan makalah ini adalah : 1. Bagaimana perputaran modal kerja pada usaha rumahan seperti usaha pembuatan manisan? 1. modal kerja dalam suatu perusahaan harus dikelola dengan baik. Modal kerja tersebut harus cukup jumlahnya dalam arti harus mampu membiayai pengeluaran-pengeluaran untuk kegiatan operasional sehari-hari. perputaran modal kerja yang rendah disebabkan karena banyaknya dana yang tidak dimanfaatkan dalam operasional perusahaan secara efektif dan efisien dengan tingkat penjualan yang rendah. Usaha untuk memperoleh keuntungan. Dengan adanya modal kerja yang cukup akan menguntungkan bagin perusahaan karena disamping memungkinkan bagi perusahaan untuk beroperasi secara ekonomis dan efisien perusahaan tidak mengalami kesulitan keuangan.3. 1.

piutang. atau merupakan sebagian dari aktiva lancar yang benar-benar dapat digunakan untuk membiayai operasi perusahaan tanpa menunggu likuiditas. 3.Modal kerja bersih adalah aktiva lancar-kewajiban jangka pendek. dimana aktiva lancar ini sekali berputar dan dapat kembali kebentuk semula dalam jangka waktu pendek. Menghasilkan pendapatan pada periode akuntansi dan periode masa depan. BAB II PEMBAHASAN 2. Konsep Kualitatif Merupakan selisih antara aktiva lancar. Wachowicz. 2005). Konsep ini disebut modal kerja bruto – Gross working capital. 2. Van Horne dan John M. Tujuan Manajemen Modal Kerja yaitu mengelola aktiva lancar dan hutang lancar agar terjamin jumlah net working capital yang layak diterima (acceptable)yang menjamin tangkat likuiditass badan usaha. e-mail : agya_ti@yahoo. persediaan). Konsep ini disebut modal kerja neto – net working capital. Definisi Manajemen Modal Kerja Manajemen Modal Kerja adalah administrasi aktiva lancar perusahaan dan pendanaan yang dibutuhkan untuk mendukung aktiva lancar. Konsep Kuantitatif Menggambarkan keseluruhan (jumlah) dari aktiva lancar. Dalam Manajemen Modal Kerja terdapat dua konsep utama yaitu modal kerja bersih dan modal kerja kotor.(James C. JR. Sedangkan modal kerja kotor adalah investasi perusahan dalam aktiva lancar (seperti kas dan sekuritas yang dapat diperjual belikan.com 7 . Menurut Bambang Riyanto modal kerja dapat dibagi menurut konsep: 1.1. Konsep fungsional Menitik beratkan pada fungsi dari pada dana dalam menghasilkan pendapatan – income – dari usaha pokok perusahaan.

Adanya pembentukan dana atau pemisahan aktiva lancar untuk tujuan-tujuan tertentu dalam jangka panjang maka akan mengurangi modal kerja 6. Sumber-sumber modal kerja berasal dari: 1. modal kerja kan bertambah 3. hipotek atau hutang jangka panjang lainnya yang diimbangi dengan bertambahnya aktiva lancar.2. maka modal kerja akan bertambah 4. Keuntungan dari penjualan surat-surat berharga ( investasi jangka pendek ) 3.2. Tujuan dan Sumber Modal Kerja Tujuan laporan perubahan modal kerja adalah memberikan ringkasan transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode dengan menunjukkan sumber dan penggunaan modal kerja dalam periode tersebut. Laporan perubahan modal kerja akan memberikan gambaran tentang bagaimana mamajemen mengelola perputaran atau sirkulasi modalnya. Ada penambahan hutang jangka panjang baik dalam bentuk oblogasi. Adanya penambahan atau pembelian aktiva tetap maka akan mengurangi modal kerja e-mail : agya_ti@yahoo. baik kerugian normal maupun kerugian exidentil maka akan mengurangi modal kerja 5. Adanya kenaikan sektor modal baik yang berasal dari laba maupun adanya pengeluaran modal saham atau tambahan investasi dan pemilik perusahaan maka modal kerja akan bertambah 2.com 8 . Penjualan aktiva tidak lancar 4. Hasil operasi perusahaan 2. Adanya pengurangan atau penurunan aktiva tetap yang diimbangi dengan bertambahnya aktiva lancar karena adanya penjualan aktiva tetap maupun melalui proses depresiasi.3. Penjualan saham 2. Sebab Perubahan Modal Kerja Ada beberapa sebab perubahan modal kerja antara lain: 1. Karena kerugian yang diderita oleh perusahaa.

Bagi perusahaan distribusi. Manfaat Manajemen Modal Kerja 1. Akan tetapi. aktiva lancar perusahaan manufaktur bisa mengembangkan lebih dari separuh total aktivanya.4. Peran Penting Manajemen Modal Kerja Manajemen modal kerja sangat penting .5. Perusahaan jenis ini tidak memiliki akses kepasar modal berjangka panjang. Adanya alasan-alasan inilah sebabnya para manajer keuangan dan staf keuangan mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk berbagai masalah modal kerja.com 9 . diakses 17 maret 2010) 2. Bagi perusahaan kecil. Tingkat aktiva uang berlebih dapat dengan mudah membuat perusahaan merealisasi pengembalian atas investasi yang rendah. perusahaan dengan jumlah aktiva lancar yang terlalu sedikit dapat mengalami kekurangan dan kesulitan dalam mempertahankan operasi yang lancar.wordpress. Melindungi perusahaan terhadap krisis modal kerja karena turunnya nilai dari aktiva lancar 2. 7. kewajiban jangka pendek adalah sumber utama dari pendanaan eksternal. Memungkan bagi perusahaan untuk memberikan syarat kredit yang lebih menguntungkan kepada para langganannya e-mail : agya_ti@yahoo. jumlahnya bahkan lebih besar lagi. Perusahaan yang bertumbuh cepat tetapi lebih besar juga menggunakan pendanaan kewajiban jangka pendek. Pertama. Pengambilan uang atau barang yang dilakukan oleh pemilik perusahaan untuk kepentingan pribadi (http://ilmumanajemen.com/2007/08/08/modal-kerja. 2. Memungkinkan untuk memiliki persediaan dalam jumlah yang cukup untuk melayani konsumen 5. Menjamin dimilikinya kredit standing perusahaan semakin besar dan memungkinkan bagi perusahaan untuk dapat menghadapi bahaya-bahaya atau kesulitan keuangan yang mungkin terjadi 4. Memungkinkan untuk dapat membayar semua kewajiban-kewajiban tepat pada waktunya 3. selain daripada mendapatkan hasil penggadaian bangunan.

kita akan memperoleh gambaran tentang aspek keuangan dari usaha yang akan atau sedang kita jalankan. Laporan modal kerja akan sangat berguna bigi manajemen untuk mengadakan pengawasan terhadap modal kerja 2.00 Jumlah Rp 52.500.000. Skala Industri Berikut ini disajikan contoh analisis usaha industri manisan 1.608.724.00 Jumlah Rp 23. dan 1 Rp 20. Ketentuan Investasi : Tabel 1.500.278.00 Tabel 2.177.00 Jumlah Modal: Rp 76.000.500.000.980 Rp 2.6. Memungkinkan bagi perusahaan untuk dapat beroperasi dengan lebih efisien karena tidak ada kesulitan untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan 7. 6.298.884. A.00 3 Gaji dan upah Rp 1.00 e-mail : agya_ti@yahoo. Laporan Modal Kerja dan Analisis Usaha Laporan perubahan modal kerja merupakan ringkasan tentang hasil-hasil aktivitas keuangan suatu perusahaan dalam satu periode tertentu dan menyajikan sebab-sebab perubahan-perubahan posisi keuangan perusahaan tersebut. bahan penolong.500.00 3 Peralatan produksi Rp 4. Dengan demikian.00 4 Peralatan kantor Rp 525. Jenis Modal Kerja Bahan baku.199.00 4 Biaya tak terduga 10% x modal kerja: 10% x Rp 21.300.000. Analisis Usaha Analisis usaha dibuat untuk mengetahui jumlah biaya yang dibutuhkan pada saat mendirikansuatu usaha dan jumlah keuntungan yang akan diperoleh.com 10 .171.000.00 2 Bangunan Rp 37. Analisis usaha perlu dibuat sebelum usaha dijalankan.00 bahan pengemas 2 Bahan bakar dan listrik Rp 235. Jenis Modal Tetap 1 Tanah Rp 10.778.980.712.

500 e-mail : agya_ti@yahoo.000 3 Upah karyawan harian 12 Rp 750.125.980 Rp 242. Bangunan 5% Rp 37.000 b Biaya produksi Rp 277.000 7 Biaya modal a.000 Rp 200.000 Jumlah biaya tidak tetap Rp 253.875.871.955. 2.299.600. dan bahan 12 Rp 20.278 Rp 4.125.207.000 b.845 Jumlah biaya tetap Rp 23.500. Perhitungan Rugi Laba a Hasil penjualan Rp 187. Biaya Tetap 1 Gaji 12 Rp 550.675 b.820.600.760 pengemas 2 Bahan bakar dan listrik 12 Rp 235. Modal tetap 15% Rp 52.871.000 Rp 6.398 Tabel 4.000 Rp 1.812. bahan 1 penolong.500 Rp 1.450 4 Asuransi 0. Perhitungan Rugi Laba Tabel 5.000 Rp 660. Biaya Tidak Tetap Bahan baku.224.224.177.5% Rp 42.884.500 Rp 211.135.724.000 Rp 2. Perhitungan Biaya Produksi untuk satu tahun Tabel 3.123 5 Pengawasan Mutu 4 Rp 50.500 Rp 472.347. Peralatan& alat kantor 10% Rp 4.com 11 .000 2 Pemeliharaan 4% Rp 42. Modal Kerja 18% Rp 23.688.158 3.158 c Pajak penjualan 10% Rp 328.000.000 Rp 32.500 Rp 1.170 Jumlah bunga modal Rp 12.000 Rp 9.915.908.750 Rp 328.760 Jumlah biaya produksi untuk 1 tahun : Rp 277.980 3 Penyusutan a.000 6 Biaya umum 10% Rp 6.724.500 Rp 7.450 Jumlah biaya penyusutan Rp 2.

016 Jumlah penerimaan e setiap tahun Rp 16. b.128.122 .326 Penghasilan bersih Rp 14. dipisahkan dari bijinya.122.724 . lalu diiris tipis melebar.466 4.441.com 12 . Letakkan potongan mangga pada baskom.016 = ×100 % Rp 76 . Proses Produksi Pembuatan manisan mangga dapat dilakukan melalui tahapan proses sebagai berikut : a. Penghasilan kotor Rp 17. Waktu pengembalian modal : jumlah mod altetap = x1tahun jumlahpene rimaanseti aptahun Rp 52 .778 = 18 . Sortasi Bahan Baku Mangga muda yang hendak diiolah dipilih yang segar. c. kemudian dicuci kembali dan tiriskan. buah diremas-remas dengan sedikit garam agar rasa asamnya agak berkurang. Pencucian Mangga yang sudah dipotong-potong dicuci dengan air bersih.469. Kemudian buah mangga dikupas. Perebusan Bahan Baku e-mail : agya_ti@yahoo.500 = x1tahun Rp 16 .466 = 3 tahun 2 bulan 5. Selanjutnya. Skala Rumah Tangga Berikut ini contoh analisis usaha pembuatan manisan untuk skala rumah tangga 1.842 Rp 3.43 % B.319. Pengembalian Modal Waktu pengembalian modal dihitung dengan asumsi jumlah penerimaan setiap tahun sama. Tingkat Perputaran Modal Investasi Penghasila nBersih = ×100 % JumlahModa l Rp14 .608 .342 d Pajak penghasilan 15% Rp 22.469 .

000 2 2.600 Rp 375.167 Tabung gas 1 150.000 1 417 Jumlah 472. Gula direbus bersama air hingga kental.000 3 Buah mangga muda 15kg x 25hari x Rp 1.500 2 313 Pengaduk 2 5.000 12. Kapasitas Produksi k a.000 2 625 Ember plastik 2 15. Apabila telah berasa manis manisan angkat dan dinginkan. Nilai produksi perbulan 5500 bungkus Rp 200 Rp 1.500 5 Garam Rp 20. lalu buah mangga dimasukkan dan dibiarkan sejenak.com 13 . Kebutuhan Peralatan pada Produksi Rumah Tangga Nilai Umur Penyusutan Nama Alat Jumlah (Rp) (Tahun) (Rp) Timbangan 1 75. 25 Produksi manisan per bulan hari 11 g 275 Jumlah produksi per bulan b. 50 gr 1000 gr 5500 dalam kemasan c. 2.355 3.000 6 Plastik pembungkus 3kg x Rp 5.000 5 2.000 e-mail : agya_ti@yahoo. Biaya-Biaya 1 Penyusutan alat Rp 12.355 2 Biaya tempat Rp 30.500 Baskom plastik 2 15. d. Kebutuhan Peralatan Tabel 6. Setelah itu rebusan diangkat dan buah mangga dibiarkan terendam selama +12 jam.000 3.000/kg Rp 15.000 3 4.000 2 625 Tanggok bambu 3 4.250 Kompor gas 1 150. Pengemasan Manisan mangga yang telah didinginkan segera dikemas dalam plastik.000 4 Gula Pasir 5kg x 25hari x Rp 400 Rp 187.500 1 375 Panci besar 1 50.000 5 1.100.083 Pisau stainless 3 7.

000 Total biaya Rp 799.855 Keuntungan per bulan Rp 300. dan laba rugi usaha. e-mail : agya_ti@yahoo. untuk mengetahui perputaran modal produksi.100. Simpulan Dari pemamaparan makalah diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebuah perusahaan maupun usaha kecil membutuhkan manajemen modal kerja yang baik.145 BAB III PENUTUP 3.000 Total biaya per bulan Rp 799.855 4. Keuntungan Nilai produksi per bulan Rp 1.com 14 . 7 Gas Rp 10.000 8 Tenaga kerja 2 x 25hari x Rp 3.1.000 Rp 150.

com 15 . 2007. diakses 17 Maret 2010). John M Wachowicz. wordpress. Van Horne. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. The Dryden Press : New York. e-mail : agya_ti@yahoo.com / 2007 / 08 / 08 / modal-kerja. Yogyakarta : BPFE. Andri. 2002. 1995.. Bambang. DAFTAR PUSTAKA Apriyono. Riyanto. Fundamentals of Financial Manajement. (http://ilmumanajemen. Modal Kerja. James C.

e-mail : agya_ti@yahoo.com 16 .