a.

Seni Bangun ,Seni Pahat , Seni Ukir Peninggalan-peninggalan seni bangun , seni pahat dan seni pahat dan seni ukir yang sampai saat ini diabadikan sebagai hasil budaya islam. Meliputi masjid, keratin, makam, dan kaligrafi. 1. Masjid Masjid bermakna tempat sujud, yakni tempat orang melakukan salat menurut peraturan islam, sebagai tempat mengembleng jiwa dan pribadi-pribadi islam yang hidup di tengahtengah masyarakat. masjid di Indonesia tersebar di berbagai daerah, terutama di daerah bekaskarajaan islam. Masjid kudus,masjid banten , masjid demak ,dan masjid ternate . Peninggalan masjid kuno di Indonesia yang masih tertinggal kebanyakan terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah lapuk. Kendati beberapa bagian bangunan mengalami perubahan ,hal ini tidak meninggalkan keunikan dan nilai sejarahnya,beberapa hal yang menarik dan menjadi corak khas dari bangunan masjid-masjid kuno di Indonesia, yaitu sebagai berikut : a. Masjid mempunyai denah bujur sangkar. b. Pada sisi barat terdapat bangunan yang menonjol untuk mihrab. c. Di kedua sisi masjid kadangkala ada serambi di atas fondasi yang agak tinggi. d. Atap masjid banyak beratap tumpang (atap yang tersusun, semakin ke atas semakin kecil, dan yang paling atas berbentuk limas). e. Halaman masjid di kelilingi pagar tembok dengan satu atau dua pintu gerbang . f. Di dalam masjid terdapat barisan tiang yang mengelilingi empat tiang induk yang disebut sokoguru g. Di kiri atau kanan masjid terdapat menara sebagai tempat menyerukan panggilan sholat h. Letak masjid tepat di tengah ±tengah kota atau dekat dengan istana. i. Di sekitar masjid (kecuali bagian barat ) biasanya terdapat tanah lapang

2. Keraton Keraton adalah tempat untuk melakukan kegiatan yang menyangkut urusan kerajaan.keraton di bangun sebagai lambang pusat pemerintahan. Contoh keratin kerajaankerajaan islam yaitu keraton kesepihan dan kanoman(Cirebon),keraton banten(surosowan),keraton demak, keraton yokyakarta, keraton Surakarta, keraton samudra pasai dan keraton kesultanan aceh. Bangunan utama keraton di bangun dengan mengarah ke utara biasanya dikelilingi pagar tembok, parit atau sungai kecil buatan. Keraton mempunyai tiga bagian halaman.bagian belakang amat di sakralkan dan tidak boleh sembarangan memasukinya.di dpan terdapat lapangan luas yang disebut alun-alun.

hal ini dapat di lihat dari bagian masjid mantingan di kota jepara. contoh. terutama makam raja atau kalangan bangsawan. Suluk Sukarsa. Nisan adalah tonggak pendek dari batu yang ditanam diatas gundukan tanah sebagai tanda kubur yang biasanya di pasang di ujung utara dan selatan jirat. babad. Letak bagian masjid yang mendapat ukir-ukiran umumya hanya di bagian mimbar. Syair Abdul Muluk dan Gurundam Dua Belas 4. Contoh. Seni klaligrafi memiliki sebuah gambar denan pola beragam. Hikayat Hang Tuah dan hikayat Amir Hamzah 2. Makam kuno bercorak islam terdiri dari jirat ( kijing ). Babad ialah cerita belatar belakang sejarah yang biasanya lebih berupa cerita semata daripada uraian sejarah yang di sertai bukti-buki atau fakta. syair dan suluk. Contoh makam kuno bercorak islam adalah makam Fatimah binti Maimun dan Makam maulana malik Ibrahim di Gresik. 3.atau bahkan hanya garis-garis geometri.pemandangan . . Cungkup adalah bangunan mirip rumah yang berada di atas jirat. perbukitan.Ditengah alun-alun ditanam pohon beringin sebagai lambang pengayman sultan terhadap rakyatnya.melainkan juga nisan. Kitab sulik merupakan karya sastra tertua peninggalan islam di Nusantara. 4. nisan dan cungkup. c.Suluk Wujil dan Suluk Malang Sumirang. seni kaligrafi yang berkembang di nusantara biasanya di tuangkan pada masjid dan makam. Setelah diadakan upacara jenazah pad ahari ke -100 biasanya banguna makam terlihat lengkap dan di buat secara permanen. 1. Contoh. Seni Sastra Peninggalan karya sastra bercorak islam di Indonesia dapat di bagi menjadi empat kelompok yaitu hikayat.cungkub dan bagian cungkubnya. Makam Makam merupakan tempat kediaman terakhir seseorangyang tlh meninggal. Suluk ialah kitab-kitab yang membentangkan soal-soal tasawuf. Syair ialah puisi lama yang tiap-tiap baitnya terdiri dari empat baris yang berakhir dengan bunyi yang sama. Contoh. Hikayat yaitu karya sastra berupa cerita atau dongeng yang di buat sebagai wahana pelipur lara atau pembangkt semangat juang. 3. a. Jiratatau kijing adalah bangunan yang dibuat dari batu atau tembokan yang berbentuk persegi panjang dengan arah lintang utara-selatan. bagian yang di hias bukan semata-mata kijingnya. Adapun pada kijing. seperti dedaunan bunga. Kaligrafi Seni kaligrafi mulai berkembang pada abad ke-16 Masehi berupa tulisan indah dalam bahasa arab yang dipahat kan pada sebuah batu. Babad Tanah Jawi dan Babad Giyanti. b. b. serta makam sultan malik al-saleh di pasai Aceh.bungan.

Akad nikah dilakukan di masjid untuk memenuhi syariat islam C.orang Eropa sehingga bangsa. Proses Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa Ke Nusantara Pada tahun 1453 Masehi. misalnya. perkawinan. Upacara lainnya adalah isra Mikraj dan Nisfu syakban dengan upacara dakwah.ke-100. Hari raya idul fitri.rempah. dank e-1000. . dan kematian merupakan kegiatan rutinitas masyarakat islam. dalam bidang perdagangan kebutuhan barang. Dalam acara Grebek Maulud Keris. dinamisme. dan budha. Berikut factor-faktor tersebut 1) terpengaruh oleh ajaran Copernicus yang menyatakan bahwa dunia bulat. Masa Penjelajahan Samudra. Bangsa eropa yang memelopori penjelajahan samudra. Tradisi Dan Upacara Kebudayaan islam yang dating ke Nusantara mengalami Akulturasi (percampuran) dengan tradisi atau upacara masyarakat setempat.c. Kepemilikan posisi strategis dan peran dalam lalu lintas perdagangan internasional telah membuat kawasan nusantara menjadi incaran dan ajang perebutan antara bangsa. misalnya. Inggris dan Belanda. pengajian alqur¶n dan ziarah untuk mendoakan arwah. Perkembangan Masyarakat Masa Kolonial Nusantara sebagai pusat perdagangan dan pintu gerbang lalu lintas perdagangan international atau bagi bangsa bangsa asing yang mencari rempah. hindu. Ada beberapa factor yang mendorong terjadinya penjelajahan samudra. ternyata dalam beberapa hal di praktkan dalam kehidupan keagamaan masyarakat islam. 2) merasa tertarik dengan kisah perjalanan Marco Polo ke dunia tamur yang diceritakan dalam buku Imago Mundi (Anggapan tentang Dunia ). Kedua bangsa ini menghadapi kesulitan ekonomi paling parah di eropa sejak jatuhnya konstantinopel. Upacara yang berkaitan dengan siklus kehidupan yakni kelahiran. terhadap seseorang yang telah meninggal di adakan hari ke-1 sampai hari ke.rempah. khususnya bagi Portugis dan Spanyol. mauled nabi.bangsa Eropa kemudian mengadakan penjelajahan dalam upaya mencari rempah. Pada setiap tanggal 10 Muharram. 1. Peringatan terhadap wafatnya Hasan ±Husein yang merupakan pengaruh islam aliran syiah juga dilaksanakan. Tradisi dan upacara yang biasanya di lakukan penganut animis-me. a. yaitu portugis dan spanyol. Namun semenjak jatuhnya kota tersebut Turki mempersulit masuknya orang. demikian pula tradisi ziarah ke makam dengan cara menaburka bunga dan menyiram air ke makam. Upacara-upacara keagamaan yang sampai saat ini senantiasa di selanggarakan adalah peringatan hari-hari besar islam.barang dagang yangh berasal dari Asia banyak di pasok melalui Konstantinopel. pendduduk membuat bubur-sura yang berwarna putih-coklat.bangsa eropa seperti Portugis. Konstantinopel yang menjadi pusat kegiatan perdagangan di laut tengah jatuh ke tangan Turki Usmani. jatuhnya konstantinopel menimbulkan kesulitan bangsa-bangsa Eropa. Di Yogyakarta peringatan maulud di ramalkan dengan bunyian gamelan Seketen dan pertunjukan lan yang di adakan di alun-alun.7 ke -40 . dan idul adha.

1521 M ) Pada tanggal 10 agustus 1519. sedangkan Portugis dapat menguasai negeri. timbullah pertentangan antara kedua bangsa tersebut. Pada saat yang sama Spanyol bersekutu dengan Tidore.negeri sebelah timur. armada portugis tiba di Ternate pada tahun 1512 Masehi. Selain bangsa Portugis. Pada pertengahan abad ke-15 Masehi. Perjanjian Zaragoza membagi dunia kedalam dua wilayah kekuasaan. Portugis menduduki Malaka. Ekspedisi yang dikenal dengan Magellan Del Cano yang telah membuktikan dunia itu bulat dan doberi hadiah sebuah bola dunia tiruan yang berlilitkan ikat pinggang dengan tulisan engkaulah yang pertama mengitari diriku. Sebelah utara - . antaranya : Christopher Columbus dan Ferdinand Magelhaens. Beberapa pelaut bangsa Portugisyang mempelopori penjelajahan samudra sebagai berikut : a) bartholomeus Diaz dianggap sebagai pelapor penjelajahan samudra bangsa Portugis. dimulai lah ekspedisi Portugal kedua di bawah pimpinan Ferdinand Magelhaens.3) Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. c) Alfonso d¶Albuquerque merupakan tokoh yang sangat berperan dalam merebut kota Malaka pada tahun 1511 Masehi. Maka. Tetapi. Perjalanan kemudian dilanjutkan Juan Sebastian Del Cano yang tiba kembali di Spanyol tahun 1522 Masehi. Pada tahun 1528 Masehi. Kedatangan Bangsa Portugis di Nusantara Sejak tahun 1511 Masehi. Ia bertolak dari lisabon menempuh perjalanan berputar ke arah barat daya menuju Brazil. seperti penemuan kompas. Pada Tahun 1521 M magelhaens mendarat di kepulauan Massava. Filipina.Ferdinand Magelhaens ( 1480 M. b. Ternate melalui laut Cina selatan. Perjanjian Tordesillas ( 1494 M ) Merupakan kesepakatan antara Spanyol dan portugis mengenai pembagian dunia ke dalam dua wilayah. tidak di sukai suku mactan yang menimbulkan peperangan diantara kedua belah pihak dalam peperangan ini magelhaens gugur.sama menuding telah melanggar perjanjian Tordesillas. b) Ekspedisi Vasco da Gama dimulai pada tahun 1497 M. dan menyebarkan agama krsten). mesiu. para pelaut spanyol melaksanakan penjelajahan samudra. Di pimpin Antonio d¶Abreau.1506 M ) Christopher Columbus berhasil mencapai San Salvador di kepulauan Bahama (perairan karibia )pada tahun 1492 Masehi. . dianggap sebagai ekspedisi yag pertama kali mengelilingi dunia. dan gospel (mencari kekeyaan memperoleh kejayaan. Pelaut Spanyol yang melakukan penjelajahan samudra. Christopher Columbus ( 1451 M. dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran 4) Terdorong semangat mewujudkan semangat 3-G. glory. yaitu gold. navigasi.negeri di sebelah barat. dicapai kesepakatan antara Portugis dan Spanyol di kota Zaragoza ( Spanyol ). Spanyol diberi hak untuk melayani dan menguasai negeri. Portugis dan Spanyol sama.

Pelayaran pertama Inggris dilakukan oleh James Lancaster dan John Davis yang berhasil mencapai Aceh dan Banten pada tahun 1602. Inggris mendirikan kantor dagang dan benteng pertahanan di Bengkulu tahun 1684 Masehi. Untuk memperkuat armada ekonomi Inggris mendirikan East India Company (EIC) pada 31 Desember 1600 Pelayaran Inggris ke wilayah Nusantara tertinggal disbanding Portugis dan Belanda. VOC kemudian menjadi alat bagi Belanda untuk menanamkan kolonialisme/ imperialism di Indonesia. d. Kaum capitalis mempengaruhi pemerintah Inggris untuk memperluas jaringan perdagangan ke luar negeri Sejak Inggris memaklumkan diri sebagai pelopor imperialisme modern. Belanda mendirikan kongsi dagang yang bernama Vereenigde Oost Indische ( VOC ) atau persekutuan hindia timur. pada saat itu Inggris belum berniat untuk mengambil keuntungan dari Nusantara. Pada tahun 1602 Masehi. Tak lama Johan van Oldenbarneveldt mengusulkan agar masyarakat belanda membuat kongsi dagang seperti yang dilakukan Inggris. Afrika dan amerika.Zaragoza milik Spanyol dan sebelah selatan Zaragoza milik Portugis. tetapi revolusi industry pun memunculkan masalah ekonomi yakni kurangnya bahan mentah industry dan melimpah ruahnya hasil industry.Perancis. Cornelis de Houtman dan anak buahnya di usir penduduk pesisir banten karena bersikap kasar dan sombong. Dipimpin Cornelis de Houtman tahun 1592 Masehi. Mereka sampai di pelabuhan Banten. Namun. sejak mendengar Cornellis de Houtman sampai di Banten dan ekspedisi berikutnya banyak mendatangkan keuntungan . c. Kedatangan Bangsa Inggris ke Nusantara Inggris mengikuti jejak penjelajahan samudra semenjak berhasil mewujudkan revolusi industry di negerinya pada abad ke-18. Kedatangan Bangsa belanda ke nusantara Eropa untuk menjelajahi wilayah lain dilakukan pula oleh bangsa Belanda. Inggris tergugah untuk berlayar dan mendirikan kongsi dagang. . dengan berpedoman kepada buku Itenerario ( garis penjelajahan ) karya Jan Huygen Van Linschoten. keberhasilannya mendorong pedagang Belanda utuk dating ke Nusantara.Dengan kesepakatan itu maka Spanyol harus meninggalkan tidore dan kembali ke Fhilipina. Ekspedisi kedua dipimpin Jacob van Neck tahun 1598 Masehi mendarat di Banten. jajahan Inggris semakin luas Asia. ekspedisi berikutnya dipimpin Henry Middleton yang dapat berlayar sampai Banten dan Ambon tahun 1604 Masehi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful