MARKAS BESAR KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA SEKOLAH STAF DAN PIMPINAN

UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN TERHADAP KEAMANAN DAN KESELAMATAN WARGA DI WILAYAH LEMBANG KABUPATEN BANDUNG

I.

PENDAHULUAN 1. Latar belakang Berdasarkan UU no 23 tahun 1997 lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan hidup dapat dibedakan dalam tiga unsur antara lain yaitu Pertama : Unsur Hayati (Biotik) yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, dan jasad renik, Kedua : unsur sosial budaya yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial dan Ketiga unsur fisik (abiotik) yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari benda-benda tidak hidup, seperti tanah, air, udara, iklim, dan lain-lain. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar peranannya bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi. Ketiga unsur tersebut haruslah terjaga sebagai penopang bagi kelangsungan dan kelestarian lingkungan itu sendiri. Jika saja ketiga unsur lingkungan hidup itu terganggu maka, akan muncul kerawanan dan ancaman terhadap lingkungan dalam bentuk bencana alam.

Penyebabnya adalah selain diakibatkan oleh faktor kondisi alam itu sendiri atau , dapat juga disebabkan pula oleh kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya serta adanya unsur kesengajaan dari manusia yang melakukan pengrusakan terhadap lingkungannya sendiri. Dengan adanya bencana alam, tentunya keamanan dan

1

Hutan Raya Ir. dan sebagainya). Kondisi dan analisa lingkungan di kawasan Lembang saat ini Lembang adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. penulis mengambil contoh kondisi lingkungan yang ada di kawasan Lembang Bandung saat ini serta upaya yang perlu dilakukan dalam pemecahan masalah lingkungan. Djuanda (Dago Pakar). Kecamatan Lembang berada pada ketinggian antara 1. suhu rata-rata berkisar antara 17°-27 °C. dan lainnya. Selain itu di kawasan Lembang terdapat berbagai tempat wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu. sebagai berikut : a. analisis terhadap situasi serta upaya pemecahan masalah : 3. pemandian Maribaya. pengemudi. pekerja sektor informal (buruh. H. Kondisi lingkungan yang ada dikawasan Lembang Bandung serta analisis dampaknya. Pokok persoalan Berdasarkan uraian diatas. . 2. Sebagai bahan penulisan upaya yang perlu dilakukan dalam memelihara kelestarian lingkungan hidup. b.084 meter di atas permukaan laut. Mata pencaharian Penduduk Lembang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani. upaya yang dilakukan dalam rangka pelestarian lingkungan di Kecamatan lembang. II.keselamatan warga masyarakat terganggu sehingga aktivitas warga dalam menjaga kelangsungan hidupnya menjadi terhambat. Untuk itu perlu adanya upaya dalam rangka pelestarian dan pemeliharaan lingkungan hidup sehingga tidak terjadi gangguan terhadap keamanan dan keselamatan warga masyarakat yang diakibatkan oleh bencana alam. penulis menyimpulkan pokok persoalan yang akan dibahas. PEMBAHASAN Pada bagian ini penulis ingin menggambarkan kondisi Kecamatan Lembang saat ini. pedagang. 2 . Titik tertingginya ada di puncak gunung Tangkuban perahu. Sebagai daerah yang terletak di pegunungan. Propinsi Jawa Barat. Upaya pemecahan permasalahan yang ada dalam rangka pelestarian lingkungan.312 hingga 2.

Terganggunya keseimbangan dan kelestarian lingkungan dikawasan tersebut. maka perkembangan lingkungan di kawasan tersebut sangat pesat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar daerah untuk bermukim serta mengundang para investor untuk membangun kawasan wisata. menjadi ekspolitasi sumber daya alam dengan tujuan komersial. maka perlu adanya upaya yang nyata dalam memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kawasan Lembang. Upaya tersebut di harapkan dapat melibatkan berbagai pihak baik itu Pemerintah.Kecamatan Lembang termasuk wilayah yang perlu mendapat perhatian khusus dalam pengembangan wilayahnya karena merupakan daerah resapan air bagi wilayah Bandung. yaitu berupa panorama alam yang indah dan sejuk serta kedudukannya yang strategis karena sebagian wilayahnya dilalui koridor Jakarta-Bandung. Upaya pemecahan masalah. Swasta. Jika saja bencana yang dikhawatirkan terjadi. Kondisi tersebut jika terus dibiarkan pada akhirnya akan berdampak pada terganggunya keseimbangan dan kelestarian lingkungan di kawasan tersebut. Disamping itu dengan banyaknya pengunjung wisata di kawasan Lembang. Eksploitasi terhadap kawasan pegunungan yang berlebihan dan tidak terkendali akan menimbulkan bahaya bencana alam tanah longsor. Ormas/LSM maupun masyarakat yang ada di kawasan tersebut. yang pada akhirnya akan menghambat aktivitas masyarakat dalam kehidupannya sehari ±hari. tentunya akan berdampak pada munculnya potensi kerawanan dan ancaman bencana alam. akan terganggu. banjir bandang serta terganggunya daerah resapan air yang berdampak berkurangnya ketersedian air di kawasan sekitarnya. 3 . 4. perhotelan dan perumahan. tentunya keamanan dan keselamatan warga masyarakat yang bermukim disana dan daerah sekitarnya. Dengan potensi wilayah ada. Untuk mencegah terjadinya hal yang dikhwatirkan . maka mulai terjadi perubahan pola mata pencaharian penduduk dari sekedar mengelola sumber daya alam yang ada secara tradisional.

2) Mengawasi pelaksanaaan pembangunan serta pemberian AMDAL dikawasan tersebut. b. 4) Mengeluarkan dan menjalankan program bagi pemeliharaan kelestarian lingkungan. 3) Menjadi pelopor bagi masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran bagi kelestarian lingkungan. kritik dalam upaya pemeliharaan lingkungan. guna menumbuhkan kesadaran dan kepedulian warga terhadap lingkungan. Swasta dan LSM 1) Pihak Swasta/Investor mentaati aturan yang ada dalam melakukan pengembangan dan pembangunan dikawasan tersebut. 6) Bekerjasama dengan akademisi dan intelektual untuk melakukan kajian terhadap kondisi lingkungan di kawasan Lembang. seperti penanaman pohon dikawasan tertentu rawan bencana. 1) Melakukan perencanaan dan implementasi tata ruang sesuai peruntukan lahan di kawasan tersebut.a. Pemerintah. 2) Pihak LSM mengawasi dan memberi masukan. Warga masyarakat 1) Melakukan upaya secara swadaya dalam rangka pemeliharaan lingkungan . 4) Melakukan penelitian kondisi lingkungan dikawasan tersebut dan sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah dalam perencanaan tata ruang. 3) Menegakkan ketertiban dalam pelaksanaan pembangunan dikawasan tersebut serta menegakkan hukum bagi pihak yang melanggar aturan yang sudah di tentukan. 2) Tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya kelestarian lingkungan. 5) Melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat. program sumberdaya alternatif dan lainnya. c. 4 .

sehingga keamanan dan keselamatan warga terjamin. diatas maka kondisi lingkungan diharapkan kondisi lingkungan di kawasan tersebut akan terus terjaga dan terpelihara. 6. sehingga keamanan dan keselamatan warga terjamin. c. d. III. Bandung saat ini. c. baik itu Pemerintah. Rekomendasi a. 5 . Jika saja upaya tersebut diatas dapat dilaksanakan secara konsisten dengan melibatkan berbagai pihak. Perlu dibuat adanya aturan yang ketat terhadap kegiatan pembangunan dikawasan Lembang. 5.3) Menjaga lingkungan sekitarnya dari pihak ± pihak yang berupaya melakukan ekspoitasi sumber daya alam. berdampak pada perkembangan pembangunan kawasan tersebut yang semakin pesat. Terganggunya kelestarian alam. tentunya dapat mengakibatkan terjadinya bencana alam. Lembang Kab.. Upaya pemecahan masalah lingkungan memerlukan keterlibatan berbagai pihak. swasta. secara melanggar aturan yang berlaku. sehingga menngancam keamanan dan keselematan warga. serta penegakan hukum yang konsisten terhadap pelanggar aturan. b. Perlu adanya pembinaan dan penyuluhan terhadap warga sekitar mengenai pentingnya memelihara dan menjaga lingkungan sekitarnya. Perkembangan pembangunan yang pesat jika tidak diawasi dan di lakukan penaataan yang terencana dengan baik akan berdampak pada terganggunya kelesatrian lingkungan dikawasan tersebut. P E N U T U P. a. Kesimpulan. LSM maupun warga sekitar dalam menjaga kelestarian lingkungan di kawasan tersebut. Dengan potensi wilayah yang ada di Kec.

SH... SIK NIK ... 10 April 2011 Penulis NAPITUPULU YOGI. Y.d. Lembang. 6 ..... Kalangan akademis/LSM untuk melakukan kajian sebelum menerapkan langkah tepat dalam upaya pelestarian lingkungan di kawasan Lembang dan sekitarnya..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful