DAMPAK PERGAULAN BEBAS

PADA REMAJA Karya Ilmiah
Diajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti semester genap jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Madrasah Aliyah Babussalam Kalibening, Mojoagung, Jombang.

Oleh : Nanik Sugiarti Guru Pembimbing : Ni’matus Sukriya, S.Pd

MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kalibening, Mojoagung, Jombang Tahun 2010 / 2011

i

ii .

Pd MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kalibening. Mojoagung. Jombang. Mojoagung. S.DAMPAK PERGAULAN BEBAS PADA REMAJA Karya Ilmiah Diajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti semester genap jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Madrasah Aliyah Babussalam Kalibening. Oleh : Nanik Sugiarti Guru Pembimbing : Ni’matus Sukriya. Jombang Tahun 2010 / 2011 i .

Babussalam Di – Tempat Assalamu’alaikum Wr.YAYASAN PONDOK PESANTREN MADRASAH ALIYAH BABUSSALAM KALIBENING. Kalibening. Dengan selesainya karya ilmiah ini mudah – mudahan bisa bermanfaat bagi penulis juga bagi semua orang. MOJOAGUNG. Kami minta maaf kepada bapak / ibu guru apabila karya tulis ini kurang maksimal. Dengan ini : Nama Alamat Judul Karya Ilmiah : NANIK SUGIARTI : Mayong Karang Binangun Lamongan (Marhabila) : Dampak Pergaulan Bebas pada Remaja Dimohon karya ilmiah ini disahkan sebagaimana mestinya. Kritik dan saran yang membangun tetap kami nantikan demi kesempurnaan karya tulis ini. Atas perhatiannya dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih. ……………………… Pemohon. AGUS MUHAJIRIN. Kepala Madrasah MA. Babussalam Guru Pembimbing KH. S. Kepala Madrasah MA. NANIK SUGIARTI Disahkan. JOMBANG PENGESAHAN Hal : Permohonan Pengesahan Karya Ilmiah Yth.Ag NI’MATUS SUKRIYAH ii . Wb.

Sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.MOTTO Artinya : Dan janganlah kamu mendekat zina. iii .

Tiada daya bagi kami kecuali atas kekuatan-Mu. engkau limpahkan rahmat. hidayah inayahnya bagi kami. taufiq. Setiap so’at kami. dorongan rasa terimakasih akan selalu terucap dari kami kepada teman – teman yang selalu menjadi penyemangat. Semoga syata’at – Mu tetap Engkau berikan kepada kami pada hari pembalasan kelak. Teman – Teman Seperjuangan Bantuan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Rasulullah. sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Nabi yang paling mulia. Ibunda dan Kakakku Tersayang Tanpa do’a dan restumu bundaku tidak bisa menyelesaikan karya ilmiyah ini. Baginda Rasulullah SAW Sholawat serta salam senantiasa kami panjatkan untuk – Mu. Khususnya kepada LA Boxer (…………………………) dan tak lupa juga kepada Al – Ustadz M. Sembah dan sungkem dan hormat kami kepada Ayah dan Ibunda dan kakak tercinta yang senantiasa mendidik kami dan mendukung kami dengan rasa sabar dan penuh perhatian. Ayah. Semoga do’a dan restu akan menyertai kami untuk selamanya. Qosiin yang telah membantu dan meluangkan waktunya membantu kami dan teman – teman lain yang iv .HALAMAN PERSEMBAHAN Dengan suksesnya pembuatan karya ilmiah ini kami persembahkan terimakasih yang tulus dari hati nurani kepada : Allah SWT Segala puji syukur bagi – Mu. Guru – Guru yang Terhormat Sungguh akan selalu kami kenang semua jasa yang telah engkau berikan.

v .selalu memberikan ……………… kedamaian seorang sahabat. Akhirnya perjuangan kami yang penuh rintangan ini telah membawa hasil yang cukup memuaskan.

Demikian juga kepada keluarga dan para sahabat yang telah mengikhlaskan semua amal perbuatan serta telah mendorong manusia untuk berbuat baik dengan sifat – sifat terpuji. terhindar dari jalan – jalan yang sesat dan gelap. Untuk itu kami mengharapkan pembaca atas kritik dan sarannya guna mengkaji ulang karya tulis ini agar menjadi lebih baik. Kata terima kasih kepada guru pembimbing dan rekan – rekan yang ikhlas dan tulus membantu menyelesaikan karya tulis ini hingag slesai dengan judul karya ilmiah “Pergaulan Bebas para Remaja”. ……………………… Penulis vi . Sholawat dan salam kepada Rasulullah. Muhammad SAW yang telah memberi petunjuk jalan yang benar.KATA PENGANTAR Segala puji dan puji syukur bagi Allah yang Maha Agung dan Maha Sempurna dan semua sifat – Nya. dengan semua tingkah laku dan pekerjaan. Dialah Allah yang Maha Mengetahui yang Gaib dan Nyata (Lahir dan Batin) atas segala hal yang besar maupun kecil. tidak menyekutukan – Nya dengan apapun. Kalibening. Penyusunan karya tulis ilmiah ini mempunyai banyak kekurangan serta jauh dari kesempurnaan.

............................................... Kesimpulan ........................................................... Halaman Pengesahan ..................................................................... D................................................................................ iv Kata Pengantar .............................................................................................. DAFTAR PUSTAKA vii ........................................................ Saran ................. C........................................................................................................................................................................ D... B................................... Rumusan Masalah ............................................................................ C............................................................................................. B............................................. BAB V PENUTUP A....... B................................... iii Halaman Persembahan ................................................................................................................................................................................. BAB I PENDAHULUAN A...............................DAFTAR ISI Halaman Sampul ................................................................................................................................. Manfaat Penelitian .................. Halaman Judul ..... v Daftar Isi ..................................................................................................................................................................... Latar Belakang Masalah ............................. BAB III METODOLOGI DAN CARA KERJA A................... Batasan Masalah .......................................................... Langkah Kerja ........................................................................................................... Alat dan Bahan ... i i ii Halaman Motto ................................................................................................................................................................................................... Teknik Penelitian ..................................................................................... BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN................................................................. vi 1 1 1 2 3 4 4 4 4 5 8 8 BAB II LANDASAN TEORI............................................. Waktu Penelitian .................................................................................

viii .

BAB I PENDAHULUAN A. maka penulis membatasi penelitian hanya pada pergaulan bebas pada remaja. B. norma agama. norma budaya serta norma bermasyarakat. Jadi pergaulan antar manusia harusnya bebas tetapi mematuhi norma hukum. Jadi kalau secara medis kalau pergaulan bebas namun teratur atau terbatasi oleh aturan – aturan dan norma – norma hidup manusia tentunya tidak akan menimbulkan dampak negatif dari pergaulan bebas seperti saat ini. Latar Belakang Masalah Pergaulan bebas adalah suatu kebutuhan hidup dari makhluk manusia sebab manusia adalah makhluk social yang dalam kesehariannya membutuhkan orang lain dan hubungan antar manusia dibina melalui suatu pergaulan (interpersonal relationship). Bagaimana cara mengatasi pergaulan bebas pada remaja? 4. Sebab hal itu melanggar hak asasi manusia. Rumusan Masalah Berdasarkan pengertian dan tujuan pustaka maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1. 1 . Apa yang harus dilakukan oleh remaja yang telah terjerumus pada pergaulan bebas? C. Apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas? 2. Karena terbatasnya waktu dan pengetahuan serta wawasan penulis. Pergaulan juga adalah Hak Asasi Manusia setiap individu dan itu harus dibedakan sehingga setiap manusia tidak boleh dibedakan dalam pergaulan (apalagi dengan melakukan diskriminasi). Batasan Masalah Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku enimpang dan salah satu kebutuhan hidup bagi manusia sebab manusia adalah makhluk social yang dalam keseharian membutuhkan orang lain. Apa penyebab dan dampak banyaknya pergaulan bebas pada remaja? 3.

3. Begitu juga karya ilmiah ini. Agar orang tua lebih berhati – hati dalam mendidik anak agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. 2 . Membuat para remaja lebih berhati – hati dalam bergaul. Manfaat Penelitian Pada umumnya segala sesuatu yang ada di dunia pasti ada manfaatnya. Adapun manfaat penelitian kami sebagai berikut : 1. Agar dapat menginstrospeksi diri. 2. Penulis berharap semoga di dalam penelitian tentang pergaulan bebas pada pelajar ini ada manfaat yang dapat diambil khususnya pada kami dan para pembaca pada umumnya.D.

Menurut Kartono. 3 . (Hakim : 2006 : 15) Fenomena kenalakan remaja memang menairk untuk dibicarakan. tetapi yang lebih penting adalah karena tindakan kenalakan dianggap menyimpang dan mengganggu ketertiban masyarakat. Pergaulan bebas juga dalah salah satu perilaku menyimpang dan melewati batas – batas norma serta aturan – aturan yang ada di Negara ini seperti yang dikemukakan oleh M. Sisi yang menarik bukanlah karena penceritaan tentang perilaku remaja yang ganjil itu bisa menarik media masa atau acara televisi. Akhirnya mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang (Rofin : 2009 : 28).BAB II LANDASAN TEORI Pada zaman sekarang ini remaja adalah salah satu pustaka bagi Negara yang mana pada diri remaja Negara ini akan berkembang tapi kenyataan hanya pada saat ini remaja yang menjadi harapan telah terjerumus pada pergaulan bebas dan menghancurkan mimpi bangsa kita karena pergaulan bebas adalah salah satu kebutuhan hidup bagi manusia seperti yang diungkapkan leh Choirotunnisa’ bahwa pergaulan bebas adlaah salah satu kebutuhan dari makhluk hidup manusia sebab manusia adalah makhluk social yang dalam kesendiriannya membutuhkan orang lain” (Nisa : 2007 : 23). ilmuwan sosiologi dalam Rofin menurut Kartono kenakalan remaja adalah merupakan gejala patologis social pada remaja yang disebabkan oleh sesuatu bentuk pengabaiak social. Fikri El Hakim bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas – batas norma dan aturan – aturan yang ada.

Beberapa buku penunjang 2. karena tidak ada data tempat dan angka. Menyusun kerangka karya tulis ilmiah 5. Menentukan tema 2. Waktu Penelitian Alhamdulillah penelitian kami tentang pergaulan bebas pada remaja ini berjalan dengan lancar. kami mulai melakukan penelitian tanggal 16 Januari sampai dengan….BAB III METODOLOGI DAN CARA KERJA A. Beberapa narasumber yang kami wawancarai C. Mencari buku – buku panduan 4. 4 . Mewawancarai D. Langkah Kerja Dalam penelitian ini kami melakukan beberapa langkah kerja diantaranya : 1. Alat dan Bahan Dalam melakukan penelitian tentang pergaulan bebas pada remaja ini kami menggunakan beberapa alat dan bahan antara lain : 1. Teknik Penelitian Dalam melakukan penelitian ini kami menggunakana dua metode kepustakaan dan metode interview. Mencari judul 3. Penelitian ini bersifat kualtiatif. B.

Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media masa. Berikut ini diantara penyebab maraknya pergaulan bebas di Indonesia : - Sikap mental yang tidak sehat membuat banyaknya remaja merasa bangga terhadap pergaulan yang sebenarnya tidak sepantasnya tetapi mereka tidak memahami karena daya pemahaman yang lemah. acuh tak acuh.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 1) Pengertian Pergaulan Bebas Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas – batas norma kemanusiaan yang ada. kekecewaan. yang nantinya akan membuat mereka merasa tidak nyaman dengan hidup yang mereka bisa jalani sehingga peralian diri hal tersebut adalah hal berdampak negatif contohnya dengan adanya pergaulan bebas. melaksanakan kehendak dan mengajarkan yang salah tanpa dibelaku dasar keimanan yang kuat bagi anak. mengolok – olok. Penyebab tiap remaja mengakui berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utamanya yaitu kurangnya pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan / agama dan ketidak stabilan emosi remaja. Dimana stabilitas emosi yang dipicu dengan penganiayaan emosi seperti pembentukan kepribadian yang tidak sewajarnya dikarenakan tindakan keluarga ataupun orang tua yang menolak. Masalah keluarga. menghukum. pengethauan yang minim dan ajakan teman – teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa (Choirotunnisa’ : 2007 : 21). Ada banyak penyebab remaja melakukan pergaulan bebas. Remaja adalah individu yang emsinya rentan tidak terkontrol oleh pengadilan diri yang benar. 5 . Hal tersebut menyebabkan perilaku yang tidak terkendali. 2) Penyebab dan Dampak Maraknya Pergaulan Bebas Remaja Indonesia a. seperti pergaulan bebas dan penggunaan narkoba yang berujung kepada penyakit seperti HIV dan AIDS ataupun kematian.

Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas ada yang tidak sesuai dengan harapan. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua memberi arahan dengan siapa dan dikomunitas mana remaja harus bergaul. Hal ini disebabkan karena norma – norma yang ada sudah tergeser oleh modernisasi yang sebenarnya adalah westernisasi. Adanya motivasi dari keluarga. Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis. Dan pastinya setelah terkena virus ini kehidupan remaja akan menjadi timpang dari segala segi.- Pelampiasan rasa kecewa yaitu ketika seorang remaja mengalami tekanan dikarenakan kekecewaannya terhadap orangtua yang bersikap otoriter ataupun terlalu membebaskan.com) 6 . b. komunikatif dan nyaman bagi remaja. teman sebaya untuk melakukan point pertama. Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya control diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Dampak dari Pergaulan Bebas Pergaulan bebas identik sekali dengan yang namanya “dugem” (Dunia gemerlap) yang sudah menjadi rahasia umum bahwa didalamnya marak sekali pemakaian narkoba. (http:// pergaulanbebas. Remaja harus bisa mendapatkan banyak mungkin figure orang – orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini. guru. terutama pergaulan bebas dikarenakan rasa tidak nyaman dalam lingkungan hidupnya. Ini identik sekali dengan adanya seks bebas. (Rofin : 2009 : 33) 3) Bagaimana Mengatasinya Hal – hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja : a. c. e. - Kegagalan remaja menyerap norma yang ada. Yang akhirnya berjuang kepada HIV / AIDS. d. b. Sekolah yang memberikan tekanan terus menerus (baik dari segi prestasi untuk remaja yang sering gagal maupun dikarenakan peraturan yang terlalu meningkat) lingkungan masyarakat yang memberikan masalah dalam sosialisasi sehingga menjadikan remaja sangat labil dalam mengatur emosi dan mudah terpengaruh oleh hal – hal negatif di sekelilingnya.

c. Berusaha mengubah perilaku menyimpang. b.4) Hal – Hal yang Harus Dilakukan oleh Remaja yang Telah Terjerumus pada Pergaulan Bebas Pergaulan bebas termasuk yang lazim dianut oleh para remaja saat ini. Sekian banyaknya remaja yang terjerumus pada pergaulan bebas maka remaja yang telah terjerumus harus melakukan hal – hal yang dapat membebaskannya dari pergaulan bebas antara lain : a. e. Lebih mendekatkan diri pada Allah (pendapatnya) 7 . Jauhi pergaulan bebas dengan melakukan hal – hal positif seperti bersosialisasi dengan sesama masyarakat. d. Pada umumnya remaja saat ini terpengaruh oleh bujuk rayu kenikmatan duniawi yang mana dapat menjerumuskan remaja – remaja yang tidak dapat menahan nafsunya. Jauhi hal – hal yang berbau negatif pada pergaulan remaja. Jauhi pergaulan bebas.

kami dapat menyimpulkan bahwa pergaulan bebas yang terjadi pada kebanyakan remaja telah melebihi batas standart pergaulan yang sewajarnya. 8 . Semoga laporan ini dapat menjadi bahan renungan bagi siapapun yang membaca khususnya pada kami. Akibatnya banyak para remaja yang bertindak semaunya sendiri tanpa berpikir akibat yang akan terjadi dari perilakunya. maka kami sebagai penulis menyarankan agar pada remaja lebih berhati – hati dalam bergaul dan pandai – pandai memilih teman dan memperdalam ajaran agama agar tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas yang dapat meragukan diri sendiri juga orang lain. Kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan.BAB V PENUTUP Inilah akhir dari laporan kami berdasarkan penelitian yang telah kami lakukan selama beberapa minggu. Saran Berdasarkan kesimpulan diatas. A. B. Bebasnya pergaulan pada remaja banyak menimbulkan dampak negatif yang dapat menimbulkan dampak negatif yang menjerumuskan seorang remaja pada perbuatan – perbuatan yang mengarah pada perilaku buruk yang akibatnya tertuju pada diri sendiri serta lingkungannya.

Gramedia Pustaka Utama. 2009. Ahmad. Kediri : Harapan Mandiri Rofin. PT. Jakarta Mansur. Jakarta 9 .DAFTAR PUSTAKA Choirotunnisa’. Manfaat dan Mudharat Televisi. Jombang : Darul Hikmah Amin. Bikin Ngebet Cewek Gaul. Abu. Anska. Ilmu Akhlak Bulan Bintang. Menggapai Mutiara di Era Modern. Mudrikah. Milton. Mutiara Akhlak. Mendampingi Anak Menonton Televisi. Muhammad El Hakim. Remaja dalam Pelukan Dosa. Bulan Bintang. Jombang : Lintas Media Fikri. Jakarta Bakar Atjeh. 2007. 1993. 1963. Awald. 1968. 2005.2006. Jakarta Chen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful