Kelenjar Paratiroid

Kelenjar paratiroid (Gambar 13) adalah suatu kelenjar yang meng atur kalsium dalam tubuh, lokasinya di belakang kelenjar tiroid pada leher.Kelenjar paratiroid mensekresikan hormon yang disebut Parathormon (parathyrin), di mana hormon tersebut berperanan pada metabolisme kalsium dan fosfor. Demikian juga kelenjar paratiroid letaknya berselang -seling, kebanyakan manusia memiliki empat buah, satu berada di atas dan lainnya ada sisinya.

Gambar 13. Kelenjar Paratiroid

Seperti kebanyakan hormon protein yang lain. Hormon paratiroid disekresikandalam bentuk linear protein yang terdiri dari 84 asam amino. SINTESIS DAN METABOLISME HORMON PARATIROID (PTH) . Hormon lain. disekresikan ke dalam darah oleh eksositosis. terikat pada reseptor yang sama sebagai hormon paratiroid dan menunjukkan efek yang besar dalam hal Perkembangan. parathyroid hormone -related protein hormon paratiroid -gabungan protein). Hormon ini disekresikan dari sel kelenjar aratiroid dan didapatkan sebagai sel target ang besar di dalam t lang dan ginjal. hormon yang telah masak disimpan dalam olgi melalui vesikel sekretori.Hormon P ratiroi Hormon aratiroi adalah alah at dari hormon ndokrin ang angat nting dalam mengat r konsentrasi kalsi m dan fosfor dalam cairan ekstrasel ler. Setelah prosesing secara intraseluler. hormon paratiroid disintesis sebagai preprohormon.

tetapi secara tidak langsung melalui stimulasi produksi senyawa aktif yaitu vitamin dalam ginjal. efek hormon tiroid adalah menstimulasi osteoclast terhadap reabsorpsi mineral pada tulang. liberasi kalsium dalam darah. Hormon paratiroid menstimulasi proses ini.Kesan Fisiologik Hormon Paratiroid Jika konsentrasi ion kalsium dalam cairan ekstraseluler turun sampai dibawah normal. selanjutnya . Hormon paratiroid menunjuakkan kerjanya sebagai stimulasi dengan tiga proses : ‡ Mobilisasi kalsium dari tulang : Pada mekanisme yang tak jelas. Vitamin menginduksi sintesis ikatan kalsium-protein dalam sel epitel usus halus dan yang memberikan fasilitas absorpsi yang efisien terhadap kalsium ke dalam darah. konsentrasi ion fosfat dalam darah akanditurunkan. ‡ Pengaturan absorpsi kalsium dari usus halus : Terfasilitasnya absorpsi kalsium dari usus halus akan meningkatkan kadar kalsium dalam darah. alam hubungannya dengan peningkatan konsentrasi kalsium. hormon paratiroid merusak ekskresi kalsium dalam urin. ‡ Penekanan berkurangnya kalsium dalam urin : Sebagai tambahan adanya stimulasi yang terus-menerus kalsium ke dalam darah dari tulang dan usus halus. kembali normal .

Efek lain dari hormon paratiroid pada ginjal yaitu menstimulasi ion fosfat dalam urin. Pelepasan hormon paratiroid dalam kondisi konsentrasi kalsium yang berbeda Gambar 15 menjelaskan akan sel paratiroid dalam memonitor kadar kalsium bebas dalam ekstraseluler melalui bentuk integral protein membran yng fungsinya sebagai Cal ium-Sensing Re eptor. Gambar 1 menjelaskan pelepasan hormon paratiroid dari kultur sel se ara in itro pada perbedaan kadar kalsium. Efek ini diantarai oleh stimulasi reabsorpsi tubuler kalsium. Kawalan Sekresi Hormon Paratiroid Pelepasan hormon tiroid sebagai respon terhadap menurunnya konsentrasi kalsium bebas dalam ekstraseluler. . Gambar 14.akan menahan kalsium dalam darah. pada tah ap ini terjadi peningkatan sekresi hormon paratiroid. tetapi hal ini mun ul karena efek yang tidak langsung dan tidak nyata bedanya sebagai pengatur hormon ini. Berkurangnya kadar hormon akan tentang menyebakna kadar kalsium darah akan naik. Perubaha n konsentrasi fosfat dalam darah dapat dinyatakan pula sebagai sekresi hormon paratiroid. Ketika kadar kalsium turun sampai di bawah normal.

penandaan mRNA sebagai reseptor tipe I dengan penyebarannya yang luas dalam tulang dan ginjal. karena adanya pengembangan fasilitas terhadap antagonis untuk perlakuan dalam membahas tentang penyakit. kemungkinannya digunakan pada reseptor untuk P HrP. Reseptor untuk kedua hormon tersebut sudah dilakukan penelitian. Dua reseptor telah diidentifikasi bentuk ikatan hormon paratiroid dn yang satunya adalah ikatan P HrP. Calcium-Sensing eceptor eseptor ormon Paratiroid Hormon Paratiroid dan Hormon Paratiroid -hubungan protein (P HrP) merupakan hormon yang mengontrol kesetimbangan kalsium dan fosfor. dan bentuknya atau sifat fisiologiknya berbda . seperti osteoporesis. Tipe II reseptor hormon paratiroid : Ikatan hormon paratiroid. Bagian ekstraseluler mempunyai enam residu sistein. alur y li A P / protein kinase A adalah lebih dominan.Gambar 15. Tipe I reseptor hormon paratiroid : Ikatan kedua hormon paratiroid dan gugus amino terminal senyawa peptida P HrP. olekul ini adalah G protein -reseptor oupled dengan tujuh segmen transmembran. Senyawa mRNA juga dinyatakan pada kadar yang rendahy dalam banyak jaringan. Kemungkinan pernyataan akan aksi hormon paratiroid. ditunjukkan sebagai bentuk yang sangat lambat untuk P HrP. dan hiperkalsemia yang dihubun gkan dengan beberapa tipe tentang kanker. diturunkan oleh sinya l protein kinase A dan protein kinase C. olekul ini diek spresikan hanya dalam jumlah yang ke il dari jaringan -jaingan. Ikatan ligan untuk reseptor ini akti itasnya oleh adenylyl y lase dan ssistem phospholipase C.

nyata walau[pun dengan karakteristik yang ke il. ansen¶s methaphyseal hondroplasia adalah sindroma yang pendek dari kekerdilan hasil dari mutsi akti itas reseptor. juga berada dalam bentuk ikatan dengan adenylyl y la e dan induksi ikatan ligan yang meningkat konsentrasi intraseluler untuk siklik A P. Blomstrand¶s hondroplasia dihasilkan dari mutasi inakti asi pada gene reseptor. . penyakit yang disebabkannya akan segera timbul proses kematian engan tertahannya pendewasaan tulang. sangat sama pada tikus dengan target pelepasan gene P H rP. utasi pada reseptor tipe I telah dinyatakan dengan penyakit pada manusia yang jarang. Seperti pada reseptor tipe I.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful