POLIMERISASI RADIKAL BEBAS (PEMBENTUKAN POLIMETHYL ACRYLAT) Polimerisasi radikal bebas adalah metode polimerisasi dimana suatu polimer

terbentuk dari penambahan berturut-turut radikal bebas gugus atau atom-atom membentuk molekul. Radikal bebas dapat dibentuk melalui sejumlah mekanisme yang berbeda biasanya melibatkan molekul inisiator terpisah. Setelah penciptaan radikal bebas monomer unit, rantai polimer tumbuh pesat dengan penambahan berurutan dari bangunan gugus ke situs radikal bebas. polimerisasi radikal bebas adalah rute sintesis kunci untuk mendapatkan berbagai macam polimer yang berbeda dan material komposit. Sifat relatif nonspesifik dari interaksi kimia radikal bebas membuat polimerisasi menjadi salah satu bentuk polimerisasi yang paling berguna. Salah satu pemanfaatan polimerisasi radikal bebas adalah dalam metode pembuatan polimethyl acrylat. Berikut adalah mekanisme pembentukan polimethyl acrylat dengan menggunakan benzoil peroksida sebagai insiator. 1. Tahapan Insiasi

Menyebar Agen.2. Surfaktan. Pengolahan Air. . Tekstil. Air-berbasis pelapisan. Chelating Agen. Tahap terminasi Kegunaan dari polimer ini yaitu. Plastik. Perekat. Tahap propagasi 3. Penebalan Agen.

TUGAS 3 KIMIA POLIMER REAKSI POLIMERISASI RADIKAL BEBAS REAKSI PEMBENTUKAN METHYL ACRYLAT Disusun Oleh : Laode Abdul Kadir / F1C1 07 030 JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 2011 .

TUGAS 4 KIMIA POLIMER REAKSI POLIMERISASI ZIEGLER-NATTA REAKSI PEMBENTUKAN POLIETILENA Disusun Oleh : Laode Abdul Kadir / F1C1 07 030 JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS HALUOLEO KENDARI 2011 .

Hal ini ditemukan oleh dua ilmuwan Dr. Berikut adalah mekanisme pembentukan polietilena. Polietilen adalah polimer sintetik yang terdiri dari monomer-monomer molekul etena. dengan menggunakan menggunakan katalis Ziegler Natta. seperti tidak bercabang linier polietilena dan isotaktik polypropylene. Polomerisasi radikal bebas vinil hanya dapat memberikan bercabang polyethylene. Polimerisasi Ziegler-Natta ini sangat berguna. Karl Ziegler dan Prof. k Contoh polimerisasi Ziegler-Natta adalah pada proses pembentukan polietilena. Natta.RE L ERISASI ZIE LER-NATTA REAKSI PE BENT KAN POLIETILENA Poli i i Zi l N tt adalah metode polimeri asi vi il Metode Ini penting karena memungkinkan seseorang untuk membuat polimer spesi iktaktisitas. . sehingga polimer tersebut munjadi sulit meleleh dan kurang padat. Polietilena yang ditemukan oleh ahli kimia di ICI adalah polietilen bercabang dan bermassa jenis rendah. karena bisa membuat polimer yang tidak dapat dibuat dengan cara lain. dan propylene tidak akan memberi an percabangan.

Karena sifat sifatnya yang menguntungkan ini polietilena mempunyai keg unaan cukup luas. merupakan senyawa berupa padatan putih. tidak menguap serta tidak beracun. Bahan pembuatan botol . tahan terhadap pengaruh bahan kimia. daya regangan tinggi.Hasil polimerisasi etilena. sifat elektrisnya baik. Membuat barang plastik atau kantung plastik . tahan panas. Isolasi atau bahan pelapis pada kawat/kabel . Kegunaan polietilena antara lain : 1. thermosetting.

Membuat shopping bag 5.4. Bahan semikonduktor 7. Bahan pembuatan film (kantong kresek) . Bahan pembuatan pipa 8. Bahan baku pembuatan container 6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful