Bab I Pendahuluan

A. Latar belakang Hiburan merupakan salah satu kebutuhan penunjang dalam kehidupan manusia. Banyak cara dalam mendapatkan hoburan tersebut, salah satunya dari menonton. Film animasi yang banyak digemari baik kalangan anak-anak sampai dewasa karena memang banyak memberikan hiburan kepada penontonnya. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di semua Negara terdapat banyak penggemar film animasi. Tapi banyak juga kalangan yang menyepelekan prospek film animasi dalam dunia bisnis. Padahal tidak bisa dipungkiri produksi film ini bisa memberikan keuntungan yang besar seperti Jepang yang memperoleh untung banyak dari mengekspor film kartun buatan mereka ke luar negaranya. Hal ini seharusnya ditiru oleh bangsa Indonesia. Karena di zaman yang serba canggih ini, tidaklah begitu sulit untuk membuat film animasi. Sudah banyak software untuk membuat animasi dengan begitu mudah tapi tentunya didukung dengan sumber daya manusia yang produktif dan kreatif. Disamping bisa mengekspresikan bakat dan kemampuan dalam membuat animasi juga diharapkan bisa mendapatkan keuntungan serta bisa dijadikan mata pencaharian.

B. Maksud dan Tujuan Adapun tujuan dari makalah ini adalah diharapkan dapat memberikan pengertian serta penjelesan tentang animasi kepada pembaca dan sebagai penerapan ilmu pengetahuan dari penulis.

melalui peralatan optic yang mereka ciptakan. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding. semangat. timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Tentang animasi Animasi berasal dari kata ´Animation´ yang dalam bahasa Inggris ´to animate´ yang berarti menggerakan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi.Bab II Pembahasan A. . Sejarah animasi dimulai dari zaman purba. Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose. bentuk benda. Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. animasi (latin: anima) yang berarti jiwa. Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam. Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi. Sedangkan animasi secara utuh diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan. Paul Roget. dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ´gerak´ dari binatang-binatang. warna dan spesial efek. Dan. berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. hidup.

karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata. Memang. Misalnya: Looney Tunes. karena distribusi yang kurang baik. dan banyak lagi. boleh dibilang nenek moyangnya animasi. Tom and Jerry. Doraemon. Ungkapan tersebut cocok buat animasi Clay Animation. Animasi 3D (3 Dimensi) Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang dan maju pesat. Cars. jadi kita sukar untuk menemukan film-filmnya. Mulan. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio). hingga Finding Nemo. Animasi Tanah Liat (Clay Animation) Kata orang. yang artinya gambar yang lucu. baik yang di TV maupun di Bioskop.. dia diciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon. Bugs Life. Monster Inc. Lion King. meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan Bistik. namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery). Bandingkan dengan Walt Disney yang sampai sekarang masih ada misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940). maka berlomba-lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis. Karena animasi . Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Spirit. Umur si kucing itu sudah lumayan tua. Jenis-Jenis Animasi Animasi 2D (2 Dimensi) Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Namun sayang.B. Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Shark Tale. si kucing hitam. Pink Panther. Biasa juga disebut dengan film kartun. Final Fantasy. mendekati wujud manusia aslinya. Padahal teknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story membuka era baru animasi 3D. Bermunculanlah. film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Valian. Meski yang populer kebanyakan film Disney. Contoh lainnya adalah Felix The Cat. The Incredible. Dengan animasi 3D. Toy Story 2. Brother Bear. Bahkan. Scooby Doo. namun terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur asem. AntZ. Contohnya banyak sekali. Dinosaurs.

lalu difoto gerakan per gerakan. Bicara tentang anime. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus. animasi digital dan animasi karakter.pertama dalam bentuk CIay Animation. lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. membuat obyek 3D. melainkan formatnya. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya. Animasi Jepang (Anime) Film-film yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa. Berbeda dengan animasi Amerika. animasi path. Software Animasi 3 Dimensi Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. pengaturan gerak kamera. Jepang sudah banyak memproduksi anime (sebutan untuk animasi Jepang). anime Jepang tidak semua diperuntukkan untuk anak-anak. animasi spline. ada tokoh legendaris. tapi yang membedakan bukan cara pembuatannya. Meski namanya clay (tanah liat). A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Seperti film animasi Amerika atau Eropa. bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. tangan. animasi clay. Namun. Setelah tokoh-tokohnya siap. disa dilepas dan dipasang lagi. Beliau menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Jepang pun tak kalah soal animasi. animasi sprite. serta masih banyak lagi. import video dan suara. Anime juga terdiri dari beberapa jenis. beredar film clay yang berjudul Chicken Run. yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. morphing. pemberian efek. bahkan ada yang khusus dewasa. kaki. Animasi ini memakai plasticin. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain. Osamu Tezuka. animasi frame. seperti kepala. yaitu serial televisi. animasi vektor. C. Animasi Clay termasuk salah satu jenis dari Stop-motion picture. Untuk beberapa waktu yang lalu juga. Berdasarkan teknik pembuatannya animasi dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu : animasi cel. Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul. Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. misalnya . dan film bioskop. OVA. yaitu Dr. Bagian-bagian tubuh kerangka ini.

dapat dilihat pada gambar 1 di bawah ini. Setelah selesai melakukan pembentukan struktur tubuh. Contoh dari Software Animasi 3D ini antara lain: ‡ 3D Studio Max ‡ Maya ‡ Poser (figure animation) ‡ Bryce (landscape animation) ‡ Vue (landscape animation) ‡ Cinema 4D ‡ Blender (gratis) ‡ Daz3D (gratis) D. Model karakter yang dibuat pada aplikasi ini adalah karakter manusia. animasi landscape (pemandangan). Metode ini dimulai dengan pembuatan obyek sederhana seperti garis yang kemudian dikombinasikan sehingga membentuk struktur tubuh dari karakter. dimana hasil setelah pembuatan garis dan melakukan metode seperti dijelaskan di atas. dapat dilakukan metode mesh smooth. untuk membuat model tiga dimensi tersebut menjadi lebih halus. dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit. dilakukan metode extrude untuk membuat bentuk yang semula terdiri dari garisgaris menjadi model tiga dimensi. Karena kemampuannya yang canggih. Contoh Pembuatan Animasi 3D dengan Menggunakan 3D Studi Max Penggunaan 3D Max Studio 4. Metode mesh smooth ini adalah salah satu fasilitas terbaik yang ada di 3D Max Studio untuk membuat poligon yang halus dengan berbasiskan poligon sederhana.2 untuk pembuatan model karakter mempunyai dua metode. . yaitu low polygon character modelling dan patch character modelling. dll. Disini kita menggunakan low polygon character modelling. animasi title (judul). Dan lebih lanjut.untuk animasi figure(manusia).

Untuk kepala. kepala juga dibuat hanya setengah dan setelah selesai dilakukan mirroring untuk membuatnya menjadi satu kepala yang utuh. dan kaki dari karakter dibuat secara terpisah dengan menggunakan metode yang sama dan pada akhirnya nanti akan digabung dengan tubuh karakter. Walaupun dimungkinkan untuk membuat secara utuh sekaligus tapi dengan pembuatan secara terpisah ini akan mendapat keuntungan yaitu pengaturan yang mudah. tangan. . Dan sama dengan pembuatan tubuh.Gambar 1. Hasil karakter secara lengkap dapat dilihat pada gambar 2 berikut ini. hanya diperlukan pembuatan setengah model karakter karena setelah selesai akan bisa dilakukan mirroring terhadap sumbu z untuk pembentukan karakter penuh. Setengah Model Karakter Untuk pertama kali.

Model Karakter Lengkap .Gambar 2.

animasi yang paling popular adalah animasi 3D.Bab III Penutup A. Sudah banyak animasi 3D yang diciptakan para animator diseluruh dunia. B. Untuk membuatnya pun tidak begitu sulit karena sudah banyak software yang ada untuk membuat animasi 3D salah satunya adalah 3D Studio Max. Kesimpulan Saat ini. . Saran Dengan bakat dan sarana yang ada. para animator-animator indonesia harusnya lebih berkarya besar dalam membuat animasi karena sangatlah bisa menghasilkan keuntungan yang besar juga.

Referensi http://elista.com/doc/16169959/Pembuatan-Animasi-Dengan-Macro-Media-Flash-8-1 http://puslit.ac.id/journals/pdf.scribdss.php?PublishedID=INF04050202 .pdf http://www.ac.id/staff/catur/Multimedia/05-Data%20Multimedia-Animasi.akprind.petra.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful