BAB II GAMBARAN UMUM

II.1. Sejarah Koperasi Syari’ah di Indonesia Membicarakan sejarah koperasi syari’ah di Indonesia tentunya tidak bisa kita lepaskan dari sejarah koperasi konvensioanal di Indonesia, dimana dikatakan bahwa lahirnya koperasi di Indonesia dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sama yaitu menentang individualisme dan kapitalisme secara fundamental (Zulkarnain,2008;8). Pada Tahun 1908 Budi Utomo menganjurkan berdirinya koperasi untuk keperluan rumah tangga, kemudian untuk menggiatkan pertumbuhan koperasi pada akhir tahun 1930 didirikan jawatan koperasi yang tugasnya mnerangkan serta menjelaskan seluk beluk mengenai perkoperasian (Zulkarnain,2008;10). Setelah berdirinya jawatan koperasi tersebut maka angka pertumbuhan koperasi menunjukkan peningkatan, jika pada tahun 1930 jumlah koperasi hanya 39 buah dengan jumlah anggota sebanyak 7.848 orang maka pada tahun 1939 jumlahnya menjadi 574 buah dengan jumlah anggotanya mencapai 52.555 orang (Zulkarnain,2008;11). Tonggak sejarah koperasi berikutnya adalah kongres koperasi pertama yang dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 1947 di Tasikmalaya, dimana pada kongres terebut terbentuklah Sentra Organisasi Koperasi Rayat Indonesia (SOKRI). Momen ini juga membuat tanggal 12 Juli sebgai Hari Koperasi Nasional (Zulkarnain,2008;13).

32

Universitas Sumatera Utara

namun hal ini harus berhadapan dengan kenyataan bahwa pencitraan 33 Universitas Sumatera Utara . untuk itu pemerintah membangun Pusat-Pusat Pendidikan Koperasi (PUSDIKOP) di tingkat pusat dan juga tingkat propinsi. keputusan kongres membahas mengenai hubungan Dewan Koperasi Indonesia dengan International Cooperative Alliance (ICA) dan sejak 9 Februari 1970. Kongres ini menghasilkan keputusan antara lain merubah SOKRI menjadi DKI (Dewan Koperasi Indonesia). Pada masa awal orde baru. Memasuki orde reformasi peran koperasi sangat jelas terutama saat krisis ekonomi berlangsung.13).16).Pada tanggal 15 sampai 17 Juli 1953 dilangsungkan kongres koperasi Indonesia ke-2 di Bandung. saat ini PUSDIKOP sudah berubah nama menjadi Pusat Latihan dan Penataran Perkoperasian (PUSLATPENKOP) di tingkat pusat dan Balai Latihan Perkoperasian (BALATKOP) di tingkat daerah (Zulkarnain.13-14).2008. wilayah.2008. Selanjutnya pada tanggal 1 sampai 5 September 1956 diselenggarakan kongres koperasi yang ke-3 di Jakarta. dan mewajibkan DKI membentuk lembaga pendidikan koperasi dan sekolah menengah koperasi di daerah. pembangunan perkoperasian menitikberatkan pada investasi pengetahuan dan keterampilan. Dewan Koperasi Indonesia yang disingkat Dekopin dinyatakan sebagai organisasi gerakan koperasi Indonesia yang berbadan hukum dan mempunyai tingkatan organisasi di tingkat nasional. dan tingkat kabupaten /kota (Zulkarnain. Wacana ekonomi kerakyatan kembali tampil ke permukaan. serta kongres ini juga mengangkat Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia (Zulkarnain. setelah beberapa kali berganti nama.2008.

KUKM/IX/2004 tanggal 10 September 2004 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha Koperasi Jasa Keuangan Syariah. namun secara historis model koperasi yang berbasis nilai Islam di Indonesia telah diprakarsai oleh paguyuban dagang yang dikenal dengan SDI (Sarikat Dagang Islam) oleh Haji Samanhudi di Solo Jawa Tengah yang menghimpun para anggotanya dari pedagang batik yang beragama Islam (Muhammad. dengan keanggotaan sebanyak 26. gaung koperasi syari’ah tidak terdengar lagi di Indonesia. Keputusan 34 Universitas Sumatera Utara . kapan mulai berkembang di Indonesia.go.go.97).2007. Bulan November 2001 jumlah koperasi di Indonesia mencapai 103. Sedangkan untuk koperasi syari’ah tidak diketahui secara pasti.97).180 unit (Zulkarnain. Sekitar tahun 1990 barulah koperasi syari’ah mulai muncul lagi di Indonesia (www.18).koperasi berada di titik nadir.2008.000. Jumlah koperasi aktif per November 2001 sebanyak 96. Keberadaan Sarikat dagang Islam tidak bertahan lama.pekasejahtera. Lebih tepatnya lagi pasca reformasi semangat ekonomi syari’ah dan koperasi syari’ah muncul kembali di negeri ini.000 orang. Kelahiran koperasi syari’ah di Indonesia dilandasi oleh keputusan menteri (Kepmen) Koperasi dan UKM Republik Indonesia Nomor 91/Kep/M. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah saat ini ada 3020 koperasi syari’ah di Indonesia yang bergerak di berbagai macam kelembagaannya (www.id). karena pada perkembangan selanjutnya Sarikat Dagang Islam berubah menjadi Sarikat Islam yang haluan pergerakannya cendrung bernuansa politik (Sri Edi Swasono dalam Muhammad.id).2007.000 unit.pekasejahtera. Setelah SDI (Sarikat Dagang Islam) mengkonsentrasikan perjuangannya di bidang politik.

2. Mengatasi hal itu pihak pengurus memutuskan membuka posko pembayaran uang simpanan koperasi di Musholla Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. Keputusan ini 35 Universitas Sumatera Utara . Belum tersedianya kantor menyebabkan para pengurus koperasi harus bergerilya mengumpulkan simpanan para anggota. Dengan demikian dalam rangka mempercepat pertumbuhan dan perkembangan koperasi syari’ah di Indonesia. Saat itu kegiatan yang dijalankan oleh koperasi baru sebatas pengumpulan simpanan pokok dan simpanan wajib anggota koperasi. Kegiatan operasional Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri ini dimulai pada bulan Mei 2006.pekasejahtera. Ide awal pendirian Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri muncul dari pengurus departemen ekonomi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Universitas Sumatera Utara periode kepengurusan 2005-2006. Sejarah Berdirinya Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri merupakan salah satu lembaga keuangan syari’ah yang berdiri pada tanggal 31 Maret 2006. II.go.Menteri ini memafasilitas berdirinya koperasi syariah menjadi koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) atau unit jasa keuangan syariah (UJKS).id). dengan adanya sistem ini membantu koperasi serba usaha di Indonesia memiliki unit jasa keuangan syariah. ke depannya mutlak diperlukan adanya Undang-Undang Koperasi Syariah tersendiri yang mampu mengakomodir percepatan dari Koperasi Syariah itu sendiri (www.

II. dengan nomor badan hukum : 518. kecamatan Medan Sunggal. karena hal ini mempermudah kegiatan pengumpulan dan penyaluran dana oleh koperasi. kelurahan tanjung rejo. Berdirinya kios ini berdampak positif bagi perkembangan koperasi syari’ah. Pasca legalitas tepatnya pada tanggal 17 Februari 2008 Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri mulai membuka kios di Pajak USU nomor 17. 9. Inilah sejarah awal terbentuknya Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri dari mulai terbentuknya sampai akhirnya mendapatkan izin (legalitas) dari pihak Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sumatera Utara. Legalitas koperasi ini Dikeluarkan oleh pihak dinas pada bulan Desember 2007.tidak sia-sia dengan adanya posko tersebut tidak hanya mempermudah para pengurus tetapi juga mempermudah para anggota koperasi untuk mengumpulkan uang simpanan. Medan. biasanya sebuah perusahaan ataupun organisasi memiliki visi dan misi.503/110/BH/II/KUK/2007.4. Secara tidak langsung kios inilah yang menjadi kantor sementara sekaligus tempat usaha dari koperasi Syari’ah Berkah Mandiri. Lokasi Koperasi syariah Berkah Mandiri (KSBM) terletak di jln Setia No.3. dan tempat usaha koperasi yang berupa kios terletak di "Pajak USU" Nomor 17 Medan. Visi dan Misi Serta Tujuan Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri Untuk mendukung keberhasilan suatu usaha. Begitu juga dengan Koperasi Syari’ah 36 Universitas Sumatera Utara . II.

yang pertama adalah anggota biasa yang kedua adalah calon anggota. II.4.5.4. teknologi serta administrasi dibidang perekonomian sesuai Syariat Islam. II. misi dan juga tujuan yang ingin dicapai.Visi Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri Menjadi salah satu wadah perekonomian bagi anggota khususnya dan Umat Islam umumnya yang secara profesional dan amanah dengan semangat Ukhuwah Islamiyah dan berlandaskan Syariat Islam. Meningkatkan taraf hidup anggota KSBM pada khususnya dan Umat Islam pada umumnya. 2. pendidikan dan keagamaan. dan yang terakhir adalah anggota luar 37 Universitas Sumatera Utara . Keanggotaan Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri Keanggotaan di Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri menurut anggaran dasar koperasi dibagi menjadi tiga status keanggotaan.1.Berkah Mandiri. Senantiasa memperbaruhi diri.2. selaras dengan aspirasi Umat Islam. II. Misi Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri 1. 3. dalam menjaga keberlangsungan dan mendukung keberhasilan usahanya koperasi telah mempersiapkan visi. Menjalin rasa persaudaraan dan persahabatan antar anggota KSBM dengan semangat Ukhuwah Islamiyah. baik dibidang ekonomi.

Sedangkan anggota luar biasa adalah mereka yang berstatus sebagai Warga Negara Asing (WNA) atau Warga Negara Indonesia (WNI) bermaksud menjadi anggota dan memiliki kepentingan kebutuhan dan kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh koperasi namun tidak memenuhi semua persyaratan sebagai anggota. calon anggota adalah mereka-mereka yang belum melunasi simpanan pokok di koperasi namun sudah mendaftar atau mengajukan diri menjadi anggota koperasi. Persyaratan Administrasi Mengisi Formulir. 200.biasa. Anggota biasa merupakan orang-orang yang sudah melunasi simpanan pokok dan telah terdaftar di koperasi.yang diadakan oleh Pengurus KSBM.Rp.000. 20. Persyaratan Material Telah melunasi simpanan pokok dan simpanan wajib Simpanan pokok Simpanan Wajib Rp. 38 Universitas Sumatera Utara .000 / bulan 3. Foto Copy KTP dan Pas Photo 2. Persyaratan Kegiatan Telah mengikuti pendidikan koperasi minimal 3 (tiga) kali. Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi untuk diterima menjadi anggota koperasi adalah sebagai berikut: 1.

keputusan rapat anggota dan ketentuan lainnya yang berlaku dalam koperasi. membayar simpanan wajib sesuai ketentuan yang ditetapkan dalam anggaran rumah tangga atau keputusan dalam rapat anggota. 39 Universitas Sumatera Utara . anggaran rumah tangga. Menghadiri dan berbicara dalam rapat anggota.1. Mengajukan usul. 3. Untuk calon anggota hak dan kewajibannya hampir sama dengan anggota koperasi. Setiap anggota mempunyai kewajiban: 1. Memperoleh pelayanan dari koperasi. 4. Hak dan Kewajiban Anggota Koperasi Setiap anggota berhak: 1. 2. 3. Memiliki hak suara yang sama. Hak dari calon anggota adalah: 1. 5. saran dan pendapat untuk kebaikan dan kemajuan koperasi. 3.II. 4. memperoleh bagian sisa hasil usaha (SHU). Memperoleh pelayan dari koperasi 2. Mentaati ketentuan anggaran dasar. 2. saran dan pendapat untuk kebaikan dan kemajuan koperasi. namun ada beberapa hal yang berbeda. Memelihara serta menjaga nama baik dan kebersamaan dalam koperasi. Mengajukan usul. Berpartisipasi dalam kegiatan usaha koperasi. Menghadiri dan berbicara dalam rapat anggota.5.

3. Memelihara serta menjaga nama baik dan kebersamaan dalam koperasi. Berpartisipasi dalam kegiatan usaha koperasi. Menghadiri dan berbicara dalam rapat anggota.Kewajiban calon anggota adalah: 1. Mengajukan pendapat. 2. 4. keputusan rapat anggota dan ketentuan lainnya yang berlaku dalam koperasi. Memperoleh pelayanan koperasi. 40 Universitas Sumatera Utara . Membayar simpanan pokok. anggaran rumah tangga. Membayar simpanan pokok sesuai ketentuan di dalam anggaran dasar dan membayar simpanan wajib sesuai dengan keputusan rapat anggota. Sedangkan bagi anggota luar biasa. Berpartisipasi dalam kegiatan usaha koperasi. Mentaati ketentuan anggaran dasar. 2. hak dan kewajibannya adalah sebagai berikut: Hak anggota luar biasa adalah: 1. Kewajiban anggota luar biasa: 1. saran dan usul untuk kebaikan dan kemajuan koperasi. simpanan wajib dan sukarela sesuai ketentuan yang diputuskan dalam rapat anggota. 2. 3.

II.3. Berakhirnya masa keanggotaan Keanggotaan seseorang berakhir di koperasi apabila: 1. II. Mentaati ketentuan anggaran dasar. 2. Berhenti atas permintaan sendiri 4.2.5. 4.3. Koperasi membubarkan diri atau dibubarkan oleh pemerintah. yang terdiri dari pengurus sebanyak 4 orang. pengawas sebanyak 4 orang . untuk lebih jelasnya mari kita lihat tabel berikut ini: 41 Universitas Sumatera Utara . Memilihara dan menjaga nama baik dan kebersamaan dalam koperasi.5. anggaran rumah tangga. Anggota tersebut meninggal dunia. Diberhentikan oleh pengurus karena tidak lagi memenuhi persyaratan keanggotaan dan atau melanggar ketentuan anggaran dasar/anggran rumah tangga dan ketentuan lain yang berlaku dalam koperasi. anggota sebanyak 162 orang . 3. pengelola sebanyak 12 orang. Keputusan rapat anggota dan ketentuan lainnya yang berlaku dalam koperasi. Karakteristik Anggota Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri Saat ini jumlah anggota dan calon anggota Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri adalah 182 orang.

adapun datanya adalah sebagai berikut: 42 Universitas Sumatera Utara .pengawas. yang berjumlah 182 orang dengan jumlah pengurus sebanyak 4 orang. Jumlah Anggota Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri Sumber : Buku Anggota KSBM. Kemudian kita akan melihat jumlah anggota Koperasi berdasarkan jenis kelamin. 4.No 1.2 2. 3. Posisi/Jabatan Pengurus Pengawas Pengelola Anggota Jumlah total Frekuensi 4 4 12 162 182 Persentase 2.pengelola) yakni 11 %. Dari tabel tersebut terlihat bahwa anggota yang bergabung dengan koperasi sebagai anggota biasa (tidak turut dalam struktur kepengurusan) lebih banyak dengan persentase 89 % dari pada anggota yang turut dalam struktur kepengurusan (pengurus.6 89 100 % Tabel 1. pengawas 4 orang. 2. pengelola 12 orang dan anggota sebanyak 162 orang.2 6. 2009 Tabel di atas menggambarkan jumlah anggota KSBM.

3 100 % Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa anggota KSBM mayoritas adalah kaum muda yang tergolong dalam usia produktif (antara 21-25 tahun).7 53. Adapun pembagianya adalah sebagai berikut: No 1 2 3 4 Usia 15 – 20 tahun 21 – 25 tahun 26 .31 tahun ≥ 32 tahun Total Tabel 3. 43 Universitas Sumatera Utara . Setelah itu kita akan kita lihat klasifikasi anggota Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri berdasarkan usia.No 1. Jumlah Anggota Berdasarkan Usia Sumber : Buku Anggota KSBM.8 9. 2009 Dari tabel 2 di atas menggambarkan jumlah anggota KSBM berdasarkan jenis kelamin.3 %). 2009 Frekuensi 3 115 47 17 182 Persentase 1. yakni jumlah anggota laki – laki 85 orang (46. 2.7 %) sedangkan yang perempuan berjumlah 97 orang (53.2 25.6 63. Jumlah Anggota Berdasarkan Jenis Kelamin Sumber : Buku Anggota KSBM. Jenis Kelamin Laji – Laki Perempuan Jumlah Total Frekuensi 85 97 182 Persentase 46.3 100 % Tabel 2.

Jumlah Anggota Berdasarkan Jenis Pekerjaan Sumber : Buku Anggota KSBM. 2009 44 Universitas Sumatera Utara . Untuk pembagian jumlah anggota koperasi berdasarkan jenis pekerjaan dapat kita lihat pada tabel di bawah ini: No 1 2 3 4 Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pegawai Swasta Wiraswasta Tidak / Belum Bekerja Jumlah Anggota Jumlah (orang ) 11 35 80 56 182 Persentase 6 19.Sedangkan berdasarkan tingkat pendidikan pembagiannya adalah sebagai berikut: No Tingkat Pendidikan Frekuensi Persentase 1. SLTA sebanyak 3 orang dan yang sedang mengikuti pendidikan di perguruan tinggi (mahasiswa) adalah sebanyak 105 orang.7 40. dari 182 orang yang telah tamat dari perguruan tinggi adalah sebanyak 74 orang.6 57.7 100 % Tabel 4. 2009 Anggota Koperasi berdasarkan tingkat pendidikannya terlihat pada tabel 4 yaitu. Jumlah Anggota Berdasarkan Tingkat Pendidikan Sumber : Buku Anggota KSBM. 2.8 100 % Tabel 5.2 44 30. SLTA Mahasiswa Perguruan Tinggi Jumlah Total 3 105 74 182 1. 3.

6. wiraswasta. pegawai swasta.Adapun karakteristik anggota KSBM berdasarkan jenis pekerjaan adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS). II. dan ada yang belum bekerja. Anggota yang berwiraswasta merupakan anggota yang jumlahnya paling banyak yaitu 80 orang (44 %). Diikuti oleh anggota yang belum / tidak bekerja yaitu sebanyak 56 orang (30. Struktur Organisasi Koperasi Adapun struktur organisasi Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri adalah sebagai berikut: RAPAT ANGGOTA PENGAWAS SYARI’AH PENGURUS PENGAWAS ADMINISTRASI DAN KEUANGAN PENGELOLA usaha simpan pinjan PENGELOLA usaha perdagangan PENGELOLA usaha privat less PENGELOLA usaha cattering 1. Hal ini menunjukkan mata pencaharian yang paling banyak dijalani anggota KSBM adalah wiraswasta. Rapat Anggota Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.8 %). dalam rapat anggota biasanya yang dilakukan adalah menetapkan 45 Universitas Sumatera Utara .

yaitu sama-sama mengawasi kebijaksanaan yang dilakukan pengurus dalam hal pengelolaan koperasi. pembagian sisa hasil usaha. serta pengesahan laporan keuangan. Selain itu rapat anggota juga berfungsi untuk menetapkan rencana kerja. manajemenusaha serta permodalan koperasi. 3. Mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus. namun pengawas syari’ah lebih fokus pengawasannya pada tataran syari’ahnya apakah kebijakan koperasi ada 46 Universitas Sumatera Utara . Pada Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri pengurus berjumlah tiga orang yang terdiri dari ketua. Pengawas Pada Koperasi syari’ah pengawas dibagi menjadi dua yaitu pengawas syari’ah dan pengawas biasa. hal ini untuk mempermudah pengambilan keputusan pada saat musyawarah. ataupun pembubaran koperasi. dan masa jabatannya adalah tiga tahun. sekretaris dan bendahara.anggaran dasar dan rumah tangga. Tugas para pengurus secara umum adalah mengendalikan dan menyelenggarakan usaha koperasi. memilih. dan penggabungan. menentukan kebijakan umum di bidang organisasi. peleburan. Pengurus koperasi biasanya berjumlah ganjil. Tugas kedua badan ini sebenarnya sama. mengangkat dan memberhentikan pengurus dan pengawas. Pengurus Pengurus dipilih dari dan oleh anggota dalam rapat anggota. rencana anggaran dan pendapata belanja koperasi. 2.

Pengelola koperasi diangkat dan diberhentkan oleh pengurus koperasi oleh karenanya pertanggungjawabannya juga kepada pengurus koperasi bukan kepada rapat anggota.Md. private les. 4. S. Dewan Pengawas Ketua Sekretaris Anggota : Achmad Syahputra. 47 Universitas Sumatera Utara . Pada Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri pengelola dibagi kepada lima bidang.Km. S. Susunan kepengurusan Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri (2008-2010) Pengurus Ketua Sekretaris Bendahara : Suyadi : Desel Vianti.E.S. II. A. Pengelola Koperasi Pengelola koperasi merupakan bagian penting di koperasi. diantaranya bidang simpan pinjam. S. : Liza Rickiyani.T. : Rajab Polpoke. Administrasi dan Keuangan Dina Fitri Junightifa.yang bertentangan dengan aturan agama Islam atau tidak. perdagangan. Sedangkan pengawas biasa mengawasi kebijakan pada permasalahan yang umum. S.7. S.Sos Pengawas Syari’ah Junaidi Parapat. karena pengelola koperasi membantu para pengurus dalam hal menjalankan usaha yang ada di koperasi.E. cattering service. : Triana Lily Rahayu Tanjung. S.

Zahrina.8. Bidang Usaha Yang Dijalankan Koperasi Sampai saat ini Koperasi Syari’ah Berkah Mandiri sudah melakukan berbagai macam kegiatan usaha.Ismail.Pengelola Marketing : . kategori yang pertama adalah bidang jasa keuangan syari’ah dan yang kedua adalah bidang perdagangan. A.Ivana Widya Sari : .Km.Yelmis Fetri Levi .Mukhtata.Aqmalia Santika .Dina Fitri Junightifa. : .Md .Md II.Anggi Anggriani. A. Namun secara umum dibagi menjadi dua kategori.Diki Altrika . S. : .E.Md Perdagangan Privat Les Catering Rental Mobil : . A. untuk bidang jasa keuangan syari’ah kegiatan usahanya adalah sebagai berikut: A. S. Produk penghimpunan dana: • Investasi mudharabah umum / tabungan • Investasi SPP mahasiswa dan pelajar • Investasi berjangka mudharabah • Investasi nikah 48 Universitas Sumatera Utara .Dwi Karina Ariadni .

Produk penyaluran dana/usaha • Mudharabah • Musyarakah • Murabahah (jual beli) • Ijarah (sewa) • Qardh (pinjaman) • Usaha perdagangan (Penjualan Pulsa. Majalah.B. dan parfum) • Privat less. catering service 49 Universitas Sumatera Utara . Buku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful